Tuesday, 2 August 2011

Anak Kos Saat Bulan Puasa

Kalo ditanya gimana sih kehidupan anak kos? gue hanya bisa bilang suram. Tapi, gue gak tau ya kalo anak kosan itu tajir mampus, anaknya pengusaha tape atau tahu atau apalah, yang jelas bagi anak yang memiliki uang jajan bulanan yang pas-pasan jelas jawabannya adalah malapetaka. Gue pernah bareng temen ngecek saldo di depan kampus dan hasilnya.

"Anjiiiir, masih dua ribu lima ratus rupiah, dasar orang tua durhaka," kata temen gue yang gue rahasiakan identitas namanya soalnya dia gak mau terkenal di blog gue (kayaknya gak penting deh).

Ya, begitulah yang namanya anak kosan, ia selalu mendewakan awal bulan dan menangis di akhir bulan. Anak kosan selalu merana di kala dompet sudah menipis sedangkan kebutuhan meningkat. Alhasil, anak kosan selalu ngutang dulu dengan anak kos lainnya atau penjaga warkop sekitar. Nah, bagaimana anak kosan mendalami bulan puasa? apa yang biasanya mereka lakukan saat bulan puasa? oke, gue akan membeberkan sedikit fakta yang gue kumpulin dari temen-temen gue dan juga gue pribadi, secara gue juga anak kosan gitu loh.

Pertama, anak kosan mendadak jarang keluar, memang ini hanya sekitar 70% sih, tapi gue bisa nulis ini karena mayoritas. Anak kosan yang biasanya keluar ngalor-ngidul pagi, siang, malem dah kayak minum obat, di bulan puasa mereka mendadak menyepi di kamar kosan, apalagi pagi sampai siang. Biasanya mereka lebih cenderung ngabisin waktu buat tidur atau main game untuk nungguin bedug maghrib. Kalau ditanya: "Lo gak keluar? biasanya lo keluar jam segini ngajak jalan si do'i?" jawabnya selalu satu: "Males! Panas! Ntar haus terus gue buka duluan lagi."

Kedua, catatan hutang yang bertambah. Kalo ini sebenernya jarang, biasanya ini hanya untuk anak kosan yang emang udah kenal dengan sang penjual makanan. Ya, anak kosan yang udah kenal dekat dengan sang penjual makanan atau penjaga warkop ini memiliki keuntungan tersendiri dan senantiasa ngomong "catet dulu bang" ke penjual makanan tersebut. Kebiasaan ini biasanya makin kronis sampai riwayat catatan hutang numpuk dan abis lebaran baru bisa bayar. 

Ketiga, jadi sering mampir ke kamar temen. Nah lo, mau ngapain tuh? gak, maksudnya bukan itu. Anak kosan adalah seorang manusia yang tingkat sosialisasinya tinggi. Jadi, apabila lagi gak ada duit atau gagal dapat pinjaman dari penjaga warteg atau penjual makanan buat buka puasa, biasanya tanpa segan anak kosan menyatroni kamar teman-teman lainnya buat "dicicipi" hidangan berbuka puasanya. Oke, kalo ini butuh keahlian tingkat tinggi, karena kalo gak tau ilmunya, pasti yang dimintain makanan jawab,"Enak aja lo, beli aja sana sendiri!"

Keempat, mandi sekali dan itu hanya mendekati bedug maghrib. Hal ini untuk membuat waktu berbuka jadi gak kerasa. Biasanya anak kosan kalo libur tuh mandi sekali dan itu semakin diilhami saat bulan puasa. Biasanya anak kosan model begini nih, dia tidur dulu dari pagi sampai sore, abis tuh nonton atau buka komputer bentar dan sekitar satu jam menjelang buka dia baru mandi terus abis tuh beli buat buka puasa. Bisa ditebak, setelah sampai di kosan lagi, adzan maghrib udah berkumandang. Anak kosan model gini adalah anak kosan yang penuh perhitungan dan rencana yang matang.

Kelima, anak kosan bisa mengontrol isi kantong. Bulan puasa, adalah bulan dimana anak kosan dapat mengontrol pengeluarannya. Biasanya, anak kosan itu makan siangnya belepotan (kalo lagi ada duit), itu wajar karena begitu ada duit, anak kosan senantiasa melakukan balas dendam setelah akhir bulan yang kelabu. Biasanya ada makan siang, sekarang gak. Hal ini juga biasanya sangat dirasakan untuk anak kosan yang ngampus naik angkot terus kampusnya libur pas bulan puasa. Kebayang dong seberapa untungnya bulan puasa ini bagi mereka.

Keenam, intensitas jalan bareng pacar menurun. Sekali lagi, ini hanya untuk anak kosan yang memiliki uang bulanan pas-pasan dan anak kos yang males keluar kalo lagi panas-panasnya. Kalo yang biasanya tuh anak kosan rutin main ke tempat pacarnya maksimal nonton ke bioskop minimal duduk-duduk di taman, di bulan puasa kegiatan itu cenderung berkurang, apalagi nonton bioskop, jangankan nonton bioskop, nginjek kaki di karpet tempat ngantri bioskop aja gemetaran terus bibir pecah-pecah (oke gue lebay). Sekali lagi ya, ini untuk anak kos yang memiliki uang bulanan pas-pasan dan yang males keluar pas bulan puasa. Kalo yang tajir sih, ke mall terus kali ya. (gue gak tau soalnya gak punya temen anak kosan yang tajir mampus)

Segitu aja deh kira-kira kondisi dan apa aja yang dilakukan anak kosan saat bulan puasa. Sekali lagi, fakta ini gue tulis berdasarkan pengalaman gue bergaul sama anak-anak kosan yang notabene memiliki catatan sejarah keuangan yang labil dan cenderung semat (serba hemat). Gue juga tau banget gimana rasanya menikmati bulan puasa di kosan dulu, jadi ada beberapa fakta diatas yang sebenernya gue alamin, hihi. Nah, gimana nih bagi kalian anak kos, apakah ada fakta lain yang lebih ngenes?

*Tulisan ini gue dedikasikan untuk anak kosan yang gak balik ke rumah ortunya saat bulan puasa. Sabar ya friend's.

39 comments:

  1. kk feby tersangka utamanya ya....
    karena juga sama-sama anak kosan
    hahaha, tambah satu lagi
    kalau mau bedug maghrib berpakaian rapi ikut ngaji di masjid/musholla , ngincer takjil bersama.....
    hahaha

    ReplyDelete
  2. wah, ternyata sifat anak kos nyampe segitunya. saya baru tahu sob.
    gue kan ngekos baru 1 tahun. dan pada kesempatan ramadhan kali ini
    saya mudik ke kampung.

    ReplyDelete
  3. tambahan dari bang nasrul boleh juga tuh..haha
    ane dulu juga sering gtu..ke masjidnya kalo uda mau buka puasa...haha

    ReplyDelete
  4. puasa perutnya. puasa ngutangnya. puasa perginya...

    ReplyDelete
  5. awkwkwkkw... bisa bisaaaaa ... :D
    tapi saya mah ga pernah ngekoss.. ni aja tidur di warnet gratisss... haha...

    ReplyDelete
  6. Pengalaman ngekost hampir 2,5 tahun... ada satu sob kalau menurut pengalaman dan pengamatan waktu bulan puasa ya kaya yang dikatakan bang nasrul diatas...standby dimasjid besar yang deket ma kost2an untuk mencari ta'jil buka puasa.hehehe

    ReplyDelete
  7. Kegiata wajib bagi anak kos, keliling masjid tiap mau buka. Hari pertama, masjid paling jauh. Hari kedua, masjid yg agak deket, hari ketiga dan seterusnya, cari masjid yang lain lagi buat nemuin menu buka puasa yang berbeda. Nah, ntar pas tengah2 puasa, semua udah dicobain, dan bakal menetap di masjid dgn menu paling enak. hahaha

    ReplyDelete
  8. Makasih bangg..! emang bener apa yg Umi aku bilang. Jadi anak kos itu susah. Jauh dari rumah dan sumber uang (baca: ortu) #eh

    Aku bilang makasih, coz rencanaku ke depan mau kuliah ama ngekos. tp ternyata keadaannya ngekos kaya begono. Yah... ga jadi deehhh xD

    ReplyDelete
  9. tambahin lagi dah sekalian aja ikut sahur bersama di masjid

    ReplyDelete
  10. sebagai manatan anak kost, #doktergigigaul mo sumbang suara..
    do..do..do..do, re, mi..
    okeh
    1. Susahnya nyari saur, soalnya dulu nyari kosan murah, jadi harus masuk jalan kaki 700meter dari jalan raya. sedangkan mesjid dan RM terdekat di pinggir jalan raya [gak mungkin juga ditengah jalan]
    2. Tiap hari bolak-balik 1,4 kilo jalan kaki di bulan puasa. belom lagi kalo mo nyari bukaan..
    3. Masalah duit ga usah dibahas, kebutuhan bukan cuman kita seorang..
    4. Pacar gak usah dibahas, #doktergigigaul orangnya kan pemalu..
    5. belom punya hape, belom punya pager, gk punya duit buat beli jam weker, alhasil minimal 7 kali kelewat sahur..
    6. Gak pernah numpang makan di kamar kos temen, gak tega, senasib sepenanggungan. gw biasanya nginep di rumah temen sekalian..makan minum, mandi tidur, terjamin..

    sekian terima kasih..
    salam MagaHaya!

    ReplyDelete
  11. @Dokter Gigi Gaul: Curhat ni yeee.. :D

    ReplyDelete
  12. Happy Pasting semuaaaaaaa...
    puasa kali ini kaya'a bakal banyakan di rumah, jadi sory feb saia nggak ikutan penderitaanmu untuk tahun ini hhi..

    #salam sesama anak kos :)
    Happy Blogging ^-^v

    ReplyDelete
  13. @Mimi Sikembar: Gue juga lagi di rumah, hihihi..

    ReplyDelete
  14. hwii kayaknya ngekos tuh seru banget ya walaupun nyiksa karna gak ada uang , XD

    ReplyDelete
  15. dasar anak kos . .:D

    kalo puasanya saya anak SMA, hepi2 aja nih. .
    nyampe rumah jam 3, main komputer, terus eh udh maghrib ternyata..
    ga terasa. .

    ReplyDelete
  16. Bagi anak kosan, uang bulanan bisa lebih hemat pas puasa. Bener banget. :D

    ReplyDelete
  17. wooh :O

    Baru tahu kehidupan anak kos yang sebenarnya kayak gitu. Berarti sinetron itu bohong, bohoooong!-_-"

    ReplyDelete
  18. @Qistina Satriavi: Kalo sinetron itu, anak kosannya pada tajir, kenyataannya anak kosan itu 60% selalu menderita.

    ReplyDelete
  19. hey okk... suuammpahhh gue jadi gaak nie mau nge-kost kalau kaya gitu =..=!

    ReplyDelete
  20. ini semua kehidupan anak kos kyk gitu atau bang feby aja??
    kok malah khawatir nih bakal jadi anak kost (--.)

    ReplyDelete
  21. Hmm.. Begitu Memprihatinkan BGT tuh Nasipnya!!!
    (Mo Terharu pa Meringis yach?)
    Kalo Puasa tiba enakan Mudik dulu biar gak Ngenes2 amat, dirmh ORTU/Sodara kn Nyaman!!
    Hwehehe.. PizZ!!!

    ReplyDelete
  22. Wah2, malang sekali ya nasibnya jadi anak kost di bulan puasa...tapi memang kuliah libur? Ngga kan? Mana bisa tidur dari pagi sampe sore? ;p

    ReplyDelete
  23. @Claude C Kenni: Kalo kampus gue sebulan puasa ini libur bang.. Asek. :)

    ReplyDelete
  24. Itu cetita anak kos khusus cowok atau cewek Bang? apa keduaduanya juga sama ??

    ReplyDelete
  25. @Retno Novitha S: Berhubung temen gue itu cowok semua itu lebih ke cowok, tapi gak nutup kemungkinan cewek juga bisa gitu, hehe..

    ReplyDelete
  26. 5 dari 6 karakteristik yang kamu sebutin ya pep... adalah "gue" banget. observasi yang bagus. haha *ketawa miris*

    ReplyDelete
  27. Seumur idup belom pernah yang ngerasain ngeKOST, tapi bise di bayangin, kaga enak banget!!

    ReplyDelete
  28. kalo masalah uang itu pasti ada jalannya buat anak kos, yang paling nggak enak itu puasanya tanpa keluarga, itu yang bikin hambar banget :)

    ReplyDelete
  29. Laa ilaha illaloooh, emg ada orang tua durhaka? hahahahaha.

    saya jadi berpikir ulang feb mau jadi anak kos juga.,
    yg keenam intensitas jalan bareng pacar menurun #uhuk emang beneeeer xD

    ReplyDelete
  30. Wah, aku sih puasa malah rajin mandi :p
    biar ademmmm :D

    ReplyDelete
  31. gw belom pernah ngerasain jadi anak kost tapi tidur di trotoar sering hehehe :D

    ReplyDelete
  32. temennya durhakaa :D nyebut ortu durhaka lagi :P
    iya emang bulan puasa bisa ngehemat kalau lagi di perantauan, tapi kalau pas "libur" ya sama aja bohong sih

    ReplyDelete
  33. hiks hiks jadi terharu bang..

    *meluk ibu kos*

    ReplyDelete
  34. nggak gitu juga kalee.. gak cuman anak kosan doang, anak rumahan juga..hehehe :D

    ReplyDelete
  35. wah,, gua banget itu pas masih kuliah..
    ciah hahahahhahah berbagai hal aneh dan berkesan yang telah gua lewatin. hahah

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑