Home About Me

Jumat, 24 April 2015

Cover Sementara Novel Cinta, Luka, Bersemi Kembali

By With 5 komentar:
Kemarin, gue sama Riyan Hasanin dapat kabar yang cukup menggembirakan dari penerbit Sheila tentang cover novel kita. Setelah melalui perundingan di tim penerbit tersebut, novel kita yang tadinya judulnya "Pacar!" di ganti jadi "C.L.B.K (Cinta, Luka, Bersemi Kembali)" yang sebenarnya adalah subjudulnya. Enggak tahu kenapa, mungkin memang Cinta, Luka, Bersemi Kembali lebih menggugah dan membuat penasaran. Gue sama Riyan pastinya nggak masalah asalkan jangan di ganti jadi Ganteng-Ganteng Sengklek aja. Okeh langsung aja ini dia penampakan covernya:


Nah, yang ini sama tampak belakang sementaranya, masih belum di pasang blurbnya:


Covernya baru sementara ya, mungkin nanti bakal ada tambahan-tambahan lagi. Gue nggak tahu kenapa harus jemuran, mungkin itu seperti dirinya yang terus menggantung cinta ini #eaaa. Semoga proses ke depannya semakin lancar yak, amiin. Beli ya kalau sudah rilis! kudu, wajib! hihihi...
Read More

Senin, 13 April 2015

Nonton FTV Secangkir Sekoteng Cantik + Download Sinopsis

By With 4 komentar:
FTV Secangkir sekoteng cantik ini tayang kemarin, 12 April 2015. Menurut gue, dari ke-12 FTV yang gue tulis ceritanya sampai saat ini, gue paling puas eksekusi nih ftv. Komedi yang terlintas di kepala gue waktu nulis sinopsisnya di eksekusi dengan baik sama Pak Puguh di skenario dan sutradaranya Harris Fabilah. Buat yang belum nonton, yuk nonton di bawah ini, ada 2 part doang kok.



Sinopsisnya bisa di download DISINI. Enjoy!!
Read More

Minggu, 05 April 2015

Menulis Sinopsis? Penting!!

By With Tidak ada komentar:
Gimana ya awalnya? Gimana ya konfliknya? Terus, endingnya bagusnya seperti apa ya? Pikiran-pikiran semacam itu terkadang terlintas pas kita nulis sebuah fiksi. Apa yang menyebabkan itu terjadi? Soalnya, kebanyakan dari kita para penulis pemula kayak gue tuh langsung aja jebret nulis tanpa memikirkan gimana kerangkanya. Makanya nih, menurut gue, nulis sebuah sinopsis untuk menumpahkan gambaran global cerita kita tuh penting buanget! Bukan cuman untuk FTV, tapi juga dalam sebuah fiksi novel, bahkan mungkin juga cerpen. Kadang gue miris sih melihat beberapa orang suka merendahkan dan menyepelekan hal ini karena nulis ide cerita menjadi sebuah tulisan yang kita biasa sebut sinopsis itu butuh waktu dan nggak semudah menggali upil di lobang hidung. Lalu, apa aja sih manfaatnya nulis sinopsis?

1. Melatih Daya Pikir atau Imajinasi
Seseorang yang sering nulis sinopsis, biasanya imajinasi nya lama-kelamaan akan semakin tinggi. Kita harus melatih seberapa lama sinopsis itu jadi secara bertahap. Misal, kita awalnya nulis 1 sinopsis selesainya baru 3 hari, selanjutnya usahakan lebih cepat dari itu. Gue aja, nulis sinopsis untuk FTV masih belum nentu nih waktunya, paling cepat gue nulis 1 sinopsis tuh satu jam, paling lama dua hari. Terus latih karena suatu saat kecepatan dalam berpikir itu akan bermanfaat untuk kita ke depannya, terutama bagi penulis-penulis 'industri' yang kadang di tuntut harus selesai di waktu yang telah ditentukan. Sebenarnya, bukan tergantung mood sih, tapi tergantung seberapa cepat kita memikirkan suatu alur ringkas untuk di tulis.

2. Melatih Diri Untuk Mencari Konflik
Menurut gue nih, orang yang sudah terbiasa nulis sinopsisnya terlebih dahulu, dia bisa lebih cepat menangkap sebuah konflik untuk di jadikan plot. Semakin sering nulis sinopsis, kita akan semakin cepat menghubungkan antara plot yang satu dengan plot yang lainnya kayak si ini jadian sama si itu, apa aja penghambat cinta mereka, apa kita akan buat mereka bersatu pada akhirnya, kalau pada akhirnya mereka nggak bersatu, apa yang menyebabkan itu? dan lain-lain. Intrik-intrik di dalam cerita itu MAHAL.

3. Mempermudah Menulis Novel dan Skenario
Biasanya, begitu kita nulis novel, kita suka putus di tengah jalan. Nah, kebanyakan yang gitu tuh karena mereka nggak nulis sinopsis per bab nya terlebih dahulu sehingga penulis akan berpikir double antara menulis dan memikirkan ceritanya. Secara nggak langsung, itu ngebuat kita pusing duluan dan males ngelanjutinnya karena lupa duluan plot-plot di bab-bab sebelumnya. Beberapa penerbit juga biasanya meminta sinopsis per bab lho, jadi kalau kita biasakan nulis sinopsisnya dulu kita nggak bakal repot buat lagi, tinggal kirim! Yaaa, bisa di bilang sinopsis tuh acuan kita. Di dalam menulis skenario pun sama, patokannya dari sinopsis yang ada, terus dikembangin biar pas sama durasi yang sudah ditentukan.

Tiga poin di atas gue rasa sudah cukuplah menggambarkan seberapa perlu kita menulis sinopsis. Di dunia industri ftv, semakin banyak dan cepat kita nulis sinopsisnya tuh kita bisa selangkah lebih maju dari para penulis sinopsis yang lainnya. Perlu diketahui, para penulis sinopsis untuk ftv tuh banyak banget! Kita harus di tuntut lebih cepat, kalau nggak ya bakal di salip. Itulah kenapa kadang ada beberapa penulis sinopsis merasa "Lho, kok mirip cerita gue ya??". Nah, bisa jadi itu bukan di sadur atau di salahgunakan pihak nggak bertanggungjawab lho, tapi karena tuh orang lebih cepat dari kita ngirim ceritanya. Tau sendirilah, sebenarnya alur-alur ftv kan begitu-begitu aja, tinggal di modifikasi aja sedikit. Makanya nggak heran kalau ada cerita yang serupa tapi tak sama. Semoga postingan gue ini mencerahkan kita semua dan nggak menyepelekan hal kecil seperti sinopsis ini. Jangan minder lah kalau kita cuman sebatas penulis ide cerita di tipi, itu juga sudah prestasi dan menunjukkan kalau kita sudah lulus untuk dunia industri, tinggal gimana caranya kita konsisten. Gue selalu percaya, segala sesuatu yang besar itu berawal dari hal yang terkecil. Tetap menulis, tetap berkarya!
Read More

Jumat, 20 Maret 2015

FTV Secangkir Sekoteng Cantik (UPDATE JADWAL TAYANG)

By With 5 komentar:

Satu minggu setelah 'Asmara Pemburu Vampire' di acc, sinopsis atau ide cerita gue untuk FTV ada yang di acc lagi nih, judulnya Secangkir Sekoteng Cantik. Sebenarnya, judul yang gue suguhkan itu adalah 'Penjual Sekoteng Cantik Penakluk Hati', tapi berhubung Pak Puguh bosan sama judul-judul yang penakluk hati gitu, jadinya diubah sama beliau jadi lebih singkat dan padat. Jujur sih agak kaget juga soalnya stasiun tipi yang bersangkutan tuh sebenarnya lagi nyari tema-tema yang fiksi abis kayak vampire-vampire, manusia serigala, manusia harimau, manusia kucing, manusia anjing, manusi laler, manusia yang bukan manusia, ah pokoknya gitu deh. Nah, untuk yang pengin tahu siapa aja pemain FTV 'Secangkir Sekoteng Cantik' ini, bisa kalian lihat DISINI.

Di bawah ini, salah satu salinan draft skenarionya :


Penasaran gimana kelanjutannya? Tenang, akan gue update terus di postingan ini, men. So, pantengin terus ya... Kalo entar judulnya ada tulisan UPDATE, berarti ada info-info baru yang gue tulis.

UPDATE:
TAYANG PERDANA HARI MINGGU, 12 APRIL 2015 PUKUL 10.00 di SCTV
PEMAIN : Ryan Delon, Alessia Cestaro, Kris Anjar, Ricky Djauhari, Vizza Dara, Akbar Zio, dll.
Sudah Lulus Sensor KLIK DISINI.
Read More

Rabu, 25 Februari 2015

FTV Asmara Pemburu Vampire

By With 10 komentar:
Entah sudah berapa lama nih gue nggak nulis di blog. Saking lamanya, gue sempet lupa pasword blog gue apaan. Bukannya apa, banyak yang pengin gue kejar nih di dunia nyata, makanya gue mengurangi aktivitas di dunia maya. So, blog gue ini kedepannya bakal ngebahas tentang projek gue aja atau apa yang gue alamin aja nih. Nah, untuk projek pertama di tahun 2015, gue mau ngasih info kalau sinopsis gue untuk FTV tembus lagi, judulnya Asmara Pemburu Vampir. Gimana ceritanya? rahasia dong! Bukti kalau cerita gue di acc ada di bawah :


NOTE : Tulisan yang gue blur adalah catatan dari SCTV untuk PH, jadi untuk melindungi privasi gue blur aja.

Seperti biasa, untuk sinopsis nya entar gue share kalau sudah tayang yaaa... Terus, tayangnya kapan dong? Hmm, gue kurang tahu pasti sih, tapi kalau di lihat dari pengalaman sih mungkin sekitar pertengahan Maret sampai awal-awal April. Jangan takut ketinggalan, perkembangan nih FTV bakal gue tulis di postingan ini. Jadi, pantengin terus ya blog gue, muehehehehe...

UPDATE : Sudah masuk ke lembaga sensor film hari senin, 9 Maret 2015. Pemainnya dirahasiakan dulu biar pada penasaran, hihihi..


Ini dia, salah satu pemainnya: KLIK DISINI

Link LSF nya KLIK DISINI.

Info pemain lainnya lihat aja di twitter gue ya.. ^^


TAYANG PERDANA, RABU 25-MARET-2015 PUKUL 12.30 @SCTV!!!

Streamingnya bisa di tonton di youtube. Sinopsisnya bisa di download di Menu DOWNLOAD SINOPSIS FTV (kanan atas).
Read More
Home About Me Karya Download Sinopsis FTV
Copyright © 2014 | Distributed By Free Blogger Templates | Design By Templateclue