Skip to main content

Skenario Untuk Film Pendek (versi Belajar)

Skenario film pendek ini gue buat karena pengen belajar aja nulis skenario, huehuehue... Genrenya menurut gue drama inspiratif. Ceritanya tentang seorang penari streptease bernama Julia yang bertemu dengan Andre yang ternyata merupakan mantan gigolo yang mengidap penyakit AIDS. Pada akhirnya, justru pertemuan itulah yang membuat Julia tobat. Tenang, tenang, walaupun temanya rada aaaahh uuuhh, tapi ini ini bukan skenario film bokep. Langsung aja, ini skenarionya:




KEMBALI
By: Feby Andriawan

01. INT. DAPUR. RUMAH – SIANG
(Pemain: Julia, Umi)
Julia datang membawa beberapa kantong plastik. Sambil tersenyum, Julia memeluk Umi dari belakang. Umi yang lagi masak lalu berbalik badan dan Julia dengan cepat menyalami Umi.

Umi
(Cemas)
Kamu kok balik jam segini sih, Jul?

Julia
Iya Umi, semalem tuh Julia lembur. Kan Julia udah sms Umi sama Abi.

Julia memberikan dua kantong plastik berwarna merah ke Umi.

Julia(CONT’D)
Karena kemaleman, jadinya Julia nginep aja di kosannya Irma, Mi. Oh iya, Abi mana Mi?

Umi
(Malas)
Abi lagi keluar, Jul. Biasa, jadi Pak Ogah!

Umi melihat isi kantong plastik yang diberikan Julia.

Umi(CONT’D)
Ini baju untuk Umi, Jul?

Julia
Iyalah Mi, masa buat hansip. Nah, itu yang satunya lagi buat Abi, Mi.

Umi
Perasaan, hampir setiap hari kamu beliin Umi sama Abi oleh-oleh, Jul? Padahal kan kamu kerja belum sebulan. Emang gajinya gede ya?

Julia
Kan Julia banyak dapet uang lembur, Mi. Ya udah deh, Julia capek Mi, Julia istirahat dulu ya.

Julia melengos pergi ke dalam kamar. Sementara Umi masih menatap kantong plastik pemberian Julia dengan tatapan yang kosong bercampur heran.

CUT TO:

02. INT. KAMAR JULIA – SIANG
(Pemain: Julia)
Baru saja menutup pintu kamar, tiba-tiba hape Julia berdering kencang. Julia langsung merogoh saku celananya untuk mengambil hape.

Julia
(melihat layar hape)
 Erik? Hemm, alamat bakal kerja lagi nih.

Julia mengangkat telpon.

PARALEL CUT TO:
03. EXT. PARKIRAN – SIANG
(Pemain: Erik)
Erik nelpon sambil bersandaran di mobil.

Erik
Jul, ada yang musti Lu servis lagi nih. Namanya Andre. Masih muda, ganteng lagi, Jul!

  Julia (V.O)
Hah? Lo gak ngira-ngira ya. Semalem kan gue udah show, dua jam lagi, capek tau! Lagian, gue harus bilang apa ke Umi dan Abi?

Erik
Yah, bilang aja Lu nginep di tempat temen Lu atau siapa kek kayak biasanya. Ayolah, ini kan malem minggu, Jul. Nih tamu berani bayar dua kali lipat lho, bayangin!

PARALEL CUT TO:

04.INT. KAMAR JULIA – SIANG
(Pemain: Julia)
Julia berjalan menuju tempat tidurnya dan menjatuhkan dirinya ke sana.

JULIA
Ya udah, Lo sms aja entar alamat yang harus gue datengin. Tapi besoknya gue gak mau terima job dulu lho ya. Mau istirahat gue, gak capek apa goyang berjaman-jam. Gimana, deal?
  
Erik (V.O)
Oke Jul, deal!

Julia mematikan hape dan langsung bergegas tidur.

CUT TO:

05. EXT. PARKIRAN. HOTEL - MALAM
(Pemain: Julia)
Suasana di sekitaran hotel tidak begitu ramai. Taksi yang ditumpangi Julia datang dan berhenti di area depan hotel. Setelah keluar dari taksi, Julia langsung merapihkan baju dan rambutnya sejenak. Kemudian, Ia melenggang masuk ke dalam hotel, melangkah bak model.

CUT TO:

06. INT. KAMAR. HOTEL – MALAM
(Pemain: Andre, Julia)
Andre menonton tipi dengan perasaan yang kalut. Tak lama kemudian, pintu kamar diketuk oleh seseorang dari luar dengan cukup kencang. Andre kemudian bangkit dari duduknya dan membuka pintu kamar.

Julia
Dengan Bapak Andre ya?

Andre
 Oh, iya, betul. Kamu Julia kan? Mari, silahkan masuk.

Andre menutup pintu kamar. Lalu, keduanya duduk di sofa yang sama. Bersebelahan.

Julia
Bapak sendirian di sini?

Andre
Iya, emang kenapa?

Julia
Gak apa-apa sih, biasanya yang boking saya untuk show tuh ramean gitu.

Andre tiba-tiba diam. Wajahnya pun memucat.

Julia (CONT’D)
(melambai-lambaikan tangan)
Pak, Pak, kok diem? Halooo... Bapak lagi sakit ya?

Andre (Kaget)
Eh, maaf-maaf. Gak kok, biasa muka saya kalo jarang tidur suka pucet gini. Oh iya, jangan panggil saya Pak dong, panggil saja Andre ya.

Julia
Iya Pak, eh Andre. Jadi, kita mulai kapan nih?

Andre
Mulai apa ya?

Julia
Yee, saya kan di sewa Mas Andre buat nari telanjang.

Andre
Oh itu. Emm, gini Jul, saya gak mau nonton kamu streptease aja. Saya mau lebih dari itu.

Julia
(Bingung)
Maksudnya?

Andre
Iya, saya mau kita...
(menunjuk ke arah ranjang di depan)
tidur bareng. Saya bayar lebih banyak lagi deh, gimana?

Julia langsung beranjak dari duduknya.

Julia
(Kesal)
Maaf, saya gak bisa! Saya memang streptease, pekerjaan saya kotor! Tapi, saya gak menjual keperawanan saya. Terimakasih!

Julia berbalik badan bersiap pergi. Akan tetapi, langkahnya terhenti ketika pergelangan tangannya di genggam Andre dari belakang dengan erat.

Andre
Ternyata apa yang di bilang Erik bener...
(menyerahkan sebuah amplop)
Nih, bayaran kamu.

Julia
(Heran)
I-ini maksudnya apa ya? Saya kan belum show?

Andre
Nanti kamu tau sendiri kok... Ya udah, pulang sana, pastiin pintunya tertutup rapat ya.

Julia
Tapi...

Andre
Gak ada tapi-tapi, itu saya kasih tanpa syarat. Sekarang kamu pulang. Jangan kemana-mana lagi.

Julia kembali melanjutkan langkahnya menuju pintu dengan rasa penasaran tingkat tinggi. Bahkan, sampai setelah menutup pintu kamar sekalipun, Julia masih tampak kebingungan. Ia masih tidak percaya dengan apa yang baru saja dialaminya.

CUT TO:

07. INT. RUMAH MAKAN – SIANG
(Pemain: Julia, Erik)
Julia duduk tergesa-gesa dengan wajah yang tampak kecapaian. Di depannya, Erik, terlihat sedang muram sambil memegang sebuah kertas.


Julia
Jadi ngapain lo manggil gue kesini, Rik? Kan gue udah bilang, sekarang tuh gue mau istirahat dulu.


Erik
Enggak, gua gak nyuruh Lu kerja kok sekarang. Nih, Lu baca.

Erik menyerahkan kertas yang dipegangnya ke Julia. Perlahan Julia membuka lipatan kertas itu dan membacanya...

Andre (V.O)
Tuhan, aku tahu aku tidak mungkin layak ke surgamu setelah apa yang kuperbuat selama ini dan bagaimana caraku untuk mati. Aku tahu itu. Tapi, seorang wanita yang sebenarnya suci datang kepadaku malam ini dengan memakai topeng hitamnya. Lindungilah Dia tuhan. Jangan biarkan dirinya terjerumus ke dalam lubang yang lebih dalam lagi. Aku tak ingin Dia menjadi sepertiku kelak. Tidak. Jangan Dia Tuhan.

Erik mengubah posisi duduknya lebih maju lagi.

Erik
Itu Andre yang nulis. Tengah malem tadi dia bunuh diri dengan menyayat nadinya sendiri.

Julia syok. Perlahan air matanya keluar dan membasahi kertas.

Erik (CONT’D)
Andre tuh dulunya gigolo, Jul. Akhirnya dia kena AIDS dan memutuskan untuk berhenti. Jadi, kemarin pagi tuh dia nelpon gua. Nanya ke gua gini, ‘bro, ada streptease lo yang belum pernah di gesek gak?’ Kalo ada, dia berani bayar dua kali lipat.

Julia kembali melipat kertas itu. Ia kemudian mengusap air matanya. Namun, kesedihannya belum hilang.

Julia
Makasih, Rik. Lo udah pilih gue untuk ketemu sama Andre itu. Kalo gak ada kejadian ini mungkin gue gak akan pernah sadar. Tapi... kenapa dia memilih untuk mengakhiri hidupnya ya, Rik? Padahal kan mungkin aja penyakitnya masih bisa sembuh.

Erik mengacak-acak rambutnya seraya tersenyum pahit.

Erik
Yah, mungkin ini cara Tuhan untuk mengingatkan kita, Jul. Kalo dia gak meninggal, kita bakalan terus gini.

Julia
Iya ya, bisa jadi. Tuhan emang selalu bekerja dengan cara-Nya sendiri. Gue bersyukur udah jadi orang yang mendapat peringatan dari Tuhan, Rik.

Erik
Gua juga, Jul. So, gimana kalo kita balik lagi ke kehidupan kita yang dulu?

Julia tersenyum lebar dan menganggukkan kepala dengan tegas.

Julia
Iya, gue setuju.

Selesai.
Bandung, 16 Juli 2014.
 


Gimana, bagus gak? enggak dong? Yaaa, kalo masih berantakan harap maklum ye, namanya juga belajar. Oh iya, dilarang keras mengopy skenario pendek gue. Biar sekecil apapun, itu tetap sebuah karya original yang sudah gue buat. Buat temen-temen yang mau iseng buat film pendek terus mau ambil skenario gue itu, boleh aja gw kasih gratis tapi kontak gue dulu ye terus credit nama gue tetep harus ada, muahahaha... Lumayan buat dijadiin portofolio gue. Nah, bagi temen-temen yang mau buat film pendek lagi nih, gue siap kalau di minta nulis skenarionya deh. Mau tentang apa, horor, pembunuhan, komedi, cinta? ayok!

Comments

  1. Tentang horor, pembunuhan, komedi, cinta, homoseksual, dan traveling jadi satu? Wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. Jadi ceritanya ada org yang lg traveling bernama Joko, tersesat di negeri entah berantah. Disana, ternyata adalah kota terlarang para vampire homo. Setelah perkenalan, Joko jd jtuh cinta sama salah satu vampire homo bernama Pieterson. Pada akhirnya, Joko membunuh Pieterson karena menduga Pieterson tuh selingkuh. Joko pun bunuh diri juga. Tamat.

      Delete
  2. Tragis! Tuh yg ente buat dadakan.

    ReplyDelete
  3. Ini kalau dibuatin filmnya, yang bagian editor'a geli, buat ngedit bagiannya sama per satu, hahah
    Film sama berita, hampir sama model scriptnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar yg postingan apa komentarin komentar gw yg zombie? kok geli sih,, haha.. Gw gak tau sih script berita gmn, gw cm taunya script film gitu semua modelnya yg gw dapet emang,, :D

      Delete
  4. Replies
    1. Lho, postingannya ini kan bukan cerita homo? -_-

      Delete
  5. paralel cut to itu istilah baru ya? biasanya kan dua adegan berselang seling/org lg telponan itu INTERCUT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parallel cut to itu penghubung antar scene yang jarak waktunya cukup jauh, beda hari, beda bulan, beda tahun

      Delete
    2. Maaf kalo salah namanya juga belajar, haha... Gw lihat contoh orang soalnya, iya seharusnya intercut udah cukup.. :D

      Delete
  6. Pendek tapi ngena. Ini yang gue suka. Simpel tapi ngena. Ngapain panjang, rumit, berbelit-belit, tapi ga ada yang ngerti. Dan serius, jarang gue nemu FTV atau film yang kaysk gue sebutin tadi: simpel tapi ngena. Hahaha. Nice, bro.

    Ini klo dijajal, setengah jam dapet lho durasinya. Seriusan.

    ReplyDelete
  7. mas ada ga skenario yang isinya buat semangat belajar siswa, kalau ada aku minta alias gratis buat belajar sama siswa ku disekoalh trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas gak ada, hrus dipikirkan dlu gimana ceritanya, belum kepikiran, mungkin ide ceritanya dari Mas Eka, entar gw yg bkin skenarionya.. :D

      Delete
    2. ceritanya gini, ada 2 anak yang satu suka bantu orangtua karena orangtuanya penghasilannya paspasan disamping itu dia rajin belajar sehingga dapat naik kelas dengan hasil yang membanggakan. sedangkan yang satunya lagi sukanya main malas belajar dia tidak nyadari kalau orangtuanya tidak mampu buat makan saja susah, karena dia tidak pernah belajar akhirnya dia tidak naik kelas. Begitu pendek ceritanya

      Delete
    3. Udah gw buat sih tapi cuman 6 halaman, hehe.. Udah di coba di posting di sini tapi tulisannya berantakan terus. Coba kontak twitter atau fb aja ya Pak, entar di kirim lewat email aja.. :D

      Delete
  8. wakakaaaa....
    kalo digarap serius bisa jd mantabh tuuuh....
    :P

    ReplyDelete
  9. Lg butuh bgt ni broo.... aku dapet tugas make short movie, aku pengen yg temanya semi horror atau horror campur travelling.... thanks broo..!

    ReplyDelete
  10. gan bisa buat skenario, yg main 3-5 org, genre komedi tapi membarikan pendidikan bagi penontonnya, dan ini untuk anak SMA

    ReplyDelete
  11. Izin copy boleh?

    ReplyDelete
  12. Bisa Bantu buatin scenario film pendek bertema sekolah inspirasiku berdurasi 3 menit aja bro

    ReplyDelete
  13. IZIN PRODUKSI FILM by N_PHOTOGRAPHY youtube channel (SUBHAN AGUSTIRA)

    ReplyDelete
  14. Mau dong buat anak kuliahan tapi latar tempatnya di kampus aja ya bang. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  15. buatin scenario film pendek tentang semangat belajar tpi yang ada komedinya gitu....

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK