Skip to main content

Edisi Curhat: Pindahan

Gue baru selesai baca bukunya Raditya Dika yang manusia setengah salmon beberapa hari yang lalu. Di bab terakhir ada judul manusia setengah salmon yang menceritakan tentang pindahan rumahnya. Setelah gue pikir-pikir, ternyata pindahan rumah itu juga gue banget. Sekarang, disaat gue nulis ini, gue lagi dalam tahap pindahan rumah dari ngontrak ke rumah yang beli. Kalau di pikir-pikir, gue sering banget pindahan rumah, antar kota antar provinsi.

Dari bayi sampai kelas 1 SMA gue tinggal di Palembang. Pertama pas gue masih bayi sampai ke balita gue tinggal di daerah yang orang sering sebut keramasan. Gue gak tau darimana orang sebut itu daerah keramasan, mungkin orang yang tinggal disana suka keramas sambil goyang gayung. Di masa-masa gue lagi imut-imutnya itu gue tinggal di rumah kontrakan dekat kantor bokap, lebih ngenesnya lagi dekat rel kereta api. Nyokap gue, kalau mengenang masa-masa tinggal di keramasan pasti bilang ke gue gini: ¨Dek, kamu tuh dulu waktu tinggal di keramasan, begitu kereta api lewat pasti langsung keluar terus teriak-teriak gini, tulilulilulilut.¨ Betapa idiotnya gue waktu kecil.

Gue juga punya masa gak mengenakkan waktu tinggal di keramasan, waktu itu kepala gue pernah di benturin pembantu gue ke tembok gara-gara gue nganggu tuh orang nonton tipi. Sejak saat itu pembantu gue dipecat. Beranjak TK keluarga gue pindah lagi. Bokap di pindah tugas dan mau gak mau harus cari rumah yang dekat dengan kantor baru. Resmilah kita pindah ke Perumahan Bukit Sejahtera, biasa orang sebut Poligon. Disinilah gue mengalami masa tumbuh sebagai seorang anak yang sebenarnya. Di rumah baru ini gue mengenal banyak temen badung kayak Raid, Ilham, Argho, Geri, Boninka, Riyan S, Toni, dll. Selain itu gue juga mendapatkan teman-teman sekolah yang gak kalah ngeheknya kayak Kaffah, Nico, RIyan H, Swara, Fajar, Fajri, dll. Beberapa kisah-kisah aneh gue bersama mereka semua ada beberapa yang sudah gue tulis di blog ini, kayak saat gue nangkep belalang sama Boninka, Luki hewan peliharaannya Ilham yang lepas, Kaffah yang jual ikan cupang di sekolah pakai botol minumnya, dll. Yang udah ngikutin blog gue dari awal pasti tau.

Gue mengalami masa-masa indah di Palembang sejak gue tinggal di Poligon. Acara arisan nyokap gue juga tumbuh dengan ganas disana. Pokoknya enak banget. Sayang pas gue kelas 2 SMA gue harus pindah ke Bandar Lampung karena bokap dipindahtugaskan kesana. Saat hari kepergian itu gue gak tau mau ngomong apa. Di Bandar Lampung, awalnya kita tinggal di perumahan Citra Persada, gue merasa gak banyak yang berubah soal cuaca, karena masih Sumatera. Yang berubah saat itu hanyalah teman bermain dan keadaan sekitar rumah. Beda dengan di Poligon, di Lampung ini sunyi banget, tetangga pada gak nyapa. Gue sempet berpikir, ini jangan-jangan manusia udah pada berubah jadi zombie. Tapi lama kelamaan, karena gue sekolah di SMA N 3 BALAM, gue jadi punya cukup banyak teman kayak Bram yang suka nganterin gue balik, Dimas yang ngomongnya sedikit gagap, Yosi yang selalu berambisi menjadi orang ganteng, Indra dengan gaya bahasanya yang khas, Renaldi yang ngefans banget sama blink 182, Angga Wahyu yang orangnya jujur abis, Dedi yang kemayu tapi pinter, Riko yang ganteng tapi malu-malu, Susilo yang alay, Jefri yang suaranya cempreng, dll. Mereka semua bikin hidup gue berwarna.

Bulan demi bulan berlalu, tapi ingatan gue akan Palembang gak bisa hilang. Gue kangen banget sama main bola setiap sore di Lapangan san sore waktu di Poligon, gue kangen sama teman-teman gue yang suka main ke rumah gue dan kalau gue gak keluar mereka gedor-gedor kaca jendela kamar gue, terus gue juga kangen sama tingkah Luki, monyet Ilham, yang selalu teriak-teriak sambil gedor-gedor rumahya, gue kangen semua itu. Tapi waktu terus berputar dan gue gak mungkin selamanya ada untuk mereka. 

Toh, di Lampung juga gue gak begitu kesepian. Teman-teman sekolah gue selalu membuat gue merasa gak bosen. Tapi sayangnya itu gak bertahan lama. Di saat gue udah mau mengenal mereka lebih dekat, udah mau mengenal kota Bandar Lampung lebih jauh, gue harus pergi ke Bandung buat kuliah ninggalin bokap sama nyokap gue. Bisa dibilang waktu gue untuk Bandar Lampung hanya dua tahun. Gue galau abis waktu itu. Baru aja ketemu teman-teman baru eh harus ketemu lagi orang-orang baru. Beberapa bulan setelah gue di Bandung gue dengar kabar kalau bokap nyokap pindah rumah dari Citra Persada ke daerah mana gitu, gue lupa, masih di Bandar Lampung. Dan lagi-lagi, setiap gue liburan, gue harus pulang ke rumah yang berbeda. Setiap liburan gitu aja terus sampai gue semester tiga. Di semester tiga, bokap gue pindah kerja lagi ke Palembang tapi kali ini bukan di keramasan juga bukan di Poligon, melainkan di Pusri. Dan lagi-lagi untuk kesekian kalinya setiap liburan semester gue pulang ke rumah yang berbeda. Liburan semester gue selalu sebentar, itu membuat gue kadang gak sempat ketemu teman-teman lama.

Di semester enam, akhirnya bokap sama nyokap ke Bandung. Awalnya mereka memutuskan ngontrak rumah dulu di Perumah Salendro Timur sebelum membeli rumah di Perumahan Pesona Bali. Sampai saat gue nulis postingan ini, gue beserta keluarga baru mau nempatin rumah di Pesona Bali sementara kakak gue sama istrinya ngontrak rumah yang lain. Kalau dihitung, keluarga gue udah pindahan rumah sekitar tujuh kali. Pindahan itu lebih dari sekedar melelahkan. Masih enak kalau pindahnya masih satu kota, masih bisa ketemu teman yang sama. Tapi kalau udah beda kota, itu gak enak banget. Gue sampai saat ini sudah merasakan hidup di tiga kota yang berbeda, berbagai macam karakter udah gue temukan. Tapi entah kenapa semua berasa membosankan. Seandainya gue bisa mengumpulkan semua teman-teman gue dari pas masih di Palembang sampat teman-teman gue sekarang di dalam satu kota.

Pindahan akan membuat kita terpaksa untuk beradaptasi lagi. Pindahan akan memaksa kita untuk sedikit merubah kebiasaan kita di tempat sebelumnya. Pindahan akan membuat kita terpaksa melupakan tempat yang lama. Pindah rumah jadi gak asing lagi buat gue. Yang sekarang belum gue lakukan adalah pindah hati, beda sedikit dengan buku Raditya Dika manusia setengah salmon. Dan gue berharap, gue gak harus pindah hati lagi. Semoga.

Comments

  1. hahaha udah pindah hati aja jadi juragan upil ke juragan ketek :p

    ReplyDelete
  2. gw juga ngerasa pindahan yang diceritain RD itu GUE BANGET..!!
    dan pengen juga bisa pindah hati.. hoho

    eh btw kasi dunk resepnya, gimana biar tulisan tuh singkat, padat, berisi. nggak kayak tulisan gue, abal-abal banget, bertele-tele..

    ReplyDelete
  3. "dari bayi sampe SMA tinggal di Palembang"
    Um.. dari bayi? bukannya pas bayi bang Feby tinggal di rahim mak-nya abang yah? :/

    ReplyDelete
  4. ahh inget pindah
    waktu umur 3 tahun pindah dari SUrabaya ke Sidoarjo. 3 bulan saya pindah dapet bonus yaitu kepala dijahit soalnya kepleset di kamar mandi ^^

    ReplyDelete
  5. saya aja yang pindahannya masih satu kota merasa pindahan itu ribet....

    ReplyDelete
  6. pindahan paling nyesk tuh saat bapak dan ibuk pindahan sambil ngrebutin aku. ampe rebut-rebutan githu.

    ReplyDelete
  7. Serru kali yaaah bisa rasaain hidup di berbagai kota. klu cuman bisa mengarungi 1 kota !!!!
    membosankan sangat, mulai dari cuman bisa nangis ampe karang 1 rumah doank
    Tapi klu pindah-pindah kos sering ... ^_^

    ReplyDelete
  8. @Naspard: ente aja jadi juragan ketek.. :D
    @Risah: resepnya? wah kayaknya gue belum kompeten untuk nulis tips gituan.. :D
    @Rifqi: Bener juga ya, wkwk..
    @NinjaDiary: Itu sih derita lo.. :D
    @Teguh: Ribet abeezz...
    @Arif Riu: Hah??
    @sarie: Ada enak tapi gak enaknya juga ada.. :)

    ReplyDelete
  9. aku kagak pernah pindah2 heheheh

    ReplyDelete
  10. aku..pindah2 kos doang sih. sejak SMA nge kos, total udah 4 kali pindah kos. tapi itu ngak seberapa dibanding kisah pindahan lo ya bro. amazing

    ReplyDelete
  11. ya kalau tidak beradtasi kita bisa mati :p

    ReplyDelete
  12. ....gue pindah dari kos ke paviliun ngontrak sendiri juga butuh adaptasi lagi. Segalanya berbeda. Jauuuh berbeda.

    ReplyDelete
  13. gue juga sering sob pindahan ,dari kecil di palembang,trus smp di padang trus balik lagi ke palembang belom lagi di palembang nya pindah2 di padang juga hadeeh tapi lama2 terbiasa juga sob

    ReplyDelete
  14. hehee...gue dari orok sampe sekarang tueteepp di kalibata #curhatbalik :D

    ReplyDelete
  15. beberapa tahun ngga dirumah, ngungsi buat sekolah jauh :-D,, pindah itu memang maksa kita buat beradaptasi :-D

    ReplyDelete
  16. untungnya gue belum pernah pindah rumah, tapi gue ngerti banget perasaan lo. soalnya pernah gue alamin waktu pindah sekolah walau masih sekota sih. hehhehe. begitupun waktu gue awal2 kuliah. yang namanya kehilangan emang menyedihkan bray. :(

    ReplyDelete
  17. Pastinya klo masalah pindah rumah anak kos-kosan paling berpengalaman, bru satu bulan dah pindah sana pindah sini,, uh merepotkan capek ngangkat barang! Kayak aku neh,,, maklum anak kos-kosan he,,,he,,, tapi seru banyak kenalan baru!

    ReplyDelete
  18. Astagah... pembantunya kejam nian!!!

    Moga bukan karena ulahnya ya kamu jadi se "unyu" sekarang #eh #ngilang

    ReplyDelete
  19. maap bleh, lama tak menggagahi blag sampeyan..
    maklum sibuk nyari napkah + nyari bini.

    situ baru beres baca bukunya raditya dika aja bangga.. sayah donk bleh, kemaren baru selsai mbaca bukunya mpu tantular, yang judulnyah sutasoma: the prisoner op azkaban.

    ReplyDelete
  20. Astaga..ini ebik!!!
    Hehehehe....
    Senang bisa kembali mengenang Poligon.... :D
    @avaghtar

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK