Tuesday, 6 September 2011

Momen Lebaran

Gak terasa dalam hitungan minggu, suasana puasa sama lebaran udah berakhir aja. Gue selalu kangen dengan yang namanya puasa ramadhan, karena entah kenapa kalo udah niat puasa selalu aja tahan gak makan gak minum, kayaknya ada kekuatan lain yang buat badan gue berasa kayak minum hermaviton jreng setiap hari. Selain itu, di bulan ramadhan gue juga selalu kangen lebaran, hari lebaran menurut gue adalah hari tisu nasional, karena pada saat itulah orang-orang pada nangis sambil ngeluarin ingus gak jelas. Banyak banget momen-momen dan hal-hal yang pasti ada saat lebaran dan selalu aja buat gue kangen, apa aja itu? 

1. Ketupat, rendang, opor ayam, dll.
Gak bisa dipungkiri lagi kalo setiap lebaran, emak-emak atau ibu-ibu pada buat ketupat terus lauknya opor ayam, rendang, pokoknya daging-dagingan lah. Yang buat gue bingung adalah kenapa pada saat lebaran orang pada buat ketupat? Kenapa ketupat adalah simbolnya lebaran? Kenapa gak di ganti bakwan atau pisang goreng misalnya, kenapa harus ketupat? Mungkin ada yang bisa jawab? Gue bener-bener heran sama masalah itu, tolong di jawab kalo ada yang tau. Nyokap gue juga sama, lebaran kemarin nyokap bikin ketupat sama opor ayam dan hasilnya makanan tersebut sudah lenyap dalam dua hari saja. Keluarga yang rakus.

2. Parcel Lebaran
Ini dia nih yang buat gue dulu selalu gembira setiap lebaran datang, parcel. Bingkisan yang isinya makanan semua itu selalu ludes gue obrak-abrik. Parcel membuat suasana lebaran jadi lebih hidup dan lebih mengenyangkan. Tapi, gue tetep heran siapa pencetus parcel pertama kali? Kenapa isinya harus makanan kalo gak barang pecah belah? kenapa  isinya tuh bukan buku pelajaran atau alat-alat tulis gitu, atau yang paling ekstrim isinya lemari gitu, kenapa ya? Ada yang bisa jawab? tolong kasih tau gue kenapa.

3. Kue kering dan Minuman Kaleng
Kue kering dan minuman kaleng bersoda kayaknya selalu gue temuin setiap silaturahmi ke tempat temen atau keluarga, mungkin kalo kita ngunjungin dua puluh rumah dalam sehari dan semuanya menghidangkan minuman bersoda, kita bakal terbang men. Bahkan ada orang yang yang bilang kalo gak ada minuman kaleng tuh gak lebaran. Terus kue kering, kenapa harus kue kering coba, gue sih lebih suka kalo di ganti gorengan.

4. Silaturahmi Keluarga
Ini nih momen yang nge-Betein banget tapi ngangenin. Yang namanya lebaran kita harus silaturahmi ke keluarga-keluarga kita bro. Sungkeman dari satu tangan ke tangan lain gak peduli tangan itu bekas ngupil atau cebok. Gue kemarin juga silaturahmi bareng bokap nyokap ke keluarga yang ada di pasir, Cirebon sama kuningan yang memakan waktu dua hari dan hasilnya puluhan tangan gue sungkemin dan puluhan jenis air dan makanan masuk ke perut gue. Dan yang paling ngenes adalah pada saat ngunjungin wak gue. Muka gue di bejek-bejek, di jambak-jambak, di puter-puter gak karuan dah kayak lagi nge-remes adonan donat sama wak-wak gue saking kangennya sama gue, padahal gue sama sekali gak inget itu siapa, maklum gue terakhir kali kunjungan gitu pas SMP.

Itulah sedikit hal yang pasti ada selama lebaran. Gue lebaran kemarin juga ngunjungin makam nenek sama kakek gue yang suram abis. Gue inget banget pas gue kecil mereka gendong-gendong gue, sampai gue SMP kakek gue sering banget jahilin gue saking mancungnya perut gue. Dulu setiap gue kesana, gue disambut dengan cipika cipiki kakek sama nenek, tapi sekarang semua udah gak ada lagi. Sedih banget rasanya, tapi itulah hidup, kita hanya sang pengganti yang kelak akan di teruskan sang pengganti lainnya. Oh iya, yang paling menyebalkan dari lebaran itu adalah hari pertamanya di saat semua warung makan tutup. Untung aja waktu itu nyokap gue bawa bekal ketupat sama opor dalem rantang terus kita makan di tempat sewa lesehan gitu, berasa makan disawah bedanya gak ada kebo'. Baliknya lebih ngenes lagi, semua rumah makan pas malem pada keabisan stok makanan, untung aja masih ada yang buka dan gue nyesel banget ngambil sate yang ternyata dagingnya kerasnya sama kayak kayu,  tuh sate ayam apa sate kuda nil gue gak tau. 

Oke deh demikian laporan singkat gue mengenai lebaran kemarin. Pada akhirnya kita semua telah meninggalkan bulan ramadhan dan harus beraktivitas normal lagi, pada akhirnya kita gak bisa liat orang jualan kolak di pinggir jalan lagi dan pada akhirnya kita gak kumpul bareng keluarga besar lagi.

27 comments:

  1. Lebaran adalah saatnya kumpul keluarga

    ReplyDelete
  2. silaturahim kok ngebetein om, bukannnya seneng ya jadi tahu anggota keluarga yg lain

    ReplyDelete
  3. Feb, lebaran mah bukan buat dipertanyakan..tapi buat dinikmati..

    Hepi LEBARAN!

    :D

    ReplyDelete
  4. ebaran kenapa simbulnya harus ketupat? kayaknya kita harus gali kubur orang2 terdahulu buat nanyain ini. Kalo nanyanya orang skrng, mereka juga kagak tau, hanya rutinitas setiap lebaran aja. :(

    ReplyDelete
  5. Met idul fitri..minal aigin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete
  6. semoga lebaran yang akan datang kita masih diberi umur dan warung2 pada buka. amin

    semoga lebaran yang akan datang kita masih diberi umur dan warung2 pada buka. amin

    ReplyDelete
  7. Feb.. kalo parcel isinye lemari.. gue yakin taon depan lo gak bakal dapet parcel lagi..:D

    ReplyDelete
  8. met lebaran ka feb :)
    maaf lahir batin

    kreatif tuh kalo parcel isinya lemari. hahahah XD

    ReplyDelete
  9. setuju ama om dokter gaul :P

    hhahha hari tisu nasional, tapi ak gg nangis2an ah kak :P
    kalo lebaran ciri khasnya gorengan gg oke banget tiap hari gampang ditemuin :P

    ReplyDelete
  10. lebaran itu saat dimana rumah nenek gue berubah jadi mall...

    pamer gadget dimana-mana bikin sakit *hatigue* hikhik

    ekekek
    ngga ada minuman kaleng gak lebaran?? aelah.. lebaran di t4 gue ngga pernah ada minuman kaleng feb hehe

    ReplyDelete
  11. Pertama Ayas Mohon Ma'af Lahir Batin BGT yach.. Atas segala Perilaku Ayas yg Bikin GEMEZ smp Pengen NGEREMEZ2 tu!!
    ^_^
    LEBARAN tu emang UNIK & ISTIMEWA BGT Brow!!
    Gak ada Matinya Deh... Apalagi suasana Romadhon yg gak ada duanya dibulan2 Biasa...

    Emang Kalo Kita prnh Ngrasain Romadhon Satu Bulan lamanya tuh berasa pengen Ngrasain lagi deh..
    Hmm.. Moga aja Kebiasaan yg tlh Kita Lakuin diBulan Romadhon Kemaren bs Tetep Kita lakuin diHari2 biasanya yach.. Amin.

    ReplyDelete
  12. Mari berdoa semoga kita bisa bertemu dengan bulan ramadhan lagi, dan dengan anggota keluarga yang sama dengan bulan kemarin. Aamiin! ^^

    ReplyDelete
  13. gw lebih suka kalo isi parcelnya gadget... hahahahha

    ReplyDelete
  14. lebaran dapet THR juga ◕ ◡ ◕

    ReplyDelete
  15. laporannya diterima..... :)

    minal aidzin walfaidzin
    mohon maaf lahir batin... :)

    ReplyDelete
  16. hahahaha mas feby ini satu2nya blogger yg banyak nanya dan seneng protes yak, dari serial spongebob sampek momen lebaran hahahahaha bsk apa lg mas? Hehehehe :p dan seneng protes yak, dari serial spongebob sampek momen lebaran hahahahaha bsk apa lg mas? Hehehehe :p

    ReplyDelete
  17. moment lebaran ga jauh beda tiap keluarga pasti ada keempat point di atas.
    nikmati saja tradisinya, klo mau dirubah tradisinya membutuhkan waktu yang cukup lama dan perlahan. ayo jadi pelopornya. hehehehehe..

    ReplyDelete
  18. udah nggak papa juga kalau minum soda, yang penting bukan soda api :)

    ReplyDelete
  19. semakin seru aja pstingan yang selalu obyektif...hehe

    ReplyDelete
  20. minal aidzin, telat seminggu gpp yee~

    gpp minuman soda. Karena kata bang roma minuman keras itu haram

    ReplyDelete
  21. mina aidzin wal faidzin feb..
    mhn maaf lahir bathin y ^^

    ReplyDelete
  22. minal aidin walfaidzin kak! #telat
    salam ketupat!

    ReplyDelete
  23. ehm2...aku tu selalu kepengen ada yg ngasih duit lebaran. biarpun aku ga ngerayain, akakakakak...

    ReplyDelete
  24. tahun ini saya hanya mudik ke tempat keluarga itupun pas hari rayanya pergi mudik, karena gak ada jadwal.

    ReplyDelete
  25. absen,,, mohon maaf lahir batin ya O_O

    ReplyDelete
  26. kalo ketupat dijadiin simbol lebaran itu ada sejarahnya kalo orang jawa. tapi saya lupa. mehehehe..

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑