Skip to main content

Jalan-jalan Di Indowebster

Beberapa hari ini gak tau kenapa gue berasa bete abis, kemarin gue pengen beli kaset game baru taunya yang dagang meliburkan diri dan setelah gue analisis lagi semua penjual dvd game di daerah kosan gue tutup semua, biasanya kalo gitu tuh ada razia bajakan (ketahuan kalo gue bajakan lovers). Tapi pada akhirnya kebosanan gue sedikit terobati setelah muter-muter di Indowebster. Gak, bukan, indowebster bukan nama jalan atau tempat nyari kutang, indowebster itu semacam web forum untuk dapat share apa aja, baik ilmu pengetahuan, aplikasi, game, musik, dll. Bagi yang udah sering kesana atau bahkan yang suka buat room disana pasti tau dah betapa besar manfaatnya tuh forum. Nah, biasanya gue yang cuma ke forum game sama komputer aja, kemarin gue nyoba buka bahasan tetang DUNIA LAIN. Bukan, dunia lain disini bukan orang yang di tinggalin di ruangan gelap sambil bawa-bawa lilin terus ngomong 'Disana saya melihat ada cewek baju putih kayak kuntilanak tapi rambutnya cepak', melainkan forum yang membahas tentang mitos, fenomena dan segala yang berhubungan tentang dunia lain atau bahasa mudahnya bukan dunia manusia.

Nah sebelumnya, jujur aja nih bakal jadi postingan terpanjang gue dan postingan share pengetahuan mitos pertama gue, bagi yang mau baca nih postingan sebaiknya persiapkan mata sesegar mungkin dan mental setangguh mungkin, karena disini gue akan menyuguhkan bacaan yang sedikit spuki, tapi tenang aja gue disini hanya akan mengambil yang mitos-mitos doang (bosen ngebahas hantu Indonesia). Langsung aja kita ke bahasan, inilah dia beberapa mitos luar yang gue temukan di forum indowebster:  

1. Boneka Okiku dari Jepang.

 

Nama Okiku diambil dari seorang anak yang sedang bermain dengan boneka dengan ukuran tinggi 40 sentimeter, berpakaian kimono dengan mata hitam seperti manik-manik dan rambut yang lebat. Boneka Okiku ini sudah ada di kuil Mannenji di kota Iwamizawa Prefektur Hokkaido) sejak tahun 1938.

Awalnya boneka ini dibeli tahun 1918 oleh seorang pemuda bernama Eikichi Suzuki di sapporo, Di sana dia ngeliat sebuah boneka cantik Jepang dengan Kimono. Boneka ini dibeli Eikichi untuk adiknya yang berumur 2 tahun yang bernama Okiku, anak ini sangat menyenangi boneka ini dan memainkannya setiap hari.

Tapi sayang, Okiku meninggal tak lama setelah itu karena demam. Kemudian pada saat pemakamannya, Keluarga ingin memasukkan boneka ke dalam peti mati-nya tapi entah mengapa mereka lupa. Keluarga gadis tersebut kemudian menempatkan boneka itu di altar rumah tangga dan berdoa untuk setiap hari dalam rangka memperingati Okiku. Beberapa waktu kemudian, mereka melihat rambut mulai tumbuh. Menurut cerita, ini merupakan roh dari gadis itu yang berlindung di dalam boneka itu.

Tahun 1938 keluarga Suzuki pindah ke shakalin, boneka okiku akhirnya dititipkan di kuil Mannenji di Hokkaido. Menurut pendeta di kuil itu, boneka tradisional jepang selalu berambut pendek, dia juga membenarkan kalau rambut boneka okiku terus memanjang, walaupun dipotong terus secara berkala, tapi rambutnya tumbuh terus. Menurut kuil, boneka tradisional awalnya memiliki rambut dipotong pendek, tapi seiring waktu terus bertambah panjang sekitar 25 sentimeter, hingga ke lutut boneka.Meskipun rambut boneka ini dipotong secara berkala , namun menurut cerita rambut tersebut tumbuh lagi.


Jujur aja nih pas liat gambar boneka itu gue jadi pengen satu buat jambak-jambakin rambutnya, tapi setelah liat mitos nih boneka yang katanya rambutnya bisa panjang sendiri gue langsung keringet dingin. Misteri tetaplah misteri, hal ini buat gue berpikir apa hubungan boneka okiku ini dengan boneka Susan milik Ria Enes? Apakah Mbak Ria Enes ini juga menyembunyikan sesuatu akan misteri boneka Susan?



2. Warewolf (Asal-usul manusia serigala).
Legenda Warewolf yang pertama tercatat adalah dari desa-desa di Jerman, Colongne dan Bedburg tahun 1591. Sebuah pamflet kuno, menggambarkan sekelompok orang yang sedang memojokan seekor serigala besar, menebasnya dengan pedang dan menusuknya dengan tombak. Tapi serigala itu tidak lari atau berusaha untuk melindungi dirinya, melainkan berdiri dan kemudian berubah menjadi pria setengah baya, dialah Peter Stubbe.

Stubbe diletakkan di roda penyiksaan di mana dia mengaku melakukan pembunuhan terhadap 16 orang dewasa, 2 orang wanita hamil dan 13 orang anak-anak. Sejarah di balik kejatuhannya dalam kejahatan agak aneh. Dia sudah mulai berlatih ilmu sihir ketika ia berumur 12 tahun, dan ia begitu terobsesi dengan ilmu yang ia pelajari, kemudian membuat perjanjian dengan Iblis. Awalnya ia mulai menyerang musuh-musuhnya dengan memakai korset [percaya atau tidak], kemudian setelah beberapa bulan ia menggunakan kedok / topeng serigala dan melakukan perbuatan yang lebih brutal. Dalam keadaan seperti serigala, ia menyerang dan menghisap darah dari leher korban untuk memuaskan dahaganya. Secara bertahap ketergantungannya terhadap minum darah mulai muncul, bahkan sampai memakan tubuh korbannya dalam keadaan segar, terutama para wanita.


Setelah berhasil ditangkap, Stubbe kemudian dibunuh dengan cara disiksa diatas mesin penyiksa dan akhirnya dipenggal. Jaksa dari Bedburg kemudian membangun monumen untuk mengingat kejadian-kejadian mengerikan yang disebabkan olehnya. Para pekerja kemudian meletakan roda tempat ia disiksa di puncaknya dan meletakan kepala Stubbe yang tampak menyerupai kepala serigala diatasnya. Kebrutalan dan kebiadabannya berada diluar pemahaman manusia, dan hanya bisa disamakan dengan prilaku Serigala. Sejak saat itu, orang-orang di zaman itu percaya bahwa manusia yang berada dibawah bayang-bayang serigala itu mungkin, dan mereka menyebutnya Warewolves.

Legenda tentang manusia serigala lainnya, diantaranya adalah : Legenda Ulfhednar [Norse], Wulver [Scotland], Varulv [Denmark/Swedia], Lobizon [Argentina], Volvkulak [Ukrania], dll.

Sumber: http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=107524

Ini dia nih mitos yang paling gue demen. Manusia serigala adalah karakter yang banyak di jumpai di film hollywood kayak twilight, wolfman sampai X-Men. Tapi diantara sekuel film manusia serigala yang ada, gue sangat menantikan pertarungan antara manusia serigala dan jagoan silat dari Indonesia, siapa dia? Dia adalah....


3. Kuchisake-Onna.
Kuchisake-onna atau wanita bermulut robek adalah sejenis siluman dalam mitologi dan legenda urban Jepang. Ia berwujud seorang wanita yang menutup mulutnya yang robek dengan kipas, syal atau masker operasi (versi yang paling populer). Ia sering muncul di jalan-jalan yang sepi dan bertanya pada orang yang ditemui apakah dirinya cantik. Bila orang itu menjawab tidak atau ketakutan melihat wujud seramnya ia akan membunuh orang itu.

Dalam legenda, Kuchisake-onna tadinya adalah seorang wanita muda yang hidup pada Zaman Heian. Kemungkinan ia adalah seorang istri atau selir samurai. Ia dikaruniai wajah yang sangat cantik namun sombong, ia juga sering berselingkuh di belakang suaminya. Suaminya merasa sangat cemburu dan dikhianati menyerangnya dan membelah mulutnya dari kuping ke kuping. “Sekarang siapa yang akan berkata kau cantik?” ejek suaminya.

Sementara dalam versi legenda urban, Kuchisake-onna adalah seorang wanita korban operasi wajah yang gagal. Konon katanya, dokter yang mengoperasi wajahnya memakai pomade (jenis minyak rambut) dengan bau yang menusuk. Ketika sedang dioperasi ia tidak bisa tenang karena bau itu sehingga si dokter secara tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. Wanita itu menjadi histeris dan marah lalu membunuh dokter itu. Belakangan ia dibunuh oleh para penduduk kota dan menjadi hantu penasaran.


Kuchisake-onna menutupi mulutnya yang robek dengan masker operasi dan sering bergentayangan di kota pada waktu malam, terutama ketika sedang berkabut. Bila bertemu seseorang (terutama anak-anak atau mahasiswa) di jalan yang sepi, ia akan bertanya, “Apakah saya cantik?” (Watashi kirei?) .Bila orang itu menjawab “ya”, ia akan membuka maskernya dan bertanya lagi, “Bahkan bila seperti ini?” Pada saat itu, bila si korban yang biasanya terkejut dan takut menjawab tidak, ia akan membunuhnya dengan gunting, golok, sabit, atau senjata tajam lainnya. Bila si korban tetap menjawab ya setelah melihat wajahnya di balik masker, ia akan gembira dan membebaskannya, namun ada juga yang mengatakan walaupun korban melakukan itu, Kuchisake-onna mengikutinya sampai ke rumah baru akan membunuhnya di depan pintu rumah si korban. Bila korbannya wanita, Kuchisake-onna akan merobek mulutnya hingga serupa dengannya, bila korbannya anak-anak, ia akan memakannya.

Legenda urban yang populer pada tahun 70’an mengatakan bahwa korban akan selamat bila ia menjawab “biasa saja”. Sementara versi tahun 2000an mengatakan bahwa korban akan selamat bila menjawab, “begitulah” sehingga Kuchisake-onna bingung dan berpikir dulu apa yang akan ia lakukan, saat sedang bingung itulah korban mempunyai kesempatan untuk kabur. Cara lain untuk lolos dari Kuchisake-onna adalah dengan menawarkannya permen keras berwarna kuning tua karena ia menyukainya namun tidak bisa menikmatinya sehingga mengingatkannya lagi pada penderitaannya. Selain itu bisa juga dengan mengucapkan “pomade” sebanyak tiga kali, ada yang menyebutkan enam kali. Ucapan itu akan membuatnya takut dan kabur karena mengingatkannya kembali pada ahli bedah yang merusak wajahnya. Korban juga bisa memakai pomade untuk mencegahnya mengikutinya.

Sumber: http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=63931

Gue merinding abis pas baca tentang nih hantu. Bacaan di atas itu menyadarkan gue kalo ternyata ada yang lebih cakep dari kuntilanak. Kalo kuntilanak parah, punggung bolong, muka hancur, kalo Kuchisake-Onna cuma bibirnya doang sobek. Tapi gue kemudian bingung, apakah Kuchisake-Onna ini pernah menjalin hubungan dengan Joker musuhnya Batman?


4. Goblin
Goblin adalah sejenis makhluk supernatural yang muncul dalam dongeng-dongeng dan kisah-kisah fiksi fantasi. Mereka memiliki tinggi berkisar antara 30 cm sampai dengan 2 m. Biasanya kulit mereka berwarna hijau. Dalam cerita rakyat Eropa, Goblin merupakan bangsa peri atau makhluk supernatural. Ukuran tubuh mereka kecil dan kadangkala tidak terlihat oleh mata manusia. Mereka dilukiskan sebagai makhluk mungil berwarna hijau dan bertelinga runcing. Goblin erat kaitannya dengan api dan memiliki kemahiran untuk menciptakannya.


Menurut versi lain dalam beberapa dongeng dan kisah fantasi, Goblin merupakan bangsa makhluk yang buas dan ganas. Mereka tinggal di gua-gua yang gelap atau di bawah tanah. Ras mereka diidentikkan dengan makhluk jahat dan merupakan petarung yang brutal. Mereka dilukiskan sebagai makhluk berbadan tegap seperti manusia, berkulit hijau, telinganya lancip, dan berwajah sangar dan mengerikan. Kadang-kadang mereka menculik bayi dan memangsa manusia.

Sumber: http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=157487

Nah, untuk makhluk yang satu ini sih kayaknya Indonesia gak kalah sama bangsa eropa. Kalo disana mereka punya goblin, Indonesia punya tuyul. Bedanya, kalo tuyul suka nyolong duit. Berarti, kalo orang yang suka nyolong duit rakyat itu udah pantes disebut tuyul gak ya??


Itu dia tadi beberapa mitos yang gue baca di forum indowebster. Masih banyak lho bacaan yang menarik di forum dunia lainnya indowebster, buat yang belum tau dan pengen baca-baca bisa diliat disini. Tapi kalo bisa sih register dulu yaw. Ya, namanya mitos, kita gak tau akan kebenarannya, gue pribadi sih gak percaya yang namanya mitos kalo gak disaksiin sama mata kepala gue sendiri. Walaupun mitos hanyalah legenda atau dongeng, tapi apa salahnya kalo kita mengetahuinya. Pegel kan baca postingan gue kali ini? Sama, gue juga pegel ngedit gambar-gambar geje-nya. Sampai jumpa di postingan gue berikutnya, hihihi....

Hati-hati dengan apa yang kalian lihat, siapa tau itu bukan manusia!

Comments

  1. huakkakka, rada lucu liat rivew pas akhirnya doank
    besok lebih memahami lagi, lagi mau nonton film dolo
    absen juga dolo ya cyin

    ReplyDelete
  2. bukannya indowebster udah di black list sob?

    ReplyDelete
  3. @naspard: Wokeh sob,. :)
    @Said Arsyad: Di black list knp emang?

    ReplyDelete
  4. kuchisake onna memang serem, kata temen saya dlm fcebook kalo kita jawab tidak kita akan dibunuh dan jika kita jawab iya ketika dia bertanya maka mulut kita akan disobek oleh kuchisake

    ReplyDelete
  5. lah kenapa si werewolf pertama itu pake korset ya hhahha uyuhan aja deh kalau gg ngakak :P tapi emang yang namanya ilmu sihir gitu kan suka aneh2 ya.

    ReplyDelete
  6. @Aje: Iya konon katanya seh getho.. :D
    @Fiction's World: Wah tajem bgt mata ente mbak.. Masa' sih pake korset?

    ReplyDelete
  7. kalo ane mah IDWS buat template download aja :D

    ReplyDelete
  8. Hahahaha.. demi apa coba membandingkan wiro sableng ama warewolf :P tapi ceritanya kocak :D

    ReplyDelete
  9. Wah, ane baru tau yg kayak bgian.
    Penasaran yg dr Jepang itu. Beneran gak ya... :

    ReplyDelete
  10. aja gile wkwkwk.... niru komik bang radit nih gambarnya :p

    ReplyDelete
  11. Ngerii tau ceritanya boneka okiku sama sama hantu onna..Iihh...jangan sampe deh ketemu dijalan

    ReplyDelete
  12. aahh...bhubung q bkn tipe pmberani, tulisan kali ini aku skiiipp yaaaak
    T.T

    =P

    ReplyDelete
  13. Gua baru aja uamu nyoba jajal thread Dunia Lain, eh elu udah posting. Membantu banget men :">

    ReplyDelete
  14. Kesimpulannya, hantu lokal nggak kalah kok sama hantu impor hehehe #salahkaprah

    Salam kenal bro :)

    ReplyDelete
  15. @John Terro: Wah sayang sob,. :)
    @Basithka: Demi dunia persilatan tanah air.. :D
    @Arif Riu: Wah gak tau jg sob.. :)
    @Ahmat Farid: Yang menang jelas dracula.. :D
    @Adittya Regas: Yes, He's my inspiration.. :D
    @Naya Belo: Gue doain ketemu deh.. :)
    @Rezkaocta: Yah, kok di skip sih? :D
    @[L]ain: Ya, membantu promonya tuh thread. :)
    @Iman: Lam kenal jg mas, tapi hantu lokal gak kreatif, bajunya putih semua kebanyakan.. :D
    @Randy: Asek, nih postingan spuki kok malah pada ketawa yak? :)

    ReplyDelete
  16. gue pernah nonton film tentang Kuchisake-Onna gilak itu emang serem abis err~

    ReplyDelete
  17. kurang satu feb.... jelangkung. :D

    OOT: ikutin kontes pertama yang gw bikin yuk >> http://immanuels-notes.blogspot.com/2011/11/give-away-pertama.html

    ReplyDelete
  18. wooow..info horror dari negeri seberang nun jauh di mata :)
    perlu juga nich diulas info horror dari negeri sendiri agar bisa top olus populer di negeri seberang :)
    BlogS of Hariyanto

    ReplyDelete
  19. yg item hantu mulut robek kok aneh ya , kat nya hantu tapi ngebunuhnya kok dengan gunting, golok, sabit, atau senjata tajam ,,hehe

    ReplyDelete
  20. agag ngakak nie ane liat artikel ini :D

    ReplyDelete
  21. klo liat boneka jepang okiku itu emang syerem...
    tapi paling serem sich teteeep hantu2 endonesa

    ReplyDelete
  22. najis..... kuchisake onna serem bangeeett... dulu pernah sempet baca cerita tentang itu.. pas liat gambarnya disini gw jadi nggak napsu makaan.. hiyy..

    kalo boneka jepang itu mah seremnya karena rambutnya nambah aja, kalo nggak nambah kan imut banget yak kayak gw. (huweekk)

    @Feby ada-ada aja postingan lu..!! ckckckk.. #ngelus dada

    ReplyDelete
  23. Wedeew.. Kalo jalan2 ke situs gituan siy emang banyak dapet Informasi menarik & wawasan baru yg gak bikin BeTe deh,,, dijamin MANTAAFFF BGT!!
    ^_^
    Potonya Lucu2 deh Sob,,, Ngakak Abiss!!!
    Hwahahahaa....

    ReplyDelete
  24. wah ..
    gambarnya ngeri ... ^_^

    ReplyDelete
  25. sekalian jalan2 ke gubuk ane ya,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  26. eh feb, gue pecinta susan jg loh, masa susan mo disamain ama okiku..??..... :P

    btw,postingan ini nambahin referensi postingan gue dulu tentang jenis" hantu..

    rajin" yah feb beli dvd bajakannya,
    teruskanlah...!! :P

    ReplyDelete
  27. Jujur, saya ke indowebster hanya kalau saya ingin ngunduh musik Indonesia. :D

    Hey, that last picture, nice work on it. Hahahaha... i like that. ^^

    ReplyDelete
  28. mas, kalo saya jujur dari dalem hati megang wiro sableng deh.. *saya juga jadi pengen nonton filmnya*

    hahahha,
    tadi sebenernya males banget baca tulisan horor spooky yang bikin kaki kesemutan dan ga mood makan,
    tapi bru nyadar, kok yang ini spuky tapi kocak ya? hahahaha :D

    ReplyDelete
  29. Ayo bang, mampir ketempatku, ada tugas nih hehehe tentang angka 11 ;)

    ReplyDelete
  30. Pena hadir dan absen pagi sekalian follow sini..ware wolf tuh ngeri juga yah

    ReplyDelete
  31. Terima kasih telah berbagi artikelnya saudaraku...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK