Skip to main content

Review Naskah Gue Dong...

Buat para pembaca blog gue, baik yang udah sering mampir atau pun yang tersesat, di postingan kali ini gue cuman mau minta temen-temen nge-review naskah novel (rencananya) gue sama temen gue Riyan Hasanin. Naskah ini genrenya Romance Komedi untuk remaja-remaja getoh. Semuanya ada 15 BAB plus intro dan epilog, tapi di blog ini gue kasih lihat intro sampai bab 1 aja. Tanpa basa-bisi lagi, di bawah ini demonya:



Buat yang masih penasaran sama lanjutannya, gue upload filenya tapi cuman sampai bab 4. Bisa di download DISINI.

Naskahnya sendiri belum final, masih mau di obok-obok lagi gaya bahasa dan peletakan-peletakannya. Tapi, secara garis besar seperti itu deh pokoknya.

Review-nya bisa ditumpahkan di komentar postingan ini atau twitter gue ya @febyandriawan. Nah, entar yang udah nge-review ini bakal gw catat siapa aja. Gue udah punya rencana kejutan untuk para reviewer terpilih! muahahaha...

Comments

  1. Feb, bantu review yah. komentar ini didelete aja begitu kamu baca. biasanya editor baca naskah di bagian prolog, kalau klise, langsung disingkirkan. klise di sini maksudnya, penulis menghadirkan gaya penceritaan yang sama dengan kebanyakan penulis. dalam kasusmu, pembukaan naskahmu di atas masih termasuk kategori klise: anak2 telat ospek, adegan bangun tidur-berangkat sekolah, sudah terlalu banyak yg begitu.

    sebaiknya buka adegan novelmu dengan "beda", misal langsung begini di prolog:

    Anda sudah bosan ngejomblo? Dan Anda ingin punya pacar yang membuat hidup anda lebih berwarna?
    Gabung segera dengan KOMUNITAS JOMBLO JUNKIES!
    Komunitas ini dapat menyembuhkan:
     Penyakit jomblo kronis berkepanjangan.
     Luka yang disebabkan oleh serangan orang-orang yang udah dapat pacar.
     Krisis ketidakpercayaan diri terhadap lawan jenis.
    Berminat? Mari bergabung dengan kami, para Jomblo Junkies!
    Basecamp kami di taman belakang sekolah. Silahkan datang kesana (Jangan lupa bawa makanan sendiri).
    ------------------------------------------------------------------------------------------------------

    lalu kamu ceritakan asal muasal komunitas tsb. dan bagaimana mereka berteman pas ospek.

    gitu deh masukan dari saya. good luck buat naskahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap! thanks ya mbak, emang ada pemikiran dari gw sama Riyan utk menghilangkan intro. Tapi dengan apa kita ganti masih bingung! hahaha..

      Delete
    2. yap benar...
      pikat pembaca dalam 5 menit pertama dan bikin penasaran ditengahnya, terakhir dibuat klimaks diakhirnya...
      :)

      Delete
    3. @Dihas Enrico: Yoi broh, kalo penasaran di pertengahan sama kejutan-kejutan di belakang udah ada di bab2 yg gak di share di mari, rahasia dwong, haha... Awalnya ini yg masih dipikirin.. :D

      Delete
    4. Setuju banget sama komen diatas ini. Kalimat begitu buat editor muak, karena udah banyak banget dan gak ngikutin zaman. Good luck buat naskahnya.

      Delete
  2. Oke gue nyerah bang

    Pasalnya, ngedit naskah sendiri aja udah gak bisa lagi
    Jangankan naskah orang

    Hiks...

    :'(

    *Lagi berduka karena lagi2 naskah gantung*

    ReplyDelete
  3. Ide ceritanya bagus, tapi jangan sampai kayak sinetron nantinya. Gaya bahasanya masih kaku (maaf ya). Jadi terkesan membaca cerpen. Saya sendiri belum tentu bisa menulis cerita seperti itu. Tapi seandainya di olah lagi bahasa nya pasti lebih enak dibaca.

    Trus kalau bisa ceritakan asal usul ke empat sahabat tadi, latar belakang mereka biar bisa menguatkan karakter para tokoh nya.

    Untuk penggambaran nama tempat sebaiknya yang jelas, biar tidak berhenti sampai situ aja. Misal tadi si Ardi berangkat sekolah trus tiba-tiba sudah sampai sekolah. Meski jarak dekat bisa di pakai pengambaran keadaan lingkungan sekitar. Ada anjing atau kucing, suara burung atau apalah yang bisa membuat menjadi hidup dgn kehadiran makhluk hidup lainya atau ornamen benda mati lainya.

    Trus pada saat di sekolah, tidak ada penggambaran sekolahanya seperti apa, bagaimana keadaan bangunan fisiknya. Bentuk gedung sekolahannya seperti apa? gedungnya tingkat apa tidak? Letak parkir motor di sekolah bagaimana? lapangan basket atau fasilitas sekolah apa saja, sehingga pembaca bisa ikut masuk merasakan keadaan/suasana di sekolah pada saat itu. Atau mungkin itu di ceritakan nanti di BAB berikutnya ya....

    Maaf ya kalau komen saya kayak menggurui. Sejatinya saya sendiri manusia awam yg tidak sempurna. jadi komen ini murni dr hasil pemikiran saya setelah membaca sepenggal novel kamu.

    Overall Ide ceritanya orisinil. Jangan ceritain tokoh utamanya saja yang di sorot. Trus genre nya Komedi Romantis kalau bisa sisipkan sedikit konflik yang terjadi di antara ke empat sahabat tadi dalam pencarian pacar. Biar pembaca tidak langsung menebak ending ceritanya. Buatlah pembaca menebak-nebak cerita selanjutnya. Apakah ke empat sahabat tadi dapat pacar semua sesuai yang di dambakan?

    Semangat lanjutkan olah bahasanya. Semoga sukses ya kawan. maaf kalau baru nongol lagi ke dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buset panjang amat, haha.... Oh jadi gaya bahasa sama pendeskripsian intinya ya. Okeh.. thanks ya.. :D

      Delete
  4. Feb, perasaan naskah lu yang Detektif Ujang itu bagus deh. Itu aja diterusin. Prospeknya cerah, Bro. Intro-nya mantap, deskripsinya oke. Seriusan, itu aja dimajuin lagi ke penerbit konvensional. Come on!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Inilah Dia, tipe-tipe Cewek Di mata Pria!

Jujur gue tuh sebenernya sekarang lagi nulis cerita masa lampau lagi buat postingan yang baru ini, judulnya tuh era berburu belalang, tapi gue pending dulu deh karena tiba-tiba gue mau nulis sesuatu yang penting lagi di dunia percintaan dan pergaulan anak muda. Nah, setelah sebelumnya gue nulis gimana sih ciri-ciri cowok yang lagi jatuh cinta, sekarang gue akan menjelaskan cewek seperti apa sih yang banyak disukain dan dibenci para cowok, Penasaran? Oke, yang jelas ini akan menambah wawasan untuk kalian, cewek maupun cowok dalam dunia percintaan dan pergaulan sehari-hari. Gak perlu ketik REG spasi lagi, cuma butuh koneksi internet kok buat liat nih info. Ehm, kelamaan ya, baiklah inilah dia, tipe-tipe cewek di mata pria:
1. Cewek Cantik (rating: 8/10)
Oke, gak dipungkiri dan gak munafik lagi kalo 98% cowok tuh menilai cewek dari penampilan dulu. Cowok biasanya memiliki sifat yang cenderung bangga apabila mendapatkan cewek yang punya wajah rupawan. Biasanya cowok yang punya pacar cewek c…

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua..
Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa..
Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini..
Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini..

Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.
 Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunGokong
Gue l…

Kisah Awal Gue Di Bandung

Setelah lulus dari SMA Negeri 3 Bandar Lampung (secara gak sengaja) gue melanjutkan kuliah di Bandung nyusul kakak gue yang udah tamat kuliah. Lo tau gak siapa yang paling sibuk nyuruh kakak gue cariin tempat kuliah yang bagus di Bandung siapa? ya, itu adalah nyokap sama bokap gue. Setiap hari kakak gue (yang namanya Deden) disuruh hunting Universitas swasta yang lagi naik daun di Bandung sama bonyok gue. Sebenarnya sih walaupun gak diterima di ITB sama UNPAD gue diterima di UNILA, salah satu universitas Negeri di Bandar Lampung. Tapi bokap gue gak setuju dan lebih pengen gue ke pulau Jawa, gak tau kenapa, mungkin bokap gue ngerasa gue udah cukup ganteng buat ngelanjutin sekolah di Pulau Jawa, dalam hal ini Bandung, iya gue tau lo mau muntah baca kata gantengnya.
Setelah berminggu-minggu lamanya, akhirnya kakak gue berhasil mendapatkan tempat kuliah yang "mungkin" cocok sama gue. dimanakah itu...

"Pah, Deden ketemu kampusnya, namanya UNIKOM!"

"Oke, kalo gitu …