Archive for Oktober 2011

Sumpah Pemuda

Hari ini, tanggal 28 Oktober kita semua memperingati hari sumpah pemuda. Gue tadi searching bentar ke wikipedia, kira-kira disana ada tertulis seperti ini, 'Kelahiran bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu membulatkan tekad mengangkat harkat dan martabat orang Indonesia asli'. Gue, sebagai pemuda Indonesia sekarang merinding kalo ngebayangin hidup pemuda Indonesia dulu. Mungkin untuk makan aja mereka susahnya minta ampun apalagi untuk ngapelin kekasih idaman, bisa-bisa di perjalan udah di dor duluan sama kumpeni. Tragis.

Oh iya, kalian masih inget gak isi sumpah pemuda? Sama, gue juga gak inget, nih gue nulis sambil buka buku Sejarah gue waktu SD yang sama tua-nya dengan isinya. Oke, ini dia isi sumpah pemuda itu (versi yang lama tapi bahasanya baru):

Pertama, kami putra-putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia.
Kedua, kami putra-putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Ketiga, kami putra-putri Indonesia, mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Dan ini dia isi sumpah pemuda yang baru:


Bayangin, disaat kita sekarang bisa senang-senang menikmati hidup, para pemuda dulu mempertaruhkan jiwa raga mereka demi kemerdekaan bangsa. Harusnya kita malu dengan keadaan kita sekarang, apa yang bisa kita lakukan untuk negara kita ini? Apakah para pejuang kita dulu merasa bangga dengan keadaan Indonesia sekarang? Menurut gue, Indonesia adalah sebuah negara yang dibangun dengan darah dan keringat, tapi sekarang Indonesia menjadi sebuah negara besar yang dibangun dengan tangisan dan luka disana-sini. Memang masih banyak orang baik di Indonesia, tapi orang yang jahat lebih banyak lagi. Masih banyak orang jujur di Indonesia, tapi orang yang gak jujur lebih banyak lagi.

Pas SMA, ada hal yang paling gak gue suka. Apa itu? Liat gambar di bawah ini.

Tawuran alias rusuh alias gradak-gruduk

Corat-coret baju/seragam SMA

Semua gambar gue ambil dari google. Yang pertama, tawuran, apa untungnya dari kegiatan tawuran coba? Lo bawa kayu, batu, kaleng, trus dilempar, kena kepala bocor, masuk rumah sakit, minimal lo geger otak maksimal lo mati. Trus kedua, corat-coret pas kelulusan SMA. Gue tau SMA itu hanya kita rasakan sekali seumur hidup. Tapi tau gak berapa harga seragam itu? Oke bagi keluarga yang punya kantong tebal gak masalah, tapi kalo yang kantongnya tipis gimana? Lo gak tau gimana perjuangan bokap sama nyokap lo untuk beli tuh seragam. Daripada di coret kan mending dibakar di kasih ke orang yang butuh, dapat pahala dan lebih bermanfaat.

Sebenarnya perjuangan pemuda Indonesia belum berakhir. Sampai sekarang pun Indonesia masih dalam tahap kritis. Pengemis dimana-mana, koruptor disana-sini, seks bebas merajarela, narkoba masih berkeliaran, keadaan alam yang kian jauh dari hijau, keadaan laut dan pantai yang tercemar, dll. Indonesia masih koma kawan, Indonesia masih membutuhkan para pemuda yang tangguh, jujur dan bertanggungjawab. Yuk, di hari sumpah pemuda ini kita mengorbankan waktu demi menjadi pemuda dan manusia yang lebih bermanfaat bagi keluarga, teman dan negara. Jangan biarkan isi sumpah pemuda yang telah dibuat memudar dan tergores, mari kita susun rapih isi sumpah pemuda itu di hati dan pikiran kita, para pemuda Indonesia.

Bangkitlah Para Penerus Bangsa !!

19 Comments

Misteri Ultraman


Ultraman adalah film anak-anak yang gue suka dulu. Menurut gue dulu, ultraman adalah superhero yang lain daripada yang lain. Kenapa? Karena ultraman adalah superhero yang paling tinggi, hulk juga di injek aja sama dia udah gepeng dah. Tapi makin besar gue makin penasaran sama sosok Ultraman ini, banyak misteri dari ultraman yang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Misteri apa aja itu? 

1. Ultraman butuh charger?
Setiap gue liat ultraman bertarung, selalu aja akhirnya lampunya kelap-kelip yang menandakan waktunya hampir habis. Kenapa gitu? Apakah ultraman butuh charger? Kalo butuh kenapa gak dibawa aja? Sampai saat ini gue gak ngerti kenapa, tapi kalo di  liat setelah bertarung ultraman langsung terbang, gue yakin ultraman mau ngecas dulu.

2. Ultraman dan musuhnya tinggal di bumi?
Misteri dimana sebenarnya ultraman tinggal ini sebenarnya hampir terjawab. Menurut gue ultraman itu sebenarnya tinggal di bumi sama musuhnya. Kenapa? kita pasti pernah denger kesaksian banyak orang kalo liat makhluk tinggi besar, hanya saja gak terlalu terlihat jelas. Itu dia, itu mungkin ultraman atau musuhnya yang lagi jalan-jalan. Tapi dimana rumah mereka itu masih jadi misteri.

3. Bagaimana cara Ultraman beranak?
Dari ultraman yang awal banget sampai yang baru, gue belum pernah liat alat kelamin Ultraman. Yang mana yang cowok yang mana yang cewek hanya bisa diliat dari dadanya. Lalu bagaimana cara mereka bercinta dan melahirkan keturunan? Itu masih jadi misteri karena kalo mereka gak bisa beranak kenapa banyak ultraman yang bermunculan.

4. Ultraman itu pahlawan panggilan?
Ya, ultraman itu mungkin aja bukan pahlawan yang ikhlas bantu bumi. Coba kita liat, begitu bumi terancam, pasti aja ada orang perantaranya yang bilang "Berubah" sambil pegang alat gak jelas gitu di tangannya. Ada kemungkinan orang itu miscall Ultraman dari itu alat biar datang. Ya, ultraman itu mungkin hanyalah pahlawan panggilan, dia sebenarnya gak pernah ngontrol keadaan di bumi.

5.Nenek moyang ultraman itu warnanya apa?
Ini juga masih misteri buat gue, kenapa setiap ultraman itu selalu ada unsur merah di badannya? mungkin nenek moyang ultraman itu warnanya merah. Tapi gue pernah liat ada ultraman yang cuma ada unsur biru dan putihnya doang. Sebenernya nenek moyang ultraman itu (awal banget) warnanya apa sih? Mungkin ada yang punya film dokumenternya?

6. Ultraman bisa kena flu sama batuk gak?
Gue gak tau penyakit apa aja yang pernah dialami ultraman. Tapi yang pasti gue penasaran kalo ultraman itu pernah apa gak terjangkit flu mengingat dia gak punya lubang hidung. Terus mulutnya juga gak pernah kebuka, itu buat gue bertanya, dia bisa kena batuk juga gak ya?

7. UFO itu mainan Ultraman?
Dari dulu sampai sekarang, asal-usul ufo masih misterius. Tapi dengan adanya Ultraman, gue berpikir mungkin ufo itu mainan remote control-nya para ultraman. Siapa tau kan? 

8. Kegiatan Ultraman sehari-hari.
Ini dia yang buat gue penasaran banget. Sebenernya ultraman tuh ngapain aja sih kalo gak lagi ada jadwal berantem? Banyak orang yang tertarik akan kehidupan sehari-hari ultraman itu. Sampai para kaskuser pun membahasnya. Ini dia sebagian foto keseharian Ultraman yang gue ambil dari kaskus.

Foto waktu lagi pipis bareng superhero Jepang lain.

Foto waktu lagi pilih-pilih ikan.

Foto waktu lagi sepeda'an, biar stamina terus terjaga.

Itu dia misteri dari Ultraman yang buat gue penasaran. Mungkin ada yang lain? Gue tau para pembaca blog gue ini masih pada waras. Postingan ini hanya dibuat untuk membuat orang menjadi gak waras. Jangan sampai postingan ini buat kalian gak bisa tidur ya.

Catatan: Postingan ini dilarang dibaca oleh anak kecil untuk mencegah imajinasi yang berlebihan.

23 Comments

Kenapa Harus Boy & Girl Band ??

Pada suatu hari, gue nonton acara dahsyat (acara musik di RCTI) dan ngeliat sebuah video klip grup boy band. Awalnya gue berpikir, 'ah palingan juga numpang lewat'. Gue nyantai aja merespon apa yang udah gue liat waktu itu. Tapi, lama kelamaan gue merasa ada yang aneh. Yups, bener banget, boy band yang gue liat video klipnya itu di undang terus jadi bintang tamu di berbagai acara tipi. Inilah saat dimana revolusi besar-besaran terjadi di pasar musik Indonesia dan bulu ketek gue pun mulai merinding.


Semua pasti udah pada tau lah tuh di atas gambarnya boy band apa. Itu gambar gue ambil dari google, sengaja gak nampilin gambar personil aslinya soalnya ntar gue dikira homo. Gara-gara boy band yang namanya ada gambar bintang itulah, sekarang boy band makin bertebaran di Indonesia. Apa yang terjadi tidak lama setelah itu? Muncul lah tujuh mbak-mbak nyanyi: 'Gak gak gak kuat'. Gak kuat ngapain lo? pengen boker?

Sengaja nampilin foto aslinya untuk mempertegas kalo gue tuh normal. 

Gue gak mempersalahkan munculnya boy & girlband ini, yang gue permasalahkan adalah konsep mereka. Setahu gue nih, kalo boy atau girl band itu adalah perpaduan nyanyi dan dance. Tapi yang gue liat di acara live, mereka cuma joget-joget aja gak jelas, mulutnya cuma mangap-mangap aja kayak ikan. Jogetnya juga sama aja, ada yang joget dua tangan ke atas kepala kayak telinga kelinci gitu sampai menyerupai jurus ultraman.

Inilah inspirasi para boy & girl band Indonesia.

Selain itu katanya sih kiblat mereka itu boy & girl band Korea. Bukan Korean style yang tercipta, yang ada mereka tuh malah norak dan gak punya identitas. Rambut di cat kuning kayak Dragon Ball tapi muka pas-pasan, baju di bagian dada di buka (buat boy band, kalo girl band ntar langsung di demo MUI), dll. Menurut gue, mereka tuh malah kayak ABG labil dan kalo kalian ingin mengetahui seberapa labil kalian, itu bisa diliat dari seberapa kalian suka boy & girl band Indonesia (bukan western loh ya).

Coba kita liat boy band luar kayak Backstreet Boys, westlife, Take that, dll. Mereka tuh kalo live selalu suara asli dan jogetnya juga gak lebay-lebay banget. Gue gak bisa ngebayangin kalo Westlife joget kayak telinga kelinci gitu, so cute deh kakak. Sekarang kalo gue liat acara musik di tipi, jarang banget gue liat tuh acara ngundang band atau solo gitu (ada sih tapi persentasenya lebih kecil), apalagi acara musik di SCTV, boy band semua yang diundang kalo gak girl band. Selain itu juga kalo gak salah ntar mau ada acara kayak ajang pencari bakat boy & girl band gitu, bisa dipastikan makin banyak deh mas-mas sama mbak-mbak yang joget geje sambil cuap-cuap.

So, kenapa para pemuda dan pemudi Indonesia pada pengen ngebentuk boy & girl band? Kenapa kalo live suara mereka rekaman? Apakah kemampuan para boy band dan girl band kita hanya sebatas joget alay? Entahlah, semua di kembalikan pada selera masing-masing. Kalo gue pribadi sih gak apa-apa deh kalo boy band dan girl band ini banyak, tapi harus benar-benar berkualitas, original dan gak lebay.

11 Comments

Tugas Akhir Gue Ditolak!!

Sebelum nulis postingan ini, gue mau bilang, kalo gue tuh benci banget sama boy band dan girl band yang menjamur di Indonesia, terima kasih. Oke, udah lama gue gak nge-blog lagi gara-gara gue akan menghadapi tugas akhir. Banyak kendala yang gue alami dalam tugas akhir gue kemarin dan salah satunya adalah persediaan kopi gue abis. Apa hubungan secangkir kopi dan tugas akhir? ntar kalian sendiri bakal ngerasainnya dan menemukan jawabannya. Sayangnya gue gak sempat merasakan korelasi antara kopi dan tugas akhir itu. Kenapa? Karena tugas akhir gue dinyatakan ditolak!

Yang paling ngebingungin gue saat TA adalah judul. Sayangnya gue bukan kuliah di bidang musik, kalo gue kuliah di musik gue bakal ambil judul TA: "Fenomena Lagu Playboy 7 Icons", gue yakin judul itu bakal diterima. Banyak referensi dan banyak masukan yang gue terima pas mau masukin judul. Entah kenapa pada saat itu gue mau ambil topik android. Sebelumnya gue mau jujur dulu kalo gue tuh gak ngerti sama sekali tentang robot hijau yang satu itu. So, gue jadi searching-searching terus masuk komunitasnya. Dan hasilnya luar biasa, gue yang tadinya gak ngerti jadi tambah pusing. Saking pusingnya mata gue jadi keluar nanah, oke gue tau itu terlalu berlebihan.

Awalnya gue mau buat aplikasi informasi tempat pariwisata gitu di android, tapi temen gue ternyata udah nyoba ambil tuh judul di semester sebelumnya dan hasilnya ditolak. Gue makin keringet dingin. Apa yang gue bisa lakukan dengan modal otak pas-pasan yang mencoba peruntungan di dunia teknik informatika? gue terus berpikir keras sejak saat itu. Setelah perenungan panjang di temani suara hujan dan angin berhembus merdu, akhirnya gue menemukan ide kalo gue mau bikin email manager untuk android, masa bodoh bisa apa gak ngerjainnya yang penting diterima dulu. Judul pun berhasil gue temukan yaitu "membangun aplikasi email manager berbasis android" dan proposal pun sudah dirancang dengan sedemikian mantap, selain itu kopi (merek dirahasiakan) juga udah gue beli yang isinya 30 gitu buat jaga-jaga siapa tau gue akan lebih banyak begadang. 

Dengan semangat yang membara besoknya gue sidang. Awalnya sih gue deg-degan ngadepin sidang, tapi pada akhirnya rasa deg-degan itu berubah jadi membosankan. Bayangin aja, gue nunggu dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore buat dipanggil masuk. Muka gue yang tadinya ganteng (tolong jangan anggap ini sebagai kalimat sebenarnya) jadi kusut kayak baju yang belum di setrika terus di cakar-cakar kucing. Untungnya gue gak sendiri, temen gue yang juga ambil tema phone gitu menemani gue dengan tampang yang gak kalah culunnya.

Pas gue dipanggil, bukan deg-degan yang gue rasain tapi malah bahagia, gue terharu banget begitu nama Feby Oktarista Andriawan dipanggil, Oh God, terima kasih akhirnya gue bisa balik bentar lagi. Tapi, begitu masuk ruangan perasaan bahagia gue tiba-tiba lenyap. Perlahan gue duduk di depang penguji diiringi keringat yang menetes perlahan dari muka gue. Waktu pun terus berlalu dan setelah perdebatan panjang akhirnya proposal gue dinyatakan harus direvisi. Gue langsung keluar tapi tas gue ketinggalan di dalem, jadinya gue masuk lagi terus keluar lagi. Singkat cerita (berhubung gue udah ngantuk nih), gue merevisi proposal gue. Disinilah awal malapetaka gue. Saat itu proposal lama sama lembar reviewer gue buang! Yes, I really really crazy! Gue gak tau apa yang udah meracuni pikiran gue saat itu.

Besoknya hasil revisi harus dikumpulin dan gue tetap nekat ngumpulin tuh proposal. Okelah proposal lama masih bisa gue bikin lagi, tapi bagaimana dengan lembar reviewer yang disana ada tulisan penguji tentang apa aja yang harus gue revisi sama tanda tangannya? sayangnya yang harus revisi gak bisa input judul baru lagi. Jadinya gue pasrah aja nungguin giliran pengumpulan revisi proposal itu. Finally, gue langsung di suruh ulang lagi di semester depan. Dengan langkah yang berat dan kepala tertunduk lesu gue ninggalin ruang dosen sambil membawa proposal itu. Pada saat itulah gue merasakan kalau gue tuh laper banget. Abis dari ruang dosen itu gue langsung ke warteg. (Ending agak gimanaaaa gitu ya, tapi emang kenyataannya gitu)

Buat temen-temen gue yang lagi ambil TA semester ini, selamat berjuang kawan!

19 Comments

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.