Saturday, 22 August 2015

Tips Sinopsis FTV Romkom: Goda Reviewer Dengan Paragraf Pertama (Sinopsis Burger Lapis Cinta)

Oke, postingan ini spesial buat teman-teman yang pengin banget nulis sinopsis untuk ftv. Disini, gue akan mencoba membedah paragraf pertama sinopsis gue sendiri yang sudah tayang berjudul burger lapis cinta. Kenapa paragraf pertama? Soalnya, itu tuh paragraf penting dalam sebuah sinopsis ftv. Jangan sampai, sinopsis kita sudah gugur sejak paragraf pertama. Bukannya gue jago ya, gue cuman share pengalaman dari pengamatan gue tentang sinopsis yang sudah di acc aja. Sekali lagi, ini bukan berarti gue jago, sinopsis gue juga ada yang ditolak-ditolaknya kok. Oh iya, sekedar info tambahan aja, sinopsis Burger Lapis Cinta ini kalau nggak salah semua nama tokoh di rubah dan ada beberapa plot di improve tanpa mengubah benang merah ceritanya, tapi itu nggak masalah karena segala improve adalah hak penulis skenario dan PH yang bersangkutan. Yang penting, pada dasarnya sinopsis atau cerita kita sudah memenuhi keinginan station tv sehingga di acc. Sip, kita mulai sajo yo.

Paragraf 1:
Ramli kaget bukan main melihat jam yang sudah menunjukkan pukul setengah delapan pagi. Masalahnya, hari ini tuh hari pertama Ramli masuk kerja! Nggak pake mandi, cuman sikat gigi, Ramli langsung berangkat dengan motor bebeknya. Sialnya, di tengah jalan Ramli nabrak gerobak burger Pak Hasan. Kasihan sih lihat tuh tukang burger nyejugruk di bawah pohon, tapi Ramli nggak mau telat dan langsung cabut. Baliknya, Pak Hasan curhat sama istri dan anaknya, Bu Alya dan Mona. Gerobak burgernya jadi hancur gitu. Padahal tuh gerobak baru bakal di pakai buat entar siang jualan. Untungnya ada Riyan nih yang demen sama Mona. Kebetulan Riyan punya gerobak bekas gitu tapi masih layak pakai. Riyan pinjemin dulu deh tuh gerobak sampai gerobaknya Pak Hasan bener lagi. Baik banget ya Riyan, tapi sayang Mona cuman nganggep Dia sahabat doang. Gimana nasib Ramli? Dia telat satu jam dan langsung di pecat! Gila, disiplin banget tuh kantor, belum juga mulai kerja sudah di pecat aja. Di tengah jalan menuju pulang dengan tampangnya yang lesu, Ramli nggak sengaja melihat Mona yang cantiknya kebangetan lagi membuat burger. Naluri lelaki Ramli langsung muncul nih, pura-pura beli burger padahal pengin kenalan. Ah, duit di dompet pas banget lagi untuk beli satu burger, ya sudah Ramli nekat deh abisin tuh duit. Rencana Ramli berhasil, dia bisa kenalan sama Mona. Sambil makan burger di tempat, Ramli ngobrol sama Mona. Mona cerita sih dia jualan gantiin Bokapnya yang tadi pagi kena musibah di tabrak motor. Ramli sok-sokan deh tuh nyumpahin si penabrak, padahal kan itu dia sendiri. Ramli dan Mona pun bertukar nomor hape, setelah itu Ramli pulang. Di rumah, Ramli mulai mikir nih, jangan-jangan yang di tabraknya tadi pagi tuh Bokapnya Mona?? Tapi, ah, bisa aja kebetulan sama kronologis kejadiannya kan, yang penting dapet gebetan!

Asal mula: Di paragraf pertama itu sebenarnya adalah sebuah situasi yang ftv banget yaitu "tabrakan". Tapi, gue mikir, tabrakan yang gimana ya kira-kira yang nggak langsung ke tokoh yang nantinya di ending bakalan bersatu? Biasanya kan kalau tabrakan tuh antar tokoh yang nantinya bersatu. Begitu kita nonton, terus kita lihat adegan tabrakan, pasti kita mikir, "Ah, pasti dua ini nih yang nantinya jadian, basi!" Nah, makanya di sinopsis burger lapis cinta, gue belokin adegan tabrakan itu.

Poin-poin yang ada di paragraf pertama:
- Ramli baru mulai kerja, di tengah jalan nabrak Pak Hasan. Ramli di pecat karena telat sejam.
- Pak Hasan nggak jadi jualan burger karena ditabrak Ramli. Pak Hasan ini, punya anak namanya Mona.
- Mona yang menggantikan Pak Hasan jualan burger.
- Riyan suka sama Mona.

Konflik paragraf pertama: Ramli nabrak Pak Hasan yang notabene Bokapnya Mona. Mona ini, adalah cewek yang di ending entar bakal jadian sama Ramli. Di sini, Mona belum tau kalau Ramli si cowok yang baru dikenalnya lah yang ternyata nabrak Bokapnya. Konflik semakin dipertebal dengan adanya Riyan, si cowok yang juga naksir sama Mona. Dari paragraf awal aja, kita abaikan dulu endingnya seperti apa, ada beberapa pertanyaan: Siapa yang nanti jadian sama Mona? Ramli yang nabrak Bokapnya atau Riyan yang baik banget sama Mona? Kalau ternyata akhirnya sama Ramli gimana dong, kan yang nabrak Bokapnya Mona tuh Ramli?

Yup, sekali lagi, paragraf pertama adalah kunci awal kesuksesan sebuah sinopsis. Jangan disepelekan! Buat reviewer ketagihan untuk baca paragraf selanjutnya, jangan buat reviewernya ngantuk pas baca paragraf pertama kita. Okelah paragraf pertama harus buat latar belakang juga, tapi jangan terlena sehingga kita lupa meletakkan konflik. Kita harus berfikir tentang konflik A pemicu konflik B, konflik B pemicu konflik C dan seterusnya. Memang nggak menjamin di acc, tapi kalau paragraf satu sudah kuat, yakinlah itu bakalan mempermudah diri kita sendiri. Selain itu, sekali lagi, bisa bikin sinopsis kita nggak gugur sejak paragraf pertama. Semoga membantu.

11 comments:

  1. Oke bro, thank you yah. Hahaha, lu baik banget deh, cipok dulu yah, :*

    Hahaha

    Btw gue coba kirim lagi tuh. Dua malah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasyem, kenapa yg nyipok gw selalu cowok!

      Delete
  2. kayaknya lu bakalan kerja di pertelevisian.... biin sitkom kayaknya lg booming tuh.... coba tuh liat tetangga masa gitu..... aq suka liat, liat Chelsea Islan nya..... wakakakaaa.....
    cipok dl lah... lama gak nge-blog niih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengin udah lama bikin sitkom, tapi belum ada kesempatan sampai sekarang.. :D

      Delete
  3. Setuju banget. Kesan pertama ini menentukan segala-galanya. Sama hal nya kayak kalo kita ketemuan sama gebetan, kalimat sapaan pertama yg kita ucapkan itu penting banget dalam menentukan apakah malam itu kita bakal dapet ciuman atau tidak wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Asem analoginya ye, mentang-mentang master of romance.. :D

      Delete
  4. yeppp, nggak cuma di sinopsis FTV aja sih.
    hampir di segala hal first impression itu penting banget.

    Sukses selalu bang feb ;)

    and good luck for your upcoming book!

    ReplyDelete
  5. Wohoooo tips-nya oke banget nih. Selalu deh emang si Feby ini. Makasih yaa! \:D/

    ReplyDelete
  6. Tipsnya keren banget, jadi tertarik nih sama ftv \o/

    ReplyDelete
  7. Wuuu... keren!
    Kakak Feby cuma nulis sinopsis FTV-nya aja, atau nulis skenario lengkapnya juga.?? nanya lagi deh.. hihihi...
    Mohon dijawab ya kakak Feby!! :)
    Aku juga berminat jadi penulis skenario atau nulis sinopsis FTV.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw sinopsis nya aja, info lebih lanjut kontak di facebook aja ya, atau di twitter..

      Delete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑