Skip to main content

Apa Yang Menarik Dari Malam Minggu Miko?


Mungkin yang suka ngikutin Twitter atau blognya Raditya Dika, udah pada gak asing sama film pendek yang dibuat do'i yang awalnya cuman untuk iseng-iseng di upload di youtube. Ya, malam minggu Miko. Sebuah projek iseng yang sekarang udah ada di Kompas tv itu menurut gue adalah sebuah film pendek yang paling gokil. Gue udah banyak liat film pendek Indonesia di youtube yang gokil, tapi nyatanya gak separah dan seterencana Malam Minggu Miko buatan Raditya Dika dan kawan-kawan ini. Gara-gara Malam Minggu Miko, gue jadi punya tontonan wajib setiap senin malem jam delapan. Gue sampe bisa nunda mandi gara-gara Malam Minggu Miko ini. Nah, apa sih yang buat tuh film pendek menarik?

1.Penentuan Judul & Tema
Judul yang pas dimana Raditya Dika memilih Malam Minggu sebagai fondasi awal menurut gue penting. Ya, malem apalagi coba yang banyak di inget mayoritas orang. Pilihannya cuman dua, malem jumat sama malem minggu. Kalau Raditya Dika ngambil malem jumat, gue yakin pasti jadinya horor dan dikhawatirkan akan menunjukkan keerotisan paha beserta dada Raditya Dika, kan bahaya tuh buat kesehatan penonton. Tema Malam Minggu yang gokil yang selalu dilewati Miko, Rian dan pembantunya Anca menjadikan film pendek ini punya sesuatu yang berkarakter.

2. Akting
Kalau ini sih tergantung penonton. Tapi menurut gue, akting yang gak kayak akting buat Malam Minggu Miko semakin ciamik. Kita bisa dengan mudah ngerti maksud dari scriptnya dengan cuman liat ekspresi-ekspresi dari tiga tokoh utama itu. Semua berasa tersampaikan dengan mulus. Emang sih ada beberapa momen yang agak kurang, tapi overall tetep ngena. Aktingnya menurut gue bisa menyampaikan ke penonton dengan jelas gimana karakter setiap tokohnya.

3. Tokoh Yang Berkarakter.
Ada tiga tokoh utama di Malam Minggu yang menurut gue mereka berkarakter. Miko, Rian dan pembantunya Anca ini sebenernya sama-sama bego tapi cuman di momen-momen tertentu. Tokoh Miko bisa dibilang rada polos dan rada bego. Setiap pengen nembak cewek, si Miko pasti minta saran Rian. Nah, inilah fungsinya si Rian. Dia tokoh yang "agak" lebih pinter dari Miko, tapi semua sarannya dan apa yang dilakuinnya sebenernya gak ada yang beres juga. Terakhir pembantu si Mas Anca, di liat dari aktingnya, udah jelas dia pembantu yang polos abis tapi setia banget sama majikan. Ada lagi tokoh tambahan berupa kucing yang bernama Morganissa sih, tapi itu cuman tambahan. Tapi sumpah tuh kucing lucu banget dah.

4. Pemilihan Kalimat.
Salah satu bumbu yang buat Malam Minggu Miko menarik adalah pemilihan kalimat yang menurut gue kebanyakan merupakan kebalikan dari fakta yang sebenarnya. Contoh ada episode dimana si Rian ngomong: "Gue sih gak masalah karena Miko itu emang banyak kelebihannya, kayak.... emm, kayak.. Nelen panadol gak pake air itu kelebihan bukan?", terkadang kalimat ambigu juga di selipin kayak omongan mas Anca: "Mumpung di Jakarta, saya yakin saya bakal banyak ketemu orang besar, yang biasa saya liat di tipi, kayak Mbak Julia Perez," pilihan-pilihan kalimat gitu banyak kita temui di malam minggu Miko dan semuanya menurut gue gak garing.

5. Flashback.
Flashback atau kilas balik sebuah cerita adalah unsur yang paling banyak ada di Malam Minggu Miko. Menuru gue menyelipkan sebuah flashback sekilas di film pendek adalah ide yang pintar. Gak banyak orang yang menyelipkan flashback di film pendek buatannya. Contoh waktu si Miko ngomong sama Rian:

"Yan, sebenernya gue punya firasat buruk deh, itu kan mobil gue mogok, tadi pagi bulu mata gue rontok tiga."

"Kenapa sih labil banget..."

"Bukannya labil, tapi kan, gue punya firasat buruk aja entar kalo gue nembak Sasha kalo gue liat mukanya terus gerogi gimana?"

"Kita kan udah latihan kursus ngajak ngobrol Sasha, gimana..."

Terus setelah conversation itu ada flashback si Miko latihan ngobrol sama Sasha lewat foto Sasha yang di tempel di buah pepaya. flashback kayak gitu salah satu unsur yang gue suka di Malam Minggu Miko.

6. Tokoh Cewek.
Satu lagi yang buat Malam Minggu Miko gak ngebosenin dan itu khusus buat cowok adalah ceweknya selalu ganti-ganti di tiap episodenya. Dan bahkan sekarang kalo gak salah gue liat di twitt-nya Raditya Dika, dia lagi nyari pemain cewek yang good looking buat Malam Minggu Miko ini. Ya, ceweknya bening-bening banget dah.

7. Kejadian Yang Saling Terhubung.
Yang gue salut di film pendek yang cuman berdurasi 9-12 menitan, tim scriptwritingnya selalu sukses menghubungkan dua bahkan lebih kejadian dalam satu episode tapi tetap bermuara pada tema intinya. Contoh, dimana ada episode si Miko abis beli banyak baju bola karena bokap ceweknya suka bola. Pada saat itu si Miko memutuskan pake baju Liverpool. Pas jalan sama Rian, mereka ngelewatin kawasan 3 in 1. Jadinya mereka cari joki dulu. Joki udah ketemu sialnya si Joki mabuk darat, terus minum obat pemberian Miko tapi si Joki minum obatnya overdosis jadi ketiduran di mobil. Gak sempet nurunin si Joki karena udah mepet ke tempat si gebetan, jadinya si Miko sama Rian gantiin baju si Joki yang udah bau sama kaos bola Manchester United. Pas sampe di rumah gebetannya itu, ternyata si bokap gebetan fansnya Manchester United dimana itu adalah klub musuh bebuyutannya Liverpool, baju yang di pake Miko. Sejak saat itu, si joki itulah dikira si Miko sama bokap gebetannya Miko.

Ketujuh poin di atas menurut gue merupakan faktor-faktor yang ngebuat film pendek Malam Minggu Miko yang dibuat Raditya Dika cs jadi sebuah film pendek bergenre komedi yang gak ngebosenin. Kekuatan akting dan script yang disajikan dalam 9 sampai 12 menit bener-bener negbuat tuh film pendek punya karakter yang kuat yang bisa buat orang ketagihan. Buat yang belum tau (rasanya udah pada tau semua) bisa dilihat di saluran tipi lokal yang ada kompasnya setiap senin jam 8 malem, di youtube juga ada di upload beberapa hari setelah ditayangin di tipi sama akun Raditya Dika (gak tau yang upload beneran Raditya Dika langsung apa bukan). Setidaknya Malam Minggu Miko itu ngajarin gue, selama lo punya kreatifitas yang positif, lo bisa hidup men!! Dari sebuah projek iseng, Malam Minggu Miko jadi sebuah tontonan yang disaksikan oleh berjuta pasang mata.

Ralat: Point nomor 5 itu bukan flashback tapi Cutaway. Gue tau setelah baca salah satu komentator di bawah gak tau siapa. Thank's atas pengetahuannya ya Anonim. Buat yang pengen tau cutaway itu apa, ada linknya yang dibuat komentator yang namanya Anonim dibawah, cari aja. huehue...

Comments

  1. waduoooh keren banget sampai sedetail detailnya lhoo...hehehe..aku juga beberapa kali liat lewat utup, tapi ada beberapa yang nggak lucu dan ngebosenin sih menurutku..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah emang selera beda-beda, ada yang menurut kita bagus, biasa aja, jelek, ngebosenin, hehe.. Itulah indahnya perbedaan. :D

      Delete
  2. ada linksnya gak gan? jadi penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di youtube cari aja di keywordnya "Malam Minggu Miko". :)

      Delete
  3. hahahaa iya lengkaaaap banget niiiih. gue suka ketawa2 sendiri dikamar kalo nonton sendiri di youtube. apalagi pas episode pembacaan puisi silvia. itu ryan kampret bangeeeet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu episode dimana pertama kalinya si Rian naksir juga sama gebetan Miko.. haha

      Delete
  4. bagus banget bang, sampe segitunya kamu bahas n detai abis ttg malam minggu miko, aku juga suka sih :)
    malam minggu miko emang keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha,, menurut gw sih belum detail-detail banget, makasih yak.. :D

      Delete
    2. yee... detail tau bang, udah kayak resensi film aja.. tapi disini kamu belum ngupas kelemahan ini film.. hayo gimana? mau posting ttg itu gak? aku tunggu ya? hehe

      Delete
    3. Kelemahan? hmm, di pertimbangin dulu,, atau lo aja yang nulis kelemahannya yak, haha..

      Delete
    4. yee.. gak mau akh, km aja.. weks

      Delete
  5. jadwalnya bentrok sama sinetron fave gue, Putih Abu-Abu #Eh #BukaRahasiaMalah

    :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. What? putih abu-abu? yang pemainnya udah tua di pakein seragam SMA itu? :D

      Delete
    2. Hahaha....

      Iya sih, tapi gue suka ceritanya yang gak beda dari lainnya...

      BTW blognya lagi kebanjiran pageview nih... Hahaha.... Bentar lagi tenar nih.... :D

      oya gue jadi makin penasaran sama projectnya si Dika ni... Kapan2 coba tonton deh... :D

      Delete
  6. gue juga salah satu penonton setia Malam Minggu Miko :) gue setuju banget sama tulisan lo ^_^ keren... dan, gue tau blog ini dari salah satu tweets raditya dika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah salam kenal yak sesama penggemar Malam Minggu Miko.. :D

      Delete
  7. gue setuju banget bro., analisa lo keren.,

    ReplyDelete
  8. klo bc2 twit lamanya,,ktnya sih itu bkan proyek iseng... ktnya dy bsen liat snetron striping trus pgn bkin yg mnurutnya kren,,tp mana ada tipi yg mw nayangin,,mkanya d aplot d yutub dl,,bwt liat respon pnonton skalian nunggu klo2 ada tipi yg berminat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu, emang sih idenya rada liar gitu, ha.. tapi kan sekarang terbukti okeh.. :D

      Delete
  9. keren...paten lah!!

    ReplyDelete
  10. Oke. Tapi gue pusing ngeliatnya. Diluar raditya dika adalah seorang yang diberikan banyak kelebihan oleh Tuhan sehingga dia dengan bisa nya nulis, direct, sekaligus main di proyek dia. Gue ngga banyak tau ttg -"sinematografi" (hasil googling) Secara pengambilan gambar, dengan zoom out zoom in pan kanan pan kiri yg (maaf, menurut gue) meaningless dan kasar ... Sebagai penonton gue agak terganggu. Let say, monggo ... "Kebanyakan nonton sinetron sih!" Hehe... Intinya gue pusing .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw malah ngertinya kalo itu film pendek, hehe.. Ya pandangan orang beda-beda, tapi menurut gw pengambilan gambar itulah yang jadiin Malam Minggu Miko beda. Gw pribadi sih fine2 aja, mungkin karena gw lebih perhatiin script/ alur ceritanya aja sama aktingnya. Jadi maslah pengambilan gambar agak dihiraukan. :D

      Delete
  11. lumayan bener dah..
    visit blog gue juga sob.


    ReplyDelete
  12. aq sih baca twitnya Dika, tp belom sempet nonton ^^
    ntar deh kalo wktu dah longgar ...pnasaran juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo dong di tonton segera, di youtube juga ada kok.. #salesmalemminggumiko

      Delete
  13. episode malam penembankan sasha ,. "apa yan? nene gue? nene gue yang selama ini membesarkan gue , yang menyinari gue dengan kasih sayang, sekarang pergi meninggalkan dunia ini, . bawa gue sekarang ke dia yan, bawa gue,. " disitu muka Miko unyu banget, . :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha,, yayaya, itu salah satu episode yang kampret banget. :D

      Delete
  14. yo..yo...yo...what's up yo... #eh

    ReplyDelete
  15. salam kenal.., folbek ya..makasih *smile

    ReplyDelete
  16. bener. setuju. apalagi yg episode "hipnotis vania" yg adegannya miko lg sma gebetannya yg bernama vania. trus vania pesen mkanan yg paling mahal dan miko mesen makanan yg paling murah.
    vania : "ternyata enak ya, empuk lagi. pantesan aja harganya 500 rb"
    miko : "iya, ini kerupuknya jg enak kok. ini kerupuk yang paling enak yang pernah gua makan"
    itu ekspresi datar banget.. hha.. kalau q yg diposisi miko, pasti vania udh gue siram pake kecap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw di posisi Miko, kerupuknya udah gw masukin ke lobang telinganya Si cewek.. :D

      Delete
  17. ane nemu nya film ini di tautan temen di faceboook, awalnya ga tertarik, eh, tapi karena penasaran, akhirnya ane putar tuh video, ternyata bikin ketagihan, ya,, langsunga ne sikat semua episode dalam sehari,,, memang gokil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw malah di burn di dvd buat di koleksi. 1 dvd ada 6 episode.. haha

      Delete
  18. Bener nih, setuju gw...bener2 penyegaran buat acara tv. Hari senin jam 8 malem emang paling bener nonton Malam Minggu Miko, yang laen rusak, sinetron semua hahahaha...

    ReplyDelete
  19. menurut gw dari segi acting dari pamerannya masing2 itu ancur abis, film yg bagus itu yg terlihat real tp ini "film yg terlihat seperti film",

    ReplyDelete
    Replies
    1. Well, sudut pandang setiap orang memang beda-beda.. Tapi setuju sih ada juga yang kayak dibuat-buat, tp mnurut gw minim. Balik lagi lah ke setiap individu, gak mungkin sebuah film selalu pro, pasti ada kontranya. :)

      Delete
  20. Itu bukan flashback. Itu istilahnya cutaway gags (http://en.wikipedia.org/wiki/Cutaway_%28filmmaking%29). Model yang dipakai sama serial Family Guy buatan Seth MacFarlane.

    ReplyDelete
  21. udah aku mention, cuman sekadar nampung kasih saran ke malmingmiko tapi mungkin gak sempat dibales.
    Hehe saran gue cuman, sebaiknya di akhir film dikasih bagian siapa saja yang berperan/dibalik layar di film episode ini..
    ex : production assistant, editor, make up dan yang terpenting bagian Cast siapa aja... (itu yang menurut gue sudah hilang gak ditampilin lagi di malming miko episode setelah Eps Nissa dan Miranda)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya setelah masuk kompas tv emang gak ada lagi, gak tau kenapa. Ya, semua alasan itu kan cuman mereka yang bisa ngasih tau jawabannya. :)

      Delete
  22. analisanya detail ya~ liat expresi miko semacam lucu,cm ga suka kl dy dibegoin mulu.. *berkeprike-miko-an doong~*

    ReplyDelete
  23. Keren nih... sampe di post bang dika di twitter.Nggak cuma asik ditonton, tapi Malam minggu miko tuh asik juga buat diobrolin. dan yang pasti nggak garing . Malam minggu miko tuh awesome deh !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asek, gw juga kalo nonton satu episode gak puas cuman sekali, pasti download yang di youtube juga.. :D

      Delete
  24. kalo menurut gue,, konsep malam minggu miko itu terinspirasi sama serial TV.. "it's always sunny in Philadelphia" dan "Modern Family"

    ReplyDelete
  25. Aaaaa kereeen, bener ga ngebosenin walaupun diliat sampe berkali kali, sampe temen kelas dikasi makan "malam minggu miko" yg saya sebarin hasil downloadan saya. dan hati senang, teman pun riaaangg :D

    ReplyDelete
  26. gue kenal sama yang punya blog ini lho :D

    (gak penting banget)

    haha...

    yang mau tanya selain facebook dan twitter PM aku y

    ReplyDelete
  27. aku nge-fans banget sama bg dika. apalagi cerita malam minggu miko ini. Yang paling lucu itu, episode "Hipnotis Vania" pas muka Ryan sama Mas anca kena hipnotis. lucu bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang gw suka soundnya pas kena hipnotis sinkron banget dengan ekspresinya. haha...

      Delete
  28. aku juga salah satu penikmat film pendek malam minggu miko. Bukan cuma di malam minggu aja deh dika punya muka bego. Di setiap video yang d uploadnya. Tapi, episode yang paling gue suka itu "Hipnotis Vania" liat muka Ryan sama Mas Anca kena hipnotis. gak tahan banget

    ReplyDelete
  29. Sebelumnya gue juga pernah bikin posting malam minggu miko di blog saking nge-fans sama itu acara..

    Gue sih sebagai penikmat komedi engga peduli masalah pengambilan gambar dan masalah teknis lainnya yang penting gue harus ketawa-ketawa-ketawa itu prinsip!!! *Gaya Rian*

    Episode yang gue suka "Kencan Buta Agnes"

    ReplyDelete
  30. saya juga penggemar #MalamMingguMiko.. dan sangat sangat konyol .. sukses dan jaya slalu abang @radityadika ..
    kita tunggu film baru nya #CintaDalamKardus yg katanya sih di pertengahan tahun keluarnya.. :D

    ReplyDelete
  31. Anlisis loe keren bro, detail banget .
    Kalo kita sering denger kata Resensi Film/Resensi Novel, mungkin ini lebih cocok disebut Resensi Malam Minggu Miko .
    Good Job kawan :)

    ReplyDelete
  32. top ente gan..tapi ane bingung kok ada ya manusia seperti raditya dika wkwkwkwk

    ReplyDelete
  33. Malam minggu miko emang short film yang gokil abis. cerita Komedinya dapet banget :D

    ReplyDelete
  34. kalo yang seneng sama raditya dika pasti seneng juga sama proyeknya itu, malam minggu miko, gue juga udah jadi ritual khusus kalo senin malam jam 9 (Banjarmasin). meskipun durasinya sedikit tapi bikin nagih buat ditontonin terus.

    iya, gue juga salah, beberapa kejadian bisa dijadiin satu kayak pas dibutik beli dress buat kasih gebetannya yang baru datang dari austria, sama anca juga yang pengen ngasil baju ke maimunah, asli situ gue ngakak banget.

    Gue juga salut, lo menerangkan ini detail banget. Keren. Izin follow sekalian.

    ReplyDelete
  35. keren bro!cek blog ane nih linknya http://mydamnholiday.blogspot.com/ biar yang nonton bisa liat juga sekalian promosi

    ReplyDelete
  36. beberapa kali liat di youtube..
    asyik juga...
    lebih asyik dari sinetron...
    hhaaaa...
    :P

    ReplyDelete
  37. Jujur lebih suka yg sebelum masuk ke kompas tv, epidode anisa sama miranda.. tapi tetep lucu lah.. mantep , dika juga mau bikin film yg ceritanya di ambil dari malem minggu miko.. nunggu banget nih...

    ReplyDelete
  38. jujur, gue ngakak abis pas ngeliat si ryan ama mas anca di hipnotis di youtube, si anca tuh dapet banget ekspresinya pas lagi dihipnotis hahahaha....

    ReplyDelete
  39. hrus nntn nie. ane cm smpet nnt episode yg kencan itu *tp lupa apa judulnya

    ReplyDelete
  40. Wuih euih euih itu keren bsnget mas

    ReplyDelete
  41. bg coba deh tonton malam minggu miko yang pembacaan puisi silvia... itu ngakak abis dah ..awalnya tiap kali gw nnton malam minggu miko, pasti gw bing ini nih episode yg paling lucu ,,pas gw nnton episdoe terbaru gw bilang gt, trnyta film nya lucu" ,,wkwkwkw ga akan skli deh nnton nya ,,pasting d ulang teruus hahaha

    ReplyDelete
  42. gw nontonnya di yutub..

    yang paling gokil itu yang awal2. ygs elanjutnya.. ya gokil juga sih.. hahahhaha..

    tapi ada juga garingnya.. tapi herannya gw selalu nyariin di youtube.. hehhe

    ReplyDelete
  43. Gw jg bru nonton 1x d rmh sodara bro... Lgsg ketagihan.. Pen nonton lg.. Hehehhe keknya gak ngebosenin gitu..

    ReplyDelete
  44. Selalu berusaha nonton MMM...
    abis bang dikanya
    SO absult banget...
    dehhh +_+

    ReplyDelete
  45. Kayak sitkom gitu tapi beda, yang jelas gokil dan bikin gw ketagihan nonton terus.
    Sumpah keren abiss tapi kok uda keluar yang malam terakhir ya? itu uda abis? =(
    *nangis bombayy

    ReplyDelete
  46. guys , ada yang tau download script malam minggu miko? buat penelitian nih .. kan bisa hemat waktu daripada nulis :D

    ReplyDelete
  47. nama blog x raditia dika tu apa e

    ReplyDelete
  48. Klo tayang hari Sabtu udh gx add ??

    ReplyDelete
  49. komedi ga mutu, ga lucu, maksa...

    ReplyDelete
  50. kalo menurutku akting nya yang masih terlihat kaku justru itu yang bikin lucu nya

    ReplyDelete
  51. postingan yang keren, broh... malam minggu miko kesukaaan ane itu :D

    ReplyDelete
  52. Serial TV yang saya suka, sangat remaja sekali, dan "GUE BINGID" miko-nya gagal terus, kalo saya gak laku...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK