Skip to main content

Era Berburu Belalang | Part 2

Gue sama temen gue Boninka akhirnya masuk ke tanah kosong berumput itu. Dengan tampang mirip kayak orang yang lagi mau boker di WC umum, dua bocah lelaki ini siap melaksanakan misinya, berburu belalang. Ini adalah awal gue nangkep belalang dan gue gak mau mengecewakan Inka yang sudah memperkerjakan gue untuk menjadi partner menangkap belalang-nya. Tapi tunggu dulu, kayaknya gue butuh sedikit bimbingan dari temen kecil gue ini, gue gak tau sama sekali teknik nangkep belalang ini dan gue butuh demonstrasi langsung dari Inka.

"Ka, gimana caranya nangkep tuh belalang, kan mereka pada sensitif dan cepat-cepat?"

"Nah, disinilah gunanya tangan sama pengalaman feb, lo harus cepet dan lo harus memperhatikan langkah lo biar gak ketahuan sama belalang ini. Ni gue contohin cara yang paling susah dulu," Inka memperhatikan sekitar dan akhirnya menemukan target belalang yang mau dia tangkep.

Breeeeeeettt....

Dalam sekejap belalang yang jadi inceran Inka itu sekarang udah ada di dalam genggaman tangan dia. 

"Nih dia cara yang paling susah adalah dengan menggenggam belalangnya, tapi jangan sampe belalangnya mati dalam genggaman kita, genggamannya lemes aja jangan kuat-kuat. Ini teknik yang dipake buat belalang yang gede."

"Owh, terus teknik yang mudahnya gimana?"

"Ntar gue masukin belalang yang ini dulu. Sip, teknik yang paling mudah itu langsung tangkep kaki belakangnya. Kayak gini nih," Inka ngeliat sekitar buat nyari buruan lagi. Dan...

Syaaaaaaaaattt...

Kaki belakang belalang itu berhasil dikunci Inka dan kemudian Inka memasukkan tuh belalang ke botol.

"Nah, inget, teknik yang terakhir tadi harus cepet-cepet dimasukin botol ntar dia berontak."

"Sip, wah keren lo ka, gak pake jaring bisa nangkep belalang itu, jangan-jangan tangan lo sebenernya tangan spiderman yang kalo ada sesuatu nyentuh di telapak tangannya langsung nempel."

"Udah, berhenti ngomong konyol lagi, langsung aja kita nangkep nih belalang mumpung lagi banyak."

Pelajaran cara menangkap belalang dari Inka selesai dan kini saatnya mempraktekkan ilmu menangkap belalang yang udah gue dapatkan. Gue sama Inka berpencar dalam mencari belalang, Inka di sebelah kiri gue di kanan. Gue sama Inka celingak-celinguk pandangin rumput-rumput di sepanjang tanah kosong itu. Gak lama kemudian Inka dapet belalang satu, sementara gue belum. Kita berdua melanjutkan pencarian. Inka dapet satu lagi gue belum. Gitu-gitu aja terus sampai pada akhirnya gue berhasil menemukan sasaran belalang gue yang nangkring di daun yang panjang tapi gak lebar. Gue langsung nyobain teknik paling susah yang di praktekkan Inka tadi, yaitu dengan cara menggenggam.

Perlahan-lahan gue mendekati belalang itu dengan langkah yang bahkan nenek-nenek budek pun gak tau (ya iyalah). Gaya gerilya ini udah lama gue pelajari di film ninja jiraiya, jadi untuk tahapan ini gue lulus, langkah gue sama sekali gak kebaca sama tuh belalang. Saatnya penangkapan. Satu.. dua.. tiga...

Jebreeeeet...

Gue seneng banget akhirnya gue berhasil mendapatkan satu belalang di debut gue itu. Gue langsung manggil Inka yang bawa botol untuk masukin tuh belalang.

"Ka, gue dapet nih satu! sini woy!"

"Iya tunggu, mana belalangnya?"

"Nih dalem genggaman gue, langsung gue masukin ya..."

"Eits tunggu, coba gue liat dulu, buka pelan-pelan ya ntar gue tangkep terus gue aja yang masukin tuh belalang ke botol."

Dengan rasa penuh penasaran gue langsung membuka perlahan genggaman tangan gue. Inka terus menantikan belalang seperti apa yang ada dalam genggaman tangan gue. Dan akhirnya.......

"Waduh, kok kepala belalangnya putus!" Gue langsung teriak histeris.

"Ah payah lo, tadi gimana tuh genggamnya?"

"Tadi gue genggam sekuat tenaga sih."

"Pantesan, kan kata gue tadi jangan kuat-kuat! Bego'!"

"Sory sory,, wahai om belalang, jasadmu akan gue buang di tanah tempat kelahiranmu ini. Arwah lo jangan gentayangin gue ya ntar malem. Gue pasti ngirimin do'a kok buat lo."
R.I.P om belalang. I Miss you. 

Gue trauma. Binatang tak berdosa itu mati konyol di tangan bocah ingusan kayak gue. Tapi dengan sekuat tenaga gue buang rasa trauma itu. Gue pengen dapet belalang yang hidup kali ini. Oke, mungkin cara genggam itu terlalu sulit buat pemula kayak gue. Kalo gitu gue akan memakai cara kedua yang kata si Inka ini mudah. Cara ini gue sebut dengan cara tangkap kaki belakang. Apakah gue berhasil nangkep belalang dengan cara ini? Entahlah. Gue harus mencobanya dan gue harus bisa nangkep minimal satu belalang di hari debut gue ini.

Bersambung ....

Comments

  1. kasihan banget tuh belalang, pasti keluarganya nyariin :(

    ReplyDelete
  2. oke bro berkunjung dan salam sukses, kita berburu belalang hehehee

    ReplyDelete
  3. Sadiiiissssss........pembunuhhhhhh!!!!!! Apa salah dia???? Apaaaaaaaa????? (mode sinetron : on)

    ReplyDelete
  4. jadi inget kalo pas dikampung, musim panen adalah musimnya berburu belalang. berburunya dimalam hari. pake lampu/obor dari minyak tanah. sehabis pulang siap2 dech masukin jari ke idung, karena dijamin banyak belalangnya, ech dijamin item denk!

    ReplyDelete
  5. waaah, ada pemburu belalang!!!

    http://fridigraph.co.cc

    ReplyDelete
  6. @teguh: Iya nih, emang sih malemnya ada sekelompok belalang minta pertanggung jawaban, hehe..

    @Claude C Kenni: Maafkan aku kisana, aku tidak sengaja membunuhnya #filmanglingdarmamodeon

    @Wane Noor: Yuk mari.. :)

    @lukisan anak perempuan: Wah, pasti seru tuh, memburu sambil bawa obor, cool!

    @fridi: Haha.. Pemburu belalang yang culun.. :D

    ReplyDelete
  7. hahaha sebenarnya saya baru ingin berkomentar serupa, namun saya ngakak baca komen nya mas Claude C Kenni... :)

    ReplyDelete
  8. wkwkwkwkwk
    belalang yang malang..

    btw, saya ada award ni feb buat kamu.
    selametttt ya
    http://adateiz.blogspot.com/2011/07/award-supportive-blogger.html

    ReplyDelete
  9. Dikejar, dicari, ditangkep, dimasukkin botol, terus dilepas lagi..Kayak maen bola..dikejar, disepak, dikejar lagi, ditendang lagi jauh-jauh..
    Dunia yang aneh :D

    ReplyDelete
  10. he he, jadi ingat masa kecil dulu, berburu belalang

    ReplyDelete
  11. parah lo bang...kasiian nasiib si belalng :(

    lanjut wooiiiiiiii... :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK