Thursday, 24 January 2013

Menconteklah Jika Itu Dibutuhkan

Mencontek itu, ibarat dua orang yang terdampar di sebuah pulau yang gak ada sumber makanannya sama sekali dan itu berarti, orang tersebut terpaksa harus menjadi kanibal untuk bertahan hidup. Ya, menconteklah jika itu dibutuhkan. Pernah gak sih minimal sekali aja dalam hidup ini lo itu nyontek. Pasti pernah dong. Nyontek itu, menurut gue adalah sebuah usaha negatif untuk mencapai sesuatu yang positif. Dengan mencontek nilai kita bisa aja jadi bagus. Gue sendiri, jangan ditanya, bagi gue mencontek itu sunah yang apabila dikerjakan mendapatkan jawaban dan apabila tidak dikerjakan tidak akan mendapatkan jawaban (apa sih!). Nah disini gue mau ngebahas tentang mencontek berjamaah yang pernah dilakuin sama temen-temen sekelas gue dulu. Langsung aja ini dia videonya:


Gue lupa di video itu gue duduk dimana ya... Ah sudahlah, dilihat dari video tersebut, ada beberapa poin penting yang diperlukan biar mencontek berjamaah ini berlangsung dengan hikmat, tentram dan sejahtera bagi para pelakunya.

1. Perhatikan Posisi Pengawas.
2. Siapkan fotokopi sekecil mungkin.
3. Salah satu menjadi kamera (ngeliatin pengawas) untuk sumber biar gak keliatan sama pengawas.
4. Bila memungkinkan, persempit jarak antara kursi satu dengan kursi yang lainnya.
5. Bila sumber contekan sedang mencontek, yang lainnya harus memasang tampang sok serius.
6. Jangan melemparkan bahan contekan yang dapat menyebabkan terlihat oleh pengawas, harus dari tangan ke tangan (belakang ke depan atau dari kiri ke kanan).

Intinya adalah mencontek bersama atau berjamaah itu butuh kerjasama yang kompak, tekad untuk mencontek yang kuat dan mental yang setegar batu karang di lautan, ya anggap aja pengawasnya itu ombak. Karena sebenarnya mencontek itu adalah usaha yang gak mudah dimana kekuatan iman dan godaan biar nilai tinggi itu bergulat di dalam hati. Tentukan pilihan lo sekarang juga, mencontek atau belajar?

Perhatian: Postingan ini tidak mengajarkan anda untuk mencontek. Tapi untuk ngasih solusi kalo udah mentok ya nyontek aja.

39 comments:

  1. hahahahaa....
    waaah ngajarin yg ga baik niii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan ngajarin yang gak baik, tapi ngajarin untuk tidak berbuat baik. :D

      Delete
  2. kalo udah mentok nyontek aja, whahahah... ini dia hal kecil yang membudaya di indo, bisa di bilang ini sebuah kolusi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budaya yang sulit atau bahkan gak bisa dihilangkan. :)

      Delete
  3. Iya masuk akal juga, kalo mmg botuh banget knp gak mencontek...:) tapi kalo ingin pintar ya belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mencontek hanya memperngaruhi nilai, gak ningkatin daya ingat. haha..

      Delete
  4. wkwkwk,,, konyol deh... ingat jaman SMA.

    buat yang mau UNAS (gak) wajib baca ini. he-he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, justru yg UNAS harus baca ini kalo mau lulus.. haha.. jahat banget gue. :D

      Delete
  5. wah..sunah loe semacam sesat ya feb...hahahaha...

    tapi emang jaman SMA itu jaman sesuatu bangeeeet...nyontek aja dulu juga nyontek berjamaan, gue ceritain ya..
    jadi kita memakai metode the power of clock!!

    sebelum test kita patungan beli jam tangan yang detikan, maksutnya yang angkaa...8 ribu satu biji beli di pasar. abis itu, kita samain jamnyaaa...to..misal ni kita test itu 2 jam kalo ga salah...jadi misal jam 9.00 mulai, bikin dulu individu 1 jam, nah kalo udah jam 10:00 siap siap..kalo 10:01 itu soal nomor 1 meeeen...jadi sebelum itu kita harus janjian..misal a:penghapus , b: kartu test, c: pensil 2B, d: dosgrip e:pen..jadi yang tinggal diliat detikannya terus dengan segenap jiwa meletakkan barang itu di deket nomor mejaaa..jadi tiap menit gantiii...butuh acting, dikiiit..hahaha

    temen gue waktu SMA emang superb sekaliiiii, kreatif luarrr biasa. jadi kangeeen..tapi sekarang gue udah tobat ok Feb..

    tolong ya, yang baca jangan ditiru adegan di atas, tolong, penting banget ini penting, tolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,, gokil. Iya postingan ini jangan diikutin, tips ini dibuat biar pengawas sadar betapa kreatifnya anak-anak zaman sekarang. haha...

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. yang paling penting & seharusnya ada di nomer 1 adalah sumber yg di contekin harus pinter, kalau bodoh mah, sama aja boong, yang ada mending ngitung kancing dari pada nyotek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha,, benar sekali itu, sumber juga gak harus pinter. Yang penting dia bawa fotokopian jawaban. :D

      Delete
  8. udah gak bener nih :D, tp kalau di dunia kerja gak ada yang gak nyontek, kalo gak tau mesti baca buku ato cari2 di internet, nanya2 dll. padahal pas ujian di sekolah kan gak boleh baca2 buku, browsing nanya2 temen dll tp kalo pas kerja kok boleh :D

    itulah kalo sekolah yang dikejar nilai cobalah studi banding di jerman dll gmana mereka sekolah? mengejar nilaikah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo kerja mah yg penting kerjaan beres, perusahaan seneng.. haha

      Delete
  9. waduh ini kalo dibaca sama dinas pendidikan blog nya kena pasal berapa ya hahaha. kalo kata mahasiswa sekarang mah posisi menentukan prestasi.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, semoga dinas pendidikan mengerti maksud postingannya biar setiap sekolah/ kampus dikirimin pengawas yg serem-serem. :D

      Delete
  10. kalo agan bilang "minimal sekali aja dalam hidupmu buat nyontek" (gitu intinya)
    tapi bagi ane, "minimal satu soal essay kalo tiap ujian"
    hehe :)

    ReplyDelete
  11. Walah... pake dibikin tips mencontek segala hahaha. Kalo udah dikasi tips dan triks mencontek mah bisa dibilang ngajarin orang lain untuk mencontek mas, ga sesuai dengan akhir artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ampun Pak, janji deh cuman sekali ini, hehe..

      Delete
  12. posisi emang bener2 menentukan prestasi hahaha

    folbek blog ane bro, sekalian promote nih :p
    thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, posisi yang enggak terjangkau sama mata pengawas. :D

      Delete
  13. Hhaha.... Makasi kakak tipsnya... Doain aku sukses yah nyonteknya... :P

    ReplyDelete
  14. uwadoh, anak ini malah membiasakan KKN -___-"
    *lempar golok*

    ReplyDelete
  15. masih mendinglah diajarin nyonek yang baik daripada di ajarin korupsi hehe...

    Regards
    -venomia-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo nyontek gak ngerugiin orang banyak, gak buat orang lain menderita dan kelaparan. :D

      Delete
  16. hiyaaaaa hahaha ini neh gak bener ngajarin nyontek haha

    ReplyDelete
  17. Nyontek emang cara ampuh buat kita yang malas belajar hahah.. :D

    ReplyDelete
  18. sebenarnya pengawasnya pura-pura ga tahu tuh :siul:

    ReplyDelete
  19. sejarah membuktikan. kegiatan mencontek menjadi sebuah budaya dimana kita gak tau budaya contek mencontek berasal. terkadang memang sangat dibutuhkan dalam keadaan darurat.. ehehehe

    ReplyDelete
  20. yang penting ngga ketahuan gan

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑