Skip to main content

Duluan Mana, Telur atau Ayam?

Pertanyaan duluan mana telur apa ayam kayaknya udah ada sejak jaman dulu kala. Sampai sekarang masih banyak orang yang bingung kalo ditanya pertanyaan ini. Begitu juga sama temen gue. Cerita dimulai saat gue, Zora sama Arif lagi nonton acara Master chef di kosan (gue tau kedengerannya gimana gitu). Di tengah acara tipi itu, menjelang maghrib gue mandi ninggalin mereka. Sekitar lima belas menitan gue selesai mandi ternyata mereka berdua lagi berdebat hebat.

"Feb menurut lo mana yang duluan, telur apa ayam?" tanya Zora.

"Ayam, mang kenapa sih?" kata gue dengan raut muka sedikit heran kayak orang lagi boker.

"Gini tadi ada iklan gitu, duluan ayam apa telur, si Arif jawab telur lah, nah gue jawab ayam lah. Di iklan aja jawab ayam."

Arif langsung nyeletuk dari belakang.

"Telurlah Zor."

"Ayam lah!"

BAK... BIK... BUK... BAK... BIK... BUK...

Gue sedikit bingung sama temen-temen gue ini. Secara getoh, dah kuliah masih aja dibingungin pertanyaan duluan telur apa ayam.

Tapi memang harus diakui pertanyaan ini sedikit membingungkan. 


Baiklah, gue akan menjelaskan satu-satu pemikiran temen-temen gue itu. Yang pertama Arif. Teori dia gini. Pada zaman dahulu kala, manusia purba menemukan sebuah telur aneh di tanah dua butir.
Telur itu adalah cikal bakal nenek moyang ayam. Manusia purba tersebut akhirnya membawa telur itu ke pemukimannya dan menunjukkan temuannya itu ke manusia purba lainnya. Peneliti pada jaman itu berusaha keras meneliti apa benda aneh tersebut dan akhirnya mereka memutuskan bahwa itu adalah cikal bakal makhluk hidup lainnya selain manusia. Semua warga pemukiman terheran-heran, bingung mau seneng apa gak. Setelah meneliti lebih lanjut, akhirnya mereka sadar kalo benda yang mereka beri nama "telurkaku" (namanya juga bahasa purba) harus dierami.
 
Akhirnya mereka menggabungkan penemuan terbaru mereka berupa api (batu digesek ke batu) dengan telurkaku alias telur. Mereka berpikir bahwa teluar itu akan menetas disuhu yang panas tapi gak direbus (ya eyalah). Satu malam berlalu dan mereka, para manusia purba, melihat kembali keadaan telur tersebut, mereka heran kenapa tuh telur belum menetas juga. Akhirnya mereka menaruh telur tersebut di tumpukan jerami disampingnya kayu api gitu. Para manusia purba setiap hari menanti kelahiran makhluk hidup yang akan keluar tersebut. Waktu terus bergulir dan sekitar dua puluh hari telur akhrinya menetas. Seluruh warga berbondong-bondong keluar melihat peristiwa langka itu. Lahirlah ayam.
Itu tadi teori konyol dari Arif, sekarang kita denger teori Zora yang milih ayam. Teorinya jauh lebih sederhana dan singkat banget. Teorinya gini, setiap makhluk hidup, manusia dan hewan pasti ada nenek moyang kayak manusia nenek moyangnya Nabi Adam, pasti diciptakan berpasang-pasang terlebih dulu. Begitu juga dengan ayam.
Singkat cerita pasangan ayam tersebut kawin dan menghasilkan anak ayam yang unyu-unyu. Terus anaknya bertelur lagi jadi ayam, terus anaknya dari anak itu bertelur lagi jadi ayam lagi terus anaknya dari anak-anak itu bertelur lagi jadi ayam lagi, sampe sekarang. Seperti itulah siklus kehidupan. Itulah teori yang dikemukakan oleh temen-temen gue itu di kamar kosan. Gue pribadi sih milih ayam duluan, tapi gue pernah liat di kaskus cerita Abu Nawas gitu, beliau jawabnya telur. So, duluan mana nih, ayam apa telur??

Pertanyaan yang mungkin akan tetap misterius di bumi ini. 

Comments

  1. Kalau saya mah telur gan. Telur yang pasti bakal jadi Ayam.

    ReplyDelete
  2. Visiting You Today . How are you? Happy Friday and all the best. Have a nice weekend! http://fotisbazakas.blogspot.com
    FOLLOW ME TOO!!!

    ReplyDelete
  3. Ayam gan..soalnya di bahtera Nabi Nuh yang naek semua binatang sepasang2,jadi ya ayam jantan ama ayam betina, bukan telor jantan ama telor betina.
    Jaman nabi Adam belom ada ayam, yang ada baru gagak..itu juga sepasang, kalo gak, gak mungkin bunuh2an..

    ReplyDelete
  4. Gue setuju sama Dokter Gigi gaul.. :)

    ReplyDelete
  5. sory kalo lancang.
    jelas ayamlah.
    alasannya disini.
    Nabi Adam sama Hawa duluan mana? pasti Adam kan?? Adam kebumi udah dewasa bukan saat masih bayi.

    By
    Ari Febriant's Blog™
    Indriana's Blog

    ReplyDelete
  6. kalo aku milih ayam duluan :D
    abis kalo telur duluan siapa yang ngeram ??

    ReplyDelete
  7. @Ari: Setujaaaa.. Gue juga penganut ayam duluan.. :D

    ReplyDelete
  8. @Sarah: Betul dan berpasangan terus kawin deh.. petok.. petok.. petok

    ReplyDelete
  9. wahh,,, blog teman asik juga ya...
    kreatif... lucu lagi...

    klo menurut saya itu telur,,,
    kenapa ???
    karena di judul artikel teman bertanya "Duluan Mana, Telur atau Ayam? " nah, otomatis telur yang pertama karna setelah kata "duluan" sebagai kata tanya,, teman menempatkan kata "telur" yang notabenya sebagai sebuah pilihan bersama dengan kata "ayam" setelah kata "telur"

    lain cerita kalau teman bertanya "Duluan Mana, Ayam atau Telur? " pasti saya akan jawab "ayam".. karna kata "ayam" ada setelah kata "duluan" sebagai kata tanya...

    hehehe...
    oia,, kolom follownya mana teman ??
    saya mau follow blog teman...
    jangan kapok mampir di blog saya ya teman...

    ReplyDelete
  10. @Sebelas November: Ada sob di kanan bawah, memang followers lagi error sekarang, kadang muncul kadang gak. Thanks Brooo...

    ReplyDelete
  11. thx dah....visit gan sukses selalu

    ReplyDelete
  12. Ayam duluan gan, soalnya ayam mengenal telur, telur ga kenal ma ayam :)

    ReplyDelete
  13. Wah, ternyata banyak juga yg pro n kontra....
    hahahahahaha ^_^
    Nice post sob....
    thnk dah visit n follownya, ane sekalian folbek ne....
    Jangan bosen mampir ke blog Maz Evan yach?? ^_^

    ReplyDelete
  14. Hay coY... lam kenal semuanya!!! jawaban Telur duluan ''makanya ada orang yg jualan telur ayam & g' ada yg jualan ayam telur'' Just kidding !!!
    teorinya gini; makhluk purba/sejenis dinausaurus itu bertelur kemudian merekan mati karena bencana besar namun telur mereka masih utuh... & karena perubahan iklim maka muncullah yg di sebut evolusi !!! eng ing eng menetaslah telur dinausaurus itu menjadi ayam karena adanya evolusi...http://www.anaktkj.co.cc/

    ReplyDelete
  15. @BELAJAR TKJ YUK: Wah teori baru nih, tapi kayaknya jauh bgt dari om dino sampe ke ayam. Hmmm, tapi telornya sama2 bulet ya (gue yang bego' apa gimana ya)... Kidding

    ReplyDelete
  16. saya pilih telur duluan cz prtanyaannya duluan mana telur ma ayam??? hahahahah

    ReplyDelete
  17. gue sih pilih ayam, kan hewan diciptakan dari bentuk aslinya langsung dan berpasang-pasangan sih setahu gue. baru mereka menetas dan punya keturunan. kurang lebih kaya Nabi Adam yang diciptakan bareng Hawa dan akhirnya mempunyai keturunan seperti kita-kita ini.. (just my opinion)

    ReplyDelete
  18. Ayah ayam dan Ibu ayam dulu karena jaman dulu belum ada mesin penetas telur,hehehehe!

    ReplyDelete
  19. salam sobat
    jelas duuan ayam.
    trimsvisitnya dan follownya ke Saudi Arabia
    saya sudah follow back
    salam kenal juga.

    ReplyDelete
  20. kalau pertanyaannya "duluan mana telur apa ayam ?"
    jawabannya telur

    kalau pertanyaannya "duluan mana ayam apa telur ?"
    jawabannya ayam

    hehe ...

    salam saya ^^v

    ReplyDelete
  21. salam kenal
    makasi sudah mampir k blog saya & follow..saya sudah follow back

    ReplyDelete
  22. Ass.Alaikum..hahaha..Hebat postingannya!!!! benar2 pro-kontra ya...!!!sampai tertarik juga ikut berkomentar Bro..Tapi pro-kontra diatas sebenarnya sdh dominan emilih ayam...jadi menurut saya ketemu pengertian yang sebenarnya....Intinya Ayam tetap lebih dahulu dibanding telur....Alasannya adalah, Ayam dapat menghidupi dirinya, sementara telur tidak dapat menghidupi dirinya....Nice postingnya sobat, posting ringan tapi muatannya berat dan menggelikan..hihihihihihi....sering2 buat postingan demikian ya...Salam buat semua teman2 yg sdh berkomentar...sukses selalu...Amin

    Catatan: sy sdh follow juga ya "199"...makasih jg sdh follow di blog sy..... :)

    ReplyDelete
  23. ayam...
    taruh aja dua"nya di lantai...
    siapa yg ngedeket duluan..
    itu yg berarti duluan.

    ReplyDelete
  24. ayam
    taruh aja berdampingan, ntr yg ngedeketin duluan pasti ayam.
    itu yg berarti duluan..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK