Skip to main content

Era Berburu Belalang | Part 1

Ada kalanya orang merasakan sebuah titik bosan dalam hidupnya. Kegiatan yang itu-itu aja merupakan awal dimana sebuah kebosanan itu akhirnya memuncak. Itu juga yang dulu pernah gue alamin. Pada saat itu, awal gue ke rental PS (Playstation), gue merasakan sebuah nikmat yang gak bisa ditandingin. Permainan PS udah masuk ke darah dan menjalar sampai ke tulang gue saat itu. Tapi pada suatu hari, apalagi pas gue punya PS sendiri, gue merasakan kejenuhan, bingung mau ngapain. Setiap hari sepulang sekolah gue cuma masuk kamar, hidupin PS terus main master league, itu-itu aja. Gue bosen, gue pengen sesuatu kegiatan yang bener-bener baru yang bisa memacu adrenalin gue sampai ke puncak.

Hingga sampai suatu hari seorang bocah yang bagaikan malaikat kecil dateng ke tempat gue mau numpang main PS, bocah ini memiliki kulit yang mulus layaknya anak-anak, rambutnya sedikit kriwil, kurus dan pendek. Dia adalah Boninka, seorang bocah tengil, adek kelas gue dan kayaknya sih malah lebih pinter dari gue. Waktu itu dia dateng dengan tampilan gak biasa. Kalo biasanya dia dateng dengan hanya memakai baju dan celana pendek dekil, kali ini dia datang membawa botol minum aqua kosong (yang sekarang harganya seribu lima ratusan itu).

"Ngapain lo bawa botol aqua kesini ka? mau minta minum lo? kan keluarga lo tajir mampus, masa' beli air minum gak bisa?"

"Ya gak lah, gue mau nangkep belalang ntar, noh di depan deket rental PS kak Leo."

"Hah? Nangkep belalang? Hari gini, capek deh..."

Boninka yang biasa di panggil Inka itu tiba-tiba menoleh ke arah gue dan natap gue dengan tatapan serius.

"Lo gak tau sih biks, nangkep belalang itu lebih memuaskan dibanding main PS, lebih mendebarkan dan lebih memacu adrenalin, coba deh ntar."

Gue nelen ludah.

Kata-kata serius yang terlontar dari mulutnya si Inka ini bener-bener buat gue penasaran. Masa' sih nangkep belalang tuh enak. Hewan warna ijo yang suka terbang-terbang di rerumputan itu asik buat di tangkep? Ah, seriusan lo Ka. Gak tau kenapa tiba-tiba gue pengen banget nangkep belalang bareng temen gue ini. Ya, memang sih gue kadang agak malu kalo main bareng Inka secara gue lebih tua tiga tahun dibanding tuh anak. Tapi yang namanya pergaulan gak pandang usia men, yang namanya pengetahuan juga gak pandang usia boy. Dengan semangat membara akhirnya gue pengen ikut Inka buat nangkep belalang.

"Ka, gue boleh ikut sama lo gak nangkep belalang?"

"Yuk, sebenernya gue pengen ngajak lo, soalnya halaman belakang rumah lo yang dipenuhi rumput itu tempat bagus buat nyimpen belalang hasil tangkepan ntar."

"Jadi ntar belalang-belalang itu di taruh di belakang rumah gue?"

"Betul banget."

"Sip, setuju dah gue. Ntar kita buat kerajaan belalang di belakang rumah gue."

"Tunggu dulu, nih obrolan kayaknya makin kacau.."

"Terus kita ntar tentuin, siapa raja sama ratu belalangnya.."

"Feb, omongan lo makin kayak orang stres deh.."

"Abis tuh kalo raja sama ratu belalangnya kawin, ntar lahirlah seekor pangeran atau puteri belalang yang akan meneruskan tahta kerajaan.."

"Woy! Tolong hentikan pembicaraan tolol lo itu, kampret!!" 

Siang itu adalah siang yang istimewa, sekitar jam satuan gue sama Inka masih main PS soalnya diluar masih panas banget. Tau sendiri lah gimana panasnya Sumatera yang udah kayak di padang pasir yang gak ada air gak ada makanan terus mati dengan keadaan kering kerontang. Parah. Akhirnya setelah menunggu cuaca mendungan dikit, sekitar jam 3-an sore, kita berangkat juga ke TKP. It's time to nangkep belalang, saatnya gue melakukan debut gue dalam menangkap belalang. Yeah!

"Oke ka, ini adalah debut gue nangkep belalang, gue gak akan kalah sama lo."

"Haha, iya deh, lo buktiin, kita lomba siapa yang paling banyak nangkep belalang."

"Oke, tantangan diterima. Tapi kita baliknya jangan maghrib ya, gue mau nonton hikaru no go nih ntar.

"Sip, ntar gue numpang nonton di tempat lo."

Akhirnya kita berdua sampai juga di lokalisasi tempat para belalang bertebaran. Sekilas dari jauh udah keliatan banyak belalang-belalang yang terbang kesana-sini. Gue menatap tanah kosong yang dipenuhi rumput itu dengan perasaan gak percaya kalo ternyata banyak belalang disana. Gue berpikir, gimana ya tuh belalang tiba-tiba banyak banget di tempat seperti ini? apa dulu ada orang yang naruh belalang sepasang terus akhirnya berkembang-biak dengan ganas disini? Entahlah. Yang penting hari itu adalah hari pertama gue merasakan gimana rasanya nangkep belalang dan hari itu juga lah hari dimana gue merasakan sebuah sensasi yang berbeda dalam hidup gue. 



Bersambung ........

Comments

  1. Lanjutiiiinnnnn...penasaran gimana cara nangkep belalangnya
    btw gua takut ma serangga, jadi jangan ajak2 gua ya...*siapa lagi yg mau ngajak*

    ReplyDelete
  2. Inka tuh cewek kan? Dia tinggal di luar negri ya skrg.
    Ih dia kecilnya tomboy ya hahahaha tahun brp tuh main nangkepin belalang gitu?

    ReplyDelete
  3. @Claude C Kenni: Siap bang, ntar di lanjutin.. :)

    @Inggit Inggit Semut: Inka itu cowok, waduh selain gue yang banyak dituduh cewek skrg Inka juga, hiks.. Nangkepin belalang tuh waktu masih SD kelas 6 dah mau SMP, haha..

    ReplyDelete
  4. ternyata dari kecil lu udah minus ya, Om? btw, elo sempat nentuin siapa yang jadi penghulunya kalo raja ama ratu belalang tu kawin belom..nanti gak sah..anaknya susah kalo mo kawin, musti nyari wali belalng hakim. terus omongan tetangga yang tinggal sehalaman sama mereka gimana. efek psikologis ke putra dan putri mahkotanya juga nanti kurang bagus..
    @Neng IIS:Ya pastinyalah Inka tuh cowok.kalo cewek asti namanya Inki iya kan Bik? ya kan, ya kan, ya kan?

    ReplyDelete
  5. wah,waktu masih kecil ione sering nangkap belalang,tapi sekarang mau nangkap dimana?

    ReplyDelete
  6. itu templatenya dirubah ya? bagus euy.. lebih luas kayaknya blog kamu.
    wkwkwkwkw si inka nangkep belalang. maenan saya juga wkatu masih kecil.

    ditunggu sambungannya feb. :)

    ReplyDelete
  7. Wuiih... Hobi Masa kecil yg SERRU tuh Sob!!!
    Masa kecil yg Indah BGT & lucu tuk dikenang yach...Hweehe
    Ayas jd Penasaran ama cara nangkepnya gimana??
    Apa pakek Jaring, pancing, persing, singing, dancing, Pakek Pelet, Jimat, santet?????
    Hweeee...

    ReplyDelete
  8. Errr...... di potong ceritanya si febi, ape.. kudu gue sogok dulu pake permen lolipop biar di lanjut ceritanya... :D

    gue kira boninka itu cewek!!

    ReplyDelete
  9. @Belo: Hehe.. Biar pembaca penasaran, ntar malem deh gue publish part 2-nya,. Dijamin tambah seru.. :D

    ReplyDelete
  10. ane demen nih gan baca-baca cerita dari blog kayak gini.. nice blog gan.. terus share hal-hal yang ga penting.. karena diluaran sana banyak yang menikmatinya..

    ReplyDelete
  11. wah lo feb nangkep belalang gak ngajak2,.,awas feb ditangkep ama satria baja item,tuh belalng sodarenye smua tau hehehe

    ReplyDelete
  12. @randy oktaran: Haha.. Iya takutnya begitu lagi nangkep belalang dateng Kotaro Minami, hiaaat.. berubah..

    ReplyDelete
  13. loh, kak Inka itu cowo toh? ya ampyun, dulu pertama kali baca namanya, aku kira kak Inka itu cewe hehehehe

    ditunggu episodenya selanjutnya! ^^

    ReplyDelete
  14. posting..lo kejer anjing,sm lo jatohh dr bus ditengah lampuu merahh feb.....hahahaha......pembaca lo pasti pengen denger langsung,apa gue yg ceritain,hahha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengenang Kera Sakti (Journey To The West)

Seekor kera, terpuruk terpenjara dalam gua.. Di gunung tinggi sunyi tempat hukuman para dewa.. Bertindak sesuka hati loncat kesana-kesini.. Hiraukan semua masalah dimuka bumi ini.. Gak, gue bukan lagi buat puisi. Sobat masih inget gak itu penggalan dari lirik lagu apa? Yup, itu adalah lirik dari film yang dulu setiap sore gue tunggu kehadirannya di indosiar. Setelah era ksatria baja hitam RX, banyak banget film anak-anak bermunculan kayak ninja jiraiya dan kawan-kawan. Tapi setelah itu, setelah gue beranjak SMP, gak ada lagi film yang bener-bener membuat booming dunia anak-anak. Memang masih ada beberapa film sih, tapi tema film anak-anak yang gitu-gitu aja membuat kami, rombongan anak-anak SMP dan sederajat, berasa mengalami kebosanan tontonan dan mengakibatkan kami lebih memilih baca komik. Sampai tiba pada saat film kera sakti (Journey to the west) muncul ke dunia pertipian Indonesia. Inilah saat-saat gairah menonton tipi kembali muncul.  Foto 1. Inilah dia keluarga kecil SunG

Balada Perut Mules

Warning: Postingan ini akan merusak selera makan anda. Yang lagi makan sebaiknya di stop dulu. Terimakasih. Akhir-akhir ini gue dilanda lagau (baca: galau). Bukan karena cinta, bukan juga karena gue tidak kunjung mendapatkan gelar S1, tapi gue galau karena kondisi perut gue yang gak enak banget. Gue gak tau kenapa ini terjadi. Gue ngerasa ada angin yang muter-muter di perut gue dan gue merasa ada "sesuatu" yang minta dikeluarin dari bokong gue. Sesuatu itu adalah.... ah, di skip aja, kalau gue kasih tau bentuknya gimana, wananya apa, lembek apa keras, ntar para pembaca jadi pada muntah di depan monitor. Melihat ketidakberesan itu, besoknya gue langsung konsultasi sama nyokap. Disaat-saat seperti ini nyokap memang tempat yang pas buat mengadu. "Mah, perut Feby kok mules gini ya, gak enak banget." "Owh, sama dek, mamah sama papah juga gitu, lagi musim." "Lho, memang ada ya musim perut mules gini, Mah?" "Ya ada lah. Mungk

Download Final Draft 9 + Crack

Final Draft bukan game sekuel Final Fantasy ya, final draft ini adalah software untuk mempermudah dalam menulis skenario. Kalau nulis di word biasa, ribet banget, kita bener-bener memang harus nulis lagi formatnya. Nah, kalau di final draft, kita diingetin format-formatnya. Misalnya, kita pilih scene header, entar kita ketik huruf "I" aja sudah nongol INT. Seperti screenshoot di bawah ini: Untuk mengatur Scene header, action, dialog, ada di tab script elements seperti di bawah ini: Gampang kan? Yoi, nulis skenario jadi lebih ringan dengan final draft. Link Downloadnya di bawah ya... Semoga bermanfaat buat temen-temen yang pengin nulis skenario. DOWNLOAD FINAL DRAFT 9 + CRACK