Daftar Postingan

Kamis, 18 Desember 2014

Perkembangan Novel 'Pacar!'

Akhirnya bisa nulis lagi di blog. Yah, maafin ye sudah lama nggak berkecimpung di dunia tulis maya ini, soalnya gue lagi lumayan sibuk di dunia nyata. Salah satu kesibukan itu tentu aja novel gue bareng Ryan Hasanin yang kita kasih judul 'Pacar!', yang belum tahu bisa di baca di postingan DISINI. Setelah draft kita di terima, gue sama Riyan sibuk ngebaca ulang dan merubah apa aja yang masih agak janggal. Sekarang, novel kita yang bergenre Komedi Romance dengan latar belakang anak SMA itu sudah selesai di poles sama salah satu editornya Penerbit Sheila fiction, imprint dari penerbit Andi. Kata editornya, habis di edit naskahnya masuk ke tahap selanjutnya, yaitu seting atau layout atau tata letak. Setelah itu mungkin bakal di baca-baca lagi sebelum ke tahap produksi. Semoga lancar.

Emm, ide awal novel itu sendiri sangat-sangat simpel. Iya, ide gue buat "kulit" novel itu sederhana bingit, cuman tentang 4 orang cowok yang pengin punya pacar, mengingat mereka sudah kelas 3 SMA atau kelas 12. Gimana caranya mereka bisa punya pacar? Apa ke-4 nya berhasil semua punya pacar? Atau.... Rahasia dong, itulah kenapa kalian harus beli bukunya, hahaha... Secara keseluruhan, nggak cuman berbicara tentang cinta, tapi juga persahabatan. Gaya bahasanya juga nggak berat, cocok buat di baca saat perjalanan luar kota, alach. Untuk judulnya, seperti yang sudah di bahas di atas adalah 'Pacar!', tapi untuk subjudulnya di ganti sama pihak penerbit jadi 'C.L.B.K (Cinta, Luka, Bersemi, Kembali)' sama kayak salah satu judul BAB dalam buku nanti. Ya udah, untuk sekarang cuman itu aja yang bisa gue kasih tahu di postingan ini. Terbitnya kapan kita belum tahu, katanya sih diusahakan di tahun 2015, biasanya sih penerbit Sheila tuh sebelum di produksi massal ke toko buku, kita bisa beli cara indie-indie gitu, pesan ke penerbit, baru di kirim. Jadi, kalian yang beli dengan cara pesan sebelum ada bukunya di toko buku tuh bisa punya duluan bukunya, bangga dong! ahay... Biasanya sih gitu, gue juga belum tahu pasti. Okeh, makasih buat kalian yang sudah jadi first reader draft Pacar itu, jujur saran kalian sangat membangun sekali. Tunggu kabar berikutnya novel 'PACAR!' yaaa... Gue sama Riyan entar rencana bakal ngadain Give Away nya juga lho, 2 buku 'PACAR!' dengan tanda tangan kita, tunggu tanggal mainnya!

Selasa, 25 November 2014

FTV Ketimpuk Cinta Tukang Koran


Next, FTV yang ide ceritanya dari gue lagi bakal segera rampung. Sampai sekarang gue nulis postingan ini, masih syuting sudah sekitar 5 hari yang lalu, mungkin sudah selesai sekarang, mungkin. Gue tahu dari instagramnya Rara Nawangsih (berikutnya gue singkat RN) DISINI sama DISINI. Salah satu pemainnya juga ngetag di instagramnya DISINI. Sebenarnya judulnya sih gue buat 'Ketimpuk Cinta Tukang Koran', tapi RN nulisnya 'Cintaku Ketimpuk Tukang Koran'. Enggak tahu, mungkin judulnya di ganti sama PH Frame Ritz nya, nggak masalah lah nggak ngerubah esensi judulnya juga, hihiihi.. Yah, judulnya antara 'Ketimpuk Cinta Tukang Koran' atau 'Cintaku Ketimpuk Tukang Koran' lah pokoknya. Di bawah ini sedikit bukti di twitternya RN:

Untuk cowoknya yang entar nama tokohnya Seno, diperankan oleh Ibnu Jamil si salam olahraga, haha.. Ya sudah, segitu dulu sajah inpohnya. Update tentang FTV ini bakal gue tulis bertahap di postingan ini, jadi tongkrongin terus nih postingan yuaaakk...

UPDATE (26-Nov-2014):  Sudah masuk lembaga sensor film cek DISINI.
UPDATE (9-Des-2014): Maaf, pas nulis update ini ftv nya sudah selesai tayang Selasa, 09-Des-2014. Gue nggak sempet update karena SCTV nya juga nayangin tiba-tiba.

DOWNLOAD SINOPSIS FTV "Ketimpuk Cinta Tukang Koran"

Sabtu, 01 November 2014

FTV Cintaku Disedot Tukang Sedot WC


Alhamdulillah sinopsis gue untuk FTV yang judulnya Cintaku Disedot Tukang Sedot WC di acc sekitar pertengahan oktober kemarin, tanggal berapanya gue lupa. Cerita sedikit, ini sinopsis merupakan remake atau daur ulang dari sinopsis Pak Puguh PS Admaja, kata beliau sih dulunya tuh sinopsis nggak di acc, tapi do'i yakin kalau ceritanya cukup unik kalau di matengin lagi. Nah, awalnya gue rada bingung sih gimana ngerubah tuh cerita yang jujur awalnya kuat banget sebenernya. Gue nggak ngerubah banyak intinya, gue cuman ngerombak lagi konflik-konfliknya yang kurang padat, gue tambahin bumbu-bumbu lagi, terus gue goreng deh. Awalnya gue cuek sih sama sinopsis itu, gue anggap sinopsis sedot WC ini lucu-lucuan aja plus rada minder juga karena SCTV juga pernah nayangin tema serupa. Yah, mungkin karena sudah rezeki dan kebetulan cerita gue beda dari tema yang sama, jadinya di terima deh. Pemain cowok di FTV ini sendiri adalah Aditya Firmansyah, bisa di lihat dari instagramnya: instagram.com/p/u2KCPfq59R/. Untuk pemain ceweknya sih gue nggak tahu, sebaiknya nggak tahu juga sih biar surprise gitoh, huehuehue... Oh iya, satu lagi, FTV ini produksi FRAME RITZ yang keren bingiiits ya, ahay. 

Di bawah ini twit dari Aditya Firmansyah:


Ini penampakan halaman skenarionya yang di kasih Pak Puguh PS Admaja:


Perkembangan-perkembangan FTV ini bakal gue update secara berkala ya di postingan ini. Jadi, pantengin terus ini postingan.

UPDATE: Sudah masuk ke lembaga sensor film DISINI.

UPDATE: JADWAL TAYANGNYA HARI SABTU TANGGAL 22 NOVEMBER 2014, PUKUL 12.30 ATAU 12.45 (KALAU GAK ADA PERUBAHAN). NONTON YAAA...

DOWNLOAD SINOPSIS 'CINTAKU DISEDOT TUKANG SEDOT WC'

Buat yang nggak sempat nonton, bisa ditonton di chanel youtube KLIK DISINI atau nonton langsung di bawah ini (kualitas nggak sebagus yang di tipi):
 

Senin, 27 Oktober 2014

FTV: Ayam Karamel Pembawa Cinta


Hari Jum'at minggu lalu, FTV yang ide ceritanya dari gue yang judulnya Balada Cinta Si Ahli Bekam tayang, sorry nggak gue posting di mari, huehue.. Nah, besok, alhamdulillah bakal tayang satu lagi, judulnya: Ayam Karamel Pembawa Cinta. Cerita sedikit nih, tuh ide ayam karamel gue dapet pas lagi jalan-jalan sore mau beli seblak, gue ngeliat warung gitu jualannya ayam karamel. Selama ini, gue belum lihat ftv yang mengangkat makanan ayam karamel, jadinya ya gue angkat aja, eh tahunya di acc. Hal itulah yang pengin gue tanemin ke temen-temen semua, kalau ide tuh bisa datang darimana aja, jangan dilewatkan sekecil apa pun itu. FTV nya sendiri tayang di SCTV besok, selasa 28-Oktober-2014, pukul 10.00. Catatan, kalau nggak ada perubahan tayang. Untuk pemainnya siapa aja, bisa di lihat di gambar tuh ada nama-nama warna kuning, haha... Okeh, jangan lupa nonton yak! Untuk streamingnya kalau ada entar gue upload di postingan ini juga.

DOWNLOAD SINOPSIS 'AYAM KARAMEL PEMBAWA CINTA'

Nonton Streaming:









Jumat, 17 Oktober 2014

Tentang Template Baru


Selama gue ngeblog, jujur gue selalu memakai template bawaan blogger atau download gratisan. Nah, kali ini template gue lebih spesial karena di buat oleh temen Blog gue, Randy Oktari. Lho, kok bisa sih, gimana ceritanya? Semua berawal dari chat di facebook sih yang ujung-ujungnya gue minta do'i untuk ngebuatin template untuk blog gue yang nggak jelas ini. Kebetulan, Randy yang gantengnya sebelas dua belas sama Irwansyah pas kelindes gerobak sayur itu setuju. Kejombloannya yang sudah memasuki taraf kronislah yang akhirnya bisa bikin Dia dengan cepat menyelesaikan template blog gue. Emm, gue lupa sih berapa hari, sekitar 2 harian lah atau 3 hari ya gue lupa, cepet bingit deh pokoknya. Efek jomblo memang luar biasa. Salah satu blog Randy bisa di lihat DISINI. Gue pribadi sih suka sama templatenya. Sebelum buat template, Randy nanya dulu warna favorit gue apaan, gue jawab pokoknya jangan yang warna tua, eh di pilihin perpaduan hijau-biru yang pas banget. Di tambah lagi sekitaran bawah tab headernya di desain kayak robekan kertas gitu, haha... Yah, semoga dengan template ini, gue semakin rajin ngeblog lagi dan temen-temen blogger semakin betah ke blog gue. Thank You, Randy!

Oh iya, kalau temen-temen mau pesan template blog atau website sama Randy, bisa banget. Kontak aja lewat facebooknya DISINI. Pengin sih gue share PIN BB nya, tapi takutnya do'i nggak setuju pinnya gue sebar, wkwkwk.. Orangnya asyik kok, nggak gigit, jadi tenang aja. Do'i juga terbebas dari penyakit ebola, jadi tenang aja. Pokoknya, kita sebagai pemesan tuh bebas request mau template yang gimana sama Randy. Mau bentuk template yang gimana juga di lahap deh sama Dia. Harganya? hmm, tanya-tanya aja sama orangnya langsung yak, terjangkau kok nggak bakal sampai jual rumah! 

Okeh, demikian laporan gue yang singkat tentang template blog baru gue ini. Kalau blog gue jadi rada-rada berat maaf yee... xixixixi.. Jangan lupa, SOON: FTV 'Balada Cinta Si Ahli Bekam' @sctv, pemainnya Larasati Nugroho sama Fendy Chow. Jadwalnya entar gue kabarin lagi di blog ini atau di facebook gue.

Sabtu, 11 Oktober 2014

Tips Nulis Ide Cerita 2 Halaman dengan Rumus 6 Paragraf

Malem minggu daripada nggak ada manfaatnya untuk orang, gue memutuskan untuk nulis yang bermanfaat di blog aja. Karena ada beberapa orang yang minta gue memperbanyak tips untuk nulis sinopsis / Ide Cerita untuk FTV yang 2 halaman, gue memutuskan untuk mengangkat tema Rumus 6 Paragraf. Inget ya, ini nggak baku harus gini dan sifatnya hanya untuk mempermudah aja dalam merapihkan tulisan sinopsis kita. Untuk 2 halaman sendiri, sebenarnya bervariasi, ada yang nulisnya 7 paragraf, 8 paragraf bahkan ada 9 paragraf. Nah, untuk pemula, kayak gue juga, rumus 6 paragraf ini paling mudah diterapin biar kita enak menata antar paragraf dan lebih fokus apa fungsi per paragrafnya. Gimana sih contoh 2 halaman 6 paragraf? Nah, kebetulan sinopsis gue ada yang baru di terima lagi satu dan memakai rumus ini, bisa di lihat di bawah:


Paragraf 1&2: Pada 2 paragraf pertama ini, tokoh, latar belakang tokoh; baik itu profesi, kejadian sebab akibat seperti contohnya 'si A membenci si B karena bla bla bla..,' harus sudah tersampaikan dengan jelas. Untuk tokoh, biasanya hanya beberapa aja yang nongol di 2 paragraf pertama ini, tapi gak menutup kemungkinan semua tokoh sudah ada di paragraf 1 dan 2. Tips dari gue, di paragraf pertama carilah pertemuan-pertemuan antar tokoh yang unik. Di paragraf kedua, perkenalkan satu tokoh atau lebih lagi biar memperkuat konflik di paragraf pertama. Misal, inti di paragraf pertama: Deni membenci Ines karena Ines sudah ngerusak motor kesayangannya. Nah, di paragraf keduanya, Deni curhat sama pacarnya, Sisil, tentang masalahnya sama Ines itu. Gara-gara itu, Sisil juga jadi benci sama Ines. Jadi, ada perkenalan tokoh Sisil di paragraf kedua. Adanya tokoh lain di paragraf kedua itu, mempermudah kita untuk lebih menguatkan konflik dan menambah konflik-konflik baru.

Paragraf 3&4: Paragraf pertengahan ini mesti lebih berliku lagi konfliknya. Inget lho, paragraf pertengahan tuh paragraf krusial. Ini paragraf dimana cerita kita di nilai kuat apa nggak konfliknya. Persilangan-persilangan konflik harus sudah ada di paragraf 3 sama 4 ini. Nah, saran gue sih di paragraf 3 atau 4 ini, si tokoh yang tadinya saling membenci (misalnya konfliknya seperti ini), harus sudah mulai baikan dan saling memendam rasa suka gitu. Jadi, pembacanya jangan di bawa tegang terus ya, emosinya harus diperhatikan kapan meninggi dan menurunnya.

Paragraf 5&6: Paragraf ending. Kita harus sudah mulai memikirkan penyelesaian konflik di paragraf ke-5. Inget, 2 paragraf terakhir adalah paragraf ending. Misal kita nulis ada 7 paragraf, nah paragraf 6 sama 7 adalah endingnya. Biasanya, di paragraf 5 tuh masih ada percikan-percikan konflik yang harus diselesaikan jalan keluarnya gimana, ini wajib. Biasanya, si tokoh yang tadinya sudah mulai sama-sama suka, di paragraf sebelumnya (paragraf 4) saling membenci lagi karena satu dan lain hal. Nah, tugas paragraf 5 ini adalah gimana caranya agar kedua tokoh itu baikan lagi atau biasanya kejahatan antagonis yang terbongkar. Setelah itu, tinggal penyelesaian di paragraf 6 deh. Terserah mau gimana menentukan endingnya di paragraf 6 itu kreasi si penulis.

Yup, kira-kira begitulah kalau kita di suruh nulis sinopsis 2 halaman dengan rumus 6 paragraf. Kenapa 6 paragraf? biar gampang aja membagi mana awal, pertengahan dan endingnya. Gue nulis ini hanya untuk membantu, bukan untuk menggurui karena gue pun masih newbie di dunia penulisan ide cerita ini. Sekali lagi, tips ini nggak menjamin sinopsis di-acc ya... Soalnya, yang buat sinopsis di acc ya tulisan dan kreasi kita sendiri dan campur tangan Tuhan yang maha esa. Selama kita berusaha, yakin deh do'a kita pasti terkabul. Tetap semangat!!

Untuk temen-temen yang mau ngirim sinopsisnya, bisa melalui Puguh P.S Admaja, atau lewat Iyas Maldas. Kalau ada yang mau di tanya-tanya ke gue, monggo bisa lewat facebook gue atau twitter gue yak.

Jumat, 10 Oktober 2014

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini:


Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini:


Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario.

Selasa, 07 Oktober 2014

Tentang FTV 'Pengantar Galon Pujaan Hati'


Setelah menunggu 2 mingguan dari lulus sensornya, FTV yang ide ceritanya dari gue akhirnya mau tayang lagi satu. Seperti postingan gue sebelumnya yang DISINI, ada 3 cerita gue yang di acc dan ternyata yang judulnya Pengantar Galon Pujaan Hati duluan yang bakal tayang besok, Rabu, 08-Oktober-2014, pukul 10.00 di SCTV. Yah, mudah-mudahan nggak di tunda, amin. Untuk videonya seperti biasa bakal gue tarok juga di postingan ini nanti kalau ada yang upload, haha.. Rencananya, gue juga bakal bedah sinopsis Pengantar Galon Pujaan Hati ini di postingan ini juga setelah FTV nya tayang. Siapa tahu aja bakal berguna untuk temen-temen yang berminat nulis ide cerita FTV juga.

UPDATE (09-Oktober-2014): Untuk videonya bagi yang nggak sempet nonton bisa di lihat di bawah, tapi pastinya nggak sebagus yang di tipi. Untuk bedah sinopsis sebenernya sudah gue tulis kemarin beberapa jam setelah tayang di postingan ini. Karena satu dan lain hal, gue hapus deh, hehe... Tenang, masih ada file sinopsisnya kok yang bisa kalian download di bawah videonya. Semoga bermanfaat!



DOWNLOAD SINOPSIS PENGANTAR GALON PUJAAN HATI (Link download baru)
Password rar : 05febyandriawan

Kamis, 02 Oktober 2014

Semua Tentang Ide

Ide. Satu kata yang kayaknya susaaaaaaahh banget di cari. Jujur, mencari ide itu layaknya mencari satu butir eek kambing di dalam jerami. Susah-susah gampang. Terkadang, ide tuh melintas sekencang kilat dan menghilang dengan kecepatan cahaya,,, Caelah bahasa gue. Iya, banyak yang bingung gimana sih nyari ide? Nah, di postingan ini, gue akan menjabarkan beberapa pengalaman gue sendiri dalam mencari sebuah ide. Gue tahu sih gue belum ngerasa berkompeten untuk nulis tips ini karena gue pun masih harus banyak belajar. Tapi, setidaknya gue mencoba sedikit membantu teman-teman yang "benar-benar baru" berkecimpung di dunia tulis menulis.

1. Suasana Hening
Salah satu cara standar dalam mencari ide. Biasanya, suasana hening itu akan membantu kita dalam berpikir dengan tenang. Nah, biasanya suasana hening ini akan di dapat ketika lagi pup / boker / BAB / Eek. Iya, gue pun kadang dapat ide dari situasi seperti itu dan sampai sekarang gue nggak ngerti kenapa cara ini ampuh. Tapi, harus di WC rumah sendiri sih, soalnya kalau di WC Umum rada gimanaaa gitu.

2. Coba Untuk Tidak Mainstream
Mainstream di sini bukan gaya kita dalam menulis. Mainstream yang gue maksud adalah mencoba mengubah pola kita dalam mencari ide. Misal, kita biasanya mencari ide di keheningan malam secara terus menerus. Tanpa kita sadari, lama kelamaan kita bakal boring sendiri. Akibatnya, nggak ada satu pun ide yang masuk atau malah ide yang sama terus yang bakal terlintas. Coba cari cara lain. Sambil merhatiin kereta api lewat mungkin? siapa tahu aja kan?

3. Coba Untuk Prihatin
Bukan, prihatin di sini bukan pura-pura cacat terus ngemis di lampu merah. Prihatin di sini adalah kita nggak naik kendaraan pribadi, melainkan jalan kaki / naik angkot / bis. Biasanya, seseorang yang bepergian dengan kendaraan pribadi, akan melewatkan hal-hal sekitar lebih banyak ketimbang orang yang jalan kaki atau naik kendaraan umum. Ini bener-bener gue rasain sendiri. Dengan berjalan kaki, gue bisa lihat sekitar, ada apa aja yang unik, atau melihat ekspresi-ekspresi orang yang terkadang bisa dijadiin ide.

4. Sering Bersosialisasi
Komunikasi itu cukup penting untuk mencari sebuah ide. Beruntunglah bagi yang punya banyak kenalan. Iya, terkadang dengan ngobrol sama orang, syukur-syukur tuh orang curhat, kita bisa menemukan ide untuk dijadikan sebuah cerita.

5. Sering Menonton dan Membaca
Cara paling lumayan ampuh untuk mencari ide. Terkadang, ada hal-hal menarik dari tipi yang bisa kita jadiin ide. Selain itu, banyak membaca juga selain membentuk gaya penulisan, akan melatih kita untuk membentuk pola pikir. Jangan cuman membaca, tapi bedah konflik di dalamnya. Mungkin aja kita nemuin pengembangannya kan? Beruntunglah bagi kalian yang hobi baca novel. Jujur, gue sih jarang baca novel. Makanya tulisan gue gini-gini aja, huehuehue....

6. Mencoba membuat outline
Outline tuh bisa di bilang garis besarnya sebuah cerita. Contoh misalnya di FTV gue yang Cewek Kepo Mengejar Cinta dulu. Di dalam ide cerita itu, gue awalnya membayangkan, "Seorang cewek yang kepo banget yang suka sama seorang cowok tapi cowok itu gak suka sama dia. Sementara, ada cowok lain yang benar-benar tulus mencintai si cewek kepo itu." Dari outline itulah gue kembangin lagi jadi sebuah ide cerita yang lebih menarik.

Sudah, segitu aja dulu, haha.. Mau ide kita murni dari pemikiran kita ataupun me-remake ide orang lain, sebuah ide itu tetaplah bernilai. Terkadang, kita sudah cukup puas apabila ide kita di publikasikan. Uang nomor dua, yang penting kita sudah mengukir sejarah diri kita sendiri walaupun itu skalanya nggak gede-gede amat. Kan siapa tahu aja karya-karya kita itu bisa jadi cerita untuk anak cucu. Ingat, jangan lewatkan sekecil apa pun ide yang terlintas di otak kita. Begitu ide lewat, segera tulis. Jangan sampai ide itu kelak keduluan orang lain!

Jumat, 26 September 2014

Kabar Terbaru FTV yang di ACC + Share Sinopsisnya

Meneruskan postingan gue yang Tiga Sinopsis Diterima Lagi nih. Akhirnya, ada beberapa kabar terbaru dari FTV yang judulnya 'Pengantar Galon Pujaan Hati' sama 'Balada Cinta Si Ahli Bekam. Untuk yang 'Ayam Karamel Pembawa Cinta', gue masih belum dapat infonya. FTV 'Pengantar Galon Pujaan Hati' sendiri sudah masuk ke lembaga sensor film yang mungkin tayang sih bakal bulan pertengahan-akhir Oktober atau awal-awal November.


Bagi yang kepo pengin tahu siapa aja pemainnya, bisa di lihat di dua link ini:


Sedangkan untuk FTV 'Balada Cinta Si Ahli Bekam', sampai sekarang gue nulis ini masih proses syuting.


Nah, data-data itu adalah hasil gue stalking artis-artisnya di twitter, muahahaha... Kepo sama sinopsisnya gimana sih? Tenang, gue share juga kok dimari, linknya di bawah ini:

Ayam Karamel Pembawa Cinta

UPDATE: Maaf, link di atas sudah gue hapus dengan pertimbangan nunggu tayangnya dulu. Silahkan ke halaman 'Download Sinopsis FTV' untuk update link terbarunya.

Password rar: xxxxxxxxxxx

Hah, kok pasword rarnya xxxxx? Iya, gue share paswordnya entar kalau sudah tayang ya, hehehe... Minta bantuan orang-orang yang bisa hack password rar aja untuk ngeliatnya. Piss. Info-info terbaru tentang 3 FTV itu dan password rar-nya akan gue update berkala di postingan ini. Jadi, pantengin terus postingan ini ya teman-teman kalau pengin tahu perkembangannya.

Rabu, 24 September 2014

Penulis, Antara Idealis dan Realistis

Kembali lagi bersama gue, Aliando GGS (Ganteng-Ganteng Somplak). Di postingan ini, gue mau berfikir bareng sama pembaca blog gue yang lagi khilaf. Dulu, gue tuh nggak punya passion di dunia menulis. Titik balik gue menyukai menulis adalah ketika gue baca novel 'Kambing Jantan', Raditya Dika. Novel itu dulu mengajarkan gue kalau nulis itu nggak perlu harus berakrobatik. Nulis simpel pun asal idenya menarik juga bisa kok. Nah, setelah itu gue lebih serius ngeblog. Nulis di blog bawa berkah tersendiri buat gue. Gue jadi punya banyak teman baru di dunia maya, banyak info yang gue dapat dan yang lebih penting adalah gue bisa mengasah kemampuan menulis gue yang sebelumnya nggak pernah gue asah. Dari blog jugalah rezeki gue datang. Tepatnya di postingan yang tentang anak kosan, seseorang bernama Iyas Maldaz komentar dan ternyata itu adalah perantara gue memasuki dunia menulis ide cerita FTV. Berkat Iyas Maldaz, gue kenal sama Pak Puguh P.S Admaja yang ngasih gue kesempatan masuk ke sctv untuk nulis ide cerita FTV di sana. Ide cerita FTV pertama gue yang diterima saat itu adalah 'Cewek Kepo Mengejar Cinta' dan itu membuat gue semakin semangat untuk nulis ide cerita. Setelah itu, alhamdulillah gue menelurkan beberapa ide cerita lagi yang di acc. Terus, apakah dengan itu gue sekarang tajir?

Dulu, setiap gue ke toko buku, gue selalu mikir kalau penulis-penulis buku tuh pasti kaya-kaya. Gimana nggak, satu buku kan harganya rata-rata 30 ribuan ke atas, nah kalau terjual 100 eksemplar, sudah 3 jutaan tuh. Tapi, setelah gue tahu kalau ternyata penulis cuman dapat 10% dari hasil penjualan ditambah potongan pajak, gue langsung mikir ulang, "Oh, jadi penulis tuh pendapatannya cuman segini?"

Paradigma gue tentang penulis berubah total. Pada akhirnya, setelah gue berkecimpung di dunia FTV-FTV, gue jadi ngerti betapa beratnya perjuangan seorang penulis. Seperti di postingan gue sebelumnya, naskah novel gue di terima salah satu penerbit dan mungkin pertengahan atau akhir tahun 2015 entar bakal cetaknya. Tentunya gue seneng banget dengan pencapaian itu, tapi apakah penghasilan dari buku itu nantinya mampu menghidupi gue? Jawabannya nggak. Gue lebih suka menyebut kalau karya berbentuk buku itu adalah karya idealis gue. Untuk hidup, gue lebih ke sinopsis FTV atau bahkan mungkin nanti merambah skenario. Lalu timbul pertanyaan gini: Lho, kan kalau kita punya kenalan banyak, jadi penulis buku juga bisa jadi sumber penghasilan bagus? Oke kalau semua kenalan kita itu mau beli buku kita, kalau nggak? Misal punya kenalan 1000 orang, eh yang mau beli bukunya cuman 50 orang aja. Emang sih ada efek dari mulut ke mulut, tapi itu nggak menjamin sepenuhnya, tetap harus ada peluang lain yang kita ambil dong biar isi dompet gak kering-kering amat.

Penulis terkenal seperti Raditya Dika pun pernah mengakui kalau Dia nggak bisa hidup kalau cuman mengandalkan penghasilan dari buku. Soalnya, sebuah karya itu ada masanya. Setelah dilupakan, maka para creator harus membuat karya baru lagi biar orang-orang senantiasa mengingat namanya. Penulis itu juga seniman. Dan seniman itu mencari makan dari karya, betul?

Lika-liku seorang penulis nggak cuman di materi, tapi juga di ide. Makanya, penulis itu sebisa mungkin menyimpan rapat idenya biar nggak di colong orang. Nah, di dunia ide cerita FTV yang gue jalani ini jujur aja gue beruntung ketemu Iyas Maldas sama Pak Puguh karena mereka orang-orang yang amanah. Gimana kalau gue ketemu sama orang yang nggak jujur? bisa-bisa ide cerita gue di sadur sama tuh orang kan? terus ganti nama. Iya, bisa di bilang, di dunia menulis juga kita harus ketemu dengan chanel yang tepat. Tapi, di dunia menulis kejahatan dan kecurangan seperti itu sudah biasa terjadi. Gue beruntung belum pernah ngalamin itu.

Jadi, tinggal kita pilih sendiri, mau jadi penulis yang idealis atau realistis? Gue sih milih dua-duanya. muahahahahaha.... 

Oh iya, buat temen-temen yang tertarik nulis ide cerita untuk FTV, kalau ada yang mau ditanyain boleh juga deh nanya di kotak komentar postingan ini ya. Tapi, dilarang nanya honornya berapa ya, hihihi...

Jumat, 12 September 2014

Struktur Konflik Fiksi Cinta-Cintaan

Di dalam sebuah karya fiksi, seorang penulis itu wajib menciptakan sebuah konflik yang bikin para pembacanya gregetan. Nah, genre romance atau gue lebih suka menyebutnya dengan genre cinta-cintaan pun juga harus begitu. Kita, sebagai penulis genre cinta-cintaan, harus merumuskan dulu apa konflik utamanya, apa sub konfliknya yang kira-kira bisa membuat pembaca terhenyuk sambil garuk-garuk tembok. Memang sih, ada dan banyak penulis juga yang langsung nulis secara brutal karena semuanya sudah ada di kepalanya. Tapi, bagi para pemula, kayak gue juga, terkadang langkah menyusun struktur / rumus konflik utama tuh penting. Berikut ini struktur konflik sederhana yang hanya melibatkan 3-4 karakter, untuk fiksi cinta-cintaan:

KONFLIK 1


Biasanya, konflik seperti gambar di atas sering gue temukan di sebuah cerpen. Untuk buku novel apalagi film televisi, konflik seperti ini dianggap sudah ketinggalan jaman walaupun terkadang masih bisa di terima juga berkat penyampaian dan sub konflik yang di buat si penulis. Nah, di kasus pada gambar di atas, sudah bisa di baca ya, Cowok A suka sama Cewek A, tapi si Cewek A itu sukanya sama Cowok B. Untuk menambah sentuhan dramanya, Cowok A dan B itu di buat punya hubungan pertemanan atau saudara.


KONFLIK 2


Konflik 2 ini sudah melibatkan 4 orang. Hampir sama dengan konflik yang pertama, bedanya si Cowok B malah suka sama Cewek B. Biar makin menambah bumbu drama, di konflik kedua ini si Cewek adalah saudara kandung, atau bisa di tambah kedua Cowok adalah sahabatan. Biasanya, konflik seperti ini sudah bisa untuk diajukan ke film televisi atau FTV. Tapi, tergantung dengan sub konflik yang ada juga.


KONFLIK 3


Di konflik ketiga ini makin ribet dan JLEB. Terusan dari konflik kedua, si Cewek B yang di taksir sama Cowok B malah sukanya sama Cowok A. Nah, lho... Konflik seperti ini cukup sering gue lihat di FTV. Bagi teman-teman yang pengin coba buat ide cerita untuk ftv, struktur seperti ini harus di coba. Tapi, sekali lagi, ciptakanlah juga sub konflik yang menarik.


KONFLIK 4


Kalau di Konflik 1-3 si karakter sama sekali nggak ada yang punya status pacaran di awalnya, di konflik ke-4 ini ada. Bisa di lihat di gambar, Cowok A dan Cewek B serta Cewek A dan Cowok B itu pada awal ceritanya berstatus pacaran. Tapi, pada ending, si Cowok A dan Cewek A-lah yang pacaran karena Cewek B dan Cowok B ini selingkuh. Nah, bagaimana ceritanya Cewek B dan Cowok B selingkuh serta bagaimana Cowok A dan Cewek A bisa bertemu, itu yang harus di pikirkan penulis. Konflik 4 ini gue pakai di sinopsis FTV gue yang baru di ACC, judulnya Ayam Karamel Pembawa Cinta.

Masih banyak sebenarnya konflik yang bisa kita kembangkan. Di atas, gue baru memainkan 3-4 karakter, bagaimana kalau lebih? Untuk cerita film televisi sendiri sih gue menyarankan untuk memakai konflik 2-4. Selanjutnya, kita buat deh sub konfliknya. Iya, terkadang, konsep yang sederhana itu akan menghasilkan sesuatu yang besar, jadi jangan takut untuk mencoba ya. Keep Writing!

Kamis, 04 September 2014

Streaming FTV Bubur Ayam Spesial Cinta

Ide Cerita: Feby Andriawan
Penulis Skenario: Puguh P.S Admaja



Note: Sound musik masih suka hilang. Terimakasih untuk akun Film Televisi yang sudah upload videonya di Youtube.

Tips-Tips Nulis Sinopsis Untuk FTV Yang Baru @SCTV

Lagi-lagi tentang ftv, kenapa ini blog berubah jadi blog ftv sih?? Arrrgghh... Iya, gue tahu mungkin pembaca blog gue ini sudah eneg kali ye lihat postingan gue yang berhubungan sama FTV terus, huehue. Tapi, kali ini gue akan nulis tips-tips yang baru biar sinopsis FTV yang lo masukin untuk SCTV, punya kemungkinan di terima yang lumayan besar. Gue tergelitik nulis ini karena lumayan banyak juga yang nanya ke gue sampai ada yang minta ke gue untuk nerima paksa naskahnya untuk di acc. Gila, gue aja mati-matian biar diterima! Yah, walaupun jadi penulis sinopsis ide ceritanya enggak seprestisius penulis skenarionya, setidaknya ini bisa jadi batu loncatan kita, portofolio kita. Soalnya, selain dapet duit jajan, nama kita juga mejeng di FTV-nya. Siapa tahu itu berguna buat kita kedepannya kan? Langsung aja ya, nih tips-tips baru dari gue.

1. Konflik, Konflik dan Konflik
Sekarang, enggak perduli seberapa bagus judul sinopsis lo, sctv akan lebih melihat konflik yang ada di dalamnya. Cross konflik antara 1 tokoh dengan tokoh lainnya tuh sangat penting. Selain konflik percintaannya, usahakan juga ada konflik di latar belakang si tokoh. Misal si tokoh tukang kebon. Nah, kalau bisa sih mainkan konfliknya di profesinya juga, jangan kisah percintaannya aja yang di buat konflik.

2. Permainan Tokoh Yang Banyak
Ada satu lagi perubahan FTV Sctv yang gue amati. Akhir-akhir ini, ftv sctv juga kadang menampilkan konflik yang melibatkan 4 orang lebih. Tapi, jangan khawatir, cross konflik 4 orang masih diterima kok. Cuman yaa... mungkin kalau lebih dari 4 orang kemungkinan diterimanya bakal lebih besar lagi.

3. Penyampaian Antar Paragraf
Penting. Setiap kita nulis sinopsis ide ceritanya, kita harus bisa membayangkan juga bagaimana ide itu akan berjalan ketika di visualkan nantinya. Biasanya, di paragraf pertama itu memuat tentang latar belakang tokoh dan pertemuan tokoh yang kelak bersatu di ending cerita atau tokoh perantara lainnya. Pasti yang sering nonton FTV pada lihat kan, di awal kita sudah disuguhkan dengan pertemuan si cewek dan si cowok, kemudian mereka saling bertatapan dan saling benci. Nah, itulah memang trend yang sepertinya sengaja diciptakan. Di pargraf-paragraf selanjutnya, baru deh isi-isi konflik dan biasanya di 1-2 paragraf terakhir itu sudah menyerempet penyelesaian dan endingnya. Gue juga pernah di tolak karena alasan ini.

4. Sebisa Mungkin Hindari Tokoh Anak SMA
Di FTV Sctv dulu kita masih sering melihat tokoh yang latar belakangnya anak SMA. Sekarang sudah jarang. Enggak tahu kenapa, tapi kayaknya sih gara-gara di protes kali ya. Iya, kalau kebanyakan latar belakangnya anak SMA yang cinta-cintaan, takutnya anak-anak SMA kita bakal lebih mentingin pacaran ketimbang belajar. #eaa. Yup, jangan bermain-main dengan tema anak SMA deh, yang profesi unik aja.

5. Gaya Bahasa Jangan berat
Kalau yang satu ini kayaknya sudah jelas ya. Terserah kita mau pakai bahasa formal atau anak muda bingiiittt... Asalkan bisa di cerna sama tim reviewnya. Janganlah memaksakan kata-kata yang sastra banget ya, karena belum tentu bisa dipahami.

Dah, segitu dulu tipsnya. Oh iya satu lagi, sekarang sctv cuman nerima 2 halaman ya. Jadi, kita bisa lebih cepat menyelesaikannya. Satu paragraf bebas mau berapa baris asal jangan 2 halaman itu satu paragraf aja. Nah, bagi yang berminat ngirim ide cerita untuk FTV sctv gitu, bisa langsung cek aja blognya Puguh P.S Admaja ya. Kalian baca tiap postingannya entar ada alamat emailnya buat ngirim sinopsisnya.

Minggu, 31 Agustus 2014

Tiga Sinopsis Diterima Lagi

Postingan ini gue buat dalam rangka enggak tahu harus ngapain setelah kebangun tengah malam. Dan, lagi-lagi, bahasa Ingrisnya again-again, gue mau ngabarin tentang sinopsis FTV gue yang again-again di terima lagi sama SCTV. Status OK sinopsis ini sendiri gue dapat dari suhu Puguh P.S Admaja, sekitar jam 8 malem gitu deh. Alhamdulillah-nya, sinopsis gue yang di terima itu ada 3 biji (tolong jangan melihat kata biji dalam perspektif yang berbeda ya...). Apa aja sih judulnya? Kalau enggak ada perubahan, judul-judulnya adalah: Ayam Karamel Pembawa Cinta, Pengantar Galon Pujaan Hati dan Balada Cinta Si Ahli Bekam.

Mana sinopsisnya? Lihat dongg.... Versi full-nya nanti. Sekarang, gue kasih tengok dulu versi beta-nya ya.. huehue.. Bisa di lihat di gambar bawah ini (klik gambar untuk memperbesar):








Penasaran sama versi fullnya? entar yak kalau sudah tayang, hihihi... Oh iya, sekali lagi gue mau kasih tahu jangan lupa nonton FTV yang ide ceritanya dari gue juga, "Bubur Ayam Spesial Cinta" hari Selasa pukul 12.30. Di jamin pokoknya tuh FTV mirip FTV! Terimakasih atas perhatiannya sudah membaca postingan gue yang again-again tentang ftv lagi ya.

UPDATE: FTV Bubur Ayam Spesial Cinta berubah jadwal tayang jadi hari Kamis, 4-September-2014 pukul 14.30. Semoga nggak berubah lagi.

© 2014 Blog Feby Andriawan | Template kreasi Ranz!