Thursday, 15 September 2011

Aku dan Peliharaanku | Part 2 (END)

Udah lama banget gue gak posting lagi karena stress mikirin tugas akhir. Bingung mau nulis apa, gue lanjutin aja dah sekuel aku dan peliharaanku. Bagi yang belum baca part sebelumnya cari aja ya, obok-obok aja blog gue ini ampe puyeng. Oke langsung aja lanjut, hewan selanjutnya yang bernasib ngenes pas gue pelihara adalah hamster. Hewan imut yang suka lari-lari gak jelas di roda ini gue beli waktu gue ke Cirebon, ajaibnya nih hamster masih hidup pas di bawa balik dari Cirebon ke Palembang. Ya, belum ajalnya kali ya. Singkat cerita, gue beli tuh hamster ada sepasang, awalnya gue mau beli satu aja, jadi pas ntar mati yang gue bunuh cuma satu nyawa, tapi nyokap berpikir lain. Nyokap gue beliin gue hamster sepasang dengan alasan ntar kalo satu tuh hamster bakal kesepian.

Pelihara hamster sama dengan merawat bayi. Lo harus bersihin kandangnya, ganti serbuk kayunya, ngasih makan, pokoknya melihara hamster buat gue kayak baby sitter, untungnya tuh hamster gak minta netek sama gue. Dua hari berlalu dan hamster masih bertahan hidup, tuh hamster masih lari-lari di roda, kejer-kejeran sama pipis di tempat. Tapi keadaan berubah seminggu kemudian, hamster yang tadinya gue letakkin di dapur sekarang turun kasta ke halaman belakang, karena apa?

"Dek, hamsternya bau banget, letakkin di belakang aja, mamah masak jadi bau gini!"

Ya, nyokaplah penyebabnya. Hamster yang tadinya nyaman di dapur sekarang berpindah ke halaman belakang yang dingin dan biasanya menjadi tempat tidur kucing liar, yang setiap pagi dibangunin dengan liar (pake sapu) dengan nyokap gue. Sejak sore itu perasaan gue gak enak, gue merasa hamster yang gue kasih makan kwaci terus itu akan meninggalkan gue. Malam pun datang dan gue masih nemenin hamster gue di halaman belakang rumah sampai pukul 21.00 gue memutuskan untuk ke kamar baca komik doraemon bentar sebelum tidur.

Suara ayam sayup-sayup terdengar dan suara gedoran pintu kamar yang ditimbulkan oleh pembantu gue terdengar sangat jelas, oke pintu kamar gue itu kayaknya digedor pake bata sama pembantu gue, gila banget, gue dibangunin dengan cara militer, untung aja pintunya gue kunci, kalo gak mungkin gue udah disiram sama minyak tanah trus kalo gak bangun juga dah dibakar gue. Tapi pagi itu pembantu gue sebenernya gak bangunin gue dengan cara biasa, gue merasa ada sesuatu yang penting pagi itu. Dan bener aja, pas gue buka pintunya..

"Ada apa sih bi' bangunin Feby kayak bangunin anak kuda nil gitu?" tanya gue sambil ngacak-ngacakin rambut, mata masih mejem dan mulut masih bau iler.

"Itu hamsternya..."

"Kenapa hamsternya bi'? Berubah jadi kodok? atau jangan-jangan mati ya?" gue masih ngacak-ngacak rambut, bedanya kali ini mata gue udah kebuka dikit.

"Iya yang terakhir bener, hamsternya mati dimakan kucing. Isi perutnya keluar dan kayaknya hamsternya lagi hamil lho. mengerikan!!"

Mata gue langsung melotot sambil ngacak-ngacak rambut dengan pelan.

Gue langsung menuju TKP dan ternyata udah kosong, nyokap gue udah membuang mayat hamster gue. Gue terdiam, terpaku dan gak percaya kalo sepasang hamster gue itu udah menghadap sang pencipta. Yang tersisa dari kejadian na'as itu adalah roda di kandang hamster yang tidak berputar lagi. Gue langsung duduk di kursi di halaman belakang sambil sarapan koko krunch. Mungkin pada saat itu juga arwah hamster gue lagi ada di samping gue nagih-nagih kwaci buat sarapan. Entahlah.

Berikutnya adalah burung. Gue lupa waktu itu gue pelihara burung apa, yang gue inget tuh burung itu adalah hewan yang ngehek banget, baru mau berkicau pas gue mandiin aja (mungkin kedinginan makanya tuh burung ngoceh-ngoceh). Burung itu bentuknya kecil, ujungnya lancip dan bewarna hijau (yang ngeres ngaku deh). Sebenernya gue gak ada niat sama sekali buat pelihara burung, tapi pas gue sama bokap ke pasar buat nyari ikan mas koki buat di akuarium, gue gak sengaja ngeliat burung yang lucu banget, langsung dah gue rayu bokap buat ngebeli tuh burung.

Sama kayak waktu gue pelihara hamster, burung juga harus di kasih makan, bersihin kandangnya (ini yang paling berat, soalnya eek burung belepotan kesana kemari), bedanya burung harus dimandiin, kalo gak ntar dia ciut terus (yang ngeres ngaku deh). Setiap hari gue servis tuh burung dengan istimewa biar tuh burung puas (yang ngeres ngaku deh). Tapi sayangnya, sekitar dua minggu gue mengalami kebosanan. Gue lebih milih maen ke rental PS kak Leo di banding harus bersihin kandang tuh burung. Hasilnya, burung cute itu mati karena keadaan kandang yang tidak layak alias penuh eek sendiri. Yang luar biasanya, burung gue itu mati dalam keadaan berdiri dengan kepala tertunduk. Gue nyesel banget, bukan karena burung imut itu mati, tapi gue menyayangkan uang beli tuh burung, kalo gak di beliin burung kan gue bisa beli sepuluh kaset PS2.

Peliharaan masa lampau gue berikutnya adalah kura-kura. Hewan ini adalah peliharaan gue yang berumur paling pendek. Waktu itu sebenernya gue pengen beli cupang, tapi entah kenapa tawaran mamang-mamang penjual kura-kura sangat dahsyat dan pada akhirnya gue lebih memilih beli kura-kura daripada ikan cupang. Kura-kura itu gue letakkin dalem baskom dan gue simpen di halaman belakang, kali ini nasib kura-kura gak mungkin kayak hamster, soalnya gue yakin kucing bakal mikir tiga puluh kali kalo mau makan kura-kura, kecuali kucingnya udah upgrade kukunya kayak kuku wolverine.

Baru sehari gue pelihara kura-kura tiba-tiba kakak gue ngomong ke gue.

"Kura-kura itu hidup dialam bebas, kalo di baskom dia ntar gak bahagia, gimana kalo dilepasin aja Bik, biarin dia keliling-keliling dalem rumah, ntar balik lagi kok ke baskom."

Entah apa yang ada di pikiran gue. Gue merasa pikiran kakak gue ada benarnya tapi sayangnya dulu gue gak mikir kalo kura-kura tuh bukan anjing atau kucing yang bisa balik lagi kandangnya dan kura-kura tuh jalannya lambat. Kura-kura berwajah tua itu akhirnya gue lepasin dengan perasaan lega sekaligus takut. Seminggu berlalu setelah pelepasan kura-kura itu.

"Bos, kira-kira kura-kuranya kemana ya?" tanya gue ke kakak gue.

"Ya paling dia udah bahagia diluaran sana dan menemukan jodohnya."

Lagi enak ngobrol gue sama kakak gue mencium bau gak sedap. Kita berdua langsung mencari asal-usul bau tersebut. Dari bawah meja, kursi sampai WC kita obok-obok tapi belum juga ketemu. Tapi pada akhirnya kita berdua mencium bau itu semakin tajam menusuk hidung dan mempermudah kita mencari asal bau tersebut dan ternyata bau itu berasal dari belakang tipi. Kita cek belakang tipi dan...

"Itu kan kura-kura gue!! Arrrggghh!!! " Gue langsung histeris liat kura-kura gue yang udah kaku mengeras tak bernyawa di balik tipi, sunguh kematian yang gak elit.

Kura-kura itu langsung gue buang ke jamban dan ternyata temen gue, Raid, menyayangkan hal itu.

"Ah, coba lo kasih gue mayat tuh kura-kura, batoknya pengen gue bikin jadi sabuk."

Anak yang kreatif.

Hewan terakhir adalah ayam, tapi nih hewan gak mati melainkan di kasih sama orang karena gak ada yang ngurus. Ayam ini ukurannya gede banget, gue yakin kalo kucing melawan nih ayam tuh kucing bakal kabur terintimidasi sama ukuran badan si ayam. Gue aja ngeri ngeliat badannya dah kayak Ade Rai versi ayam. Nih ayam bermarkas di dalam kandang ayam (ya eyalah), bisa di jadiin kandang anjing juga sebenernya saking luasnya, dan diletakkin lagi-lagi dihalaman belakang karena memang halaman belakang rumah gue dulu tuh luas. Ada positif dan negatif pelihara nih ayam, positifnya nih ayam rutin ngeluarin telor padahal gak ada pasangannya terus gak perlu pasang alarm lagi, sumpah tuh ayam kalo dah berkokok buat gue males tidur lagi. Negatifnya nih ayam eeknya banyak banget, gue sama nyokap setiap hari harus bersihin eeknya pake selang, terus nih ayam juga ngabisin beras. Tapi gue lega untungnya nih ayam dikasih ke orang lain, kalo gak mungkin daftar hewan ngenes yang gue pelihara udah bertambah.

19 comments:

  1. naas banget ya track record memelihara hewannya :P
    padahal kura2 termasuk menurutku yang gampang dirawat, ak punya kura2 ampe tiga tahunan, tapi ending-nya doi kabur gara2 ditinggal mudik :P

    ReplyDelete
  2. cuma ayam yang selamat dari ke-ngenes-an sistem pemeliharaan elu bi.
    hahahaha
    :P

    ReplyDelete
  3. saya kali ini gak ngomentari cerita lu feb. cuma mau nyemangatin, agar lu bisa lulus TA. semoga diberi kemudahan. amin.

    saya kali ini gak ngomentari cerita lu feb. cuma mau nyemangatin, agar lu bisa lulus TA. semoga diberi kemudahan. amin.

    ReplyDelete
  4. Weh, makin bertambah aja daftar hewan yg ngenes di tanganmu. Mungkin kamu cocoknya di air.... *eh

    Btw, kunjungin group di FB dong. Tadi pagi ada yang posting gambar porno. Salah satu anggota kita ada yang kena hack akunnya.
    Nggak ada yg ditunjuk jd admin, jdnya gak bisa menghapus pos porno itu.... :(

    ReplyDelete
  5. wuah kayaknya lu emang ga cocok melihara binatang.... :D

    ReplyDelete
  6. wow..merinding bacanya hahaha
    rata2 matinya tragis ya, keinget film final destination o.o

    ReplyDelete
  7. baiklah berikut komentar-komentar saya..
    1. Semoga TA-nya sukses
    2. Jangan bangunin kucing dengan liar, nanti jadi liar..coba bangunkan pake jinak, pasti tar jadi kucing jinak
    3.jangan memelihara kura-kura kalo punya tipi
    4. ayam yang bertelur tanpa pasangan patut dicurigai mengidap penyakit kelamin
    sekian terima kasih..

    ReplyDelete
  8. Haduh feb, lu emang ga bakat miara binatang, sumpah. Masa miara kura2 yg segitu gampangnya aja bisa ampe tewas mengenaskan gitu? Gua curiga arwah2 hewan yg tewas selama ini bergentayangan di rumah lu, minta korban, hahaha

    Saran gua, kalo suatu hari lu nikah, pastiin lu punya istri yg rajin dan telaten ngurus anaknya ya...hahahah

    ReplyDelete
  9. Pantess...si bos jarang nongol ternyataa... lagi puyeng ame TA, moga lancar smua ye TA nye Aamiin.. semangaattt akang bro :)

    Mudah2an nanti elo pinter ngurus anak feb, kaga kebayang gue, sama nasib anak2 lo nanti...hahhaa

    ReplyDelete
  10. miris banget. Lu udah ngebunuh ibu hamil buat dikorbanin ke mahkluk kanibal.

    ReplyDelete
  11. aku jg pelihara hamster low!
    tapi nasib hamsterku lbh baik dr hamstermu.
    hamsterku masih hidup dengan bahagia,
    lari sana-sini,pipis dan pup sembarangan di kandang,
    makan banyak, minum banyak, bobo, dan beranak.akakakak...

    ReplyDelete
  12. Saya dulu pernah melihara hamster... tapi mati.. TT__TT

    ReplyDelete
  13. Hmm,,, TETEP SEMANGAD BUAT TAnya yach!!!
    Go...Go..Go...
    ^_^
    Kayaknya Elu gak cocok BGT buat Plihara Hewan neh Sob!!
    Cz semua Hewan pliharaan Elu Nasipnye TRAGIS BGT gitu.. yg SELAMET cm AYAM doang!!
    Hwehehee..

    ReplyDelete
  14. bos TA nya smoga sukses. amin... :)

    ReplyDelete
  15. wah, nasibnya kok pada sial yah, ngga empunya ngga peliharaannya, naas semua T_T

    ReplyDelete
  16. waaah....peliharaan gue si kucing ngondek udha kabur 3 bulan..dia terobsesi jadi abng toyib.namanya marko kalo siang..kalo malem markonah.seeedih..marko ga balik2 #curcol

    ReplyDelete
  17. semangat feb TA nta ..semoga sukses yah ,nggak kebayang nasib2 tu binatang .. kagak ada yang selamat ..

    ReplyDelete
  18. ganas tuh hewan peliharaan lu semua..
    untung ayam masih selamat dan gag di potong..
    kasian juga burung nya mati karena mencium eeknya yang bauk..hahaha..
    terus kura2 nya mungkin mati karena kurang air kali..dia jalan cari air gag ketemu,iya kura2 hidup di alam bebas tapi kan butuh air juga..kita juga butuh air..apa lagi yach..
    umzzz..hamster..kasian tuh hamsternya..kalau di ganti serbuk kayunya mungkin gag bakalan bauk deh..hehehe..

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑