Skip to main content

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua..
Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa..
Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini..
Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini..

Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.

 Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunGokong

Gue lupa kelas berapa saat film ini muncul, yang jelas film kera sakti ini bagaikan air di tanah tandus nan gersang buat gue. Saat telenovela merajai dunia pertelevisian Indonesia, gue mulai rada males nonton tipi, kebalikannya, nyokap gue justru keranjingan nonton tipi sampai lupa masak. Film kera sakti ini tiba-tiba muncul di era itu dan gue sukses menjadi pesaing terberat nyokap gue untuk berebutan remot tipi. Gue rindu akan masa-masa itu, SunGoKong dan teman-teman telah memberikan inspirasi bagi anak-anak di daerah rumah gue.

Walaupun filmnya menggambarkan tentang agama budha, tapi apa salahnya kalo kita mengetahui sejarah agama lain, lagian film itu juga memberikan nilai moral yang baik, seperti peduli kepada orang lain, nilai sebuah tanggung jawab dan masih banyak lagi nilai positif yang terkandung dalam film ini. Oke, sekarang kita bahas sedikit aja tentang nih film yang masih gue inget samar-samar.

Foto 2. Yang jelas gue bukan sebelah kanan.

Film kera sakti ini bercerita tentang empat pejantan tangguh (jadi lima kalo kudanya masuk hitungan) yang berkelana mencari kitab suci ke barat. Keempat  pejantan tangguh itu bernama Biksu Tong, SunGoKong, Pat Kai dan Wu Ching. Biksu Tong merupakan guru dari SunGoKong, Pat kai dan Wu Ching. Tugas mencari kitab suci ke barat ini merupakan tugas yang di berikan Dewi Kwan Im (gue gak tau tulisannya gimana) kepada biksu Tong. Nah di tengah perjalanan itu si botak biksu Tong bertemu dengan SunGoKong, Pat Kai dan Wu Ching. Bisa dibilang SunGokong kakak pertama, Pat kai kakak kedua, dan Wu Ching adik ketiga, kenapa bisa gitu? yuk kita bahas.

SunGoKong merupakan siluman kera yang paling dahsyat yang berasal dari gunung Huakwo, khayangan sama neraka (inget ya anak-anak, nih gak mungkin terjadi, hanya di film) aja di acak-acak sama nih kera terus dia berhasil mendapatkan tongkat sakti. Gue dulu sangat terobsesi memiliki tongkat sakti ini sampai kemana-mana setiap gue jalan-jalan keliling perumahan sama temen selalu memotong batang pohon yang gue anggap sebagai tongkat sakti (padahal buat jaga-jaga aja kalo dikejar anjing). Balik ke cerita, SunGoKong akhirnya dikalahkan si Budha Julai (gue gak tau tulisannya pokoknya nyebutnya gitu) dan akhirnya SunGoKong terperangkap di gunung lima jari, gak makan gak minum apalagi boker, jangan kan boker, kentut aja gak keluar kali ya. Akhirnya setelah bertahun-tahun lamanya, Biksu Tong menemukan SunGokong dan melepaskan SunGoKong dari gunung lima jarinya si Budha Julai, akhirnya SunGoKong pun bisa boker, apalagi kentut.

Sedangkan Pat Kai adalah (dulunya) merupakan panglima Tiang Feng (gue gak tau tulisannya). Karena tergoda oleh silaunya nafsu duniawi dan terlibat cinta terlarang akhirnya panglima Tiang Feng diturunkan ke bumi jadi siluman babi bernama Pat Kai. Menurut gue sih, Pat Kai merupakan sengenes-ngenesnya jomblo alias jomblo yang paling ngenes di bumi ini. Kata sakti Pat Kai saat lagi ngenes-ngenesnya di tengah malam adalah seperti ini, "Cinta, penderitaannya tiada akhir," beh kalo udah liat Pat Kai ngomong gini rasanya pengen nimpuk mukanya aja. Apalagi waktu dia udah ngerayu cewek dengan janji manisnya, pengen rasanya gue tarik hidungnya biar agak mancungan dikit.

Foto 3. Gini nih kalo jomblo ngenes lagi ngerayu cewek.

Tuh kan liat aja tuh fotonya, sok iye banget kan, padahal ujung-ujungnya ditolak. Gue skip aja dah, akhirnya si Pat Kai ini bertemu Biksu Tong dan SunGoKong. Setelah perjuangan yang alot dari SunGoKong dan biksu Tong, akhirnya Pat Kai ikut juga ngambil kitab sucu ke barat. Lalu berikutnya adalah Wu Ching yang merupakan orang terakhir yang direkrut. Gue lupa sejarahnya Wu Ching ini gimana, kalo gak salah sih hampir mirip Pat Kai gitu, bedanya Wu Ching lebih baek orangnya.

Ada beberapa episode yang gue inget dan menurut gue seru. Yang pertama saat mereka bertemu siluman tengkorak yang menyebabkan SunGoKong diusir sama Biksu Tong. Sumpah, ini episode yang paling mengharukan. Kemudian ada episode saat bertemu dengan siluman laba-laba, dimana salah satu siluman laba-laba ini suka sama SunGoKong, ini episode yang gak kalah serunya. Ketiga episode dimana rombongan biksu Tong mendatangi negeri wanita dimana di satu kota itu isinya cewek semua, ini episode yang gue suka. Kalo gue sutradaranya, gue panjangin nih episode sampai dua puluh episode (ngarep). Keempat adalah episode dimana akhirnya anak dari siluman kerbau (kakak angkat SunGoKong) dan dewi kipas (gue lupa namanya) yang nakalnya minta ampun akhirnya menjadi pengikut Dewi Kwan Im, ini juga episode mengharukan.

Kelima ada episode dimana rombongan biksu Tong menempuh perjalanan di padang gersang dimana jarak matahari sangat dekat ke kepala, inilah episode yang membuat semua rombongan pencari kitab suci ini tepar kayak ikan keabisan oksigen. Dan terakhir, episode yang paling seru menurut gue adalah saat berhadapan dengan kera Tung pei (sekali lagi, tulisannya gue gak tau).

Foto 4. Ini dia si kera Tung pei dan kudanya yang cute

Si kera Tung Pei ini sangat terobsesi menggantikan SunGoKong untuk menemani rombongan biksu Tong mencari kitab suci dan menjadi dewa. SunGoKong sempet kalah sama nih kera sampai-sampai SunGoKong masuk ke piringan emas yang bahkan para dewa gak bisa ngancurin tuh piringan. Untungnya ada gajah apa itu namanya gue lupa yang nginjek tuh piringan jadi SunGoKong bebas dan menglahkan kera Tung Pei.

Di akhir film rombongan Biksu Tong berhasil ke barat dan mendapat kitab suci. Biksu Tong jadi budha kalo gak salah, SunGoKong jadi dewa perang, si Pat Kai jadi dewa asmara dan Wu Ching jadi dewa apa ya gue lupa. Itulah dia sedikit kenangan gue tentang film kera sakti ini, sebenernya kera sakti ini di buat sekuel keduanya, tapi berhubung pemeran SunGoKong-nya diganti gue males nonton yang keduanya. Kita semua bisa belajar dari film model gini, kayak yang udah gue bilang tadi, kita belajar untuk saling peduli, belajar mengemban tanggung jawab, belajar bekerja keras, belajar sabar dan belajar untuk menghargai waktu, jangan kayak Pat Kai yang kerjaannya godain cewek mulu. Dan gue rasa film ini harus diputar lagi, karena anak-anak zaman sekarang membutuhkan banyak film yang seperti ini. 

Comments

  1. Ah, gara gara tulisan kamu, aku jadi ngeh kalo kuda di foto ke-4 emang unyuu :3

    Duh, aku paling benci tuh pas si Tung Pei muncul. Kan gara-gara dia si SunGoKong jadi sering sakit, yang kedinginanlah, yang mukanya pucetlah, aaaaah jadi pengen nangis :(

    Eh, aku jadi kangen gini, mau nonton lagi huhuhu

    ReplyDelete
  2. Gilee...ingatan lo kuat banget cuy,, gue lupa kelas berape ye waktu nonton nih pilem, sumpah.. suka banget ma gayanye Sunggokong yang santaii,, tapi pas di ganti, sama.. gue juga jadi malay nonton tuh pilem..!!

    ReplyDelete
  3. yeaaah setuju ini film seruuu banget ya :D disiarin lagi yang dubbing-nya sama gg ?

    Wu Ching itu bawahannya siluman apa gitu yang nyulik biksu tong untuk dimakan, tapi emang dasarnya si Wu Ching baik sih jadi akhirnya klo gg salah malah ngebantu sungokong

    itu gajah punyanya kakak siluman pipit yang selingkuhannya siluman kerbau kan, siluman pipitnya sendiri naksir berat sama si sungokong :D #CMIIW

    di akhirnya kera tung pei reinkarnasi jadi biksu juga bukan sih ? terus pacarnya si siluman ular juga bertobat ya ? waah seru sumpah ya, setuju gg liat sekuelnya gara2 pemerannya ganti

    ReplyDelete
  4. jadi inget SunGoKong lagi deh. dulu aku nonton sampai episod terakhir. nggak mau ketinggalan deh pokoknya. soalnya filmnya bagus. selain itu GoKOng-nya cakep XD

    ReplyDelete
  5. Paling inget pepatah cintanya aja, yang lainnnya udah lupa tuh! hahaha

    Btw, sekarang Indonesia dimanja-manja dgn drama korea yang pastinya ttg percintaan. Akibatnya banyak anak kecil yg tumbuh dewasa sebelum waktunya. :(

    ReplyDelete
  6. mengingatkan lagi pada masa lalu sob. mantep. entah kenapa saya ngefans dengan cupatkai.
    dia biar tampangnya kaya babi, tapi playboy juga. kaya siapa ya?

    ReplyDelete
  7. gua demen banget nih kera sakti. Sampe sapu lidi gua belah gua terus diiket diatas pala biar kaya hiasan palanya si gokong tuh =,=

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga sama, Rain.. Hahaha...

      Anyway, film ini kan emang legenda China (atau Buddha?), Feb.... Mungkin para sineasnya agak takut bikin kelanjutannya... Mereka takut dapat kecaman dari publik... Mungkin itu pertimbangannya... :P

      -Nuel-

      Delete
  8. Adik kedua, ini aku, Kakak Pertama.

    (Pat Kai, ini aku, Go Kong)

    ReplyDelete
  9. Gua dapet lagu2 instrumentalnya...hahaha

    ReplyDelete
  10. Aku paling suka kera sakti yang isinya bintang2 top semua.yang nachanya dimaenin sama Jimmy Lin,uhuy gantengnya,hahahaha...

    ReplyDelete
  11. gajahnya namanya ting ti (ga tau tulisannya)
    siluman laba-lba yg naksir go kong namanya klo ga salah en en (ga tau tulisannya).tontonan favorit masa sd :)

    ReplyDelete
  12. wah ini pilem emang paling suka ane tonton sob ,nggak bisa ketinggalan ,tapi salut ma kamu masih inget aja yah nama2nya , aku aja udah lupa .. :P

    ReplyDelete
  13. aku suka nonton pilm ini tapi g paham2 coz sehari ngikutin kalo bsoknya repot ga lihat.hehe... tapi dengan ini jadi inget lagi *aku aja udah lupa ceritanya gimana kalau ga da postingan ini

    ReplyDelete
  14. jadi inget masa kecil dulu sering nonton kera sakti :)
    dah saya follow blog'a,sekarag gantian ya follow back blog saya

    ReplyDelete
  15. Wu Ching jadi dewa..Budjana [kagak tau, gak pernah ngikutin kera sakti, cuman demen kera-maian doang]

    ReplyDelete
  16. Tepuk tangan dulu Prok..prok..prok hebat ih masih inget dari cerita ampe para pemerannya, salam :)

    ReplyDelete
  17. wah kera sakti film yang nemenin siang saya pas waktu masih TK, masih adakah film ini bang?
    halo bang saya kembali :D
    oh ya ijin nge-grab banner bang feby :)

    ReplyDelete
  18. @Andaka Rizky Pramadya: mantap, silahkan bro, kalo gak keberatan pasang banner gue yang geje.. :D

    ReplyDelete
  19. kera sakti favorit gue dulu jaman TK atau SD awal gitu. gue masih suka ketawa kalo liat si Pat Kai, kocak bgt. nice posting btw :D mau exchange link dan saling follow gak kak? heheh

    ReplyDelete
  20. Dulu sering banget nonton Kera Sakti, tapi sekarang udah lupa lagi gimana jalan ceritanya >.< tapi yang pasti, seru :D

    ReplyDelete
  21. Wew.. Ayas udah Lupa Ceritanya tuh Sob,, Hebat BGT msh bs Inget semua Ceritanya Sob,,SALUT dah!!
    Ayas cm Inget Pepatah Andalan Patkay..
    Cinta, penderitaanya tiada Akhir...
    Beeeh... MANTAAAF BGT tuh!!!
    Hwhehee..

    (Sama2 JOMBLO..Tp gak Ngenes)
    ^_^

    ReplyDelete
  22. saya sih masih inget, lagu rapnya aja hafal, hohooo, bagian yg paling gw suka itu pas episode dia masih kecil, nakal banget, agak bego sih, masa nyari sebuah pulau utk nyari dewa / dewi biar temennya ga bisa mati (_ _")

    ReplyDelete
  23. wow!
    I used to watched this when I was a kid.
    this is really good stuffs! hahahaa
    thank for sharing man

    ReplyDelete
  24. wkwkw mengenang masa2 jadi patkai dulu ya feb?hehehe
    btw maaf baru bisa nongkrong lagi

    ReplyDelete
  25. @randy oktaran: kampret, bukannya lo yang meranin patkai.. :D

    ReplyDelete
  26. kalau ingat kera sakti..ingat teman aku yang gila nonton film ini..
    udah panjang n banyak versinya lagi..
    tapi versi ini yang muka paling lumayan punya..hehe..nice share..
    ada aja idenya buat share yach..ckck..hebat..

    ReplyDelete
  27. iya nihhh..sunggokong tuh peleeem paporiiitttt guweeeehapalagi ada si patkaaay yg gantengnya ngalahin morgan sm*sh =)

    ReplyDelete
  28. teteh gak ngikutin cerita eni feb,. tapi adek sm abang dirumah, doyan tuh sama kera sakti.
    yang lebih lucu lagi, waktu jaman SMP apa SD tuh yah ni film, nah, kalo ada temen yang idungnya melar suka diledekin (patkai) LOL

    ReplyDelete
  29. kalo dputer ulang film versi yg pertama aku stuju aj,
    tapi kalo gak salah ad juga versi go kong yg baru, dn itu banyak adegan cewek genit ny...jadi malesss.

    ReplyDelete
  30. hha ini sih tontonan gue waktu masih ingusan. gue paling demen sama si biksu nya, tp bukan gue maho. Gue suka sama omongan nya yang punya sejuta makna...

    ReplyDelete
  31. kayaknya gua lebih suka filem YOKO dah ....
    heheheh....

    ReplyDelete
  32. ah aku juga suka nonton ini! walaupun di indosiar diputer Kera Sakti versi baru, apa ya judulnya, A JOURNEY TO THE apaa gitu, menurutku versi ini yang paling oke :D

    ReplyDelete
  33. beginilah cinta,deritanya tiada akhir,love,peace and gaul.

    ReplyDelete
  34. mau yang versi lengkapnya dooong, kok di youtube udah ga ada lagi ya episode lengkapya? huhuhu :(

    ReplyDelete
  35. jadi ingat pat kay pejuang cinta tangguh

    ReplyDelete
  36. mantap sun go kong

    ReplyDelete
  37. Ada yg tau namanya siluman kerbau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nama siluman kerbo : Gu Ma Ong

      Delete
  38. Film Kera Sakti sekarang ada lagi. disiarkan di B-Channel hari senin s.d. minggu pukul 20.00 WIB Terima kasih! Mari kita bernostalgia lagi kawan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nama asli peri parkit ap bro

      Delete
    2. tauh nama asli siluman burung parkit gx gan?

      Delete
  39. gan, yg di B Channel dipotong2 ya?
    apa perasaan ane aja kali ya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaya nya iya deh ga..
      Soalnya ane juga ngerasa ad bbrpa scene yg nampak dpotong..
      Tapi g tau juga sih ...

      Delete
    2. betul bro..emank banyak yg dipotong :(

      dah gtu iklan'a dibilang tiap hari tayang.. tapi kaga juga tuh tipa hari tayang... :(

      Delete
    3. betul bro.. emak banyak udah yg di potong critanya :(

      dah diptong.. iklannya ga sesuai lagi.. di iklan ditulis tayang tiap hari..tp nyatanya..?? kaga tuuhh..!!!

      Delete
  40. kera sakti sebenernya berapa episode si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak,,, klo yg menurut gambar diatas.. tuh yg episode 2'a sist..

      Delete
  41. Sekeda informasi, WU Ching juga dulunya adalah panglima , tap lupa namanya apa

    ReplyDelete
  42. Keinget kotak pandora..., dewa bumi, raja langit, raja laut selatan, pagodanya itu lo lupa namanya. Yang paling bagus tu pas biksu tong bacain mantra buat si Tung Pei, dari atas gunung... ngambil scene nya bagus, jadi auranya dapet, mantap...

    ReplyDelete
  43. paling demen pas patkai ngerayu kluar sound track.a yg lucu...

    ReplyDelete
  44. itu cerita yg sangat bugus saya mewakili perguruan kera sakti mengucapan kan terima kasih telah membuka cerita sun go kong sin sho

    ReplyDelete
  45. Iyya bagus .. sekrng juga ada lagi tuh .. di Bchanel ..
    Tapi udh lawan kera thung pei ..

    ReplyDelete
  46. Hahah iyya ingt bgt ..
    Eh skrng juga ada tuh di Bchannel ..
    Tapi udh mw akhir udh smpe lawan kera thung
    Trus yg nginjek simbal itu tuh si Tingti .. gajah yg besar

    ReplyDelete
  47. Hbis nonton filmnya niy


    Di B chanel...

    ReplyDelete
  48. Barusan liat di B chanel...

    ReplyDelete
  49. Wu ching jdi dewa binaksana.
    Gajah milik siluman gagak itu namanya Ting-Ting.

    ReplyDelete
  50. iya...gue yg paling suka pas musuh siluman lipan...sangar abis...ane berbpikir bagaimana ya jika cerita nya sun gokong di ganti ting pei..kn cakep tuh tung pei

    ReplyDelete
  51. katanya kan ada 4 kera...aq lupa namanya yg 2 kera lain itu selain kera tung pei dan go kong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ketiga loki yang satu lagi gue lupa

      Delete
  52. Wkwkwk, pada demen sama siluman parkit ya?cakep emg orgnya tuh, manis sih menurut gw. oh ya yg tayang di tv indonesia itu setau gw adalah sekuelnya yg kedua, makanya judulnya "kera sakti 2"
    Nah mungkin yg pd kurang suka itu sbnrnya adalah sekuelnya yg pertama
    Tp krn kita dikasih lihat sekuel yg keduanya duluan sama tv indo, jadi suka sama yg itu, mungkin kalo dikasih lihat yg pertama, bakal suka jg sama yg pertama
    Anyway, just enjoy the movie :)

    ReplyDelete
  53. wah ternyta banyk y yg ska ma kera sakti, mamaq pernh bilg, "ih linda seperti anak kecil aja ska ma kera sakti", bodo amat gwe diamin aja xixixixi, apalgi yg jdi kera saktina cakep bgt aslina, tpi syg yg kera sakti 2 itu di gnti =='', pdhl yg pertma ckep bgt, klo ngk slh yg pertma jdi kera skti itu Dicky chou, tpi yg kedua ngk tau, overal kera sakti emag bgt2 wjib ditonton, smpe2 aq lpa mandi klo udah ngelait siganteng kera sakti beraksi xixixixixi...^ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kera sakti pertama namanya dicky cheung. yang ke-2 namanya benny chan. yg pertama emg ganteng bgt ^^ yg ke-2 juga ganteng sih pas jd gokong.

      Delete
  54. klo yg mau tau namanya si peri parkit, yah kbetulan aku juga suka liat dia tiap nonton kera sakti,
    namanya populerny itu "joyce chan"
    tapi klo klian search pake nama itu sedikit hasilnya
    sedikit info aja dia sekarang udah 38 tahun, itu artinya waktu jadi peri parkit umurnya masih 22 tahun, tapi walaupun udah hampir kepala 4, masih terbilang cantik untuk usianya (habis gugling)

    ReplyDelete
  55. nama instrumentalnya kera sakti apa aja, soalnya instrumentalnya bagus bagus banget.

    ReplyDelete
  56. sedikit info: kera sakti season 1 diperankan dicky cheung, namun season 2 diganti benny chan karena dicky cheung ada masalah dengan produsernya, tapi dicky cheung main lagi sebagai kera sakti di film Journey to the west Quest for the Sutra

    ReplyDelete
  57. B chanel keren deh muterin film kesukaan ku yo sun go kong si kera sakti dri gunung kwakuo siluman siapa tkut

    ReplyDelete
  58. B chanel keren dh muterin film kskaanku yo sun go kong si kera sakti dr gunung kwakuo siluman sp tkut

    ReplyDelete
  59. Kera sakti ak ska ak ska brsan ntn keren jd ingt jmn dlu

    ReplyDelete
  60. ini film bolak balik diputer dari jaman aku tk, sd juga (1998), skrng puter lagi, kera sakti ttp keren gilak :)

    ReplyDelete
  61. Gak bisa berkata apa-apa dach ama nih film
    pokoknya is the best dach ..
    Biksu SUN ..

    ReplyDelete
  62. Judul musik instrumental yang di Kera Sakti 1, waktu adegan siluman laba-laba En-En tewas...dan kembali ke jati dirinya, apa ya? tolong dong barangkali ada yang tau...

    ReplyDelete
  63. wkkwkw mantab sob, ane juga demen banget sama nih filem :v
    ngakak abis dah dan sering buat terharu juga sih

    ReplyDelete
  64. http://jaysankey.blogspot.com/2014/06/film-ini-menceritakan-tentang-sun-go.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih sekarang juga maen lagi tapi di globatv karakernya juga masih sama pokoknya seuru deh

      Delete
  65. Ya kera sakti sgt keren penuh pesona. Kpn ya sineas kita bisa bikin film sekeren sungokong?

    ReplyDelete
  66. Gue ampe nonton lagi dari ulang kwkw film jaman SD gue ini. Baru sampe epiaode 10 skrg

    ReplyDelete
  67. Wuihhh ini film favoritq banget

    ReplyDelete
  68. Keren lu bray,masih ingat...
    Iseng2 buka youtube eh ada episod 1 ampe episod berapa gitu...target nih flim buat begadang malam

    ReplyDelete
  69. buat temen-temen yang suka nostalgila dengan film kera sakti saya punya linknya buat download silahkan
    http://duyfilmdubbing.blogspot.co.id/2016/04/kera-sakti-season-1-dan-2-full-episode.html

    ReplyDelete
  70. keren lagu nya enak didengar

    ReplyDelete
  71. Ya ampun. Tontonan waktu SD nih. Ngefans banget sama go kong season 1. Apalagi kisahnya yg sama siluman laba2, En En. Sedih gila. Gokong mah ga peka. En en suka dia sampe mati pun go kong ga mau katakan cinta padahal ada something juga. Untung ujung2nya en en hidup lagi. Pokoknya wajib nonton anak sekarang mah. Ini film banyak pesan moralnya. #cmiwiw

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK