Tuesday, 20 December 2011

Tips Membuat Tulisan Komedi

Dikarenakan gue lagi gak ada ide buat nulis postingan baru, jadi kali ini gue akan mengukir sedikit tips cara membuat tulisan yang bisa buat orang lain ngakak. Ada beberapa blogger yang gue baca tulisannya dan benar-benar bisa buat gue ngakak, tapi masih ada juga yang tulisannya sebenernya pengen ngelucu tapi entah kenapa gue gak ketawa. Maksudnya, gue tau kalo tuh orang nulis komedi tapi jadi berasa garing. Gue mencoba memberikan tips ini bukan berarti gue jago nulis yang lucu-lucu atau gue berkompeten untuk menulis tips ini, gak sama sekali, tapi untuk memberikan sedikit referensi buat semua orang bagaimana menciptakan sebuah tulisan komedi. Langsung aja deh ini dia tips membuang ingus yang baik dan benar membuat tulisan komedi, versi gue.


1. Mencari ide
Menulis tulisan bergenre komedi itu menurut gue lebih susah daripada nulis drama percintaan. Kalo nulis drama percintaan kan gak jauh-jauh dari tema pegangan tangan, pelukan, bagaimana ketika pertama kali bertemu, saling berpandangan mata, ciuman, menyatakan cinta dan putus. Tapi kalo komedi, kita bisa mengupas tema yang lebih luas dan harus memikirkan sebuah keadaan konyol biar lucu. Contoh buat tema percintaan yang pegangan tangan, kita harus mikirin gimana pembaca bukannya ngomong dalam hati "iih so sweet" tapi malah ketawa lebar, seperti ketika berpegangan tangan ternyata si cewek atau si cowok abis makan sambel terasi atau abis cebok di wc umum yang gak ada sabunnya, nah eksplor itu dan kembangkan. Ide-ide seperti itulah yang terkadang terlupakan dalam menulis sebuah tulisan komedi.

2. Memiliki selera humor tinggi
Ide udah dapet terus apalagi? Ide aja untuk membuat sebuah tulisan komedi itu gak cukup. Kalo kalian orangnya serius, setiap hari cemberut, dikit-dikit manyun, dikit-dikit kening berkerut, gak akan bisa nulis tulisan yang lucu, gue jamin. Maka dari itu, kalo kalian orangnya serius, sebaiknya gak usah deh bikin blog atau tulisan humor. Untuk mengetahui orang itu wataknya serius apa enggak, bisa dilihat pada saat tuh orang nonton acara lawak kayak OVJ. Kalo tuh orang gak pernah ketawa sepanjang acara lawak tersebut berarti tuh orang selera humornya rendah atau lagi pusing mikirin hutang? entahlah.

3. Mainkan Imajinasi
Ini tahap yang sulit dalam menulis tuisan bergenre komedi. Kadang apa yang udah ada di dalam kepala kita gak sejalan dengan apa yang udah ditulis. Berimajinasi ini adalah lanjutan dari ide. Misalkan kita ambil ide yang poin 1 tadi, pas lagi berpegangan tangan ternyata cowoknya itu abis boker dari WC umum yang gak ada sabunnya terus abis pegangan tadi si cewek nyium tangannya sendiri. Ternyata tangan si cewek sudah terkontaminasi bau eek si cowok. Imajinasi tersebut terus digali dan digali, terserah kalian apakah imajinasi itu akan dijadikan sebuah percakapan atau sebuah paragraf yang lucu.

4. Membangun mood
Sebuah tulisan akan terlihat bagus kata per katanya kalo si penulis itu lagi mood. Nulis komedi itu juga butuh mood karena kita akan berimajinasi penuh, bukan hanya memikirkan tulisan tersebut akan lucu kalo dibaca sendiri tapi juga memikirkan tulisan itu lucu gak kalo dibaca orang lain, kira-kira garing gak ya, dsb. Mood itu ibaratkan listrik kalo kita mau internetan lewat komputer.

5. Menggunakan kata-kata sederhana tapi cerdas
Walaupun ini gak begitu penting, tapi kata-kata sederhana tuh akan cepat diserap oleh pembaca. Ini sebenarnya adalah salah satu keuntungan dalam menulis tulisan komedi, jadi kita gak butuh kosa kata yang ribet kayak di acara infotainment Silet. Contohnya? bisa dibaca dibawah ini.

Kalimat dengan kata ribet:
"Malam itu aku terbangun setelah mendengar jeritan televisi. Ternyata ayahku lah yang masih membuat televisi itu menjerit. Kemudian aku berjalan menuju dapur dan kuambil segelas air untuk membasahi tenggorokanku yang kering. Ah, tiba-tiba ayah memanggilku untuk bergabung dengannya di depan layar kaca."

Kalimat diatas bisa di kembangkan lebih banyak dengan kata yang simpel dan apa adanya. Misalnya jadi gini:

"Malam itu gue kebangun oleh suara tipi yang berisik yang hampir ngeluarin congek gue dari tempatnya. Pas gue liat ke ruang tipi, ternyata bokap gue lagi nonton konser Trio macan. Kebetulan saat itu juga gue haus dan gue langsung ke dapur buat minum. Eh, lagi asik minum bokap gue manggil, 'Nak, yuk sini nonton trio macan bareng bapak!', anjir gue ternyata disuruh nonton trio macan. Kampret."

6. Kekuatan sebuah conversation
Percakapan adalah sebuah hal yang penting dalam membangun tulisan komedi. Kenapa? karena sebuah percakapan itu adalah bukti hidupnya karakter dalam sebuah tulisan dan pembaca seakan sedang mendengarkan sebuah percakapan antara dua orang atau lebih. Tapi sayangnya, membuat conversation ini sulit. Sekali lagi, kita harus memikirkan bagaimana pembaca bisa tertawa setelah membaca sebuah percakapan tersebut. Ini juga merupakan sebuah pengembangan ide dan juga butuh selera humor yang tinggi. Kalo gak, siap-siap aja itu tulisan jadi garing.

7. Bergaul dan Lihat Sekitar
Untuk membuat tulisan komedi yang sesuai dengan jamannya, kita harus sering bergaul. Jangan menganggap pergaulan itu gak akan membuat sebuah karya lho, banyak penulis komedi sekarang yang justru bisa membuat tulisan komedi dari pergaulan sehari-harinya. Kita juga harus tau apa yang lagi booming sekarang ini, misal sekarang lagi heboh-hebohnya Ayu ting-ting dengan lirik "kemana, kemana, kemana" atau sebuah kata di twitter yang gue gak ngerti itu maknanya apa kayak "ea, ea, ea". Kembangkan apa yang lagi booming itu karena remaja adalah pasar terbanyak dari tulisan komedi, jadi kita harus tau apa yang lagi trend di kalangan remaja. Nah disinilah fungsi remaja alay, karena keberadaan mereka penulis jadi punya bahan.

8. Revisi tulisan
Kalo semua sudah menjadi satu tulisan komedi yang utuh jangan lupa untuk di baca lagi apa ada kekurangan, apa kurang lucu, apa ada yang harus dikembangin lagi, dll. Merevisi tulisan ini sangat penting untuk membuat tulisan yang udah dibuat tadi menjadi lebih sempurna, tapi bukan berarti sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Allah swt (Dorce abis).

Mungkin itu dia sedikit tips nulis komedi dari gue, berhubung gue bukan penulis jadi ya cuma itu, maap-maap aja nih kalo ada yang salah, namanya juga manusia (ngeles). Gue berharap tips ini akan membangkitkan semangat orang awam untuk buat blog bergenre komedi. Karena menurut gue, komedi itu sangat penting, orang bisa ketawa dan juga dalam komedi kita bisa selipin realita kehidupan di negara kita. Apa yang masih jadi pro dan kontra di negara kita, bisa kita kemas dalam bentuk santai dan lucu. Itulah yang menarik dari sebuah komedi.

Pesan gue: Jadi orang itu jangan terlalu serius bray, sekali-kali ketawa napa. Jangan juga ketawa terus, sekali-kali serius napa. Nah lho??

29 comments:

  1. nah lho?? jd enaknya gmn donk...
    yg sedang sedang saja...
    mungkin gitu kali ya..
    :D
    kyknya manjur tuh tips

    ReplyDelete
  2. wah~
    alhamdulillah bisa sedikit ketawa baca infonya :-D

    ReplyDelete
  3. Tertarik sama point dua sob.
    Bisa komedi karena kebiasaan. Biasa denger cerita lucu, biasa tersenyum dan tertawa dan biasa membuat orang lain tertawa.Pokoknya untuk membuat cerita komedi orangnya harus cerdas dan agak selengekan.

    ReplyDelete
  4. Perlu blajar banyak ma mas bro neh biar jago nulis,,,, thanks atas tipsnya ya bro,,,,

    ReplyDelete
  5. hahaha, terinspirasi dari ryan si stund up comedy ya

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali postingannya bro..maaf nih, terus terang saja saya jd ambil perbandingan, secara tdk langsung dunia mengakui kalo saat ini drama2 Korea lg mewabah di tanah air. Di negara yg berbendera merah putih ini 75% warga kita mgkin lbih suka memilih menonton tayangan film/drama korea di banding pruduk lokal, tau kenapa..?? karana rata2 produk2 korea itu bernuansa komedi dan romance, nah di balik nuasa komedi dan romance itu kalo kita simak banyak tersirat unsur pendidikannya..nah semua ini tentu berawal dari tulisan...thank's ya, sangat menginspirasi cx nih...

    ReplyDelete
  7. oke deh dicoba... makasih tipsnya

    ReplyDelete
  8. hmmm..........
    boleh jg tipsnya...
    :)

    ReplyDelete
  9. bray.... serius, setiap baca postingan elu gw ngakak bray..

    ReplyDelete
  10. ok mas bro,info nya membuat gw tertarik bwt post komedi,

    ReplyDelete
  11. nice tips ni mas u/ buat artikel jokes thanks ya udah share

    ReplyDelete
  12. Setuju banget nih bang, aku nyengir sendiri walau gak lucu, aku gila atau apa yah? hahaha :P

    ReplyDelete
  13. @Penghuni 60: Iya, yg sedang2 aja mas, haha..
    @Hasegawa Hiroshi: Sama2 sob.. :)
    @jiah: kok ketawa sih, ini kan postingan serius?
    @Ulil Huda: Benar sekali itu.. :)
    @Ady: Gue juga masih belajar.. :)
    @naspard: Gak kok bray.. :D
    @Putri Omsima: Oh gitu ya, gue gak pernah ntn drama korea soalnya.. hihihi
    @Arsifa: Sama-sama mbak.. :)
    @zone: Silahkan dicoba.. :D
    @Risah: Kok gitu? Oh gitu ya, ya udah deh makasih ya.. :D
    @gunawan: Silahkan di kembangkan.. :)
    @Admin-Wahid: Oke semoga berguna.. :)
    @Basithka: Nyengir walaupun gak lucu? wah bahaya itu bro.. :D

    ReplyDelete
  14. kalo gue sih ga terlalu mikirin mau ngelucu ato gak... justru ada seorang blogger yang bilang kalo gue punya bakat ngelucu. dia bilang setiap tulisan gue pasti bikin ketawa walau maksudnya mungkin kagak...

    yah mungkin ini kali yah yang namanya bakat alam. hehehe

    ReplyDelete
  15. errr... semua genre tulisan kalo diniatin ya sulit. kalau niatnya nulis komedi yang bagus ya sulit, kalau niatnya nulis drama percintaan yang bagus juga sulit. kalo nulisnya ga niat barulah itu gampang... hum... *elus2 janggut*

    ReplyDelete
  16. kunci utamannya adalah mood biasanya sob,soalnya tanpa mood tulisan sebagus atau selucu apa pun bakal jadi garing kaya kripik singkong,heheh

    ReplyDelete
  17. hemm aq gak bakat nulis lucu wkwkw cuma bisa nikmatin aaj,kek gak bisa buat upil tapi cukup nikmatin colek upiil aja hahaa

    ReplyDelete
  18. saya pikir mood itu berperan penting dalam nada tulisan yang dihasilkan. jika mood menulis sedang baik, bisa dipastikan hasil tulisannya pun akan semakin baik.

    ReplyDelete
  19. Wah,, makasih banyak bang febstories buat artikelnya, sangat membantu nih. Saya juga pengen jadi penolis komedi kaya Bang Raditya. Mungkin bisa dimulai dengan nonton OVJ dulu kali ya, he

    http://cucuhermawan.com/

    ReplyDelete
  20. Tips-nya berbobot banget. Thanks, bang! :)

    ReplyDelete
  21. Komedi, kehidupan, ke-absurd-an.
    Tolong, Lebih Lama Lagi! : http://tulisinoph.blogspot.com/2014/12/tolong-lebih-lama-lagi.html

    ReplyDelete
  22. Makasih bro,tips nya sangat berguna

    ReplyDelete
  23. Bisa jadi tis nih, ntar tak coba dulu.

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑