Skip to main content

Indonesiaku

WARNING: POSTINGAN 17 TAHUN KE ATAS.

Sebentar lagi mau Pemilu dan sampai sekarang gue gak ngerti kenapa salah satu capres nya ngadain kuis yang menguji wawasan nasional? Yang ngasih info tuh lihat contekan lagi di depan kamera, buat apa! Bagi gue, orang yang ngasih tahu dengan cara nyontek sama aja nothing. Buat apa ada kuis itu coba? Gue khawatir banget capres kita tahun 2014 ini aneh-aneh. Ada lagi capres yang katanya "muda" tapi berkicau terus di twitter gak jelas terus nampang rutin di tipi. Bukan debat tentang politik, capres muda ini malah debat sama artis, apa hubungannyaaa!

Prihatin gue dengan Indonesia. Apa-apa sekarang impor, bahkan pelet ikan cupang gue juga impor. Bukannya gue gak mau beli pelet asli Indonesia, tapi pilihan pelet khusus ikan cupang dari Indonesia di tempat gue sedikit banget. Sekarang hampir semuanya serba impor, jangan-jangan entar nelayan juga kita impor. Lebih ekstrim lagi hantu-hantu juga diimpor, kan kasian sama pocong, kuntilanak, genderuwo, suster ngesot, nenek gayung, suster keramas, dll. Tapi keren juga sih kalau hantu impor, film horor kita dijamin bakal dipenuhi hantu ganteng tuh kayak drakula, daripada genderuwo udah item, buluan, matanya merah. Apalagi kolor ijo, udah ijo cuman pakai kolor lagi, gak banget dah.

Gue juga kasian banget sama anak-anak Indonesia sekarang. Di jaman gue, hiburan anak kecil tuh main gundu, main sepakbola pakai bola plastik, main petak umpet, pokoknya permainan yang melibatkan banyak orang sehingga kita bisa bersosialisasi dengan baik. Bandingkan dengan jaman sekarang yang mainannya gadget atau game online. Anak-anak jadi cenderung pendiem dan mata bisa jadi cepet rusak. Memang sih masih ada yang main gundu dan segala macamnya, tapi paling di daerah tertentu aja. Di perumahan gedongan sih gue yakin 95% udah gak ada lagi. Mungkin untuk masalah ini orangtua yang harusnya berperan untuk gak ngasih teknologi canggih dulu kalau anaknya masih kecil.

Bukan cuman permainannya, tontonan buat anak kecil sekarang gak diperhatiin. Dulu, pagi-pagi gue masih bisa nonton teletubies, siangnya ada wiro sableng sorenya apalagi tuh banyak ada ninja jiraiya, kartun yu-yu hakusho, hikaru no go, dll. Gue bisa bilang kalau era 90-an tuh era terbaik anak-anak, walaupun pada masa itu tontonan erotis yang bikin titit bangun juga banyak. Tapi setidaknya berimbanglah dibandingkan dengan masa sekarang yang kebanyakan tontonan komersil dimana acara gosip, reality show dan sinetron merajarela. Bahkan, ada acara tipi yang sampai 4 jam isinya cuman goyang, bagi-bagi duit, lawakan sama adu panco doang. Buat apa? Memang sih hari minggu masih ada film anak-anak pas pagi, tapi cuman pagi doang nih? sore enggak? Yah, apa boleh buat lah, sekarang anak kecil dituntut bangun pagi atau stay tune pas maghrib aja deh ya biar bisa nonton genre-nya. Atau, orangtua harus merogoh kocek aja untuk beli dvd kartun ya...

Tontonan tipi? Ah, Indonesia jagonya reality show. Sekarang, begitu satu stasiun tipi sukses dengan sebuah genre, stasiun tipi lainnya ngikut. Contoh kecil, begitu stasiun tipi berinisial "TT" sukses dengan salah satu goyangnya "buka titik josss...", stasiun tipi lain ikut-ikutan ada acara goyang-goyangan. Atau gara-gara acara yang buat fakta serba tujuh, yang lain pada ikutan bikin acara SPOT-SPOTan. Malah, menurut gue stasiun tipi yang variatif dan kreatif ada di stasiun tipi kayak kompas tv sama .NET. Di stasiun-stasiun tipi yang udah ngetop, acaranya hampir sama gitu semua.

Film bioskop Indonesia gimana? Masih di dominasi sama genre horor. Memang sih, kita baru-baru ini dijejali film Indonesia bagus kayak Tenggelamnya kapal Van Der Wijk atau 99 cahaya di langit eropa, tapi setelah itu? pasti horor lagi. Di Indonesia, film-film bagus pasti cuman selingan doang. Horornya mending bagus kayak punya Jepang atau Thailand. Iya, Indonesia tuh horonya cuman ngagetin doang. Istilahnya, kalau film horor Indonesia tuh hantunya ngomong, "Ciluk baaaa..." abis tuh udah, gitu doang? Ceritanya juga kebanyakan gitu-gitu aja: Sekelompok atau beberapa orang pergi ke tempat seram berhantu terus diganggu hantu. Intinya gitu doang. Selain itu, seperti yang udah diketahui, horor Indonesia juga ngejual paha sama dada. Bosen gue lihat horor Indonesia pemerannya Depe lagi Depe lagi. Cari yang lebih gede dong. #lho

Selanjutnya, ormas yang mengatasnamakan Islam. Bukannya ngasih kesan kalau Islam itu agama yang cinta damai, ormas-ormas ini malah menciptakan kerusuhan seolah-olah gak ada jalan lain untuk berdamai kecuali dengan kekerasan. Baru-baru ini, goyang oplosan juga dikritisi. Ah, tau deh gue, itu organisasi masyarakat atau organisasi preman. Gak bisa dibedain.

Terus sekarang ada istilah alay yang makin meluas yaitu sebutan cewek cabe-cabean. Sajian hot untuk laki-laki. Entah apa motivasi cewek cabe-cabean ini. Mereka mau eksis dengan cara yang gak banget. Sekumpulan cewek alay yang gak banget. Pertama gue dengar sih gue pikir cewek cabe-cabean tuh cewek yang suka makan pedes gitu, eh taunya WTF... Hmm, ada yang tertarik sama cewek cabe-cabean gak? Pastikan dompet anda tebal sama uang ya, bukan sama kartu ATM yang gak ada saldonya. 

Oh iya, satu lagi. Orang-orang Indonesia tuh gak disiplin. Iya, jujur aja nih gue juga gak disiplin, gue suka buang sampah sembarangan karena gak ada kotak sampah di pinggir jalan. Terus, apa gue harus buang sampah gue di tas? kalau gak ada tas gimana dong, apa gue telen aja sampahnya? Selain itu, ketidakdisiplinan orang Indonesia adalah ketika mereka sedang berkendara. Seolah jalan milik sendiri. Bunyi peringatan kereta api datang diabaikan, bahu jalan tempat pejalan kaki diembat dan lampu merah malah diartikan jalan teruuuss. Suram.

Yah, biar bagaimanapun, inilah Indonesiaku. Sebuah negara yang luas tapi punya banyak masalah. Seburuk apa pun Indonesia, disinilah gue lahir. Dan, gue bangga jadi orang Indonesia. Soalnya, cuman bahasa Indonesia yang gue bisa, makanya gue gak tertarik jadi orang luar. #nahLho

Apakah lo pada ada uneg-uneg tentang Indonesia? sampaikan di kolom komentar.

Comments

  1. waaah, berarti kalau bisa bahasa asing, mau pindah ke LN ? waw >.<

    Dari sekian paragraf, kebanggaan sama Indonesia cuma di paragraf terakhir aja ya..
    yaampuun.. *ckck
    Miris.. sorry yah bro gw bukan mau sok nasionalis, tapi entah kenapa gw sedih aja baca postingan lu ini :(

    sebetulnya banyak kok hal lain tentang Indonesia yang membanggakan :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gw jg cm nulis sisi dark-nya aja, sisi-sisi yang perlu dikritisi. Kalo hal-hal yang membanggakan sih tinggal dipertahanin. Tapi kalo sisi gak bagusnya harus sering diekspos biar dibenahi. :D

      Delete
  2. iyah bener baget. gw jadi mikir kemudian apa sih untungnya ada pemilu segala, selain nambah sumpek jalanan dengan aneka poster spanduk :(

    salam
    http://jarwadi.me
    http://jarwadi.blogdetik.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Pemilu oh pemilu, belum tentu juga yang ngitung suaranya tuh bersih. :D

      Delete
  3. sebetulnya banyak kok hal lain tentang Indonesia yang membanggakan :')

    ReplyDelete
  4. Ya walaupun Indoniesianya kita absurdnya luar biasa, inilah tanah air kita :)))

    *BukakBanyakJos

    Bukak banyak komentar :))))

    ReplyDelete
  5. jawab komen di blog: feb, kalau mau, kamu bisa ubek2 blogku yg tagnya tutorial, biasanya aku sharing tutorial menulis novel

    btw, sukses yah kontesnya :)

    ReplyDelete
  6. 2014 ini banyak yang caper. hahahahaa

    ReplyDelete
  7. Ada sebuah kalimat " Barangkali memang inilah sebuah negeri yang ingin kita lepaskan tapi tak kunjung hilang "
    Udah lama kagak nonton film Indonesia, soalnya suka film festival selain film indonesia khusus'a :)

    ReplyDelete
  8. apapun itu, om
    aku tetap mencintai bangsa ini
    walau mungkin tidak ke negara ini

    ReplyDelete
  9. Baca postingan ini bikin manggut2 sendiri. Kasian calon anakku yang nantinya gag bisa ngerasain nikmatnya main gundu dan mungkin film hantu Indonesia semakin banyak adegan tak 'terduga'. Jadi bingung film hantu itu ngejual 'adegan' apa gimana sih ya -___-. Tapi, tetep salut sama usaha kreativitas insan perfilman deh (y)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK