Monday, 4 July 2011

Nonton Film Horor Itu....

Setiap orang punya ketakutannya sendiri setelah menonton film horor. Ada yang gak bisa tidur, takut ke WC, takut keluar kamar, takut keluar rumah, dll. Ya, film horor (yang bener-bener horor) bisa menimbulkan imajinasi yang berlebihan bagi penonton. Beberapa minggu yang lalu gue nonton film Indonesia yang katanya bertema "horor" yang judulnya kalo gak salah jenglot pantai selatan atau apa gue lupa pokoknya jenglot gitu depannya. 

Film yang gue kirain bakal seru itu gue tonton bareng temen gue Zora sama Elza. Hasilnya..

"Waduh, nih film ceweknya dari awal pake bikini terus yak," kata gue.

"Iye jenglotnya mesum," jawab Zora.

Film jenglot tersebut bukannya menyajikan horor yang kerasa malah menyuguhkan cewek berbikini yang seksi abis. Kayak yang gue bilang diatas, tuh film dari awal sampai selesai pemeran ceweknya pake bikini terus. Jenglotnya juga gak jelas, ngebunuh cewek-cewek yang lagi berenang di pantai selatan itu sama ngebunuh cewek yang lagi mandi. Jujur sih sebagai cowok normal gue juga seneng liat cewek-cewek seksi gitu, tapi untuk ukuran sebuah film horor kayaknya itu gak perlu. Film itu seperti melupakan esensi horor yang tadinya merupakan tema tuh film.

Selain jelangkung yang pertama banget yang diperanin Hari panca dan kawan-kawan, gue gak pernah lagi nemu'in film horor Indonesia yang buat gue gak bisa tidur. Jujur menurut gue film horor yang mengerikan masih dipegang Jepang. Dulu gue nonton the eye sama kakak gue dan hasilnya gue gak berani ke WC sendiri. Hari sabtu kemarin, saat semua orang jalan sama pasangannya, gue sama Zora yang LDR (Long Distance Relationship) nonton film The Grudge 3 di kosan gue.

"Lo nyetel film apaan tuh zor?"

"The Grudge 3, kalo sendiri gak berani nonton gue."

"Oh, wah kayaknya seru, gue mau sms Kafe jolly dulu pesen makan."

Akhirnya film The Grudge diputer Zora, kita langsung nonton film horor itu bareng di malem minggu yang suram. Gue yang belum nonton The grudge sama sekali dari awal minta dicerita'in Zora sinopsis tuh film dari yang pertama. Film udah mencapai intro dan pesenan gue akhirnya dateng. Gue turu kebawah sementara Zora masih di atas nonton. Gak lama kemudian gue ke kamar kosan lagi.

"Loh kok gak bergerak Zor? macet ya?"

"Gak, ini gue pause dulu."

Hening.

Film The Grudge 3 itu di play lagi. Adegan mengerikan pertama dimulai saat hantu anak kecil duduk pegangin tangga.

"Anjir! serem banget dandanannya gila!" kata Zora sambil pegangin bantal guling.

Gue yang lagi makan gak begitu kaget. Untung gue lagi makan jadi kosentrasi gue di makanannya.

Adegan kejut kedua adalah pas hantu anak kecil ngagetin anak kecil cewek yang lagi main rumah-rumahan dikamarnya. Pas anak cewek itu lagi pindahin boneka tiba-tiba boneka tersebut pindah lagi. Anak cewek yang lagi heran itu terus pandangin ke arah tuh boneka dan memandang ke depan arah jendela rumah-rumahan itu. Tiba-tiba hantu anak kecil itu datang secepat kilat memandang anak cewek itu. Zora langsung histeris..

"Beh.. Anjriiiiiiiiitt! Kaget gue!! Kurang ajar!"

"Hahaha. Makanya jangan diseriusin banget Zor.."

Padahal dalem hati gue dah menjerit kaget juga.

Masih banyak banget kejadian yang bener-bener buat kita takut di film itu, kayak hantunya kayako yang keluar dari kaca sebelum ngebunuh orang sampai hantu anak kecil yang menjerit sebelum bunuh orang, ya setiap hantu di film the grudge itu punya gaya membunuh yang berbeda. Selesai nonton tuh film Zora jadi mikir dua kali pas mau beli makan keluar.

"Ah, gue mau beli makan ntar di belakang motor ada yang ikut lagi tiba-tiba. Emang ada tuh yang gitu."

"Iya Zor emang ada yang gitu, hiii...."

Akhirnya rasa lapar membuat Zora berhasil mengalahkan rasa takutnya dengan sejenak. Zora keluar sedangkan gue masih di kamar kos. Perasaan gue waktu di kamar kos itu campur aduk, gue kayak lagi ikut uji nyali masih dunia lain. Imajinasi disana-sini terlintas di kepala gue, mulai dari hantu anak kecil yang tiba-tiba nemplok di langit-langit kamar gue sampai hantu arwahnya kayako yang keluar dari dalem tipi. Gak lama kemudian Zora datang membawa tampang kaget abis.

"Napa lo zor?"

"Asem banget tadi gue ditakutin cucunya ibu kosan lewat jendela, kata tuh anak 'siapa itu?', suaranya awalnya kecil, tapi pas gue buka pager kedua suaranya tambah besar. Awalnya gue gak liat tuh jendela, pas gue liat jendela... Anjir kaget gue liat muka tuh anak sama ibu kosan yang udah nenek-nenek."
Gue ketawa puas. Zora masih gak percaya dengan apa yang dia liat.

Film horor memang menciptakan sebuah mahakarya tersendiri di pikiran kita. Setidaknya film-film ber-genre horor menyadarkan kita bahwa makhluk halus itu memang ada. Film horor itu memang seharusnya menimbulkan nuansa horor dan perasaan takut bagi yang menontonnya. Terus kenapa sekarang film horor Indonesia malah nonjolin susu? Gak ngerti dah gue.. 

20 comments:

  1. hehehe... ketahuan dah bang malih (febi) parno juga kalo abis nonton pilem hoororr..
    Klo gue mah kaga ngaruh ape2.. secara cuman pilem #wanitapemberani.. :D

    Paling AL4y nonton pliem indonesia yang bergenre horor, kaga mutuu..

    ReplyDelete
  2. Gua benci film horror soalnya gua orangnya agak "peka" sama yg kayak gitu (bakat turunan dari nyokap, kayaknya)

    Dulu waktu nonton The Ring, The Eye, The Grudge, atau Shutter, gua beneran merinding ga bisa tidur, apalagi seudah nonton Paranormal Activity >_<

    Udah tau takut kenapa masih nonton film horror? Jawabannya gampang, terpaksa karena situasi (dibayarin temen dalam rangka ultah, atau acara nonton bareng di villa >_<)

    Tapi sejauh ini, nonton film Indonesia justru gua bukannya serem yg ada malah ketawa. Waktu itu gua nonton Pocong vs Kuntilanak, malah mau ketawa gitu, liat mereka berdua terbang2 ala superman terus DAR DER DOR perang ala Star Wars di langit

    Film horror Indonesia yg paling serem yg pernah gua tonton tuh so far Pocong 2

    Kenapa film horror sekarang malah jadi nonjolin susu, bukan hantunya? Karena sutradara dan pembuat naskahnya ga pede ma hasil karya mereka sendiri, makanya perlu embel2 susu buat menarik penonton ke bioskop, as simple as that.

    ReplyDelete
  3. nih bang,aku tonton filemnya..
    gue gak takut bang..GAK TAKUT.. *mencret 8 liter*
    gue udah pesen makanan juga tapi kok masih kaget2 juga ya bang??
    apa selera makan bang febi aja yang bisa mengalahkan segalanya?? hebat..

    ReplyDelete
  4. setan jaman skrg gamau kalah SEXY dari JUPE =+=

    ReplyDelete
  5. paling males feb nonton horor indo . bukannya gak nasionalis atau pegimana yah, tapi sepengetahuan saya semua horor indo itu suka geje ceritanya dan ngumbar aurot #halah sok iey :D

    eh, beneran tapinya sy nntn horor terakhir cm jaelangkun sm Air terjun pengantin selebihnya film imporrr truss kalo ke XXI mah.. -_-"

    ReplyDelete
  6. tergantung, klo film luar pasti menakutkan. klo film lokal mah paling cuma bikin mupeng. wong hantunya aja kayak jupe dan depe. gw juga mau ditemuin. hehehe

    ReplyDelete
  7. Kunjungan siang sekalian niat utk mengikat silaturrahmi dgn agan.
    Krn itu tanpa pikir panjang lagi sy sdh folow (folower 348) dan pasang banner blog keren ini di blog saya.
    Dicek ya gan di http://www.binhakim.com/p/tukar-link.html
    Trims

    ReplyDelete
  8. iya sutradara film horor indonesia makin BOxxx!
    kalo ini film horor yg serem+seru *menurutku lhoo kak*
    Arang [Korea]
    The Ring [Amrik]
    Chakushin Ari [Jepang]
    One Missed Call - ver Amriknya Chakushin Ari [Amrik]
    Silent Hill [Amrik]

    ReplyDelete
  9. sebenarnya lebih suka film detective, soalnya horor itu benar-benar membuat hidup tidak tenang selama seminggu, bisa takut ngapa-ngapain kalau sendirian

    ReplyDelete
  10. saya suka film horor. apalagi yang pemerannya Dono Kasino Indro..btw, ternyata elu sama Zora selama ini LDR Peb? terus saling ngelepas kangenya nonton pilm horor, gituh? hegh, kecewa gua..

    ReplyDelete
  11. #OMSM horor indonesia nggak bermutu, maaf sebelumnya. mending nntn pahlawan" gitu kaya superman, spiderman, iron man, dan sapi-man gitu. awaw...

    Dari pada horor indonesia, OVJ lebih serem. apalagi sama tampang sule kaya voldemort yang tampa idung. waaaww..

    ReplyDelete
  12. mungkin karena harga susu lagi murah, ditonjolin biar mahal lagi.hehe

    ReplyDelete
  13. Wakakak iya film horor pertama yg sy liat jg jelangkung yg ada hari pancanya hahaha serem ya yang adegan hari panca lg tidur, pas dia melek tiba2 dia ada di hutan tempat jelangkung -_-

    btw masa s furuta gentayangan? ah nakut2in aja nih mas

    ReplyDelete
  14. Opini yg trakhir bener, tuh!
    Film skarang pada nunjulin 'itu'nya aja..
    Ckckck..

    ReplyDelete
  15. jadi inget waktu kecil dulu tiap nnton film hror pasti gue bilang "ma matikan pipi (tivi maksdunye) sampe gue nangis2 kalo gak dimatiin wkakkka

    ReplyDelete
  16. Hwehe.. emang Pilem horor Indonesia itu Gak Serem BGT spt Pilem Horor barat... yach lebih banyak "Ehem-Ehemnya" dr Seremnya,,,Hihihi
    ( Tapi Gue Suka!!!...^_^)

    ReplyDelete
  17. wkwkwkwk,, ngmongin horror jadi keninget masa kecil,,

    ReplyDelete
  18. NOnton Pilem horror bareng, daaaannnnn....
    ternyata gua masuk dalem cerita blognya Feby,,
    ...
    Makasih udah bikin gue terkenal..
    Yuuuhhuuuuu..hhuuuuu..
    ...
    ngejawab soal cerita di atas, gua paling suka nonton film Horror indonesia ketimbang pilem horror luar, soalnya kalo film horror indonesia bikin betah penonton, Hahaha, kebanyakan susu kalee yaa..

    ReplyDelete

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Copyright © Zona Feby Andriawan | Powered by Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | BTheme.net      Up ↑