Skip to main content

Sumpah Pemuda

Hari ini, tanggal 28 Oktober kita semua memperingati hari sumpah pemuda. Gue tadi searching bentar ke wikipedia, kira-kira disana ada tertulis seperti ini, 'Kelahiran bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu membulatkan tekad mengangkat harkat dan martabat orang Indonesia asli'. Gue, sebagai pemuda Indonesia sekarang merinding kalo ngebayangin hidup pemuda Indonesia dulu. Mungkin untuk makan aja mereka susahnya minta ampun apalagi untuk ngapelin kekasih idaman, bisa-bisa di perjalan udah di dor duluan sama kumpeni. Tragis.

Oh iya, kalian masih inget gak isi sumpah pemuda? Sama, gue juga gak inget, nih gue nulis sambil buka buku Sejarah gue waktu SD yang sama tua-nya dengan isinya. Oke, ini dia isi sumpah pemuda itu (versi yang lama tapi bahasanya baru):

Pertama, kami putra-putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia.
Kedua, kami putra-putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.
Ketiga, kami putra-putri Indonesia, mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia.

Dan ini dia isi sumpah pemuda yang baru:


Bayangin, disaat kita sekarang bisa senang-senang menikmati hidup, para pemuda dulu mempertaruhkan jiwa raga mereka demi kemerdekaan bangsa. Harusnya kita malu dengan keadaan kita sekarang, apa yang bisa kita lakukan untuk negara kita ini? Apakah para pejuang kita dulu merasa bangga dengan keadaan Indonesia sekarang? Menurut gue, Indonesia adalah sebuah negara yang dibangun dengan darah dan keringat, tapi sekarang Indonesia menjadi sebuah negara besar yang dibangun dengan tangisan dan luka disana-sini. Memang masih banyak orang baik di Indonesia, tapi orang yang jahat lebih banyak lagi. Masih banyak orang jujur di Indonesia, tapi orang yang gak jujur lebih banyak lagi.

Pas SMA, ada hal yang paling gak gue suka. Apa itu? Liat gambar di bawah ini.

Tawuran alias rusuh alias gradak-gruduk

Corat-coret baju/seragam SMA

Semua gambar gue ambil dari google. Yang pertama, tawuran, apa untungnya dari kegiatan tawuran coba? Lo bawa kayu, batu, kaleng, trus dilempar, kena kepala bocor, masuk rumah sakit, minimal lo geger otak maksimal lo mati. Trus kedua, corat-coret pas kelulusan SMA. Gue tau SMA itu hanya kita rasakan sekali seumur hidup. Tapi tau gak berapa harga seragam itu? Oke bagi keluarga yang punya kantong tebal gak masalah, tapi kalo yang kantongnya tipis gimana? Lo gak tau gimana perjuangan bokap sama nyokap lo untuk beli tuh seragam. Daripada di coret kan mending dibakar di kasih ke orang yang butuh, dapat pahala dan lebih bermanfaat.

Sebenarnya perjuangan pemuda Indonesia belum berakhir. Sampai sekarang pun Indonesia masih dalam tahap kritis. Pengemis dimana-mana, koruptor disana-sini, seks bebas merajarela, narkoba masih berkeliaran, keadaan alam yang kian jauh dari hijau, keadaan laut dan pantai yang tercemar, dll. Indonesia masih koma kawan, Indonesia masih membutuhkan para pemuda yang tangguh, jujur dan bertanggungjawab. Yuk, di hari sumpah pemuda ini kita mengorbankan waktu demi menjadi pemuda dan manusia yang lebih bermanfaat bagi keluarga, teman dan negara. Jangan biarkan isi sumpah pemuda yang telah dibuat memudar dan tergores, mari kita susun rapih isi sumpah pemuda itu di hati dan pikiran kita, para pemuda Indonesia.

Bangkitlah Para Penerus Bangsa !!

Comments

  1. kenpa harus dicoret "dibakarnya" gak asik lah
    gak papa deh daripada di corat coret

    ternyata sekarang yak
    wah ane gii magang jadi gak isa ngerayain :'(

    ReplyDelete
  2. Beneran nih... kamu gak salah minum obat, kan? beda banget postingannya dgn postingan2 sebelumnya. hehehe




    http://riuisme.blogspot.com/2011/10/peringatan-ke-83-tahun-sumpah-pemuda.html

    ReplyDelete
  3. Sumpeh bang feb..waktu Nay lulus2an gak coret coret baju karna emang gak suka..

    ReplyDelete
  4. Kami mahasiswa-mahasiswi Indonesia bersumpah,bertanah air satu,
    tanah air TANPA PENINDASAN.
    Kami mahasiswa-mahasiswi Indonesia bersumpah,berbangsa satu,
    bangsa yang gandrung akan KEADILAN.
    Kami mahasiswa-mahasiswi Indonesia bersumpah,berbahasa satu,
    bahasa tanpa KEBOHONGAN.

    ReplyDelete
  5. Sumpah yah gue masih muda #fail
    Selamat hari sumpah pemuda B)

    ReplyDelete
  6. @naspard: tadinya mau nulis dikunyah malah, kebayang donk gimana kalo ngunyah seragam.. :D
    @Arif Riu: Lagi bener, gak tau juga kenapa ini. haha..
    @Tiva Fatimah, Nuellubis: Selamat hari sumpah pemuda juga. :)
    @Naya Elbetawi: Gak nanya! :D
    @Nonni Shetya: Asek.. :)
    @Shudai Ajlani: Yakin masih muda?
    @Meutiakbachnar: Gue juga baru tau mbak. :D

    ReplyDelete
  7. pemuda selalu dengan semangatnya yg bergelora. saya suka, sejarah senang, harapan pun riang. pemuda tahun ini harus berani memimpin, jangan jadi kacung saja

    ReplyDelete
  8. ayu yang muda dan berjiwa muda mana suaramu, buktikan hingga suatu saat nanti idealisme kalian.
    Indonesia Fresh.

    ReplyDelete
  9. wah si om lg bener.
    Ayo bangkit pemuda indonesia jangan galau mulu

    ReplyDelete
  10. ngomong2 soal corat coret seragam, jd inget jaman SMA.
    sekolahku dl ketat bgt,sblm kelulusan kita semua tanda tangan di atas materai.
    isinya kita ga bakal coret2 seragam,ga konvoi,ga bikin keramaian.
    kalo berani ngelanggar,surat kelulusan ditahan.
    jd aku ga pernah ada pengalaman ky gitu.

    ReplyDelete
  11. nice post bro..
    bikin pemuda kita bisa lebih berkaca lagi..
    #tatapanserius..

    kalo gue sich drpada tawuran, mending kesalon, gue ngondek..bis tu gue mangkal..dpet duit..makan".. :P
    (sumpah, tulisan gue barusan cuma becandaan doank)
    :)

    ReplyDelete
  12. balikkan kejayaan bangsa kita dulu! :/

    ReplyDelete
  13. ngaku berbahasa satu, BAHASA INDONESIA.
    tapi nge-blog pake Bahasa Inggris, ato bahasa Alay..kumaha yeuh, Pemuda?

    saya sudah bapak2 jadi boleh protes :)

    ReplyDelete
  14. Assalamu'alaykum...afwan ya sahabat jarang BW... Semoga persahabatan kita tetep jalan yah...

    -.vheytha.-
    www.aufalatifah.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. Waah,,, Perjuangan Pemuda Pemudi bangsa dulu begitu Hebatnya,, semangat Nasionalismenya luar biasa BGT... dibanding sekarang begitu jauh BGT!!!
    Ayo Kita isi hari2 dgn semangat berbuat kebaikan yg bermanfaat!!!
    HIDUP PEMUDA INDONESIA....

    ReplyDelete
  16. semoga saja mereka bisa sadar n mau berjuang melawan korupsi dan hal2 negatif lainnya :)..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK