Tuesday, 13 January 2015

Syarat Menjadi Penulis Yang Baik

Gue banyak melihat fenomena di mana saat ini banyak banget remaja-remaja yang pengin jadi penulis, termasuk gue, walaupun sudah nggak remaja lagi. Iya, gue cukup bingung sih, kenapa sih pengen jadi penulis? penulis kan miskin-miskin kalau kata salah satu skenario filmnya Raditya Dika. Nah, kalau kita tanyakan alasannya kepada orang-orang itu, akan ada banyak jawaban yang pastinya akan bervariasi. Makanya nih, gue tertarik nulis postingan tentang apa aja sih syaratnya biar kita bisa jadi penulis yang baik. Poin-poin yang gue tulis di bawah ini berdasarkan pengalaman orang lain dan pengalaman sendiri.

1. Tentang Referensi dan Bahan Tulisan.
Referensi yang gue maksud di sini bukan cuman bacaan dari buku lain. Iya, referensi dari buku lain memang akan mempengaruhi cara berpikir dan gaya penulisan kita. Tapi, itu aja belum cukup, kita harus banyak-banyak menggodok sesuatu dari media lain, kayak televisi, lingkungan sekitar, makanan atau bahkan dari benda-benda lain, seperti minyak angin. Kenapa? karena kita harus peka dari segala sesuatu yang kita lihat, kecap sampai yang kita endus. Contoh, dari makanan, berkat indera pengecap kita jadi tahu rasa makanan pizza misalnya. Nah, rasa dari pizza itu kan bisa kita jadiin bahan tulisan gimana rasanya pizza agar orang yang membaca, yang mungkin belum pernah makan pizza, jadi dapat gambaran gimana tuh rasa pizza. Atau dari minyak angin, setiap minyak angin tuh wanginya beda lho, coba lo cium antara minyak angin caplang sama fresh care, beda kan? Itu sudah jadi bahan tulisan. Intinya, semua indera kita siap melakukan tugasnya untuk kita biar dapet inspirasi dalam menulis. Penulis yang baik, akan sangat peka dan bisa mengambil hal-hal paling kecil sekalipun dari apa yang dia terima dan rasakan untuk di jadikan tulisan.

2. Ketahui Kapan Saat Menulis Yang Tepat
Sangat penting. Ini berhubungan sama mood. Gue pernah nulis kalau mood nulis itu, diri kita sendiri yang tahu. Apakah itu nulis di malem hari, pagi hari, sore hari atau subuh. Apa kita baru bisa efektif nulis pas dengerin lagu metal, lagu rock, lagu pop, dangdut, atau biasanya kebanyakan orang nulis di tengah-tengah kesunyian. Semua itu, kita sendiri yang harus tahu. Yup, penulis yang baik, tahu akan 'waktunya', cari waktu yang paling efisien. Kalau kita nggak tahu kapan best time kita dalam menulis, di jamin tulisan kita bakal lebih lama jadinya dan terkesan nggak maksimal. Memang betul, kalau ada ide sebaiknya langsung tulis, tapi bukan berarti sekali tulis itu harus langsung jadi sempurna. Bisa kita akalin dulu dengan buat tulisan kasarnya, barulah nanti di best time kita dalam menulis kita perhalus, kita sempurnakan lagi. Inget lho ya, ini cuman sebatas menjadi penulis yang baik, bukan jadi penulis yang profesional. Kalau profesional kayak skenario yang ada deadline nya, jelas kita harus lebih sering nulis.

3. Ketahui Genre Tulisan Yang Sesuai
Oke, ada yang bilang setiap penulis yang baik itu harus bisa nulis semua genre tulisan. Pemikiran itu nggak salah. Tapi, menurut gue, alangkah baiknya kalau kita mencoba untuk fokus terlebih dahulu pada satu genre. Takutnya, kalau kita mencoba semua jenis genre, tulisan kita jadi terkesan setengah matang. Kalau kita passionnya di horor, ya sudah nulis aja di horor terus sampai orang mengenal kita dengan spesialis penulis horor. Iya dong, kalau kita tahu 'dimana genre kita', kita bisa menciptakan identitas di dalam tulisan kita. Kita harus tahu dimana zona nyaman kita, sebelum keluar dari zona nyaman itu. Maksud zona nyaman di sini adalah zona yang sudah benar-benar kita kuasai setidaknya 90%, misal komedi romance sudah kita kuasai 99%, nah kalau mau nyoba genre lain boleh deh silahkan. Jangan sampai, baru nguasain 30% di zona tertentu, kita langsung mau cobain genre lain lagi. Kalaupun kita nggak mau keluar dari zona nyaman kita, menurut gue sih nggak masalah, jangan takut di bilang penulis yang gak kreatif, toh kita sudah sangat baik di satu zona di saat orang-orang masih meraba-raba di mana zona mereka.

4. Percaya Diri Dengan Apa Yang Di Tulis
Pasti dan selalu aja ada orang yang nggak pede nunjukin tulisannya ke orang lain atau ke penerbit. Mereka masih malu bahkan mungkin takut kalau orang yang membaca menganggap apa yang di tulis itu jelek. Buang pemikiran seperti itu! Siapa yang menyangka kalau novel 'hahahihi' Kambing Jantan jadi cikal bakal best seller? atau siapa yang menyangka novel serius yang penuh dengan kata-kata dan kalimat yang ajaib macem Laskar Pelangi mendapatkan berbagai penghargaan? Penulisnya saat menulis buku-buku itu mungkin aja nggak pernah kepikiran tuh. Apa pun genrenya, pasti bisa best seller dan di hargai, jadi jangan takut unjuk gigi. Intinya, penulis yang baik itu adalah penulis yang menghargai tulisannya sendiri dan berani nunjukin tulisannya ke orang lain. Kalau kata orang lain jelek, jadikan itu pemacu untuk menjadi lebih baik lagi. Justru, kalau kita pendem terus, kita nggak bakal tahu barometer tulisan yang baik itu seperti apa. Jadi, pede itu indah bro!

Cukup sekian deh syarat untuk jadi penulis yang baik menurut gue sendiri. Gimana, kalau menurut kalian, apa sih syarat lainnya untuk jadi penulis yang baik itu?

Tuesday, 30 December 2014

Resolusi 2015

Beberapa puluh jam lagi, kita semua akan memasuki tahun baru, tahun 2015. Menurut gue, tahun baru tuh memang harus dirayakan, tapi dengan cara yang bijak. Nyalain kembang api ke udara memang keren sih, tapi entah kenapa kata gue sih itu langkah kurang bijak aja untuk bumi kita ini. Oke, seperti tahun-tahun sebelumnya, selalu ada harapan di tahun 2015. Tapi, sebelum itu, gue mau kilas balik dulu masa-masa di tahun 2014 ini. Di tahun ini, banyak hal-hal yang buat gue girang, alhamdulillah. Yah, walaupun nggak banyak, ada 9 ide cerita ftv gue yang berhasil tayang di SCTV tahun ini. Kesembilan judul FTV itu adalah: Dari Ikan Cupang Turun Ke Hati, Bubur Ayam Spesial Cinta, Pengantar Galon Pujaan Hati, Ada Cinta Di Saku Celana, Asmara Hansip Ningrat, Balada Cinta Si Ahli Bekam, Ayam Karamel Pembawa Cinta, Cintaku Disedot Tukang Sedot WC dan Ketimpuk Cinta Tukang Koran, sinopsisnya bisa di lihat di halaman download sinopsis FTV.

Selain FTV, di tahun ini gue dapet kabar baik dari penerbit Sheila yang merupakan imprint dari penerbit ANDI, yang nerima naskah novel gue sama Ryan Hasanin, judulnya 'Pacar!'. Yah, bisa di bilang tahun 2014 ini tahun keberuntungan gue. Tapi, gue selalu percaya kalau keberuntungan itu datang ke orang yang selalu bekerja keras untuk sukses. Nah, resolusi gue di tahun 2015 nanti nggak muluk-muluk, yaitu novel gue terbit dan gue juga rencananya sama Ryan mau nyelesaiin sekuel 'Pacar!!' di tahun 2015 juga. Semoga segalanya berjalan dengan lancar. Amin. Selain itu, gue juga tetap akan berkecimpung di penulisan ide cerita FTV, tapi kayaknya nggak seagresif di tahun ini nulisnya soalnya gue juga sambil nulis sekuel novel.

Apa pun itu, gue berharap kita semua mendapatkan yang terbaik di tahun 2015. Semoga tahun 2015 nanti, kita bisa hidup dengan lebih damai. Amin. Akhir kata, Selamat Tahun Baru 2015 ya!

Thursday, 18 December 2014

Perkembangan Novel 'Pacar!'

Akhirnya bisa nulis lagi di blog. Yah, maafin ye sudah lama nggak berkecimpung di dunia tulis maya ini, soalnya gue lagi lumayan sibuk di dunia nyata. Salah satu kesibukan itu tentu aja novel gue bareng Ryan Hasanin yang kita kasih judul 'Pacar!', yang belum tahu bisa di baca di postingan DISINI. Setelah draft kita di terima, gue sama Riyan sibuk ngebaca ulang dan merubah apa aja yang masih agak janggal. Sekarang, novel kita yang bergenre Komedi Romance dengan latar belakang anak SMA itu sudah selesai di poles sama salah satu editornya Penerbit Sheila fiction, imprint dari penerbit Andi. Kata editornya, habis di edit naskahnya masuk ke tahap selanjutnya, yaitu seting atau layout atau tata letak. Setelah itu mungkin bakal di baca-baca lagi sebelum ke tahap produksi. Semoga lancar.

Emm, ide awal novel itu sendiri sangat-sangat simpel. Iya, ide gue buat "kulit" novel itu sederhana bingit, cuman tentang 4 orang cowok yang pengin punya pacar, mengingat mereka sudah kelas 3 SMA atau kelas 12. Gimana caranya mereka bisa punya pacar? Apa ke-4 nya berhasil semua punya pacar? Atau.... Rahasia dong, itulah kenapa kalian harus beli bukunya, hahaha... Secara keseluruhan, nggak cuman berbicara tentang cinta, tapi juga persahabatan. Gaya bahasanya juga nggak berat, cocok buat di baca saat perjalanan luar kota, alach. Untuk judulnya, seperti yang sudah di bahas di atas adalah 'Pacar!', tapi untuk subjudulnya di ganti sama pihak penerbit jadi 'C.L.B.K (Cinta, Luka, Bersemi, Kembali)' sama kayak salah satu judul BAB dalam buku nanti. Ya udah, untuk sekarang cuman itu aja yang bisa gue kasih tahu di postingan ini. Terbitnya kapan kita belum tahu, katanya sih diusahakan di tahun 2015, biasanya sih penerbit Sheila tuh sebelum di produksi massal ke toko buku, kita bisa beli cara indie-indie gitu, pesan ke penerbit, baru di kirim. Jadi, kalian yang beli dengan cara pesan sebelum ada bukunya di toko buku tuh bisa punya duluan bukunya, bangga dong! ahay... Biasanya sih gitu, gue juga belum tahu pasti. Okeh, makasih buat kalian yang sudah jadi first reader draft Pacar itu, jujur saran kalian sangat membangun sekali. Tunggu kabar berikutnya novel 'PACAR!' yaaa... Gue sama Riyan entar rencana bakal ngadain Give Away nya juga lho, 2 buku 'PACAR!' dengan tanda tangan kita, tunggu tanggal mainnya!

Tuesday, 25 November 2014

FTV Ketimpuk Cinta Tukang Koran


Next, FTV yang ide ceritanya dari gue lagi bakal segera rampung. Sampai sekarang gue nulis postingan ini, masih syuting sudah sekitar 5 hari yang lalu, mungkin sudah selesai sekarang, mungkin. Gue tahu dari instagramnya Rara Nawangsih (berikutnya gue singkat RN) DISINI sama DISINI. Salah satu pemainnya juga ngetag di instagramnya DISINI. Sebenarnya judulnya sih gue buat 'Ketimpuk Cinta Tukang Koran', tapi RN nulisnya 'Cintaku Ketimpuk Tukang Koran'. Enggak tahu, mungkin judulnya di ganti sama PH Frame Ritz nya, nggak masalah lah nggak ngerubah esensi judulnya juga, hihiihi.. Yah, judulnya antara 'Ketimpuk Cinta Tukang Koran' atau 'Cintaku Ketimpuk Tukang Koran' lah pokoknya. Di bawah ini sedikit bukti di twitternya RN:

Untuk cowoknya yang entar nama tokohnya Seno, diperankan oleh Ibnu Jamil si salam olahraga, haha.. Ya sudah, segitu dulu sajah inpohnya. Update tentang FTV ini bakal gue tulis bertahap di postingan ini, jadi tongkrongin terus nih postingan yuaaakk...

UPDATE (26-Nov-2014):  Sudah masuk lembaga sensor film cek DISINI.
UPDATE (9-Des-2014): Maaf, pas nulis update ini ftv nya sudah selesai tayang Selasa, 09-Des-2014. Gue nggak sempet update karena SCTV nya juga nayangin tiba-tiba.

DOWNLOAD SINOPSIS FTV "Ketimpuk Cinta Tukang Koran"

Saturday, 1 November 2014

FTV Cintaku Disedot Tukang Sedot WC


Alhamdulillah sinopsis gue untuk FTV yang judulnya Cintaku Disedot Tukang Sedot WC di acc sekitar pertengahan oktober kemarin, tanggal berapanya gue lupa. Cerita sedikit, ini sinopsis merupakan remake atau daur ulang dari sinopsis Pak Puguh PS Admaja, kata beliau sih dulunya tuh sinopsis nggak di acc, tapi do'i yakin kalau ceritanya cukup unik kalau di matengin lagi. Nah, awalnya gue rada bingung sih gimana ngerubah tuh cerita yang jujur awalnya kuat banget sebenernya. Gue nggak ngerubah banyak intinya, gue cuman ngerombak lagi konflik-konfliknya yang kurang padat, gue tambahin bumbu-bumbu lagi, terus gue goreng deh. Awalnya gue cuek sih sama sinopsis itu, gue anggap sinopsis sedot WC ini lucu-lucuan aja plus rada minder juga karena SCTV juga pernah nayangin tema serupa. Yah, mungkin karena sudah rezeki dan kebetulan cerita gue beda dari tema yang sama, jadinya di terima deh. Pemain cowok di FTV ini sendiri adalah Aditya Firmansyah, bisa di lihat dari instagramnya: instagram.com/p/u2KCPfq59R/. Untuk pemain ceweknya sih gue nggak tahu, sebaiknya nggak tahu juga sih biar surprise gitoh, huehuehue... Oh iya, satu lagi, FTV ini produksi FRAME RITZ yang keren bingiiits ya, ahay. 

Di bawah ini twit dari Aditya Firmansyah:


Ini penampakan halaman skenarionya yang di kasih Pak Puguh PS Admaja:


Perkembangan-perkembangan FTV ini bakal gue update secara berkala ya di postingan ini. Jadi, pantengin terus ini postingan.

UPDATE: Sudah masuk ke lembaga sensor film DISINI.

UPDATE: JADWAL TAYANGNYA HARI SABTU TANGGAL 22 NOVEMBER 2014, PUKUL 12.30 ATAU 12.45 (KALAU GAK ADA PERUBAHAN). NONTON YAAA...

DOWNLOAD SINOPSIS 'CINTAKU DISEDOT TUKANG SEDOT WC'

Buat yang nggak sempat nonton, bisa ditonton di chanel youtube KLIK DISINI atau nonton langsung di bawah ini (kualitas nggak sebagus yang di tipi):
 
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑