Skip to main content

Postingan Kilat: Blogger Tak Hanya Menulis

Sebenarnya udah banyak teman-teman blogger lainnya yang nulis tentang bagaimana sebaiknya menjadi seorang blogger. Gue buat postingan ini untuk sekedar mengingatkan kalau blogger itu bukan hanya kegiatan tulis menulis. Waktu pertama buat blog, gue juga gak ngerti, kenapa gue udah nulis tapi kok gak ada yang datang sih. Ya iyalah, gue tuh dulu gak pernah silaturahmi ke blog lain. Langsung aja deh ini poin-poin yang harus diperhatikan seorang blogger:

1. Menyihir pengunjung dengan tampilan
Bagi seorang blogger pemula, pasti aja mereka sangat berantusias buat blog dengan tampilan "wah". Apa aja dimasukin tuh orang, dari gadget ikan di kolam sama hamster di kandang semua dimasukin. Padahal, banyak gadget sepeti itu akan membuat blog berat dan pengunjung yang punya jaringan internet yang gak cepat pasti bakal bete' berat nungguin loading, akhirnya mereka close. Jangankan liat tulisan di blog itu, liat halaman depan aja enggak. Percayalah, blog berat itu akan membuat pengunjung tidak betah, tapi itu terserah sih karena itu hak setiap orang, gue hanya nulis ini sebagai pertimbangan aja. Menurut berbagai sumber sih blog kita harusnya dibawah 100 kb, biar gak memberatkan pengunjung lain. Untuk cek berapa berat blog kita bisa diliat disini: http://www.iwebtool.com/speed_test. Disana tinggal masukin link blog terus cek. Ada juga hal lain yang buat tampilan blog menjadi gak banget, itu adalah iklan gak penting. Gue pernah masuk blog yang iklannya harus di close beberapa kali baru bisa hilang, ada juga iklan memperbesar penis hingga 4cm, terus iklan cewek panggilan, dll. Itu apa coba! kalau mau pasang iklan di blog ya toh pasang yang benar-benar real, ada orang yang minta dipasangin iklan usahanya di blog kita. Jangan iklan yang abal-abal.

Bukan hanya tampilan bagus, blogger juga harus bisa menyesuaikan template dengan tema blog. Misalnya untuk blog yang salah adalah template doraemon tapi tema blognya politik. Coba, kira-kira kalau template doraemon temanya politik, kan gak nyambung. Kalau kayak gitu pengunjung bukannya tersihir tapi malah jadi geli liat tuh blog. Sesuaikan template dengan tema. Kalau kalian pengen template narsis kayak blog gue ini, tema yang cocok adalah freedom. Gue sangat mendukung tampilan blogazine yang menjamur di kalangan blogger Indonesia akhir-akhir ini, kenapa? karena mereka bervariasi dan sesuai dengan isi postingan. Memang sih agak berat, tapi mereka membuat porsi yang pas, antara postingan dan tampilan. Intinya, kita jangan minder punya tampilan blog sederhana, karena lebih baik tampilan sederhana daripada memberatkan pengunjung. Buat blog yang udah terlanjur punya background berat ya terserah sih, pokoknya buat pengunjung tersihir sama blog kita dan membuat pengunjung pengen datang lagi ke blog kita.

2. Menyihir Pengunjung dengan Tulisan
Ini sangat penting bagi blogger yang isinya tulisan kehidupan pribadi atau sharing info lainnya. Tahap nomor dua ini gak harus diperhatikan bagi para blogger penyedia download film, musik, dsb. Bagi gue, warna tulisan itu sangat vital bagi blogger. Sangat sulit bagi blogger kayak gue untuk bisa nulis sebuah tulisan yang bisa membuat pengunjung tersihir. Kita harus menentukan judul yang pas, gaya tulisan yang mudah dimengerti dan seberapa panjang tulisan agar membuat pengunjung gak bosan. Kadang, ada juga blogger yang bosan baca postingan kita karena terlalu panjang, udah gitu size tulisannya kecil-kecil. Disinilah blogger dituntut tidak hanya bisa menulis, tapi harus bisa menyesuaikan panjang tulisan dan size tulisan. Kalau bisa size tulisan kita jangan kecil banget juga jangan gede banget.

3. Silaturahmi ke Sesama Blogger
Blogger itu kayak sales, kita harus bisa mempromosikan produk kita agar dikenal orang. Masalah orang itu suka dengan produk kita atau enggak itu sih terserah mereka, yang penting kita udah berusaha. Silaturahmi ke blogger lain hukumnya wajib. Dan silaturahmi yang gue maksud disini bukan hanya buka blog orang terus keluar lagi. Tapi sebisa mungkin kita komentar di postingan blog orang tersebut. Tapi ingat, komentarnya jangan gini: "Menarik. Mampir dan komentar balik ya ke: http:// bla bla bla. blogspot.com." eneg gue liat komentar gitu. Bagi seorang blogger, komentar itu udah kayak nyawa, jadi kalau mau komentar yang penting-penting aja. Memang sih mau komentar atau gak itu hak setiap orang, tapi setidaknya dari 5 kali kunjungan kita ke blog lain kita harus memberi komentar paling gak 2 kali di postingannya. Selain itu ada juga isi buku tamu kalau disediakan. Jangan hanya sumbang traffic ke blog lain tapi juga jalin silaturahmi ke blogger lain melalui komentar. Dan untuk blogger yang udah dikunjungi dan dikomentari postingannya sama blogger lain harus wajib membalas komentar ke postingan blogger yang udah menyempatkan waktu berkomentar tersebut.

Itu tadi sedikit poin dari gue untuk jadi blogger yang baik. Sekali lagi semua poin tadi hak setiap orang. Gue gak memaksa kalian, para blogger, untuk menuruti 3 poin diatas. Yang jelas jadi blogger itu tak hanya menulis, perhatikan sesuatu yang kurang untuk membuat blog kita lebih hidup. Bagi yang baru ingin membuat blog, semoga postingan gue kali ini bermanfaat. Oh iya, sebagai info tambahan, setelah gue nulis postingan ini, gue mau makan nasi uduk sama ayam goreng buatan nyokap. Dari yang sudah-sudah, nyokap gue akan memaksa gue untuk bilang kalau masakannya enak.

Comments

  1. kenapa tuh uduknya? mending kasih ke ane aja deh :P

    ane cek keberatan blog ane dulu sob

    ReplyDelete
  2. dan saya gak suka dgn nasi udug. gak enak banget!
    ato krn skrg lg sakit ya, jd semua masakan rasanya pahit semua. hehe

    ReplyDelete
  3. yangbpoin ni 1 saya juga kadangsuka kurang suka, dengan iklan yang berhamburan. baru singgah lagi nih :D

    ReplyDelete
  4. Bener banget Feb. Dulu aku gw kaya gitu tuh. Pertama punya blog bawaannya dengki dan gatel aja. Dengki ngeliat blog blogger lain yang kayanya meriah bin ajaib, gatel nambahin widget2 gak penting yang bikin blog gw lemot abis waktu dibuka. Lama-kelamaan nyadar diri, dan memilih template2 sederhana dan nyaman untuk ditulis dan dibaca.
    Kamu kok pintel amat cih, Feb. *pelintir rambutnya*

    ReplyDelete
  5. @naspard: ntar ane kasih upil ane aja yaw.. :D
    @Arif Riu: Hah? nasi uduk itu mkanan khas anak kosan.. :D
    @Asep: Sama gan, ngebetein bgt tuh iklan2 geje.. haha

    ReplyDelete
  6. @Lita: Sama. Kayaknya blogger juga ada masa ababilnya sebelum beranjak menjadi blogger dewasa.. wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Iya ya... Bener tuh. Ababil. Sekarang jadinya cuma 'labil'

    ReplyDelete
  8. aye mah setuju ame kang feby dari 3 point itu, apalgi kalo nasi uduknye buat aye...hahaha

    ReplyDelete
  9. kalau w sebagai blogger newbie punya prinsip & pegangan sendiri sob yaitu jadilah blogger yang mencerdaskan readers dengan content yang kita buat

    ReplyDelete
  10. waktu punya blog beberapa bulan yang lalu, emang sibuk ngasih banyak hal di blog, sekarang sibuk membuatnya ringan :D

    ReplyDelete
  11. point 2. sering banget gue nemuin blogger yg tulisannya warna warni. pernah blogger cowok tulisannya nge PINK.. hadeuuu tanpa pikir panjang buat susah2 baca langsung gue close deh ka..

    ReplyDelete
  12. @Lita lagi: Haha.. Bisa aja ni mbak,,, :D
    @Naya: Iye, seporsi 10ribu nasi uduknye.. kikikikik
    @Andy: Mantap, kalo gue sih yg penting pembaca terhibur. :)
    @Honeylizious: Wah, kan mudah mbak buat blog ringan tuh.. :D
    @Nonni: Oh ya? jangan2 cowok itu.... ah sudah lah lupakan.

    ReplyDelete
  13. weleh2 ebik lagi curhat nihhh hkhkhk,btw kalo tampilan itu numero uno,btw tampilan blog gue sederhana no gadget no widget hkhhk,malah no sidebar

    ReplyDelete
  14. @randy: Iye, kalo ente TOP BGT dah. ringan.. tapi yang catur waktu itu gw buka agak berat, apa karna modem gue yg lemot yah.. :D

    ReplyDelete
  15. NaraBlog bagaikan penyihir pengunjung yang masih butuh silaturahim antar sesama blogger.

    ReplyDelete
  16. Mantaaap infonya sob ... makasih yah ... :)
    happy blogging selalu...

    ReplyDelete
  17. Bener banget feb! Mari sukseskan PILKADA! MERDEKA!
    #apasih

    Untuk poin nomor 1, blog gue berat ga ya ._.
    Belum lagi postingan gue akhir2 ini artwork semua, makin berat jadinya --"

    ReplyDelete
  18. nah sekarang tanyak pak guru
    blog saya trafiknya rame kayak pasar, tapi komennya sepi. Menurut bro Febby yang sudah beberapa kali mampir, tulisan saya kenapa?

    ReplyDelete
  19. sekian lama baru sadar,,,
    menulis bkn hanya untuk diri sendiri,, buat orang lain juga :-D
    pengen jd blogger yg baik ^^

    ReplyDelete
  20. Tadi cek link untuk ukur berat apa nggaknya blog kita, dan horeee ternyata cuma 27.75 kb dan waktu loadingnya 4.83 detik. Wah ternyata nggak berat :)

    Tulisannya bermanfaat banget lho, thanks ya :)

    ReplyDelete
  21. waaah,, keren bang! blogku rada berat,, harus diet nih.. ;)

    ReplyDelete
  22. Gua kayaknya poin 2 dan 3 udah oke, cuma no 1 yg masih males ngecustom ini itu
    Tapi menurut speedtest, kecepatan buka blog gua tuh 0.4 detik, hehehe

    ReplyDelete
  23. tul sob waktu kena yang namanya blogger semua gadget ane masukin, alhasil berat amat blog aku pun jadi sunyi banget kaya rumah hantu,

    ReplyDelete
  24. gue setuju feb sama yang font kecil2 itu... bikin ngantuk kalo ketemu blog dengan font kayak gitu. :(

    ReplyDelete
  25. dari kata-katanya saja udah ngeri,menyihir.
    wah boleh juga tuh,bisa di jadikan trik buat mendapatkan pengunjung dll.

    ReplyDelete
  26. kalau menyihir pengunjung dengan tulisan masih jauh dari saya, karena saya bukan penulis, dengan tampilan... masih jauh juga, blog saya masih berantakan abis. kalau Silaturahmi ke Sesama Blogger itu sudah pasti saya lakukan walalupun nggak bisa sesering dulu

    ReplyDelete
  27. Super sekali~ *blog ane sederhana* masih nyubi. Check berat blog ane segini 123.9 KB, 0.15 seconds, alhamdulillah~

    ReplyDelete
  28. menyihir..
    bisa saja bahasanya..
    :P

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK