Sunday, 11 December 2011

Tentang Iklan Di Indonesia

Setiap hari gue nonton tipi untuk ngilangin kejenuhan dan setiap hari juga gue ngeliat iklan yang bertebaran di tipi. Gak tau kenapa, menurut gue iklan di Indonesia, terkadang masih suka lebay. Di stand up comedy-nya bang Raditya Dika berkomentar tentang iklan tora-tora yang joged selangkangan gak jelas dan diiringi dua pegulat aneh. Selain itu bang RD juga menyoroti iklan shampo yang kalo lagi shampoan itu bahagia banget. Ternyata, sekarang pun masih ada beberapa iklan yang menurut gue sih aneh, sama anehnya dengan efek sinetron di indosiar.

Pertama, sayangnya gue lupa merek iklan apa ini, tapi gue inget banget ini iklan parfum yang dibintangin Nikita Willy. Gue liat di awalnya sih gak masalah, Nikita Willy semprotin badannya dengan tuh parfum penuh, mungkin sampai tuh parfum abis apa gimana, dia nyemprotin badannya dengan penuh kebahagiaan sampai mata terpejam. Sasaran parfum di saat itu masih masuk, tapi menjelang akhir, gak tau kenapa bibirnya Nikita Willy disorot! Ini iklan parfum atau iklan lipstik! gue tau bibirnya Nikita Willy imut, tapi ini iklan parfum woy, nyebut.

Kedua adalah iklan teh kotak. Iklannya tuh yang gini, ada cowok sama cewek duduk di kebun teh atau kebun apa gitu. Terus si cewek baru bisa ngungkapin perasaannya kalau dia suka sama cowok di sebelahnya setelah minum teh kotak. Menurut gue itu lebay! hebat banget tuh teh kotak bisa ngilangin rasa gugup seseorang. Gue pernah nyoba minum teh kotak sebelum persentasi tugas di depan dosen, hasilnya? gue masih gugup! gue kena korban iklan dan harusnya gue ngadu ke suara konsumen minta pertanggung jawaban.

Ketiga iklan okky jelly drink. Iklannya gini, ada beberapa orang yang sibuk sama kegiatan mereka OL. Ada yang lagi twitteran dari handphone, ada yang ngetik di laptop, dll. Terus tiba-tiba ada icon muka cemberut di atas kepala masing-masing, mereka berteriak lapar sama haus. Terus tiba-tiba ada oky jelly drink keluar dari monitor laptop sama handphone mereka, JLEB! bukannya gue jadi suka sama okky jelly drink, gue malah jadi takut buat OL setelah liat tuh iklan. Gue gak bisa ngebayangin gimana pas gue lagi OL dari komputer tiba-tiba nongol okky jelly drink dari dalam monitor komputer terus nimpuk muka gue, mending kalo cuma satu, kalo ratusan? Parahnya, di ending tuh iklan, orang-orang yang tadinya di datengin okky jelly drink melalui monitor laptop dan handphone mereka itu tiba-tiba joged gak jelas sambil pegang okky jelly drink.

Keempat ada iklan sarimie yang dibintangin Ayu ting-ting sama Pasha. Iklannya diawali percakapan bos yang nanya ke anak buahnya mau cuti berapa hari terus anak buahnya jawab 2 terus bosnya bales 1 terus tiba-tiba tangan Ayu ting-ting pegang tangan bos itu sambil nyanyi bareng Pasha, "duaaaaaa.. Sarimi isi dua, sarimi, sarimi isi dua," itu apa coba, dimana korelasinya bos sama anak buah yang lagi ngomongin cuti dengan mie! Terus Ayu ting-ting sama Pasha masuk lewat mana kok tiba-tiba udah di samping itu bos! Bukan itu aja, lo liat mie di piring yang di pegang Pasha, liat porsinya kayak untuk porsi kuda nil! Sementara gue kalo masak sarimie sebungkus itu isinya gak segitunya ah.

Kelima iklan pencuci wajah. Menurut gue, kebanyakan iklan pencuci wajah itu aneh. Ada iklan garnier yang dibintangin Pasha, diakhir dia ngomong, "Mau wajah bersih seperti saya? pake garnier man!", pas gue pake muka gue gak berubah jadi Pasha. Ada lagi iklan pencuci muka yang gue lupa merk-nya, iklan itu diperanin Ringgo sama Cristian Sugiyono. Iklannya yang gini, Ringgo pake kemeja putih ngaca terus bersihin wajahnya, dia gosok-gosok mukanya pake tangan sampai nutupin wajahnya terus setelah dibuka Ringgo berubah jadi Cristian Sugiyono. Ini pelecehan man, Ringgo lo tuh jadi korban di iklan itu! Lo sadar gak sih!

Keenam iklan Gery pasta coklat yang dibawain Unyil dan kawan-kawan. Ngapain harus Unyil coba? dia kan boneka? jadi inti iklannya boneka ngemut gery pasta atau apa? atau tuh produk sebenarnya makanan boneka? kalo Unyil dilambangkan karena tuh produk buat mayoritas konsumen anak-anak, kenapa gak artis cilik aja modelnya? Yang lebih gue bingung lagi, ukuran gery pasta di iklan itu setengahnya badan Unyil dan kawan-kawan, panjang banget gak tuh pasta, padahal isinya seukuran pensil 2B, kurang malah.

Sebenernya masih ada beberapa iklan yang aneh tapi ntar kepanjangan ah. Iklan itu menurut gue adalah sebuah amanat. Kita harus menyampaikan yang sebenarnya tentang kelebihan tuh produk namun tidak dilebih-lebihkan atau bahkan hoax. Ironisnya masih aja ada iklan yang ngebohongin publik sekarang ini. Ibaratnya, lo tuh ngomong ke semua orang gak suka cewek montok tapi lo diem-diem ngoleksi foto Melinda Dee. Suram.

24 comments:

  1. Hahaha, begitulah yg namanya iklan, Feb. Walopun absurd, tapi yg penting bikin orang keinget terus kan?

    ReplyDelete
  2. hahaaa...jadi korban iklan nih?namanya juga iklan,kadang banyak bohongnya

    ReplyDelete
  3. hahahaha
    bener banget tuh, bang feb. kebanyakan hoax, apalagi iklan pencuci wajah. katanya muke bakal putih, eh makin item kayak telur gosong. *curcol dah wkwk :D

    ReplyDelete
  4. namanya juga iklaaaan ka. banyak yang ga nyambungnya.. haha

    ReplyDelete
  5. Iklan tuh emang dibuat biar penasaran, kalo gak bikin enasaran, gak mungkin banyak yg beli dong! hehehe

    ReplyDelete
  6. iklan ma emang gunanya buat orang jadi inget terus sama produknya... jadi biar pada beli.. kalo iklan yang biasa aja emang gak menjual jadinya... kalo dibilang masuk akal ato gaknya sih iya juga.. hehe.. yang buat iklannya dan yang punya produk juga lagi berusaha nyari duit... jadi ide yang ada di pikiran mereka ya kayak gitu
    *gue ngomong apa sih, ngalor ngidul gini -__-
    nice post anyway..

    ReplyDelete
  7. wakakaka... lu kayaknya abis banting TV ya Feb? esmosi gini postingannya??

    sama, gw jg sebel banget liat iklan! untung gak punya tV, dan kayaknya gw nggak butuh!

    ReplyDelete
  8. hahahahahah~
    teliti banget~
    iklan g lebay,g laku~

    ReplyDelete
  9. hahahaa.....kalo muke kang Feby berubah jadi pasha, pastii nay bakalan beli tuh produk pencuci wajah...#eehh..:p

    ReplyDelete
  10. waah, ex*s ga masuk ya? :o
    padahal itu yang paling gimana gitu iklannya.

    ReplyDelete
  11. Saya paling senang dengan iklan-iklan yang membuat kita berpikir atau melahirkan rasa empati, dan sayangnya iklan-iklan cerdas dan bermutu kayak gitu masih jarang. Sayangnya lagi, iklan-iklan bagus itu umumnya didominasi oleh iklan-iklan rokok #tepokjidat

    ReplyDelete
  12. kegadisanku direnggut>>>> kata temen2ku yg diiklan axis pdhal kegratisanku tp kedengarannya seperti kegadisan

    ReplyDelete
  13. gue juga pusing liat iklan nya axis,,yang membuat gue pusing tulisan "INTERNET UNTUK RAKYAT" yang berada di atas mi goreng,,

    apa sih maksut nya,

    ReplyDelete
  14. @Bang Keven: Iya juga bang, muahahaha..
    @Atma: Iya bu', jadi korban iklan ngenes gue.. huaaa..
    @Leiny_deedee: Yups, bener banget. Iklan pencuci wajah sialan!
    @Nonni Shetya: Iya banyak abis!
    @Arif Riu: Gue malah ngeri liat iklan okky jelly drink yang bisa keluar dari monitor laptop, bukan jadi penasaran. :D
    @Hesty Lukita: Sungguh penjelasan yang sangat detail.. :)
    @Mbak Risah: Gue bukan abis banting tipi mbak, kalo gue banting tipi kan jadi gak bisa nonton 7icon, huekk..
    @jiah: Bener juga tuh mbak, lebay mode on = laris manis.. :D
    @Belo: Sayangnya itu gak akan terjadi, hiks..
    @Qistina: Tadinya mau masukin sama so nice versi sm*sh tapi ntar kepanjangan.. :D
    @Aje: Iya bener banget, gue juga kedengarannya gitu.. :D
    @gunawan: Iya tuh gak maksud banget, internet untuk rakyat juga bayar mahal juga toh, wkwkwk..

    ReplyDelete
  15. hahahaaaa... setuju... iklan di indonesia memang ngga masuk akal..... masa' real madrid bisa kalah lawan barcelona#hubungan?

    ReplyDelete
  16. hahaha memang iklan sekarang aneh-aneh,
    ada yang cuma joget gak jelas, gak nyambung banget.

    ReplyDelete
  17. pokoknya iklan dari g*rud*food itu ngga pernah jelas, hadddeh...
    keren iklan wafer superstar, cewe gue cuyy :9
    #lolz #sarap

    ReplyDelete
  18. wkwkkw emang aneh2 sekarang sih,
    malah ada yg nelen helm,itu paling aneh tuhh

    ReplyDelete
  19. Khusus iklan sarimi itu
    bener-bener gaje
    juga yang Agus Ringo
    langsung turun deh derajatnya dimataku
    hehe

    ReplyDelete
  20. meskipun absurd di awal dan tengahnya, tapi pesan di akhirnya jleb banget

    ReplyDelete
  21. @Ikbal Rizky: Ini kenapa nyambungnya ke bola??
    @Puropati: Bener banget, joget geje kayaknya udah jadi konsep sehari-hari mereka.. :D
    @Randy Oktaran: Oh iya yang itu, sial gue lupa lagi.. :D
    @Itik Bali: Haha.. derajat Ringgo jadi turun dimata cewek, ngenes banget tuh bang Ringgo.
    @Andaka Pramadya: Akhir yang MD itu kah?

    ReplyDelete
  22. nambahin feb

    gue juga benci iklan AXE. masak cuman gara2 pake AXE langsung dideketin cewe2... lah perasaan gue make AXE, kagak dideketin cewe. tapi malah dideketin bencong. =,=

    ReplyDelete
  23. @Immanuel: Haha,. itu sih derita lo.. Emang tuh bikin bidadari lupa diri tuh kesannya gimanaaaa gitu.. Masih banyak iklan lain yang lebay,. :D

    ReplyDelete
  24. paling gak suka liat iklan tora-tora, pengen ketawa di buatnya, tapi malu-maluin kaum hawa aja.. ! Kok mau ea artisnya style kayak gitu ? Tapi kalau iklan internet untuk rakyat itu ? Over gak ya ? Lucu dan mengambarkan lagi dapat bonus gitu, tapi lucu ai...

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑