Daftar Postingan

Minggu, 01 Januari 2012

Cerita Malam Tahun Baru

Selamat tahun baru buat seluruh manusia di muka bumi ini. Tadinya sih gue mau nulis lanjutan detektif Ujang, tapi entah kenapa gue gak mood dan gue lebih memilih nulis cerita tahun baru semalam gue bareng keluarga. Ya, keluarga, tanpa pacar tanpa saling bertatapan mata bareng pacar sambil ngomong,'Yang, tuh belek kamu masih ada.' Semalam gue merayakan tahun baru yang sangat istimewa walaupun sekali lagi, tanpa pacar. Kenapa istimewa, karena ya itu tadi gue merayakannya bareng keluarga. Yang paling disibukkan dengan rencana malam tahun baru itu adalah bokap sama nyokap. Entah kenapa bokap sama nyokap gue mendadak jadi rame pagi itu. Kita sekeluarga rencananya mau malam tahun baruan di rumah yang baru beli (baru selesai dibangun), nah kita akan berangkat ke rumah itu sorenya dari rumah sekarang yang masih ngontrak. Pagi itu Bokap gue dengan sibuk nanyain film-film buat di tonton di malam tahun baru.

'Feb, ini film yang bagus yang mana ya, yang cocok buat ditonton ntar malam?' bokap gue sambil menunjukkan koleksi dvd bajakan yang ada di rumah.

'Gak tau pah ntar aja deh, pokoknya yang Feby beli semua bagus dah.'

Tapi bokap gue ternyata berpendapat lain. Dia salah mengartikan cover film box office sama cover kompilasi dangdut. Jaman memang gak bisa di bohongi. Bokap gue berteriak girang, 'Ini nih kayaknya bagus!' bokap gue menunjuk kaset dvd dangdut campuran Iis Dahlia, Ayu ting-ting, Inul, Ridho Rhoma, dll. Gue yang gak rela menghabiskan malam tahun baru dengan melihat goyang khas Inul langsung dengan sigap mengubah haluan bokap dan memilih kaset film yang benar buat di tonton di rumah baru. Nyokap gak kalah heboh, dia berpikir keras tentang kuliner yang akan dibuat di malam tahun baru. Akhirnya pilihan nyokap jatuh ke sate.

'Mau kemana mah?'

'Beli tusuk sate ntar malam kita bikin sate,' nyokap dengan gaya mengepalkan tangan kanan, padangan melihat ke atas.

'Tusuk sate? udah mah, kalo tusuknya pake lidi aja.'

'Lidi? No, no, no. Tusuk sate itu harus steril. Kamu gak mau kan nanti ada penyakit yang aneh-aneh meracuni isi perut kamu?'

'Iya juga ya mah. Sate ayam apa kambing mah?'

'Dua-duanya.'

'Gak mungkin mah dua-duanya. Ayam dan kambing gak bisa disatukan di dalam suatu ikatan asmara. Akan jadi seperti apa bila keduanya dikawinin?'

'Aaaaaaaaaarrrghh!!!'

Akhirnya rencana sudah tersusun rapih. Bokap sama nyokap gue pergi beli keperluan untuk malam tahun baru sedangkan gue nyiapin kolor yang mana yang pas buat dipakai di malam tahun baru. Siangnya kita semua siap-siap, seluruh isi rumah kontrakan, gue, nyokap, bokap, istri kakak gue sama pembantu dengan sibuk mengemasi segala keperluan. Tentu aja bawaan gue yang paling rumit, gue membawa tiga buah baju, tiga buah kolor, buku manusia setengah salmon, modem, laptop, charger handphone dan charger laptop. Dari semua barang bawaan yang dibeli nyokap sama bokep bokap, gue mengkritik satu barang. Barang itu adalah kembang api. Menurut gue, tahun baruan dengan menyalakan kembang api itu kayak perayaan ulang tahun anak SMP. Disaat orang-orang dengan keren menghidupkan petasan ke langit-langit dengan warna yang beraneka ragam dan dengan letupan menggelegar, gue sekeluarga hanya menyalakan kembang api dengan segemericik api lalu teriak, 'Tangan gue kebakar! tolong, tangan gue kebakar!'. Gue tuh berharap bokap sama nyokap beli kembang api selayaknya tahun baruan. Tapi ya sudahlah yang penting satenya, Bung!

Semua sudah siap dan akhirnya kita sekeluarga berangkat minus kakak gue yang masih kerja. Perjalanan ke rumah yang baru (jadi) itu awalnya tampak hening sampai pada akhirnya, pada sebuah lampu merah di sebuah jalan di Bandung, kami sekeluarga di datangi makhluk yang kehilangan jati diri yang biasa disebut dengan sebutan: bencong. Menurut gue, di datangi bencong di lampu merah itu gak asik banget. Lagi bete' nungguin lampu hijau tiba-tiba ada "perempuan berjakun" ngamen. Nah, bencong yang mendatangi kami itu mirip trio macan, mereka siap menggemparkan seluruh isi mobil kami dengan nyanyian dan goyang mereka. Tapi dandanan mereka gak sama, ada yang mirip Krisdayanti kecebur empang, ada yang mirip Syahrini abis gesekin wajahnya pake kaktus dan parahnya ada yang mirip Ade Ray, berotot abis. Ini bencong apa instruktur gim gue gak tau.

Akhirnya perjalanan panjang itu selesai. Kami sekeluarga tiba di Perumahan Pesona Bali, untuk blok dirahasiakan, gue takut ada yang ngelemparin botol api ke rumah gue kayak di film AADC. Kita semua istirahat dulu dengan makan Mie Bakso Akung. Sumpah nih mie bakso enak banget, apa karena selera mulut gue yang dijejelin rumput aja gue bilang enak, gue gak tau. Mie bakso Akung ini sangat spesial rasanya, tapi ada satu hal yang menurut gue jadi nilai plus adalah Bapak penjual tuh mie ayam memberikan sumpit walaupun gue gak tau cara makan pakai sumpit, pernah gue terakhir coba makan pake sumpit tapi pada akhirnya sumpit itu malah nyolok mata gue. Maka dari itu, kalau kalian mampir ke Pesona Bali di Bandung, jangan lupa cobain Mie Bakso Akung setiap jam 4 sore, enak lho (amanat dari yang jualan).

Malam hari tiba. Film-film yang dibawa bokap gue ternyata gak bermanfaat. Di rcti ternyata ada film Batman The Dark Night. Walaupun udah nonton, tapi gue tetap suka, gue suka banget sama Joker-nya. Satu-satunya musuh di film superhero yang gue suka itu Joker, walaupun gue gak tau tuh orang kenapa mukanya harus di cat putih. Malam itu juga adalah malam tak terlupakan, karena untuk pertama kalinya, gue dikirain penjual sate.

'Dek, nih kipasin dulu satenya, gantian.'

'Iya mah tenang aja.'

Lagi asik-asik ngipas sama balikin tuh sate biar cepat matang tiba-tiba ada mas-mas nyamperin gue.

'Mas, satu porsi ya satenya, dibungkus.'

Selesai menjelaskan kalau gue bukan penjual sate gue langsung ngaca terus ngomong dalam hati: 'sengenes itukah muka gue...'

Malam tahun baruan kita sekeluarga hanya dihabiskan dengan makan sate, nonton film dan nonton petasan dari lantai atas rumah. Ada satu fakta menarik setiap tahun baru, gue berpikir, kalau setiap malam pergantian tahun itu sebenarnya adalah malam manusia menghancurkan bumi. Dengan asap petasan dimana-mana di seluruh bumi, akan menimbulkan polusi dan menyebabkan global warming. Memang hanya setahun sekali, tapi kalau ratusan milyar petasan dihidupkan ke udara diseluruh penjuru, terbayang kan dahsyatnya asap yang berterbangan. Tapi itulah manusia, kita adalah makhluk yang selalu butuh kepuasan apalagi setelah penat melewati tahun demi tahun. 

Akhir kata: 'Nyok kita sambut tahun 2012 dengan semangat yang baru kawan!!'

15 komentar :

  1. bang sate 20 tusuk gak pakek tusuk :D

    BalasHapus
  2. selamat tahun baru muka lama ya bleh -_-

    BalasHapus
  3. Sabar, Bung, tahun ini bakal nongol Batman baru, "The Dark Knight Rises". Musuhnya Bane. Keren! ^^

    Mari terus berdoa, semoga di tahun masehi yang baru ini kita semua tetap diberi kesehatan, tetap bisa berkumpul bersama keluarga, semoga segala urusan pekerjaan maupun akademis kita dilancarkan, dan kita berharap semoga di tahun 2012 ini umur kita selalu diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin!

    BalasHapus
  4. @naspard: Nah lo??
    @oomguru: Iya bleh, muka ini pengennya sih kyak Ashton kutcher.. :D
    @Asop: Amin amin amin.. :)

    BalasHapus
  5. ngagak dulu yg ini " gue takut ada yang ngelemparin botol api ke rumah gue kayak di film AADC.

    masih aja lu... haha

    btw seru juga tuh, kami di rumah malah ngomel-ngomel "petasan berisik amat!"

    BalasHapus
  6. Hahaha..
    Mungkin mas cocok jadi penjual sate kali, ya..:P
    Enak, ya, tadi mlem bisa nonton film :'(
    Di tempatku padam smpe malem T_T

    BalasHapus
  7. lhah kan masih ada kegiatan...
    saya mah sendirian di kosan...
    nonton transformer di bioskop trans tv...
    :P
    lebih nyesek..

    BalasHapus
  8. mau juga donk satenyaa. hahaha..

    happy new year yahh :D

    BalasHapus
  9. wakakak.masih sukur di bilang tukang sate..bukan teroris atau maling kancut -___- btw hepinuyyyeh

    BalasHapus
  10. Selamat tahun baru 2012 !! Moga sukses ya di tahun ini :D

    btw blog saya di www.volverhank.net ya, ehehe (saran dong buka pilihan yg bisa name+web di option comment,biar bisa ngetik blog di situ)

    BalasHapus
  11. Sungguh mulia hati mas feby ini, ngeblog sambil bantuin orang lain dengan promosiin dagangan bakso orang lain di blog sobat. Salut.

    Selamat tahun baru 2012 sob. Semangat baru !

    BalasHapus
  12. harmonis banget keluarga lo, jadi pengen kenal ama bokap lo kang #eehhh.. :D

    BalasHapus
  13. Selamat tahun baru ya bro. Selalu suka dengan gaya bercerita di sini yang kadang bikin #ngikik hehehe

    BalasHapus

© 2014 Blog Feby Andriawan | Template kreasi Ranz!