Skip to main content

Mengejar Cinta ke Medan | Part2 (End)

“Yan, lo jangan makan banyak-banyak yah, nih duit makan delapan ribu di karcis belum berlaku soalnya.”

“Sip.”

Para pegawai rumah makan Padang itu menghampiri kita di meja makan dengan membawa makanan siap saji yang numpuk di tangannya. Menunya sih banyak, ada ayam, ati ampela, kentang pedes gitu, rendang, telor, dll. Gue yang sedang kelaparan abis celingak-celinguk ke arah makanan. Gue gak mandang lagi Riyan ngambil apa, gue berharap tuh anak ngambil makanan yang sama kayak gue, telor. Murahan dikit. 

Kita berdua lahap makan gak perduliin sekitar. Suasana sangat ramai, piring dan sendok berirama gak beraturan. Gue tau, dari semua pengunjung, para pegawai lebih fokus merhatiin kita. Selain orang yang berdandan kayak gembel, kita berdua juga kayak orang yang gak ada duit. Beberapa menit berlalu dan makanan yang tadi masih lengkap di piring itu tinggal kenangan.

“Beh, ajib Yan kenyang banget walaupun makan sama telor doang.”

“Iya nih kenyang banget dah.”

“Lo makan sama apa Yan?” tanya gue dengan penuh kecurigaan.

“Nih liat sendiri.”

Gue sedikit syok liat makanan yang dia makan.

“Apaan lo, ayam?! Curang lo, ngehek!”

“Feby, perut gue kan lebih mancung dari situ, jadi wajar dong.”

“Serah lo deh. Yuk cabut.”

Gue sedikit kaget pas bayar liat bon harga yang mencapai dua puluh delapan ribu. Untung aja gak sampe tiga puluh ribuan. 

“Gila nih rumah makan, di tempat gue paling lima belas ribu.”

“Ya wajarlah, kan nih rumah makan Padang, lagian gak terlalu mahal kok, ntar kan berikutnya ada delapan ribu.”

“Iya deh sip, inget ya, untuk makan malem ntar jangan sama rendang ente.”

“Siap.”

Lagi asik-asik ngobrol, gue sama Riyan menghampiri kakek-kakek dari bis yang kita tumpangin juga, lagi curhat sama supir bis trus komplein sama tuh supir.

“Nih, tadi aku beli ikan segini nih, masa’ delapan belas ribu, di tempat aku paling cuma tujuh ribu. Gimana ini, kok kita dibawa ke rumah makan mahal gini?! Kita kan gak tau harga!” celoteh si kakek.

“Pak, kita cuman jalanin prsedur dari perusahaan harus gimana,” bales supir bis.

“Ah pokoknya gila ini. Abis duit aku jadi.”

Si kakek balik ke dalam bis, gue dan Riyan setengah ketawa liat kejadian itu. Berapa menit kemudian bis jalan lagi, semua penumpang diangkut semua, gak ada yang ketinggalan. Gue sama Riyan tidur dan terbangun saat cuaca udah menandakan sore menjelang maghrib. Riyan pergi ke belakang merokok, gue ngemil.

Gak terasa waktu sudah malam dan cuaca semakin tidak bersahabat. Hujan awalnya turun gerimis, tapi makin lama makin deres. Tepatnya pukul sembilanan, gue nyium suasana yang horor, hujan petir. Gue yang cemas ngeliat ke jendela seberapa buruk cuacanya, seperti yang terdengar dari dalam ternyata sangat buruk. Gue pandangin ke luar sambil tangan gue nepukin pundak Riyan.

“Yan, yan, coba liat deh…”

JGEEEEEEER (baca: suara petir)

 “Yan, yan, yan..”

Gue masih nepukin badan Riyan sambil liat ke arah jendela.

“Yan, kok lo gak ada suara sih?!”

Melihat ketidakberesan itu gue perlahan ngadep ke samping kanan tepat Riyan duduk. Ternyata fakta yang tidak mengembirakan yang gue dapet. Riyan tidur, ileran lagi! damn!

“Woy, bangun keset! D luar hujan deres, nyawa kita dalam bahaya!”

“Berger keju, sosis, sandwich….”

“Jiah dia ngigau. WOY BANGUUUN YAN!!”

Riyan kebangun dan……..

“Mana sosisnya!”

“Ntar aja sosisnya di bakar dulu di neraka! Ngehek lo nyawa terancam gini malah tidur!”

“Mang kenapa?”

“Liat tuh hujan petir, deres abis!”

“Hmm… Aaaaaaaaaaaaaaaaaaawwwwwww!”

“Jangan ngejerit gitu kancut!”

Hujan deres disertai petir dan sedang berada dekat jurang itu semakin menyudutkan gue, Riyan dan semua orang di dalem bis. Gue yakin sudah ada yang buat wasiat di dalem bis itu. Gue pucet, Riyan tenang-tenang aja. Gue meluk bantal dia ngemil.

Waktu berputar dan hujan semakin reda. Gue puas banget akan keadaan sekarang yang lebih adem. Bis berhenti lagi dan lagi-lagi di rumah makan Padang. Kali ini pemberhentian terjadi pukul dua belasan gitu, yang berarti dah mulai dinihari.

“Nah, sekarang ada biaya delapan ribu Yan.”

“Mantaf.”

“Kalo itu kurang, gue gak mau nambahin ya.”

“Loh, kan ente yang meu beliin makan selama di perjalanan juga.”

“Iya, pokoknya jangan nambah lagi dari voucher di kupon.”

Gue sama Riyan turun dan masuk rumah makan dengan rasa seneng karena bakal makan gratis. 

“Mbak, dapet apa nih kalo pake kupon ini?” Riyan nanya ke penjaganya.

“Owh, kalo itu Cuma dapet telor sama sayurnya.”

“Sip, kita berdua ngambil itu mbak,” kata gue yang buru-buru nyerobot takut Riyan ngeluarin kata rendang.

Gue dan sohib gue itu duduk di kursi kosong yang ada, kali ini pegawai gak begitu merhatiin kita. Pukul menunjukkan jam satu dinihari pada saat itu.

“Bi, perjalanan kali ini bener-bener ajib, aku belum pernah nih ke Medan.”

“Sama yan gue juga, nih bakalan jadi perjalanan paling berkesan.”

“Iya, kalo ntar terjadi apa-apa selama perjalanan, janji ya kita bakal mati dalam keadaan saling berpelukan.”

“Najis lo. Udah dateng tuh nasinya, nyok makan dulu.”

Makan malem atau lebih tepatnya makan dinihari itu lumayan nikmat walaupun hanya sama telor plus kuah pake nasi. Setelah kenyang dan puas menggrogoti makanan itu kami meneruskan perjalanan. Suasana dinihari itu sangat sejuk dan sumpah gue ketagihan. Sambil dengerin mp3 gue sedikit geleng-geleng kepala, sedangkan Riyan lanjut molor lagi. Bis berjalan lumayan cepat soalnya memang jalanan pada saat itu sepi abis. Gue terbawa suasana dan gak lama gue ketiduran.

Gak nyangka setelah gue bangun waktu menunjukkan pukul sepuluh pagi. Dengan muka yang kayak kera kesetrum, gue menyambut pagi itu dengan perasaan seneng, karena sampai detik itu gue masih ada di bumi. Gak lama kemudian Riyan bangun.

“Lo tidur kayak badak banget Yan.”

“Biarin yang penting kan bangun. Inti kita tidur itu kan untuk bangun.”

“Apaan sih loh, GNYMBNG..”

“Apaan tuh?”

“Gak nyambung.”

“Yee, biarin. Bi, liat tuh ada hotel dengan nama aneh!”

Gue langsung nengok ke kiri.

“Hotel sehat. Hmm, bener-bener aneh.”

“Tau gak Bi, mungkin kalo nginep disana semua orang akan sehat.”

“Bisa jadi Yan, mungkin disana pas kita mau mandi kita harus gali sumur dulu, kasurnya mungkin ada alat getar gitu dalemnya.”

“Hmm.. bisa jadi.”

“Tapi gue mencium bau mencurigakan. Jangan-jangan disana tempat persinggahan para alien untuk meneliti manusia di bumi.”

“Makin ngaco. Gue baca novel aja dah.”

“Bukannya kita dah ngaco dari awal Yan?”

“Oh iya ya.”

Hari ini gak ada sarapan. Bis berhenti di rumah makan siangan sekitar jam satuan. Kali ini rumah makannya lumayan besar. Gue sama Riyan langsung turun untuk ngecas handphone trus pergi ke meja yang kosong buat makan. Sambil nunggu makan gue ke tolilet buat pup, cebok gak pake sabun. Gak lama kemudian gue balik ke meja makan yang sekarang gak kosong lagi.

“Makan ayam yan!”

“Iya mang napa? Nih juga minumnya es the manis, ajib kan.”

“Gue balik ke bis.”

“Ngapain. Gak makan lo Bi?”

“Pengen sih tapi mahal yan.”

“Gue yang bayar.”

“Serius lo? Kita gak nyuci piring kan ntar?”

“Gak. Udah sini makan yang ada.”
***
Perjalanan berlanjut dan menurut jadwal kita sampai ntar malem jam sebelasan gitu. Gue sama Riyan melanjutkan petualangan kami dengan raut wajah yang riang.

“Yan, ntar malem kita nyampe nih.”

“Iya, pastiin kita bakal nginep di hotel yang enak yo.”

“Tenang aja, pokoknya full AC.”

“Cocok. Gue mau telanjang dada ntar.”

“Apa?? Wah jangan deh yan, ntar kamarnya tercemar bau ketek lo.”

“Tapi lumayan kan buat ngusir nyamuk.”

“Betul juga. Tapi apa lo yakin gue gak akan keracunan aroma badan lo?”

“Ya gak lah bego’!”
***
Akhirnya setelah memakan waktu hampir dua hari gue dan Riyan nyampe di Jl. Sisingamaharaja, Medan. Gue semakin tegang. Sebelumnya gue sudah sms Diana kalo gue dah nyampe dan do’i pun dah nunggu dari setengah jam yang lalu. 

“Bunda dimana?”

“Di depan yah, pake baju putih, sama temen cowok.”

Dan saat itu pun tiba. Selayaknya anak culun yang jatuh cinta, gue mendadak meriang, gak tau apa kesan Diana setelah lihat gue. Gak lama kemudian gue dan Riyan turun dan berhasil menemukan Diana dengan temannya. Percakapan yang gue pikirin pun hampir menjadi kenyataan.

“Diana yah?”

“Feby yah?”

Hening. Ternyata tidak terjadi hal buruk dan gue pun melanjutkan.

“Bunda nih Riyan, yan nih Diana.”

Setelah semuanya saling mengenal kita pun menuju hotel yang lebih tepatnya wisma dan setelah selesai nganter Diana pulang. Gue dan Riyan memesan satu kamar untuk berdua, jadi satu ranjang juga untuk berdua. Sumpah, tidur satu ranjang sama Riyan bukan hal yang gue mau. Kenapa begitu, pertama, Riyan suka tidur telanjang dada, jadi gue berasa kayak kaum homoseksual pada saat itu. Kedua, tuh anak suka kentut dengan frekuensi bau yang mengalahkan bau bangkai. Ketiga, ngorok tuh anak kenceng abis. Keempat, gue sering ketindih tuh anak waktu tidur.

Hari demi hari berlalu di Medan. Sayangnya kita gak sempet jalan-jalan ke tempat rekreasinya karena kendala waktu yang mepet. Gue dan Diana makin mengenal satu sama lain. Kita jalan-jalan ke Mall, nonton film bioskop yang diperanin Komeng, makan KFC sampe nemenin Riyan yang pengen beli baju bling-bling gitu.

“Woi, temenin gue beli baju blink-blink donk.”

“Oke iyan,” kata gue sama do’i barengan.

Riyan sama Diana liat-liat baju, sementara gue yang gak ngerti fashion ngeliatin boneka nobita dan doraemon.

“Nih yan bajunya bagus,” kata Diana nunjukin baju warna item ke Riyan.

Riyan menuju kamar pas nyobain tuh baju. Gak lama kemudian Riyan keluar.

“Ah gak muat bajunya.”

Gue sama Diana ketawa lepas.

Akhirnya setelah sekitar lima belas menit Riyan berhasil menemukan baju yang menurutnya blink-blink banget.

“Nah, ini dia baju yang gue cari.” 

Kemudian terlontar dari mulut Riyan.

“Mbak, boleh nyicil gak bayarnya?”

Riyan ditabok pake kaki sama yang punya distro itu.

Banyak suka dan duka selama kita disana. Gue juga dikenalin Diana sama orang tuanya, itulah saat menegangkan bagi gue pada saat itu, tapi semua berhasil diatasi. Lebih parahnya salah satu duka pada saat itu adalah: Gue kehabisan duit buat bayar penginapan!!

Akhirnya gue, Diana dan Riyan pun berkumpul membicarakan ini.

“Duh jadi gimana nih bunda,” kata gue sambil ngupil

“Gak tau, mang berapa tinggal duit ayah?”

“Kalo untuk sehari sih masih cukup, tapi kan mau tambah 2 hari lagi disini.”

“Ya udah kalo gitu gue sms nyokap aja pake uang gue dulu.” kata Riyan dengan tegas bak pahlawan lagi kena sakaw.

Permasalahan beres, nyawa kita di Medan bertambah dua hari. Kita ke Sun Plaza dan PMF. Layaknya orang yang baru pertama berkunjung ke sebuah mall, gue sama Riyan celingak-celinguk aja.

“Wah, gak kalah sama mall di Bandung nih,” kata gue.

“Wah, di Palembang sama Medan ternyata sama,” kata Riyan.

“Dasar culun,” kata Diana.
***
Hari pulang ke Palembang tiba. Inilah saat-saat yang gue benci. Setelah bisa pertama kali bertemu kami harus kembali terpisahkan dan kembali komunikasi jarak jauh. Jujur gue sedih begitu juga Diana.

Karcis balik dari Medan ke Palembang sudah kita beli. Perjalanan pulang dimulai. Gue dan Riyan di anter bokap Diana sama Diananya sendri ke terminal bis. Gue pamitan sama bokap Diana dan do’i gue itu. Bis yang gue sama Riyan pun bergegas pergi meninggalkan kota Medan, perlahan sosok Diana makin kecil, kecil dan menghilang. Dalem hati gue sedih banget, tapi kehadiran Riyan buat air mata gue gak jatuh. 

Perjalanan balik itu gak kalah ekstrim saat kepergian. Hal paling buruk dan yang paling gue inget terjadi pada tengah malam yaitu pada saat ban bis yang kami tumpangi itu pecah.

“Yan, bangun, bisnya berhenti, kayaknya pecah ban deh.”

“Hah! Yang bener lo? Duh gimana nih, masa’ kita balik jalan, mana hutan semua, kalo kita di culik sama orang utan gimana.”

“Tenang-tenang, satu hal yang pasti, orang utan gak mungkin nyulik lo, mereka akan nganggep lo sebagai saudara yan, tenang deh.”

Setelah hampir dua jam menunggu akhirnya bis Lorena yang kita tumpangi kembali jalan. Perjalanan balik yang menegangkan akhirnya berakhir, kami sampai ke Palembang dengan selamat. Gue menarik kesimpulan dengan perjalanan panjang gue tersebut bahwa kalo ternyata cinta itu gak melulu harus kayak teletubies, yang kita harus berpelukan untuk merasakannya. Tapi cinta itu sesungguhnya akan hadir apabila hati telah memilih. Sejauh apa pun tempatnya, sejauh apa pun perbedaannya. Cinta tidak memandang siapa dia. Cinta akan datang apabila orang tersebut cinta kepada cinta. Nah lo pusing kan..

Sampai saat ini gue masih berhubungan jarak jauh dengan Diana dan kami pun mengenang masa saat pertama kali bertemu itu lewat telpon. Si do’i ngomong gini:

“Iya tuh yah, apalagi pas pertama kali lihat wajah ayah itu. Jauh banget sama yang di friendster sama facebook. Jauh lebih jelek.”

Kita berdua ketawa-ketawa.

Lalu hal yang paling gue renungi setelah telpon itu ditutup adalah...
Bahwa ternyata dugaan awal gue itu bener. Gue gak memberi kesan fisik yang bagus.

Comments

  1. wah, harus baca dulu dari part 1 nih biar mudeng ceritanya :D

    ReplyDelete
  2. wkwkw keren sob ceritanya,mengejar cinta nih hem salut dah btw kasian juga yah akhirnya,kesan jelek karena wajah .Ane juga senasib kali ama agan :(

    ReplyDelete
  3. bagus ceritanya gan, saya sudah follow tuh no.37
    replay

    ReplyDelete
  4. bagus gan :D di tunggu cerita slanjtnya

    ReplyDelete
  5. kalian enk pada baca lucu",gue kena fitnah habis"an hahahha... bix BUS kita tuh pecah ban 2x lagi... ngehek bkan takut diculik orang utan,tp diseruduk sama BABI utan,ups...sodara lo gue singgung...hahhahaha!! tapi seru!! klo gak gtu bakal ga ada nih cerita, dan semoga kita bisa bkin trip" yang gokil,kpn" pacar loe dari Papua yah hbs yg dari medan ini,biar kita ke Papua,tenang di Papua ga ada nasi padang, so hemat lah kita...hahhahaha

    ReplyDelete
  6. @Riyan: Hahaha.. Di ubah dikit lah ceritanya biar funnya dapet yan, just for fun sob, buat para pengunjung, Riyan Hasanin itu adalah Riyan dalam cerita ini, wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  7. baru baca ni entry. suka bangeet diakhirnya, tentang cara kamu yg nge-defenisi-in cinta. pas bangeeet dengan keadaan aq yg sekarang.

    hahaha. gokil ah, ceritanya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK