Rabu, 28 Desember 2011

Postingan Kilat: Harapan Di Tahun 2012

Selamat datang untuk para blogger khilaf yang lagi baca blog gue ini. Makasih banget kalian semua, para pengunjung blog gue, udah mau mampir dan meninggalkan komentar di postingan gue walaupun dalam beberapa kasus ada yang langsung muntah darah ditempat setelah lihat background blog gue ini. Gak terasa akhirnya tahun 2011 ini akan segera berlalu. Banyak kenangan yang terjadi di tahun 2011 ini kayak skripsi gue ditolak karena kesalahan gue sendiri sampai kakak gue menikah di tahun ini. Jujur tahun 2011 ini banyak banget hal yang buat gue senang, gue beli komputer baru di tahun 2011, gue dapat stok white cofee selama sebulan dari nyokap, gue beli printer baru, beli vga baru sampai mengubah bulu ketek gue dengan gaya yang lebih trendi (yang ini bohong). Gue juga puas dengan hasil postingan di blog gue ini. Menurut gue, topik serius dan realita yang ada itu pasti bisa di selipkan ke sebuah tulisan yang menghibur. 

Segala bentuk kritik yang gue tulis di blog ini dengan cara gue sendiri bukan sebagai bentuk penghinaan atau menjelekkan golongan tertentu, tapi gue hanya ingin merubah sebuah kondisi menjadi lebih baik. Kalau ada yang tersinggung gue minta maaf. Tujuan gue ngeblog sebenarnya sederhana, gue mau membuat orang terhibur setelah membaca tulisan gue di blog ini, itu kenapa gue sengaja nulis kata-kata yang gak sesuai EYD biar tulisan gue menjadi apa adanya sesuai dengan ucapan sehari-hari sehingga mudah dicerna. Sama seperti kebanyakan orang yang segera menyambut tahun baru lainnya, gue juga punya harapan di tahun 2012 nanti. Ini dia beberapa hal yang pengen gue tuju di tahun 2012 nanti:

1. Semakin eksis di Blog
Gue mau lebih eksis lagi ngeblog. Kalo kata orang, sebuah tulisan itu selalu berakhir dengan tanda titik, tapi bagi gue tulisan itu gak akan berakhir kecuali yang nulis udah gak ada lagi di dunia ini. Begitu juga blog gue ini, gue berencana akan terus menulis di blog ini sampai gue tua nanti terus kalo gue udah gak ada lagi anak cucu gue yang nerusin, karena anak cucu gue nanti juga pasti akan mengalami pertumbuhan menjadi remaja alay kayak gue. Gue berharap tulisan gue semakin membuat para pembaca terhibur. Karena blogger itu sebenarnya adalah seorang entertain sama kayak di tipi. Blogger itu ngasih info, buat orang ketawa, buat orang nambah wawasan, dll. Bedanya, blogger gak dibayar.

2. Terus Berusaha Nulis Naskah
Sebenarnya ini sudah gue coba di tahun ini. Gue pernah nulis di blog ini kalau gue udah buat naskah dan udah dikirim bareng teman gue ke salah satu penerbit remaja di Jakarta, tapi hasilnya mereka minta direvisi. Gue yang kemarin lagi sibuknya mau menghadapi tugas akhir memutuskan untuk tidak melanjutkan revisi naskah itu. Nah, 2012 nanti gue akan kembali mencoba peruntungan, rencananya dua naskah, satu bareng teman dan satu gue sendiri. Amin.

3. Nurunin Berat Badan
Ini dia nih misi yang sulit dari dulu. Setiap gue makan, besoknya pasti berat gue naik, gue gak tau apakah cacing di perut gue gak mau nyobain makanan yang masuk ke perut gue atau gimana. Sekarang aja berat gue 77 kilogram dari tinggi gue yang cuma 171 cm. Kalo tradisi lama gue terus dilanjutkan, bisa-bisa gue jadi kayak doraemon di tahun 2012 nanti dan di tahun 2020 badan gue pecah, usus gue berhamburan kemana-mana. Gue gak mau itu terjadi.

4. Tugas Akhir Sukses
Tujuan terbesar gue di tahun 2012 adalah gue lulus kuliah. Bukan karena gue mau cepat-cepat cari kerja, tapi gue bosen ketemu dosen yang itu-itu aja. Gue gak pernah ketemu dosen kayak Nikita Willy. Gue menghimbau untuk semua cewek cantik di Indonesia, kalian tuh jadi dosen aja, jangan jadi artis, kalau artis sudah banyak yang cantik, rubah tradisi dong. Terima kasih.

Itu aja deh jangan banyak-banyak ntar kalo kebanyakan obsesi dan gue gagal gue bisa jadi gila lagi kayak calon-calon yang nyogok itu. Akhir kata, sebentar lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Semoga apa yang jelek-jelek pada diri kita akan hilang di tahun 2012 dan yang baik-baik akan menjadi lebih baik lagi. Untuk yang ngeramal tahun 2012 nanti kiamat, salam jari kelingking dipenuhi upil buat kalian. Oh iya, dimalam tahun baru nanti ada kemungkinan Detektif Ujang bagian 3 akan rilis, baru kemungkinan (Bukti malam tahun baru gue bakal ngenes).

Terima kasih buat seluruh anggota freak blogger community di facebook. Kalian banyak memberikan gue inspirasi. Tetap kompak dan tetap semangat ngeblog! Oyeee!

Selasa, 20 Desember 2011

Tips Membuat Tulisan Komedi

Dikarenakan gue lagi gak ada ide buat nulis postingan baru, jadi kali ini gue akan mengukir sedikit tips cara membuat tulisan yang bisa buat orang lain ngakak. Ada beberapa blogger yang gue baca tulisannya dan benar-benar bisa buat gue ngakak, tapi masih ada juga yang tulisannya sebenernya pengen ngelucu tapi entah kenapa gue gak ketawa. Maksudnya, gue tau kalo tuh orang nulis komedi tapi jadi berasa garing. Gue mencoba memberikan tips ini bukan berarti gue jago nulis yang lucu-lucu atau gue berkompeten untuk menulis tips ini, gak sama sekali, tapi untuk memberikan sedikit referensi buat semua orang bagaimana menciptakan sebuah tulisan komedi. Langsung aja deh ini dia tips membuang ingus yang baik dan benar membuat tulisan komedi, versi gue.


1. Mencari ide
Menulis tulisan bergenre komedi itu menurut gue lebih susah daripada nulis drama percintaan. Kalo nulis drama percintaan kan gak jauh-jauh dari tema pegangan tangan, pelukan, bagaimana ketika pertama kali bertemu, saling berpandangan mata, ciuman, menyatakan cinta dan putus. Tapi kalo komedi, kita bisa mengupas tema yang lebih luas dan harus memikirkan sebuah keadaan konyol biar lucu. Contoh buat tema percintaan yang pegangan tangan, kita harus mikirin gimana pembaca bukannya ngomong dalam hati "iih so sweet" tapi malah ketawa lebar, seperti ketika berpegangan tangan ternyata si cewek atau si cowok abis makan sambel terasi atau abis cebok di wc umum yang gak ada sabunnya, nah eksplor itu dan kembangkan. Ide-ide seperti itulah yang terkadang terlupakan dalam menulis sebuah tulisan komedi.

2. Memiliki selera humor tinggi
Ide udah dapet terus apalagi? Ide aja untuk membuat sebuah tulisan komedi itu gak cukup. Kalo kalian orangnya serius, setiap hari cemberut, dikit-dikit manyun, dikit-dikit kening berkerut, gak akan bisa nulis tulisan yang lucu, gue jamin. Maka dari itu, kalo kalian orangnya serius, sebaiknya gak usah deh bikin blog atau tulisan humor. Untuk mengetahui orang itu wataknya serius apa enggak, bisa dilihat pada saat tuh orang nonton acara lawak kayak OVJ. Kalo tuh orang gak pernah ketawa sepanjang acara lawak tersebut berarti tuh orang selera humornya rendah atau lagi pusing mikirin hutang? entahlah.

3. Mainkan Imajinasi
Ini tahap yang sulit dalam menulis tuisan bergenre komedi. Kadang apa yang udah ada di dalam kepala kita gak sejalan dengan apa yang udah ditulis. Berimajinasi ini adalah lanjutan dari ide. Misalkan kita ambil ide yang poin 1 tadi, pas lagi berpegangan tangan ternyata cowoknya itu abis boker dari WC umum yang gak ada sabunnya terus abis pegangan tadi si cewek nyium tangannya sendiri. Ternyata tangan si cewek sudah terkontaminasi bau eek si cowok. Imajinasi tersebut terus digali dan digali, terserah kalian apakah imajinasi itu akan dijadikan sebuah percakapan atau sebuah paragraf yang lucu.

4. Membangun mood
Sebuah tulisan akan terlihat bagus kata per katanya kalo si penulis itu lagi mood. Nulis komedi itu juga butuh mood karena kita akan berimajinasi penuh, bukan hanya memikirkan tulisan tersebut akan lucu kalo dibaca sendiri tapi juga memikirkan tulisan itu lucu gak kalo dibaca orang lain, kira-kira garing gak ya, dsb. Mood itu ibaratkan listrik kalo kita mau internetan lewat komputer.

5. Menggunakan kata-kata sederhana tapi cerdas
Walaupun ini gak begitu penting, tapi kata-kata sederhana tuh akan cepat diserap oleh pembaca. Ini sebenarnya adalah salah satu keuntungan dalam menulis tulisan komedi, jadi kita gak butuh kosa kata yang ribet kayak di acara infotainment Silet. Contohnya? bisa dibaca dibawah ini.

Kalimat dengan kata ribet:
"Malam itu aku terbangun setelah mendengar jeritan televisi. Ternyata ayahku lah yang masih membuat televisi itu menjerit. Kemudian aku berjalan menuju dapur dan kuambil segelas air untuk membasahi tenggorokanku yang kering. Ah, tiba-tiba ayah memanggilku untuk bergabung dengannya di depan layar kaca."

Kalimat diatas bisa di kembangkan lebih banyak dengan kata yang simpel dan apa adanya. Misalnya jadi gini:

"Malam itu gue kebangun oleh suara tipi yang berisik yang hampir ngeluarin congek gue dari tempatnya. Pas gue liat ke ruang tipi, ternyata bokap gue lagi nonton konser Trio macan. Kebetulan saat itu juga gue haus dan gue langsung ke dapur buat minum. Eh, lagi asik minum bokap gue manggil, 'Nak, yuk sini nonton trio macan bareng bapak!', anjir gue ternyata disuruh nonton trio macan. Kampret."

6. Kekuatan sebuah conversation
Percakapan adalah sebuah hal yang penting dalam membangun tulisan komedi. Kenapa? karena sebuah percakapan itu adalah bukti hidupnya karakter dalam sebuah tulisan dan pembaca seakan sedang mendengarkan sebuah percakapan antara dua orang atau lebih. Tapi sayangnya, membuat conversation ini sulit. Sekali lagi, kita harus memikirkan bagaimana pembaca bisa tertawa setelah membaca sebuah percakapan tersebut. Ini juga merupakan sebuah pengembangan ide dan juga butuh selera humor yang tinggi. Kalo gak, siap-siap aja itu tulisan jadi garing.

7. Bergaul dan Lihat Sekitar
Untuk membuat tulisan komedi yang sesuai dengan jamannya, kita harus sering bergaul. Jangan menganggap pergaulan itu gak akan membuat sebuah karya lho, banyak penulis komedi sekarang yang justru bisa membuat tulisan komedi dari pergaulan sehari-harinya. Kita juga harus tau apa yang lagi booming sekarang ini, misal sekarang lagi heboh-hebohnya Ayu ting-ting dengan lirik "kemana, kemana, kemana" atau sebuah kata di twitter yang gue gak ngerti itu maknanya apa kayak "ea, ea, ea". Kembangkan apa yang lagi booming itu karena remaja adalah pasar terbanyak dari tulisan komedi, jadi kita harus tau apa yang lagi trend di kalangan remaja. Nah disinilah fungsi remaja alay, karena keberadaan mereka penulis jadi punya bahan.

8. Revisi tulisan
Kalo semua sudah menjadi satu tulisan komedi yang utuh jangan lupa untuk di baca lagi apa ada kekurangan, apa kurang lucu, apa ada yang harus dikembangin lagi, dll. Merevisi tulisan ini sangat penting untuk membuat tulisan yang udah dibuat tadi menjadi lebih sempurna, tapi bukan berarti sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah swt (Dorce abis).

Mungkin itu dia sedikit tips nulis komedi dari gue, berhubung gue bukan penulis jadi ya cuma itu, maap-maap aja nih kalo ada yang salah, namanya juga manusia (ngeles). Gue berharap tips ini akan membangkitkan semangat orang awam untuk buat blog bergenre komedi. Karena menurut gue, komedi itu sangat penting, orang bisa ketawa dan juga dalam komedi kita bisa selipin realita kehidupan di negara kita. Apa yang masih jadi pro dan kontra di negara kita, bisa kita kemas dalam bentuk santai dan lucu. Itulah yang menarik dari sebuah komedi.

Pesan gue: Jadi orang itu jangan terlalu serius bray, sekali-kali ketawa napa. Jangan juga ketawa terus, sekali-kali serius napa. Nah lho??

Senin, 19 Desember 2011

Acara Tipi Itu....

Nggak tau kenapa gue pengen nulis geje hari ini. Mungkin karena tadi pagi gue buang ingus di kolor sama baju dalem gue kali, jadi itu mempengaruhi pikiran gue hari ini. Ngomongin soal acara di televisi, lo tau gak sih kalo acara tipi di Indonesia itu sudah membosankan. Mungkin bagi para ababil hal itu biasa aja atau malah makin cinta karena banyak lelaki yang joged ala ultraman. Tapi bagi gue dan beberapa temen gue, acara tipi itu membosankan. Pertama gue mau ngomongin tentang seebritis-nya dulu. Setelah gue selidiki lebih dalam, ternyata selebriti Indonesia itu banyak yang munafik.

Kenapa? Lo liat setiap seleb Indonesia diwawancara gini: "Kalo boleh tau gimana kriteria mbak/mas dalam memilih pasangan?", pasti para seleb ini jawab gini: "Eeee, yang penting pengertian ya mbak terus baik, gak peduli lah mau mereka itu artis atau orang biasa," banyak kan seleb yang jawab gitu? tapi pada kenyataannya apa? para artis ini akhirnya memilih pengusaha atau orang berduit lainnya, terus gak lama kemudian cerai lagi cerai lagi terus aja sampai kiamat ada berita artis cerai. Sebenernya para seleb ini nikah atas dasar cinta atau gengsi sih? kenapa lo, para artis, gak milih pasangan yang berprofesi sebagai pedagang sayur keliling kalo emang lo gak permasalahin status? Selain itu gue juga pernah liat ada pertanyaan gini ke salah satu selebriti kita: "Kenapa sih mbak/mas terjun ke industri musik? apa dari dunia akting aja gak cukup?", dan lo pasti tau jawaban mereka adalah gini: "Ya saya tuh pengen nyalurin bakat saya yang lain aja, itu aja sih."

Nyalurin bakat adalah alasan seleb yang pindah jurusan dari akting ke nyanyi. Kalo buat nambahin penghasilan ya bilang aja ke publik, pake acara pengen nyalurin bakat yang lain lah, ngeles tingkat dewa tuh seleb yang ngomong gitu. Setiap gue liat tipi ada yang diwawancara gitu terus jawab gitu, gue langsung ganti chanel, lebih baik gue nonton acara dokumenter tentang tingkah laku biawak daripada ngeliat para selebriti muna.

Itu baru dari pelaku dunia hiburan kita, belum dari iklan, sinetron, musik bahkan acara berita. Untuk iklan gue udah pernah nulis sebelumnya disini tentang beberapa iklan yang menurut gue aneh. Ternyata postingan gue itu direspon gak puas dengan para komentator disana. Banyak komentator yang merasa masih banyak iklan di Indonesia yang aneh kayak iklan yang makan helm, ada dua orang pengendara yang lagi stop di lampu merah terus karena laper pengendara yang satu ngambil helm pengendara motor disebelahnya terus helmnya di makan, banyak juga yang mempermasalahkan iklan axis, internet untuk rakyat, yang pada kenyataannya rakyat tetap aja susah internetan kalo pake axis. Ada iklan tora-tora yang sempat dipermasalahkan oleh Raditya Dika juga dimana ada satu orang cewek yang diapit sama dua orang pegulat terus joget-joget selangkangan.

Gue juga heran akhir-akhir ini sama acara berita di tipi. Bukan beritanya, tapi bagaimana stasiun tipi tersebut tidak memberikan berita yang berimbang. Contoh tvOne, mereka itu kalo ada berita yang lagi heboh, di jamin seharian penuh mereka akan membahas itu. Jadi gue tau, kalo lagi ada yang ngomongin berita yang lagi heboh gue harus ke chanel mana, soalnya pasti ada di tvOne, lah orang beritanya disiarin pagi siang malem. Hal itu membuat berita menjadi gak berimbang, ada sih emang berita lainnya tapi di tulis dibawah yang tulisan berjalan gitu, kan mana puas. Terus juga acara debat di tvOne juga metro tv. Gue selalu heran dengan acara debat, kadang gue bertanya-tanya ini acara apa gak ada host-nya. Gimana gak, setiap ada dua orang atau lebih yang debat, host selalu diam atau malah ikutan ngomong. Hasilnya gue jadi gak tau apa yang dibicarakan, gue jadi seperti mendengar sekumpulan orang lagi ngeja, "aaa-eee-ccc-ff-dd-g-hh-j-kkk-oo-kkkk," omongan jadi nyampur sehingga orang yang nonton gak tau isi percakapan dan yang lagi diomongin itu apa.
 
Untuk musik, kayaknya gak perlu dibahas lagi deh, semua orang udah tau kalo musik Indonesia itu gimana sekarang dan gue juga udah membahas sedikit tentang musik di Indonesia sebelumnya. Salam buat pecinta boyband dan girlband geje (semoga masa kalian cepat berakhir). Terus sinetron, semua orang juga udah tau gimana dunia sinetron Indonesia. RCTI dan SCTV dengan percintaan kaum ababil mereka dan INDOSIAR dengan naga terbang ngenes yang gak pernah dikawinin. Untuk sinetron, kayaknya pemenang stand up comedy di stv (Kompas), Ryan Ardiandhy, udah banyak membahasnya. Jadi, gue gak perlu lagi nulis panjang lebar disini (gak mau susah). Buat yang belum liat acaranya, nih ada videonya dari youtube.



Stasiun tipi di Indonesia memang udah banyak sekarang. Tapi entah kenapa selalu aja ada yang aneh yang buat masyarakat jadi heran, bingung dan sebagainya. Tipi di masa sekarang ini bagi gue banyak acara pembodohannya, tinggal gimana kita memilih mana yang baik dan mana yang jelek. Jangan mau di bodohi oleh acara tipi di Indonesia sob, cukup cewek atau cowok lo aja yang membodohi kalian (becanda).

Sabtu, 17 Desember 2011

Malam Minggu, Malam Dimana Cowok Jadi Babu

Cowok ngenes bertaburan di malam minggu

Gak kerasa hari ini udah malam minggu lagi. Besok gue akan sibuk berat soalnya besok kakak gue nikah. Gak tau kenapa ya akhir-akhir ini banyak banget yang nikah, mungkin akhir dan awal tahun adalah musim nikah untuk spesies manusia. Bicara soal nikah, kayaknya cowok-cowok yang udah nikah ini beruntung banget. Kenapa beruntung? Karena walaupun mereka menjadi babu, tapi mereka bakal dapat balasan yang enak banget. Contoh ada suami disuruh istrinya gantiin lampu WC.

Istri: "Sayang gantiin lampu WC-nya donk."

Suami: "Oke sayang, tapi abis tuh ke kamar ya."

Istri: "Memang mau ngapain?"

Suami: "Ini, lampu aku juga pengen dihidupin sama kamu sayang."

Enak banget kan kalo udah nikah. Beda banget kalo masih pacaran. Kalo masih pacaran, cowok itu kalo babu ya babu aja. Lo bakal disuruh ini itu sama cewek dan suatu hari tiba-tiba cewek itu minta putus tanpa alasan. Coba, apa yang lo dapet man? yang lo dapatkan cuma ngangkat barang, dompet tipis dan kegalauan. Lo tau dengan ungkapan malam minggu adalah malam yang panjang? ungkapan itu bener banget bagi cowok. Malam minggu itu adalah malam dimana para cewek akan memperlakukan cowok kayak babu seharian dan cowok akan berteriak dalam hatinya, "Ya tuhan, kapan semua ini akan berlalu!! Mengapa malam ini terasa panjang dan berat bagi gue!!". Malam minggu berawal dari si cewek ngajak cowoknya keluar.

Cewek: "Yang, jalan-jalan yuk. Jemput aku jam tujuh yah."

Cowok: "Kalo aku gak bisa gimana sayang?"

Cewek: "Ya, berarti kamu tuh gak pengertian."

Minimal ada perang batin disini, cowok gak mau dong dianggap cewek gak pengertian. Atau gini:

Cewek: "Yang, jalan-jalan yuk. Jemput aku jam tujuh yah."

Cowok: "Ada bola nih sayang, yang tanding tim favorit aku."

Cewek: "Jadi lebih mentingin bola yah?"

Ini yang lebih berat bagi cowok, harus meninggalkan apa yang dia suka ke sesuatu yang belum pasti jadi miliknya, cinta memang rumit dan lo terpaksa harus memilih walaupun berujung sakit hati nantinya. Tapi ada juga jawaban dari cewek yang buat cowok seneng sekaligus gelisah kayak gini:

Cewek: "Yang, jalan-jalan yuk. Jemput aku jam tujuh yah."

Cowok: "Ada bola nih sayang, yang tanding tim favorit aku."

Cewek: "Oh ya udah deh gak apa-apa."

Si cewek emang jawab gak apa-apa. Tapi para cowok pasti bertanya-tanya, "kok dia gak marah ya?","kok dia gak ngelarang gue nonton bola sih?","kok dia gak marah, apa jangan-jangan dia ada gebetan baru buat nemenin dia malam ini?" inilah gak enaknya malam minggu bagi cowok yang diminta ceweknya untuk jalan, semua serba salah dan resah gelisah mikirinnya. Terus pas lagi jalan pasti aja dompet cowok akan mengering. Cewek kalo lagi jalan terus ada barang yang dia suka pasti akan langsung memancing cowoknya untuk beliin tuh barang. Contoh:

Cewek: "Iiih bonekanya lucu banget deh sayang."

Cowok: "Kamu mau?"

Cewek: "Mau sih, tapi uang kamu cukup gak?"

Ini adalah cara cewek yang seakan-akan menunjukkan kalo dia gak begitu mau tuh barang tapi sebenernya mau banget. Sebenarnya, kalo cewek udah ngomong gitu dia cuma basa-basi aja terus kalo kita jawab gak ada cukup duit, pasti dia ngomong dalam hatinya gini: "Ih, dia gak pernah ngerti banget sih apa yang aku mau..."

Abis beli barang biasanya si cewek akan nyuruh cowoknya buat bawain barang belanjaan. Nah, bagi cowok yang bermobil, hal itu tuh bakal lebih gak enak lagi. Contoh:

Cowok: "Sayang, ini barangnya kebanyakan, kamu pegangin ya setengahnya."

Cewek: "Kamu kan bawa mobil, ya di simpen dulu aja sebagian di mobil ntar balik lagi kesini sayang."

Mungkin sebaiknya kalo malam minggu tuh cowok gak usah bawa mobil deh.

Gue jarang banget liat pasangan kalo jalan ceweknya yang bawa barang. Gue selalu menjadi saksi kengenesan wajah si cowok yang lagi bawa barang belanjaan ceweknya. Ada yang tampangnya keberatan, ada yang manyun-manyun, ada yang cool tapi keliatannya malah kayak lagi nahan boker, dll. Gue tau ini jamannya emansipasi wanita, tapi kalo diliat sekarang ini, kayaknya cowok deh yang harus balik beremansipasi. Untungnya gue sekarang LDR, kalo gak gue pasti jadi babu juga.

Gak bisa dipungkiri deh kalo malam minggu itu adalah malam yang tragis buat para cowok. Ada beberapa hal yang buat cowok itu rela menjadi babu untuk ceweknya di malam minggu, yaitu:
1. Cowoknya emang beneran cinta dan sayang sama tuh cewek.
2. Karena ada perasaan gak enak kalo gak ngelakuin apa yang disuruh si cewek.
3. Takut si cewek menganggap kalo cowok itu gak pengertian.
4. Takut si cewek marah karena keinginannya gak dikabulkan.
5. Takut si cewek ntar pindah ke lain hati.

Walaupun malam minggu adalah malam dimana cowok akan menjadi babu, tapi malam minggu itu akan selalu berkesan bagi para pasangan yang menjalaninya. Kita bisa ketawa bareng, mandangin langit malam bareng, makan bakso bareng, es krim satu untuk berdua, dll. Sekali lagi, walaupun pada malam itu cowok akan menjadi babu.

Kamis, 15 Desember 2011

Indonesiaku

Kangen bikin komik dari pixton.com lagi. Kali ini gue buat komik geje dengan judul Indonesiaku. Isi komik pendek tersebut adalah berupa hal-hal yang terjadi di Indonesia, ada yang dari dulu udah ada dan ada yang baru muncul sekarang. Komik ilustrasi ini gue buat bukan untuk menjelek-jelekkan nama bangsa dan golongan tertentu, tapi komik ini gue buat semata-mata karena bentuk perhatian gue dengan kondisi kita saat ini. Di tahun 2012 nanti gue berharap hal-hal negatif yang gue gambarkan di komik geje ini tidak akan pernah ada lagi dan yang positif (kayaknya gak ada deh, tau ah...) tetap dipertahankan.

Dan inilah komik geje tersebut:
(Tahan tombol kiri mouse dan gerakkan ke atas untuk halaman berikutnya)

Rabu, 14 Desember 2011

Menurut Gue, Cewek Itu...

#Rela sikut-sikutan demi sebuah harga barang yang dipotong. Setiap gue menemukan harga barang diskon 70%, disitu gue menemukan gerombolan cewek yang lagi kesurupan sambil teriak: "Ini punya gue!!".

TRAGIS
#Selalu buat cowok bertanya-tanya. Cewek, kalo pengen sesuatu pasti gak langsung ke topik. Misal pengen beli batagor, pasti cewek ngomong ke cowoknya gini: "Ih, dingin-dingin gini enaknya makan apa ya??" sambil ngelirik ke arah gerobak batagor.

#Akan membuat para pedagang untung sedikit. Cewek, kalo nawar harga itu kebangetan. Contoh nyokap gue yang nawar baju dari harga seratus tujuh puluh ribu ke harga tujuh puluh ribu, dan akhirnya pedagang baju tersebut nyerah di harga sembilan puluh ribu. Nangis-nangis dah tuh pedagang.

#Hobi ngelilingin mall dan pada akhirnya gak ada satu barang pun dibeli.

#Menyebalkan kalo lagi dandan.

#Akan selalu mengenang setiap kejadian dan menyimpan kenangan tersebut kedalam sebuah benda bernama buku diary.

#Kalo naik angkot hobinya ngegosip kalo gak ngoceh-ngoceh: "duh, panas yah," kalo gak cemberut, kalo gak ngaca benerin rambutnya, kalo gak masang muka jutek, kalo gak ngipas-ngipas pake tangan.

#Punya kalimat andalan ke cowoknya kalo lagi ngambek, yaitu: "Kamu tuh gak pernah ngerti aku!"

#Suka senyum-senyum gak jelas setelah mendapatkan sms dari cowok yang isinya gini: "I Love You."

#Status facebooknya kalo gak tentang cowok, patah hati, persahabatan, jatuh cinta, ngungkapin rasa kangen sampai berpuisi ria.

#Tasnya penuh dengan perlengkapan kosmetik.

#Walaupun jaraknya 20 meter tetap aja masih tercium aroma parfumnya.

#Punya kalimat andalan untuk nyuruh-nyuruh cowoknya, yaitu: "Kamu tuh kan cowok, gitu aja kok gak bisa sih!"

#Suka pelukin bantal guling atau boneka kalau lagi telponan sama cowoknya.

#Akan merepotkan kalau dibawa ke toko perhiasan.

#Gemar memakai baju ketat sehingga terlihat jelas mana yang berlemak dan mana yang bertulang.

#Selalu mengintimidasi cowok dengan ucapan: "Kalo kamu gak bisa jemput aku malam ini, kita putus!"

#Memiliki senjata ampuh kalo ketahuan selingkuh, yaitu: Menangis.

#Memiliki tingkat sensitifitas pada bau yang menyengat, seperti bau ketek. Jadi, cowok kalo mau deketin cewek, hal yang utama harus diperhatikan adalah bau ketek, bukan yang lain sob.

#Identik dengan bunga. (Bunga deposito)

#Akan selalu mengingat tanggal-tanggal penting.

#Lebih suka blackberry daripada nokia. (ini maksudnya apa coba??)

#Identik dengan warna pink dan kuning. Itulah kenapa power ranger cewek bajunya pink sama kuning.

#Senang memanjangkan kuku tangan (kelingking).

#Menyebalkan kalo lagi datang bulan. (Di beberapa kasus suka nyakar-nyakar)

#Akan lebih giat belajar memasak setelah menikah.

#Akan lebih sering memakai baju tipis pada malam hari setelah menikah.

#Memiliki tingkat ja'im yang tinggi saat berada di tempat umum. (Padahal kalo di kamar biasanya kentut sembarangan dan ngupil sembarangan)

#Akan terlihat seksi kalo lagi nyuci piring. (ini maksudnya apaan lagi coba??)

#Pose fotonya kebanyakan monyongin bibir. Ini indikasi kalo cewek tuh sebenernya pengen bibirnya monyong.

Dan cewek itu, setelah membaca postingan ini akan ngomong dalam hati, "Iiih yang itu gue banget, yang ini gue banget," hayo ngaku.

Minggu, 11 Desember 2011

Tentang Iklan Di Indonesia

Setiap hari gue nonton tipi untuk ngilangin kejenuhan dan setiap hari juga gue ngeliat iklan yang bertebaran di tipi. Gak tau kenapa, menurut gue iklan di Indonesia, terkadang masih suka lebay. Di stand up comedy-nya bang Raditya Dika berkomentar tentang iklan tora-tora yang joged selangkangan gak jelas dan diiringi dua pegulat aneh. Selain itu bang RD juga menyoroti iklan shampo yang kalo lagi shampoan itu bahagia banget. Ternyata, sekarang pun masih ada beberapa iklan yang menurut gue sih aneh, sama anehnya dengan efek sinetron di indosiar.

Pertama, sayangnya gue lupa merek iklan apa ini, tapi gue inget banget ini iklan parfum yang dibintangin Nikita Willy. Gue liat di awalnya sih gak masalah, Nikita Willy semprotin badannya dengan tuh parfum penuh, mungkin sampai tuh parfum abis apa gimana, dia nyemprotin badannya dengan penuh kebahagiaan sampai mata terpejam. Sasaran parfum di saat itu masih masuk, tapi menjelang akhir, gak tau kenapa bibirnya Nikita Willy disorot! Ini iklan parfum atau iklan lipstik! gue tau bibirnya Nikita Willy imut, tapi ini iklan parfum woy, nyebut.

Kedua adalah iklan teh kotak. Iklannya tuh yang gini, ada cowok sama cewek duduk di kebun teh atau kebun apa gitu. Terus si cewek baru bisa ngungkapin perasaannya kalau dia suka sama cowok di sebelahnya setelah minum teh kotak. Menurut gue itu lebay! hebat banget tuh teh kotak bisa ngilangin rasa gugup seseorang. Gue pernah nyoba minum teh kotak sebelum persentasi tugas di depan dosen, hasilnya? gue masih gugup! gue kena korban iklan dan harusnya gue ngadu ke suara konsumen minta pertanggung jawaban.

Ketiga iklan okky jelly drink. Iklannya gini, ada beberapa orang yang sibuk sama kegiatan mereka OL. Ada yang lagi twitteran dari handphone, ada yang ngetik di laptop, dll. Terus tiba-tiba ada icon muka cemberut di atas kepala masing-masing, mereka berteriak lapar sama haus. Terus tiba-tiba ada oky jelly drink keluar dari monitor laptop sama handphone mereka, JLEB! bukannya gue jadi suka sama okky jelly drink, gue malah jadi takut buat OL setelah liat tuh iklan. Gue gak bisa ngebayangin gimana pas gue lagi OL dari komputer tiba-tiba nongol okky jelly drink dari dalam monitor komputer terus nimpuk muka gue, mending kalo cuma satu, kalo ratusan? Parahnya, di ending tuh iklan, orang-orang yang tadinya di datengin okky jelly drink melalui monitor laptop dan handphone mereka itu tiba-tiba joged gak jelas sambil pegang okky jelly drink.

Keempat ada iklan sarimie yang dibintangin Ayu ting-ting sama Pasha. Iklannya diawali percakapan bos yang nanya ke anak buahnya mau cuti berapa hari terus anak buahnya jawab 2 terus bosnya bales 1 terus tiba-tiba tangan Ayu ting-ting pegang tangan bos itu sambil nyanyi bareng Pasha, "duaaaaaa.. Sarimi isi dua, sarimi, sarimi isi dua," itu apa coba, dimana korelasinya bos sama anak buah yang lagi ngomongin cuti dengan mie! Terus Ayu ting-ting sama Pasha masuk lewat mana kok tiba-tiba udah di samping itu bos! Bukan itu aja, lo liat mie di piring yang di pegang Pasha, liat porsinya kayak untuk porsi kuda nil! Sementara gue kalo masak sarimie sebungkus itu isinya gak segitunya ah.

Kelima iklan pencuci wajah. Menurut gue, kebanyakan iklan pencuci wajah itu aneh. Ada iklan garnier yang dibintangin Pasha, diakhir dia ngomong, "Mau wajah bersih seperti saya? pake garnier man!", pas gue pake muka gue gak berubah jadi Pasha. Ada lagi iklan pencuci muka yang gue lupa merk-nya, iklan itu diperanin Ringgo sama Cristian Sugiyono. Iklannya yang gini, Ringgo pake kemeja putih ngaca terus bersihin wajahnya, dia gosok-gosok mukanya pake tangan sampai nutupin wajahnya terus setelah dibuka Ringgo berubah jadi Cristian Sugiyono. Ini pelecehan man, Ringgo lo tuh jadi korban di iklan itu! Lo sadar gak sih!

Keenam iklan Gery pasta coklat yang dibawain Unyil dan kawan-kawan. Ngapain harus Unyil coba? dia kan boneka? jadi inti iklannya boneka ngemut gery pasta atau apa? atau tuh produk sebenarnya makanan boneka? kalo Unyil dilambangkan karena tuh produk buat mayoritas konsumen anak-anak, kenapa gak artis cilik aja modelnya? Yang lebih gue bingung lagi, ukuran gery pasta di iklan itu setengahnya badan Unyil dan kawan-kawan, panjang banget gak tuh pasta, padahal isinya seukuran pensil 2B, kurang malah.

Sebenernya masih ada beberapa iklan yang aneh tapi ntar kepanjangan ah. Iklan itu menurut gue adalah sebuah amanat. Kita harus menyampaikan yang sebenarnya tentang kelebihan tuh produk namun tidak dilebih-lebihkan atau bahkan hoax. Ironisnya masih aja ada iklan yang ngebohongin publik sekarang ini. Ibaratnya, lo tuh ngomong ke semua orang gak suka cewek montok tapi lo diem-diem ngoleksi foto Melinda Dee. Suram.

Jumat, 09 Desember 2011

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Gambar dari google

#Lebih suka memandangi indahnya bintang di malam ini ketimbang memandang wajahnya.

#Selalu tersenyum melihat wajahnya walaupun senyumnya bukan untukku.

#Selalu bersembunyi di balik tembok, memandang senyumnya, melihat tawanya. Itu sudah lebih dari cukup untuk membuatku bahagia mengingat aku tak mungkin bisa bersamanya.

#Takut bila perasaan ini diutarakan akan membuatnya emosi dan membenciku.

#Sedih bila melihat dia sedang berpegangan tangan dengan pacarnya, senang ketika melihat dia putus dengan pacarnya.

#Merasa tercabik-cabik ketika tidak sengaja melihat sms mesra dia dengan orang lain.

#Galau ketika pemberian yang tulus ikhlas yang hanya untuknya ini ternyata harus berakhir di kotak sampah.

#Mengetahui segala kebiasaannya, hobinya dan makanan favoritnya sedangkan dia tidak tahu apa-apa tentang diriku.

#Emosi ketika dia bicara tentang kebaikan pacarnya di hadapanku.

#Selalu bersikap baik kepadanya walaupun dia selalu bersikap kasar kepadaku.

#Hanya sanggup memiliki dan memandangi fotonya di sudut kamar sambil bertanya dalam hati, "kapan aku bisa memiliki cintanya?"

#Menghiraukan segala bentuk puisi cinta yang ditulisnya untukku.

#Sedih ketika dia hanya menganggapku teman biasa.

#Rela melakukan apa pun untuknya meskipun tahu dia tak mungkin dimiliki.

#Membantunya menulis kata-kata cinta untuk pacarnya dengan hati yang terkoyak.

#Kebiasaan telponan pagi untuk mengucapkan kata "selamat pagi my lovely, I Love You...." sebulan ini udah gak ada lagi.

#Dia memiliki rencana menjodohkanku dengan orang lain. Sebuah fakta bila di hatinya tak lagi tertulis namaku.

#Selalu sms atau telpon dia duluan, sedangkan dia sama sekali gak pernah melakukan hal itu.

#Selalu menolak di ajak jalan setiap malam minggu.

#Menatap matanya namun yang terlihat dan terbayang bukan dirinya.


Ciye-ciye yang lagi galau serius banget baca postingan ini. Daripada galau mikirin cinta yang bertepuk sebelah tangan mending kita ngupil seharian...

Kamis, 08 Desember 2011

Gue Lagi Sibuk Main Game

Akhir-akhir ini gue lagi males OL, gue juga mendadak insomnia, orang pada bangun gue baru tidur. Hal yang menimbulkan gue melupakan blog ini untuk sejenak dan melupakan kesehatan gue ini adalah maen game. Terus, game apa yang udah buat gue menjadi seperti itu? game apa yang buat gue jadi ketagihan sehingga lupa ngupil itu? game asik itu bernama The Witcher 2 dan L.A. Noire. Gue tau dua game itu dari situs gamespot. Dua game dengan genre berbeda, kalo The Witcher 2 action-RPG, sedangkan L.A. Noire lebih ke tema detektif dengan setting tahun 40-an. Nih dia review gue tentang dua game tersebut:

1. The Witcher 2
Ini jagoan utamanya namanya Geralt. Gue kasian sama do'i bawa pedang mulu, kayaknya tuanya bakal encok nih orang
Ini game seru abis, gue baru ngikutin the witcher ini sekarang, gue gak mainin yang pertama-nya. Nih ceritanya si tokoh utama Geralt dikira bunuh raja apa gitu, gue lupa. Gak suka karena namanya jadi kotor, akhirnya Geralt mencari pembunuh sang raja. Di tengah perjalanan itu, satu persatu fakta terungkap terus ntar cewek Geralt si Triss hilang. Geralt pun akhirnya harus mencari pembunuh sang raja dan Triss. Gue juga masih belum tamat jadi gak bisa cerita lebih banyak. Gue ingetin nih game untuk 18 tahun keatas, banyak adegan ranjang gejenya. Contoh adegan ranjang geje salah satunya adalah pas Geralt mau ambil kunci ke seorang cewek, masa' untuk mendapatkan kunci harus tempur di ranjang dulu, geje banget. 

Ini pas Geralt lagi pilih jablay. Yang gue inget muka jablay-nya rata-rata tua.
Ini waktu adu panco sama orang kerdil. Sungguh pertarungan yang gak adil.
Yang udah 18 tahun keatas dan belum mainin ini game, sangat di rekomendasikan. Kelemahan game ini berat, jadi kita butuh spek komputer yang tinggi untuk mainin high, kalo mau low vga ati radeon 4650 juga bisa. Selain itu, save-nya gak bisa dihapus di dalem game-nya langsung, jadinya kita hapus save-nya dari folder langsung atau pake software gitu. Kelebihannya nih game grafiknya nendang abis, setting ok punya, gameplay battlenya keren. Kalo suka game petualangan pasti suka sama game yang satu ini. Tapi ya itu tadi, jauhkan dari anak kecil, karena banyak scene dewasanya.

Nilai gamespot: 9.0

2. L.A. Noire
Tokoh utama namanya detektif Phelps.
Dari kecil gue selalu suka detektif karena pengaruh nonton detektif Conan (gue pengen punya jam tangan Conan yang bisa bius orang). Gue sempat menyelidiki kasus pembunuh hamster gue dulu, gue selalu yakin kalo ada konspirasi antara nyokap gue dengan rombongan kucing jalanan. Sampai saat ini kematian hamster gue masih jadi misteri (curhat gak jelas). Gue juga suka banget baca novel Sherlock Holmes dan gue berharap suatu saat ada game detektif yang mantap di PC. Nah, game L.A. Noire ini menjawab semua itu. Di game ini kita jadi detektif Phelps yang menguak semua misteri yang ada. Gue juga lagi proses namatin nih game, tapi ada satu kasus yang gue suka, itu adalah kasus tabrak lari yang ternyata orang yang ditabrak itu sebenernya mati ditusuk pisau, bukan karena ditabrak. Jadi, kita harus mencari pembunuh sebenarnya dan pisau yang digunakan untuk membunuh.

Ini waktu detektif Phelps lagi nyari bukti dan dia masih menjabat sebagai polisi (belum naik pangkat jadi detektif).
Salah satu kejadian saat lagi interogasi orang.
Dari kasus ke kasus kita selalu disuguhkan kenyataan sebenarnya yang mengejutkan, ditambah setting 40-an yang jadul namun ciamik dan ekspresi muka yang kayak orang beneran buat gue makin ketagihan dan jadi gak sabaran pengen memecahkan kasus berikutnya. Gameplay game ini menurut gue unik dan orisinil, kita kayak detektif beneran. Kayak gambar diatas yang pas lagi interogasi, kita harus memlih salah satu antara truth, doubt, lie dan kita harus pilih yang mana yang benar.

Nilai gamespot: 9.0

Nah, keren-keren kan dua game diatas? makanya gue ketagihan dan lupa kalo kolor gue udah kering di jemuran. Maen game itu emang asik banget, dari anak kecil sampe dah gede' kayak gue selalu aja ada game yang buat kita jadi lupa segalanya. Apakah game ini suatu bentuk penjajahan halus? semua tergantung gimana kita menyikapi. Tapi kita juga harus tau bahwa ada ilmu pengetahuan dibalik pembuatan game, jadi selama ada ilmu pengetahuan di dalam diri kita, pasti kita akan menghasilkan sebuah mahakarya yang orisinil.

Warning: Jangan ngikutin gue yang maen game sampe pagi, saran gue kalo maen game maksimal dua jam dan istirahat minimal sejam yaw.

Jumat, 02 Desember 2011

Postingan Kilat: Ketika Foto Bercerita

Ini salah satu sudut kamar kosan gue tempat biasa gue nyimpen barang-barang, Ada piring, kardus, perlengkapan mandi, sajadah, sarung, kopi, susu, barbel sebiji doang, dll. Dan semua itu tertata dengan semberawut di tambah pintu lemari gede yang gak bisa ditutup semakin menambah kengenesan foto ini.

Nah ini foto yang belum gue edit, jadi terpaksa lo harus muterin kepala buat liatnya. Disana ada komputer, tipi, gitar, buku-buku sama kasur gue. Sudut ini salah satu sudut kegemaran gue.
Ini adalah foto kecoa yang mati ngenes di tembok deket WC kosan gue. Gak tau gimana ceritanya kenapa nih kecoa bisa mati kebalik dikerubunin semut, yang jelas ini adalah kematian konyol bagi para kecoa. Gue rasa keluarga dari kecoa ini pun malu salah satu anggota keluarganya mati dikerumunin semut.







Foto ini juga belum di edit, jadi sekali lagi lo harus muterin kepala buat ngeliat nih foto (nyiksa). Disitu ada buat masak nasi, kipas sama dispenser aqua galon. Gue inget banget perjuangan gue untuk beli kipas itu, saat itu duit bulanan gue udah mau abis dan hujan turun dengan sangar. Sungguh perjuangan yang berdarah-darah. Dan sebagai anak kosan yang ngirit, gue selalu beli aqua galon yang empat ribuan.

Ini adalah akuarium mini tempat gue dulu pelihara ikan cupang yang semuanya mati mengenaskan. Ada yang mati karena airnya kotor, ada yang mati karena gue tinggalin balik semingguan, ada yang mati karena stress anakannya pada mati, tapi ada beberapa juga yang gue buang ke selokan. Terus yang diplastik item itu adalah kerupuk ikan mas buat ngemil bareng kopi, enak banget dah tuh kerupuk.

Foto ini sudah gue edit dengan adanya tulisan krik.. krik.. krik. Ini adalah saat dimana gue kuliah pelajaran kalkulus. Dosen berinisial 'D' ini kalo ngajar selalu mencatat. Dan hasilnya mahasiswanya jadi seperti dibawah ini....
Ada yang tidur, ngobrol, ketawa-ketawa gak jelas. Dan....
Temen gue, Elza, baca novel laskar pelangi dengan khusuk, sampe abis setengah halamannya.

So, inilah salah satu bentuk kehidupan mahasiswa galau yang entah kapan mendapatkan gelar. Mahasiswa gak lepas dari kehidupan ngekos dan bertemu dosen yang nyebelin. Apa pun itu, mahasiswa adalah tulang punggung bangsa yang akan meneruskan cita-cita bangsa ini. Yeah!