Monday, 11 July 2011

Era Berburu Belalang | Part 3 (End)

Gue memandang sekitar dengan tatapan bak seorang pembunuh bayaran yang dibayar buat bunuh ketua geng Hongkong. Pencarian gue akhirnya berhenti setelah melihat seekor belalang yang ukurannya lumayan gede' lagi ngelamun di atas daun. Saatnya gue mencoba teknik tangkap kaki belakang ini dan gue yakin gue bisa. Dengan langkah pelan dan sedikit suara gue mendekati belalang itu, tangan gue juga udah siap buat ngambil tuh belalang. Sebentar lagi, ya, sebentar lagi gue akan berhasil menangkap seekor belalang. Tinggal selangkah lagi, yang perlu gue lakuin tinggal ngayunin tangan gue terus ngejapit kaki belakang tuh belalang. Tapi, tiba-tiba...

Wuuuuuuusss.. Tin tin.. Tiiiiiiiin.. Breeeeeemm..

Suara motor sambil klakson-klakson lewat. Dan bisa ditebak, belalangnya kaget terus terbang ngejauhin gue.

"Arrrrgghh, kenapa sih gue gak berhasil terus nangkep belalang hari ini?! Kenapa!!"

Gue menundukkan kepala. Kecewa dengan kinerja gue hari ini. (lagu background: Mari menyusun seroja bunga seroja....)

Menangkap belalang di hari pertama telah selesai. Inka berhasil dapetin sekitar belasan belalang dan gue nol. Gue ngaku gue kalah dan harus mengakui kehebatan Inka dalam menangkap belalang. Ya, untuk bisa  melakukan sesuatu dan ahli dalam bidangnya, lo harus punya pengalaman lebih. So, untuk seorang pemula, jurus mengendap biar gak ketahuan sama belalangnya dah gue praktekkan dengan sempurna, tinggal gimana caranya besok gue dapetin belalang dalam keadaan utuh.

"Ka, besok pasti gue berhasil dapetin belalangnya."

"Hehe.. nyantai aja, nangkep belalang itu gak gampang sob, lo harus punya ketenangan yang tinggi."

"Iya nih, gue janji deh, besok gue gak akan mutusin kepala belalang lagi."

Gue sama Inka akhirnya balik ke tempat gue sekitar jam 5-an. Kita berdua langsung menuju ke halaman belakang rumah gue yang lumayan di penuhi rerumputan.

"Ka, lo yakin para belalang ini seneng hidup di belakang rumah gue ini?"

"Selama masih ada rumput gue rasa mereka seneng."

Inka perlahan buka tutup botol aqua itu dan belalang-belalang hasil tangkepan tadi langsung terbang dengan perasaan riang gembira ke arah rumput. Belalang senang hatipun tenang. Gue sama Inka langsung cabut ke ruang Tipi nonton Hikaru no go. Besoknya, sebelum berangkat sekolah, gue langsung melangkah ke halaman belakang buat liat keadaan belalangnya. Dan ternyata, belalang-belalang itu masih hidup, mereka masih loncat-loncat, entah itu mereka loncat karena seneng atau loncat karena minta pertolongan, entahlah, yang pentig mereka masih ada dan hidup.

Melihat semua belalang yang masih hidup di halaman belakang rumah gue itu, gue langsung terpacu untuk nangkep belalang lagi hari ini. Ya, gue yakin di hari kedua ini gue lebih hebat, gue lebih perkasa buat nangkep belalang hidup-hidup. Pada siang harinya, Inka datang lagi atas permintaan gue lewat telpon rumah.

"Halo.. Ini Inka?"

"Iya, napa biks?"

"Sekarang aja yuk nangkep belalangnya?"

"Apa?! Nangkep elang, gila lu!"

"Nangkep belalang, congek!"

"Owh, sory mami gue lagi buat jus melon tuh jadi gak kedengeran."

"Perasaan gak ada suara apa-apa deh?"

"Emang gak ada, gue kan cuma ngeles doang biar gak di bilang budek."

"Haha.. Inka, lo tau gak apa yang mau gue bilang sekarang?"

"Apaan?"

"Budek lo!! UDAH YA GUE TUNGGU, GUE TUTUP TELPONNYA SEKARANG!"

"Kampret! Gak perlu gede'-gede' gitu juga kali ngomongnya, emang gue budek apa! Ngehek Lu!"

Akhirnya Inka sukses gue mendatangkan ke rumah gue. Kali ini gue lebih siap dari hari kemarin. Gue ngerasa darah gue bener-bener mendidih. Gue sangat berapi-api menghadapi belalang-belalang di hari kedua ini. Inka datang ke tempat gue dengan gaya seperti kemarin, pake baju kaos yang kegede'an sama celana pendek yang pendek banget terus menggenggam botol aqua. Gak kayak kemarin yang nunggu cuaca mendung, kali ini kita siap menerjang sinar matahari demi menangkap belalang. Karena menurut penelitian si Inka kriwil, siang hari adalah waktu dimana belalang lagi banyak-banyaknya dan gak terlalu agresif. Gak tau deh gue, yang penting bagi gue, hari ini gue nangkep belalang! Yeah.

Kita berdua berjalan menuju tanah kosong lagi. Kayak yang gue bilang tadi, cuaca siang kali ini bener-bener panas, kita berdua udah kayak rombongan biksu tong di film kera sakti yang pergi mencari kitab suci, alach. Perjalanan dari rumah gue dan Inka ke tanah kosong ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit doang, jadi cuma butuh beberapa langkah aja untuk sampai kesana. Gue jalan dengan perasaan sarat emosional karena kemarin gak dapet satu belalang pun, sedangkan Inka jalan sambil nendang-nendang batu kecil yang belepotan di jalan. Sesampai disana kita langsung beraksi. Kayak hari kemarin juga, gue sama Inka nyebar buat dapetin belalang yang unyu-unyu itu.

"Siap lo feb? awas jangan di bunuh lagi ya belalangnya."

"Tenang aja lo, kali ini gue pasti berhasil dapetin belalangnya."

Gue kali ini lebih tenang dari sebelumnya dan kali ini gue lebih fokus. Pandangan gue mutar-muter gak jelas buat nyari belalang yang lagi lengah. Gak lama kemudian, ada belalang yang mencuri perhatian gue, sepasang lagi, beh.. ini kayak beli satu dapet dua! gue langsung deketin sepasang belalang itu. Pelan.. Pelan.. Pelan.. dan akhirnya gue sampai di deket dua belalang itu, gue langsung pake teknik genggam lemes dan...

Breeeeeet....

"Ka, gue dapet nih dua cepet kesini!"

"Sip.. Mana belalangnya?"

"Nih dalam genggaman gue."

"Mana sini gue liat dulu.."

"Gak perlu, gue jamin masih hidup nih belalang, gue ngerasain gerakannya, cepet buka tuh botol.."

Inka buka botol aquanya dan gue masukin belalang-belalang tadi ke dalem botol. Kita berdua kaget banget, ternyata belalang yang gue tangkep itu....

"Nih belalang lagi kawin ebiks, kenapa lu tangkep!"

"Hah? Mang gak boleh yah ka?"

"Boleh sih tapi kasian, kan mereka lagi indehoy. Tuh liat, di masukin ke botol aja masih tetap nempel kayak perangko. So sweet,.."

Sejak berhasil nangkep sepasang belalang yang lagi kawin itulah teknik nangkep belalang gue semakin hari semakin baik. Sejak saat itu, hari ketiga, keempat, kelima sampet seterusnya gue berhasil dapetin lebih dari lima belalang. Banyak sih kejadian konyol lainnya waktu nangkep-nangkep belalang itu, kayak...

"Kyaaaa, belalangnya pup di jari gue!"

atau

"Buset, kaki belalangnya putus! tapi masih hidup! Keren!"

Yang jelas gue semakin bersemangat dan skill gue nangkep belalang meningkat pesat sejak hari kedua. Tapi sayangnya, semakin hari belalang di halaman belakang rumah gue itu juga makin menurun populasinya, bahkan pas udah dua mingguan, sejak hari pertama nangkep belalang, halaman belakang gue itu udah bersih dari belalang. Melihat ketidakberesan ini gue langsung nanya ke nyokap dan ternyata kata nyokap gue, belalangnya pada terbang ngelewatin tembok pembatas antara rumah gue sama rumah belakang. Sejak hari itu gue sama Inka gak akan berburu belalang lagi.

"Huh, percuma ka kita nangkepin belalang kalo ternyata ujung-ujungnya kabur."

"Iya ya, gak jadi deh gue beternak belalang."

"Iya, gue juga, gak jadi deh gue membangun kerajaan belalang."

Dan pada akhirnya, era berburu belalang pun berakhir.

~Tamat ~

Tulisan ini gue dedikasikan buat seluruh belalang dimana pun kalian berada. Tetap semangat ya walaupun kalian makin banyak diburu manusia. 

9 comments:

  1. Mau sedih ape seneng ye, mau nangis ape ketawe ye tau endingnye kayak gini..mending gak usah baca.. (emang kenapa belo?) kasian aje ma muke bang febi, udeh suseh2 nangkep tuh belalang, eh..ntu belalang malah kabur, kaga pamit pula.. say guud bay kek ma bang febi #nunduk..

    ReplyDelete
  2. waduh feb suka nangkep moyangnya satria baja item ,jangan feb,ntar Dunia dikuasai Gorgom :P
    btw ente raja belalang yee?

    ReplyDelete
  3. hihihihi,, cerita bgus ne,, salam kenal gan

    ReplyDelete
  4. wahaha, belalang di rumah gue lebih asik daripada belalang tetangga :D

    ReplyDelete
  5. baru tau febi dulu punya obsesi terdalam berternak belalang. LOL
    itu dapet tadi yang lagi kawin kok malah so sweet? ahahahahaha
    suka ngakak deh kalo baca cerita ni anak :D

    ReplyDelete
  6. Wedew...Ternyata lanjutannya sungguh membahagiakan!!
    Akhirnya semua belalang bs kabur dr Cengkeraman si Feby yg Kejam...HEBAAT BGT Kalian...Hwihihihihi...

    ReplyDelete
  7. berburu belalang dimana nih? mau tau gak mas bro, cara cepat menangkap belalang..

    ReplyDelete
  8. iye, Peb, bener kata YPS a.k.a. Randy O, tar lu disamperin ame Kamen Rider terus, disuruh kawin biar tar die tangkep..

    ReplyDelete
  9. ini blog kocak bgt yeee alam kenal bang :)

    tolong follow blog aku yaa :) lg belajar nge blog jd postingannya masih sedikit :)

    thanx :)

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑